Pantai Dekat Bandung untuk Alternatif Liburan Seru

Pantai Dekat Bandung untuk Alternatif Liburan Seru

Siapa bilang jika di Bandung kamu hanya bisa menikmati hutan dan perbukitan? Meski memiliki lanskap yang dikelilingi pengunungan, kamu tetap bisa melihat pesona pantai dari Bandung. Beberapa pantai di kawasan Garut dan Sukabumi tentu bisa menjadi pilihan tepat saat ingin mengunjungi pantai dari Bandung. Cukup berkendara selama 4 6 jam, kamu sudah bisa menikmati suasana pantai. Yuk, cari tahu rekomendasi pantai dekat Bandung dari Traveloka!

Pantai di Pameungpeuk, Garut

(Sumber: @pantai_santolo)

Pameungpeuk adalah nama daerah yang berada di Kabupaten Garut Selatan. Di wilayah ini, terdapat dua pantai yang bisa kamu kunjungi sekaligus yaitu Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang. Kamu perlu menempuh 4 jam berkendara untuk sampai di dua pantai tersebut.

Terdapat beberapa rute dari Bandung menuju Pameungpeuk, yaitu melalui Cileunyi, Ciwidey dan Pangalengan.  Ada beberapa jenis transportasi yang bisa kamu gunakan, mulai dari mobil pribadi, sepeda motor, hingga angkutan umum. Bagi yang berencana menggunakan angkutan umum, kamu hanya bisa memilih rute Cileunyi dan Pangalengan.

Dari Cileunyi, kamu bisa menaiki mikro bus atau biasa disebut Elf menuju Cikajang. Kemudian, lanjutkan perjalanan dengan mikro bus arah Pameungpeuk. Sementara dari Pangalengan, kamu bisa menaiki bus dari Terminal Leuwipanjang. Pertama, pilih bus arah Garut dan lanjutkan kembali dengan mikro bus menuju Pameungpeuk.

Dari ketiga rute yang ada, jalur Ciwidey menjadi pilihan favorit para wisatawan dari Bandung. Selain menawarkan jalur jalan yang lebar, jalur tempuh pun terbilang cukup pendek dibandingkan rute Pangalengan.

Setelah sampai di Pameungpeuk, kamu bisa langsung menikmati wisata Pantai Sayang Heulang dan Pantai Santolo. Kamu bisa melihat ulasan lengkap Pantai Santolo dan Sayang Heulang di artikel berikut.

Pantai Ujung Genteng dan Pangumbahan, Sukabumi

Dua pantai di Sukabumi berikut juga bisa kamu jangkau dari Kota Bandung. Setidaknya, kamu perlu menempuh 5 6 jam perjalanan dari Bandung untuk sampai di Pantai Ujung Genteng dan Pantai Pangumbahan. Meski tergolong cukup jauh, kedua pantai tersebut bisa kamu tempuh dengan kendaraan umum.

Pantai Ujung Genteng

(Sumber: kabarwisata.com)

Jarak Bandung Pantai Ujung Genteng adalah sekitar 230 km. Dari Bandung, kamu bisa menggunakan bus dari Terminal Cicaheum atau Leuwipanjang untuk melalui rute Lembur Situ – Surade – Ujung Genteng. Meski kendaraan umum mudah terjangkau, cara ini dianggap memakan waktu yang cukup lama. Karena itu, jika ingin mempersingkat waktu perjalanan, sebaiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi ya!

Perjalanan panjang menuju Pantai Ujung Genteng tentu akan terbayar saat kamu sampai di lokasi. Kondisi ombak yang tenang berpadu cantik dengan hamparan pasir putih Pantai Ujung Genteng. Lokasi tepat untuk bersantai dan menenangkan pikiran, bukan?

Selain eksotisme pantainya, Ujung Genteng juga dikenal sebagai Desa Nelayan. Setiap pagi, terdapat pelelangan ikan hasil tangkapan para nelayan setempat. Tak sekadar membeli hasil tangkapan, kamu pun bisa ikut berlayar untuk menyaksikan langsung proses penangkapan ikan dan lobster.

