11 Pantai di Jepara Ini Punya Wisata Bahari Menakjubkan

11 Pantai di Jepara Ini Punya Wisata Bahari Menakjubkan

Apa yang terlintas di benak kamu saat mendengar kata “Jepara”? Sebagian kamu mungkin berpikir mengenai kota kelahiran tokoh emansipasi wanita, RA Kartini. Namun, tahukah kamu jika Jepara juga memiliki banyak kawasan wisata menarik? Salah satunya adalah wisata bahari yang terkenal amat indah.

Keindahan pantai di Jepara bahkan bisa kamu bandingkan dengan pantai di daerah Indonesia lainnya, tentunya dengan keistimewaan masing-masing. Penasaran, kan? Yuk, simak daftar 13 pantai di Jepara yang Traveloka rangkum berikut ini!

  1. Pantai Kartini

Photo credit: @setiawankusumo (Instagram)

Pernahkah kamu membayangkan penampakan kura-kura raksasa? Jika belum, cobalah mampir ke Pantai Kartini untuk melihatnya. Meski bukan kura-kura hidup, patung kura-kura raksana di pantai ini menjadi ikon favorit para wisatawan. Kura-kura Ocean Park ini juga merupakan wahana utama Pantai Kartini. Di sini, kamu bisa melihat akuarium yang berisi berbagai spesies laut, spa fish, serta teater.

Selain daya tarik tersebut, pantai yang dipersembahkan untuk RA Kartini ini pun memiliki fasilitas menarik lain. Mulai dari panggung hiburan, Tugu Kartini, hingga dermaga penyebrangan kapal untuk menuju Karimunjawa. Agar bisa masuk, kamu cukup membayar Rp5.000. Meski begitu, jangan kaget jika melihat kondisi pantai yang ramai akan pengunjung karena lokasi pantai ini cukup strategis yakni di Bulu, Jepara.

 

  1. Pantai Bandengan

Photo credit: @dewii_kartini (Instagram)

Jika ingin berkunjung ke pantai yang dipenuhi berbagai wahana permainan, Pantai Bandengan di Jalan Jepara Bangsri, Desa Bandengan bisa menjadi destinasi yang tepat. Untuk mengunjunginya, kamu bisa datang mulai pukul 08:00 hingga 17:00 dan menyiapkan biaya tiket masuk Rp5.000 per orang untuk hari biasa dan Rp7.000 per orang untuk hari libur.

Kondisi air laut yang cukup tenang serta pantai berstruktur landai membuat pantai ini ramai akan wahana watersport. Mulai dari banana boat, jetski, hingga wave house adalah beberapa wahana seru yang bisa kamu coba. Harga yang ditawarkan bervariasi yakni mulai dari Rp30.000 hingga Rp60.000. Tersedia pula aneka spot foto menarik yang tak boleh kamu lewatkan. Semakin tertarik untuk berkunjung, bukan?

 

  1. Pantai Teluk Awur

Photo credit: @explorevespa (Instagram)

Mengunjungi pantai akan semakin lengkap jika kamu melihat pesona matahari terbenamnya. Itu semua bisa kamu dapatkan di Pantai Teluk Awur. Pantai ini terletak di Jalan Teluk Awur, Kecamatan Tahunan. Sembari menunggu sunset, kamu bisa menikmati suasana pantai di beberapa kursi santai yang tersedia. Jika tak ingin kelewatan momen sunset, kamu perlu mencari spot terbaik. Pasalnya, pantai akan mulai padat menjelang sore hari.

Menariknya, Pantai Teluk Awur juga kerap dijadikan lokasi pelaksanaan acara budaya seperti Pesta Lomban yang diperingati pada hari ketujuh lebaran. Perayaan ini sangat ramai dan kerap dijadikan objek menarik oleh wisatawan. Jadi, pastikan kamu membawa kamera untuk mengabadikan semua momen seru di sini ya!

 

  1. Pantai Empu Rancak

Photo credit: @aprillia_put (Instagram)

Pantai satu ini terletak di Desa Karanggodang, Mlonggo. Buka setiap hari, tempat wisata ini bisa kamu bisa kunjungi kapan saja. Mulanya, terdapat portal tempat penjualan tiket masuk, tetapi kini portal tersebut sudah tak difungsikan. Karena itu, kamu bisa bebas masuk secara gratis ke Pantai Empu Rancak.

Asyiknya, area Pantai Empu Rancak sangat luas. Umumnya, penduduk sekitar maupun wisatawan memanfaatkan garis pantai ini untuk jogging di pagi ataupun sore hari. Beberapa lokasinya juga dipenuhi batu karang, cocok dijadikan tempat foto bagi kamu yang ingin mengunggahnya ke media sosial. Jika memang tertarik liburan di Pantai Empu Rancak, sebaiknya datanglah pada sore hari karena pemandangan sunset di sini terkenal indah.

 

  1. Pantai Pungkruk

Photo credit: @hafidzun_n (Instagram)

Bagi pencinta kuliner seafood, Pantai Pungkruk adalah destinasi yang patut kamu pilih. Konon, pantai yang juga berada di Desa Mororejo, Mlonggo ini sempat menjadi pusat kafe dan karaoke. Namun, kini lokasi ini menjadi surganya kuliner tepi laut. Bagaimana tidak? Kamu bisa menemukan aneka hidangan olahan laut yang lezat di sini.

Tak hanya sajian kuliner yang nikmat, pantai ini juga memiliki karakteristik yang ramah wisatawan. Kontur daerahnya cenderung datar dan landai, tetapi kamu tetap akan menemukan batu karang di beberapa sudut pantai. Tidak ketinggalan, jembatan kayu dan gazebo terapung yang menambah kesan cantik pada Pantai Pungkruk.  

