6 Kuliner Lezat Ini Ternyata Oleh-oleh Khas Bekasi

6 Kuliner Lezat Ini Ternyata Oleh-oleh Khas Bekasi

Berada di dekat Jakarta ternyata membuat Bekasi menjadi kota yang cukup sibuk. Dari segi wisata saja, kamu bisa menemukan cukup banyak destinasi menarik untuk dikunjungi. Sebut saja Taman Rekreasi Mekarsari atau Go! Wet Waterpark. Waktu sehari rasanya masih kurang untuk menjelajahi aneka wisata yang ada.

Meski potensi wisatanya cukup unggul, masih banyak wisatawan yang bingung harus membeli oleh-oleh apa sebelum pulang dari Bekasi. Apakah kamu juga mengalami hal yang sama? Tak perlu khawatir, Traveloka telah merangkum daftar rekomendasi oleh-oleh khas Bekasi berikut ini!

1. Bandeng Rorod

oleh-oleh khas bekasi
Photo credit: @bandengrorodofficial (Instagram)

Kamu suka olahan ikan? Jangan sampai melewatkan Bandeng Rorod saat berkunjung ke Bekasi. Olahan ikan ini berupa bandeng tanpa duri yang dijadikan semacam otak-otak. Ada dua varian rasa bandeng yang dijual, yaitu orisinal dan pedas. Namun, keduanya juga hadir bersama sambal terasi yang nikmat.

Saat ini telah banyak bermunculan penjual Bandeng Rorod. Kalau kamu ingin mencicipi cita rasa yang asli, coba datang ke Jalan Maluku Raya blok C1 No 5, Perumnas 3, Aren Jaya. Di sini, kamu bisa menemukan Bandeng Rorod asli Bekasi dengan harga sekitar Rp25.000 per kotak.

2. Kue duit

oleh-oleh khas bekasi
Photo credit: mamikos.com

Diberi nama kue duit karena memiliki bentuk seperti kepingan uang logam atau koin. Penganan berbahan dasar tepung yang dicampur telur dan gula ini punya cita rasa yang manis. Dalam penyajiannya, kue duit biasanya dibentuk bulat dan tipis sehingga sangat renyah saat digigit. Selain itu, jajanan ini juga biasanya diberi “cap” sehingga tampak indah dan menarik.

Jika tertarik membeli kue duit sebagai oleh-oleh, kamu bisa membelinya di Warung Mpok Nini di Jalan Belanak 2 Ujung No 57, Perumnas 2, Kayuringin Jaya. Tak hanya kue duit, Warung Mpok Nini juga menjual aneka oleh-oleh khas Bekasi lain lho!

3. Kue sagon

oleh-oleh khas bekasi
Photo credit: @neeta.olshop (Instagram)

Jajanan satu ini terbuat dari tepung beras ketan yang disangrai. Biasanya, kue sagon yang dijual di pasaran berbentuk persegi panjang. Namun, sekarang banyak juga yang menjualnya dalam bentuk lain seperti oval atau lingkaran. Cita rasa dari tepung beras yang disangrai dan dipadukan dengan kelapa parut sangat khas, membuat kue ini sayang untuk dilewatkan.

Kini, kamu bahkan bisa mendapatkan kue sagon bebas gula yang tetap nikmat. Untuk mendapatkan kue tradisional ini, kamu bisa datang ke toko oleh-oleh di Bekasi. Biasanya kue ini dijual dalam kemasan plastik sedang. Harganya berkisar Rp15.000 Rp25.000.

4. Kue biji ketapang

oleh-oleh khas bekasi
Photo credit: @mpok_nini (Instagram)

Ketapang adalah pohon berdaun lebat yang memiliki buah berwarna hijau. Namun, kue khas Bekasi yang satu ini tidak terbuat dari buah pohon tersebut. Kue biji ketapang ini justru terbuat dari adonan tepung terigu, kelapa parut, dan bahan-bahan lainnya. Rasanya manis, tetapi ada juga yang mengolahnya dengan cita rasa asin dan gurih.

Biasanya, kue biji ketapang akan disajikan saat hari lebaran tiba. Terlalu lama menunggu lebaran? Tenang saja, sekarang sudah banyak toko yang menyediakan kuliner khas satu ini di Bekasi. Kamu juga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena harganya hanya berkisar Rp15.000.

5. Kue akar

oleh-oleh khas bekasi
Photo credit: @mpok_nini (Instagram)

Kue ini diberi nama “akar” karena bentuknya menyerupai akar tumbuhan. Komposisinya terbuat dari tepung ketan putih yang kemudian diberi campuran wijen. Kue akar tradisional cenderung manis, tapi sekarang ada pula yang membuat dengan varian rasa gurih. Meski manis, jajanan ini tidak menimbulkan rasa enek, jadi cocok untuk teman minum teh.

Kamu bisa mendapatkan kue akar di Pusat Oleh-oleh Mpok Nini, Jalan Belanak 2 Ujung, Kayuringin Jaya. Kuliner khas ini biasanya dijual kiloan, satu kilonya dihargai kurang lebih Rp35.000. Untuk kue yang nikmat, harganya cukup murah bukan?

6. Wajik ketan hitam

oleh-oleh khas bekasi
Photo credit: @lyb_lisaulia (Instagram)

Wajik ketan hitam adalah ketan hitam yang dimasak dengan campuran gula merah hingga bertekstur lengket. Jajanan tradisional khas Bekasi ini umumnya dihidangkan saat acara lamaran atau perayaan lainnya. Namun, kini kamu bisa menikmatinya pada hari-hari biasa sebagai camilan atau teman minum teh.

Cita rasa dari wajik ketan hitam adalah manis. Karena teksturnya cukup “berisi”, wajik ketan hitam pun bisa mengenyangkan sehingga cocok dijadikan camilan pengganjal sebelum makan siang. Wajik ketan hitam ini biasanya dihargai kurang lebih Rp30.000 per bungkus. Tergiur untuk mencobanya?

***

Nah, mulai sekarang kamu tidak perlu lagi bingung harus membeli oleh-oleh khas Bekasi apa untuk kerabat maupun keluarga. Agar bisa lebih puas membeli banyak oleh-oleh, pastikan kamu sudah membawa bujet yang cukup ya. Bagi yang pulang dengan pesawat, jangan lupa pertimbangkan juga kapasitas bagasi kamu.

 

46 Shares
Share46
Pin
Share
Tweet
+1