11 Wisata Alam Jawa Tengah Ini Punya Panorama Menakjubkan

11 Wisata Alam Jawa Tengah Ini Punya Panorama Menakjubkan

Berdiri di atas lahan seluas 32.548 km persegi, Jawa Tengah memiliki banyak wisata alam yang tersebar di berbagai penjuru kota dan kabupatennya. Mulai dari pantai hingga gunung, semua bisa kamu jelajahi di provinsi ini. Pemandangan alamnya pun benar-benar akan memanjakan kamu dan membuat siapapun betah untuk berlama-lama menghabiskan waktu di sana.

Penasaran di mana saja wisata alam Jawa Tengah yang menarik untuk dikunjungi? Tenang saja, Traveloka telah merangkum daftarnya di bawah ini:

1. Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara-Wonosobo

dataran-tinggi-dieng
Photo Credit: Shutterstock

Secara administratif, Dataran Tinggi Dieng masuk ke wilayah Kabupaten Wonosobo. Di sini, kamu akan menemukan banyak daya tarik alam yang akan membuat siapa pun takjub. Salah satunya adalah keberadaan Telaga Warna yang kondisi warna airnya sering berubah. Kabarnya, perubahan warna tersebut terjadi karena tingginya kandungan sulfur di dalamnya.

Ada pula Kawah Sikidang dengan aktivitas vulkanik yang masih aktif. Kontur kawahnya cukup datar, sehingga kamu bisa melihat gumpalan asap kawah yang mengandung belerang. Tak ketinggalan, Kompleks Candi Dieng yang berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 1,8 km x 0,8 km. Tempat ini merupakan kompleks Candi Hindu Syiwa yang kabarnya telah dibangun pada abad ke-8.

2. Gunung Merbabu, Boyolali

gunung-merbabu
Photo Credit: Shutterstock

Memiliki medan yang tidak terlalu sulit, Gunung Merbabu menjadi salah satu destinasi favorit para pendaki, bahkan untuk pemula. Puncak tertingginya berada di ketinggian 3.142 mdpl, yakni Puncak Kenteng Songo. Pemandangan alam di sini tentu tak perlu diragukan lagi. Kamu bahkan bisa sekaligus melihat dua Gunung Kembar Sindoro dan Sumbing.

Jika beruntung, kamu pun bisa melihat beberapa hewan liar seperti burung, monyet, dan beruk selama mendaki. Selain puncak, terdapat sebuah padang sabana luas dan indah yang biasa dijadikan spot beristirahat para pengunjung. Dengan begitu, kamu bisa menikmati suasana pegunungan sekaligus berfoto di berbagai area sabana.

3. Pantai Menganti, Kebumen

menganti beach
Photo Credit: Shutterstock

Siapa bilang hanya Bali yang memiliki banyak pantai indah? Di Desa Karangduwur, Kebumen, kamu bisa menemukan sebuah pantai eksotis bernama Pantai Menganti. Lokasinya memang cukup sulit dijangkau karena akses yang belum terlalu memadai. Namun, perjalanan kamu dijamin akan terbayar saat sampai di lokasi pantai.

Air lautnya jernih dengan gradasi warna biru dan hijau. Hamparan pasir putih pun menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai di Kebumen ini. Di sini, pengunjung juga diperbolehkan untuk bermain air maupun berenang karena kondisi ombak yang cukup tenang. Jika ingin menikmati keindahan tersebut, siapkanlah bujet Rp10.000 per orang sebagai tiket masuk ya!

4. Puncak Argopuro Lasem, Rembang

 

argopuro
Photo Credit: Shutterstock

Lokasi Puncak Argopuro Lasem memang tidak terlalu tinggi, yakni “hanya” di ketinggian 806 mdpl. Meski begitu, jalur pendakian yang harus ditempuh cukup panjang sehingga kamu tetap perlu mempersiapkan stamina. Ada dua jalur pendakian yang bisa kamu tempuh untuk mencapai Puncak Argopuro Lasem, yaitu melalui Desa Siwalan Sukun, Sedan atau Desa Ngroto, Pancur.

Pendakian menuju puncak biasanya memerlukan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Memang cukup lama, tapi rasa lelahmu dijamin akan langsung terbayar begitu disambut oleh pemandangan alam khas pegunungan. Suasananya tenang dengan udara sejuk, cocok bagi kamu yang ingin kabur sejenak dari hiruk pikuk kesibukan kota.

5. Rawa Pening, Semarang

rawa-pening-semarang
Photo Credit: Shutterstock

Dulunya, Rawa Pening adalah sebuah danau air dalam, tetapi mengalami pendangkalan akibat menjadi hulu dari Sungai Tuntang. Meski begitu, Rawa Pening tetap memiliki daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah pemandangan alam yang menarik karena dikelilingi oleh tiga gunung sekaligus, yaitu Ungaran, Telomoyo, dan Merbabu. Danaunya sendiri banyak ditumbuhi tanaman eceng gondok.

Jika tertarik mengunjungi Rawa Pening, jangan lupa siapkan uang sekitar Rp7.500 sebagai tiket masuk. Setiap harinya, danau yang berbatasan dengan empat kecamatan di Semarang ini buka pukul 08:30 21:00.