 

  1. Pantai Ombak Mati

Photo credit: @jenggot_indah (Instagram)

Di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, kamu akan menemukan pantai lain bernama Pantai Ombak Mati. Penamaan tersebut diambil dari kondisi area pantai yang memang jarang diterpa ombak, sehingga cukup aman untuk dikunjungi. Tak hanya itu, garis pantai ini juga hanya mencapai 2 km. Jadi, kamu bisa puas berkeliling ke setiap sudut pantai.

Selain menawarkan suasana tenang, tempat ini juga memiliki aneka spot foto menarik seperti karangan bunga berbentuk hati dan ayunan yang dibangun oleh dua tiang pohon kokoh. Kamu pun bisa dengan mudah mencari camilan atau minum untuk menghilangkan dahaga dengan mampir ke warung-warung di pesisir pantai.

 

  1. Pantai Blebak

Photo Credit: @ayangcita (Instagram)

Pantai lain di Jepara yang tak boleh kamu lewatkan adalah Pantai Blebak. Daya tarik utama pantai ini tampak pada pecahan batu karang yang ada di pesisir pantai. Bahkan, kamu bisa melihat jejeran batu karang yang seolah berbentuk seperti jembatan di tengah laut. Kamu tentu aman bermain di kawasan ini mengingat ombak Pantai Blebak cukup tenang.

Selain panorama yang menarik, di pantai ini kamu juga bisa bersantai di berbagai kursi santai tepi pantai. Jika tertarik untuk mengunjunginya, kamu hanya perlu menempuh jarak 10 km ke selatan dari Kantor Pemerintahan Jepara, tepatnya di Desa Sekuro, Mlonggo. Siapkan pula uang Rp3.000 untuk tiket masuk Pantai Blebak.

 

  1. Pantai Pailus

Photo Credit: @halojepara (Instagram)

Jika mencari pantai di Jepara yang suasananya masih alami dan tak terlalu ramai, kamu bisa datang ke Pantai Pailus. Lokasinya berada di Desa Karanggondang, Mlonggo. Tidak seperti kebanyakan pantai lain di Jepara, pantai ini tidak ramai akan kios atau warung kuliner. Suasananya cenderung sepi, sehingga cocok bagi kamu yang ingin fokus merilekskan diri dan kabur sejenak dari kesibukan sehari-hari. Agar tetap nyaman selama berkunjung, siapkanlah perbekalan secukupnya.

Soal pemandangan, kamu tak perlu meragukan Pantai Pailus. Pantai ini masih memiliki suasana amat alami dengan pesona pasir putihnya. Areanya pun cukup bersih dengan air laut jernih yang memanjakan mata. Agar bisa menikmati pemandangan tersebut, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang.

 

  1. Karimunjawa

Photo Credit: @karimunjawa_islands (Instagram)

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan pantai satu ini. Bagaimana tidak? Karimunjawa menjadi salah satu pantai paling populer di Jepara. Keindahan pemandangannya sudah diakui oleh para wisatawan. Berbagai aktivitas air pun bisa kamu lakukan, seperti snorkeling, diving, atau berwisata keliling pulau sekitar dengan menyewa perahu.

Bagi yang tertarik liburan di sini, kamu perlu menyeberang menggunakan perahu dari pelabuhan di Kota Jepara. Umumnya, harga sewa perahu dibanderol sekitar Rp125.000. Satu hal yang perlu kamu ingat sebelum berkunjung, yaitu kamu membutuhkan izin khusus agar bisa memasuki area taman nasional ini. Selain itu, tetaplah jaga kelestarian sekitar ya!

 

  1. Pantai Pulau Panjang

Photo Credit: @erwansetyopambudi (Instagram)

Di kawasan Ujungbatu, terdapat sebuah pantai dengan pemandangan yang tak kalah indah untuk dinikmati yaitu Pantai Pulau Panjang. Daya tarik utamanya adalah keberadaan dermaga panjang bernama Dermaga Cinta yang kerap dijadikan sebagai spot foto para pengunjung. Kamu juga bisa melakukan snorkeling atau berkeliling menggunakan perahu sewa seharga kurang lebih Rp12.000 per orang untuk menikmati pemandangan laut dari jarak dekat.

Sebelum masuk ke area Pantai Pulau Panjang, kamu pun akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp3.000 per orang. Pantai dengan pasir putih ini juga bisa kamu akses dari Pantai Kartini, yakni dengan menaiki kapal motor sejauh kurang lebih 2,5 km saja. Cukup terjangkau, bukan?

 

  1. Pantai Ujung Piring

Photo Credit: @alfian255 (Instagram)

Cukup menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari Kota Jepara, kamu akan menemukan Pantai Ujung Piring di kawasan Jambu. Tak perlu khawatir akan tersesat karena akses menuju pantai ini cukup mudah dan tersedia banyak petunjuk jalan yang bisa membantu kamu.     

Meski aksesnya sudah cukup mudah, Pantai Ujung Piring masih cenderung sepi pengunjung jika dibandingkan dengan pantai-pantai di Jepara lainnya. Suasananya masih terasa alami, cocok buat kamu yang tidak terlalu suka keramaian. Terlebih, pemandangannya pun tak kalah indah, dengan paduan pasir putih dan air laut jernih berwarna biru.

***

Nah, sekarang kamu tinggal merencanakan perjalanan kamu ke berbagai pantai ini. Agar semakin menyenangkan, kamu bisa mengambil cuti beberapa hari untuk bisa puas berlibur menjelajah pantai di Jepara. Jadi, pantai mana saja yang akan kamu kunjungi di Jepara nanti? Ceritakan pengalaman kamu di kolom komentar, ya!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1