Pantai Pangumbahan

(Sumber: rubrikwisata.com)

Tak jauh dari Pantai Ujung Genteng, kamu bisa menemukan Pantai Pangumbahan. Untuk mengunjunginya, kamu hanya perlu berjalanan kaki atau mengendarai ojek sejauh 5 km.  Tidak seperti pantai lainnya, di Pantai Pangumbahan kamu bisa melihat penangkaran penyu hijau yang telah dikategorikan sebagai hewan langka.

Sejak 2008, Kementerian Kelautan dan Perikanan mengawasi pelestarian dan pengembangbiakan penyu hijau di Pantai Pangumbahan. Keistimewaan tersebut tentu bisa kamu lihat secara bebas. Hanya dengan mengeluarkan biaya sekitar Rp5.000, kamu bisa menyaksikan kehidupan penyu hijau dari proses bertelur hingga pelepasan anak penyu ke lautan di waktu tertentu.

Selain menyaksikan penangkaran penyu hijau, Pantai Pangumbahan juga menjadi lokasi favorit para peselancar. Kondisi ombak yang cukup tinggi akan menjadi tantangan tersendiri bagi pencinta selancar. Tertarik untuk mencobanya?

Pantai Sawarna dan Tanjung Layar, Banten

Pantai lain yang bisa kamu kunjungi dari Bandung adalah Pantai Sawarna dan Pantai Tanjung Layar. Dibanding pantai sebelumnya, kedua pantai tersebut memiliki jarak yang cukup jauh dari Bandung. Untuk sampai lokasi pantai di Banten ini, kamu perlu menempuh 6 7 jam perjalanan dari Bandung. Rute yang bisa kamu lalui adalah Padalarang – Cianjur – Sukabumi – Sawarna.

Menariknya, kedua pantai tersebut berada dalam satu garis pantai. Jadi, cukup dengan berjalan kaki, kamu sudah bisa mengunjungi dua pantai sekaligus.

Pantai Sawarna

(SUmber: @wisatasawarna)

Pantai Sawarna terletak di Desa Sawarna, Bayah. Selain menjadi tujuan wisatawan lokal, Pantai Sawarna juga menjadi destinasi selancar favorit wisatawan mancanegara. Pasalnya, ombak pantai ini cukup tinggi dengan lipatan panjang yang akan membuat selancar semakin seru. Kawasan pantai juga dilengkapi berbagai fasilitas, seperti toilet, penginapan dan beberapa warung kecil untuk menikmati kelapa muda dan hidangan laut.

Bagi para backpacker, kamu bisa bermalam di kawasan Pantai Sawarna dengan mendirikan tenda. Dengan berkemah di pantai, kamu bisa melakukan lebih banyak aktivitas menarik seperti berenang, berjemur, bermain voli pantai, serta menyaksikan pesona sunset dan sunrise.

Pantai Tanjung Layar

(Sumber: @phine.jabar)

Pantai Tanjung Layar berada tepat di sebelah Pantai Sawarna. Uniknya, pantai ini dominan dengan berbatuan karang dengan berbagai ukuran. Tak hanya itu, penamaan “tanjung layar” juga diambil dari salah satu batu karang yang mirip dengan layar sebuah kapal. Jika beruntung, kamu pun bisa mengunjungi batu karang tersebut saat air sedang surut.  

Ingin menyaksikan kecantikan matahari terbit? Pantai Tanjung Layar merupakan lokasi yang tepat! Agar tidak melewatkan momen yang ada, kamu perlu datang mulai pukul 05:00. Jika tak ingin terburu-buru, kawasan kemah di Pantai Sawarna tentu bisa kamu manfaatkan untuk menginap terlebih dahulu.

***

Itulah beberapa pantai populer yang bisa kamu kunjungi saat berada di kawasan Bandung. Selain tergolong cukup dekat, pantai-pantai tersebut juga bisa menjadi wisata alternatif selama di Bandung. Jadi, pantai mana yang akan kamu kunjungi terlebih dahulu? Yuk, segera rencanakan liburan ke Bandung bersama Traveloka!  

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1