6. Bukit Pangonan, Banyumas

bukit pangonan
Photo Credit: Shutterstock

Kamu yang berada di kawasan Dieng perlu mampir ke wisata alam Jawa Tengah satu ini. Di sebelah selatan Dieng, terdapat Bukit Pangonan yang menawarkan pemandangan alam tak kalah indah dari Dataran Tinggi Dieng. Destinasi ini pun kerap dijadikan alternatif bagi kamu yang ingin menjelajah Gunung Dieng tapi khawatir waktu dan tenaga akan terkuras.

Daya tarik Bukit Pangonan terletak pada lembah luas yang berada di area puncaknya. Lembah tersebut terbentuk dari bekas cekungan danau yang mengering. Seiring berjalannya waktu, cekungan tersebut ditumbuhi ilalang sehingga membentuk area padang sabana yang tampak asri dan cantik. Untuk itu, jangan lupa bawa kamera kamu untuk mengabadikannya, ya!

7. Brown Canyon, Semarang

brown canyon semarang
Photo Credit: Shutterstock

Tidak perlu jauh-jauh ke Amerika Serikat untuk menyaksikan kemegahan Grand Canyon. Di perbatasan Kota Semarang dan Kabupaten Demak, tepatnya Desa Rowosari, Tembalang, terdapat sebuat tempat wisata alam yang akan mengingatkan kamu dengan Grand Canyon. Namanya Brown Canyon, sebuah area bekas galian bukit yang kini menjadi perbukitan berbatu curam.

Nah, batu-batu tersebut berukuran sangat besar dengan warna merah kecokelatan, menciptakan pemandangan yang menarik untuk dijelajahi. Untuk bisa melihat sendiri keindahan pemandangan di Brown Canyon, kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga kurang lebih Rp5.000. Cukup terjangkau, bukan?

8. Telaga Sunyi, Purwokerto

telaga sunyi
Photo Credit: Shutterstock

Wisata alam Jawa Tengah satu ini cocok bagi kamu yang kurang suka dengan keramaian. Sesuai namanya, Telaga Sunyi adalah sebuah mata air alami yang lokasinya cukup terpencil sehingga suasananya pun cenderung sunyi. Kedalamannya kurang lebih 3 meter saat musim kemarau dan bisa mencapai 5 meter saat musim hujan.

Demi menjaga kelestarian mata air, kamu dilarang berenang atau mandi di Telaga Sunyi. Biasanya, pengunjung akan menikmati pemandangan alam dengan duduk di sekitar telaga. Udara yang sejuk akan membuat kamu merasa lebih rileks dan fresh sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat wisata lainnya.

9. Wisata Alam Lembah Sindoro Posong, Temanggung

bukit sumbing
Photo Credit: Shutterstock

Di Posong, Temanggung, terdapat sebuah wisata alam yang tak kalah menarik untuk dikunjungi yakni Lembah Sindoro Posong. Lokasinya berdekatan dengan dua gunung kembar Sindoro dan Sumbing. Jadi, di Lembah Sindoro Posong ini kamu bisa menikmati panorama indah pegunungan dan udara sejuk sembari duduk di gubuk yang tersedia.

Setiap harinya, Lembah Sindoro Posong buka pukul 04:00 17:00. Dengan begitu, kamu bisa menikmati pemandangan sunrise di sini jika berminat. Sebaiknya datanglah menggunakan motor karena akses jalan menuju Lembah Sindoro Posong masih cenderung sempit. Jangan lupa juga siapkan uang sekitar Rp4.000 per orang untuk membayar tiket masuk, ya.

10. Waduk Malahayu, Brebes

waduk brebes
Photo Credit: Shutterstock

Bagi yang sedang berada di Brebes, kamu bisa berlibur ke Waduk Malahayu. Lokasinya terletak di Desa Malahayu, Brebes. Dari Terminal Tanjung, kamu bisa naik angkutan umum menuju Pasar Banjarharjo, lalu dilanjutkan dengan ojek atau menyewa kendaraan pribadi.

Di sepanjang perjalanan, kamu akan melewati hutan jati yang ada di wilayah Tanjung. Begitu sampai di Waduk Malahayu, siap-siap pula disambut dengan pemandangan bendungan seluas kurang lebih 944 hektar yang dikelilingi oleh perbukitan. Bisa kamu bayangkan keindahannya, bukan?

11. Goa Rong, Semarang

goa rong view
Photo Credit: @wisatasemarang

Meski namanya Goa Rong, wisata alam Jawa Tengah satu ini bukanlah sebuah gua. Wisata alam ini merupakan perbukitan dengan gardu pandang yang dikelilingi oleh pemandangan menarik khas pegunungan. Sejauh mata memandang, kamu akan disuguhi oleh pelataran hijau yang menyejukkan mata.

Goa Rong juga merupakan destinasi wisata yang ramah keluarga karena tersedia fasilitas area bermain untuk anak-anak. Jika tertarik untuk mengunjunginya, siapkan uang Rp3.000 per orang untuk tiket masuk saat hari biasa atau Rp5.000 saat akhir pekan.

***

Bagaimana menurut kamu? Berbagai wisata alam Jawa Tengah tersebut terdengar sangat menarik untuk dikunjungi, bukan? Tentunya kamu akan membutuhkan banyak waktu jika memang ingin mengunjungi sebanyak mungkin tempat wisata tersebut. Ajak juga teman atau keluarga kamu agar liburan di Jawa Tengah jadi lebih seru dan berkesan, ya!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1