5 Wisata Alam Jawa Barat Ini Buat Liburan Semakin Berkesan

5 Wisata Alam Jawa Barat Ini Buat Liburan Semakin Berkesan

Terbentang dari Indramayu, Sukabumi, Pangandaran, hingga Kuningan, Jawa Barat menjadi salah satu provinsi dengan wisata alam terbanyak di Indonesia. Mulai dari wisata gunung, air terjun, hingga pantai bisa kamu temukan dengan mudah di sini. Saking banyaknya, wajar jika kamu merasa bingung menentukan pilihan destinasi.

Tenang saja, Traveloka sudah merangkum daftar rekomendasi wisata alam Jawa Barat untuk kamu. Beberapa tempat wisata alam ini juga belum terlalu ramai pengunjung, sehingga kamu pun bisa lebih leluasa menikmatinya. Ayo simak selengkapnya!

1. Situs Megalitikum Gunung Padang, Cianjur

wisata alam di Jawa Barat
Photo credit: @faglidea (Instagram)

Situs Megalitikum Gunung Padang diperkirakan lebih tua dari Piramida Giza di Mesir. Susunan batu di Gunung Padang seolah mencerminkan kemegahan dan kecanggihan teknologi di zaman dahulu. Hal unik lain dari situs ini adalah keberadaan sebuah batu persegi yang bisa berfungsi sebagai alat musik. Kabarnya, batu tersebut akan mengeluarkan bunyi-bunyi berbeda saat.

Karena legendanya, Situs Gunung Padang bahkan pernah dikunjungi tiga mantan Presiden RI mulai dari Soekarno, Soeharto, hingga Megawati Soekarnoputri. Menurut warga setempat, Gunung Padang menjadi tempat Prabu Siliwangi membangun istana dalam semalam. Kalau kamu ingin mengunjungi situs bersejarah Gunung Padang, langsung saja menuju Karyamukti, Cempaka, Cianjur.

2. Pulau Biawak, Indramayu

wisata alam di Jawa Barat
Photo credit: @ratnadewikw (Instagram)

Jika di NTT ada Pulau Komodo, maka di Indramayu ada Pulau Biawak. Seperti namanya, pulau ini memang menjadi rumah bagi ratusan biawak. Salah satu atraksi yang kerap diburu wisatawan adalah saat ratusan biawak berkumpul di tepi pantai untuk mencari mangsa.

Selain itu, ada pula mercusuar yang berdiri sejak 1872 dan terdiri dari 16 lantai serta 30 anak tangga memutar. Dari mercusuar, kamu bisa melihat hamparan pasir dan birunya laut yang indah. Lokasi Pulau Biawak sendiri berada sekitar 40 kilometer dari sisi utara Pantai Tirtamaya, Indramayu. Untuk mencapai Pulau Biawak, kamu bisa menyeberang dengan perahu motor dari Pantai Tirtamaya selama kurang lebih 1,5 jam.

3. Gunung Papandayan, Garut

wisata alam di Jawa Barat
Photo credit: @risky.s.a (Instagram)

Bagi yang suka naik gunung, kamu patut mengunjungi Gunung Papandayan. Dari pusat Kota Garut, lokasinya cukup dekat dan bisa ditempuh selama kurang lebih 1 jam . Akses pun semakin mudah karena banyak angkutan kota yang melalui lokasi ini. Jalur trekking di Gunung Papandayan bisa dibilang tidak terlalu sulit, sehingga cocok bagi pendaki pemula.

Perjalanan mendaki akan makin berkesan karena di sepanjang jalur kamu bisa menikmati pemandangan alam khas gunung. Mulai dari danau atau curug, melewati hamparan bunga-bunga, hingga tanaman pegunungan bisa kamu temukan di sini. Tarif tiket masuknya sekitar Rp30.000 dan belum termasuk sewa fasilitas. Jika perlu, kamu juga bisa menggunakan jasa pemandu lokal selama perjalanan. Cukup menarik, bukan?

4. Pangalengan, Bandung

wisata alam di Jawa Barat
Photo credit: @ridzal.fdl_ (Instagram)

Bosan dengan hiruk pikuk kota besar dan butuh ketenangan? Pengalengan adalah tempat yang cocok untuk melepas penat kamu. Berlokasi di Bandung Selatan, kawasan ini menawarkan wisata alam yang menakjubkan. Tempat wisata alam yang bisa kamu kunjungi, di antaranya Barusen Hills yang merupakan taman-taman indah dengan beragam bunga. Lokasinya berada di Pasirjambu, Ciwidey, Bandung.

Suasana tenang dan menyegarkan juga bisa kamu dapatkan di Kebun Teh Pangalengan yang berada di Perkebunan Malabar, Kertamanah, Purbasari, dan Cibeureum. Belum puas sampai di situ, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke hutan pinus yang tak jauh dari perkebunan. Kalau kamu suka tantangan, tidak ada salahnya mencoba arung jeram melewati Sungai Palayangan dan Sungai Cisangkuy.

5. Tebing Citatah, Padalarang

wisata alam di Jawa Barat
Photo credit: @ryandafzn (Instagram)

Bagi kamu penggemar olahraga ekstrem, Tebing Citatah adalah destinasi yang patut dikunjungi di Bandung Barat. Tebing ini sudah digunakan untuk panjat tebing sejak tahun 1970-an. Ada beberapa tebing dengan nama dan tinggi berbeda, misalnya Tebing Citatah 48 yang memiliki tinggi 40 50 meter.

Tebing Citatah berada di bawah pengawasan Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Jadi, kalau ingin memanjat tebing atau hammocking di antara dua buah tebing tinggi, kamu harus mendapatkan izin terlebih dahulu. Faktor keselamatan di tebing ini sangat diperhatikan, sehingga kamu tidak perlu khawatir. Namun, kamu perlu lebih dahulu mengantongi izin dari pihak pengelola ya.

***

Sudah tentukan pilihan ingin berlibur ke wisata alam Jawa Barat yang mana? Apapun pilihannya, pastikan kamu mempersiapkan perjalanan sebaik mungkin ya. Jika pergi ke daerah gunung, kenakan pakaian hangat. Sebaliknya, jangan lupa bawa topi dan sunblock apabila hendak pergi ke pantai. Selamat liburan!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1