5 Pantai di Bekasi untuk Alternatif Liburan Tengah Kota

5 Pantai di Bekasi untuk Alternatif Liburan Tengah Kota

Berlokasi di sebelah timur perbatasan Jakarta membuat Bekasi menjadi kota yang cukup sibuk. Sebagai Kota Industri, Bekasi pun dikenal cukup padat sehingga wajar jika kamu ingin melepas penat saat akhir pekan atau hari libur tiba. Nah, kalau sedang bosan jalan-jalan di mall atau nongkrong di kafe, kamu bisa mengajak teman-teman atau keluarga untuk rekreasi ke berbagai pantai di Bekasi.

Tidak percaya kalau Bekasi juga punya pantai yang menarik untuk destinasi liburan? Cek ulasan lengkapnya dalam daftar yang sudah dirangkum Traveloka berikut ini!

1. Pantai Muara Beting

pantai muara beting
Photo Credit: @ilham.st

Secara administratif, Pantai Muara Beting berada di Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong. Saat ini, pantai ini sedang dalam proses pengembangan untuk menjadi tempat wisata sehingga fasilitasnya belum terlalu lengkap.

Meski begitu, potensi wisata Pantai Muara Beting sudah bisa kamu rasakan. Di sini, terdapat hutan bakau seluas kurang lebih 70 Hektar yang menarik untuk dijelajahi. Namun karena hutan bakau ini dilindungi, kamu dilarang melakukan aktivitas berburu atau menangkap hewan apa pun yang tinggal di dalam hutan.

Jika berkunjung ke Pantai Muara Beting saat September sampai Februari, kamu bisa melihat sekumpulan burung yang terbang bermigrasi dari Laut Cina Selatan dan Laut Pasifik ke pantai ini. Selain burung, terdapat juga lutung hitam yang sudah cukup langka di pantai ini. Pasir pantai di sini berwarna kecokelatan dengan kondisi ombak yang cukup deras. Namun, pengunjung masih diperbolehkan untuk sekadar bermain air.

2. Pantai Muara Bendera

pantai muara bendera
Photo Credit: Shutterstock

Masih berada di kawasan Desa Pantai Bahagia, kamu bisa menemukan pantai lain bernama Pantai Muara Bendera. Nah, karena masih berada di satu kawasan yang sama, Pantai Muara Bendera memiliki karakteristik yang tak jauh berbeda dari Pantai Muara Beting. Pasir pantainya berwarna kecokelatan dengan area pantai yang dikelilingi oleh hutan bakau.

Bedanya, Pantai Muara Bendera memiliki suasananya yang relatif lebih tenang daripada Pantai Muara Beting karena jumlah pengunjungnya cenderung lebih sepi. Jadi, bagi kamu yang sedang ingin kabur sejenak dari hiruk pikuk Kota Bekasi, Pantai Muara Bendera cocok dijadikan destinasi.

Meski begitu, mengingat fasilitasnya yang belum terlalu lengkap maka kamu perlu membawa perlengkapan sendiri. Misalnya, kamu perlu membawa pelampung maupun pakaian renang saat ingin berenang. Bahkan, di sini belum ada pedagang yang berjualan sehingga kamu disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri jika memang tertarik berlibur di Pantai Muara Bendera.

Bagi yang berniat untuk berenang atau bermain air, kamu perlu waspada terhadap ubur-ubur yang hidup di sini. Jika sampai tersengat, tubuh kamu bisa gatal-gatal sehingga dapat mengurangi kenyamanan aktivitas liburan.

3. Pantai Muara Gembong

pantai muara gembong
Photo Credit: @flyandcruise

Daya tarik Pantai Muara Gembong terletak pada hutan mangrove atau hutan bakaunya. Tanaman bakau yang mengelilingi area pantai membuat suasana jadi terasa begitu asri dan alami.

Asyiknya, kamu berkesempatan menjelajah hutan bakau sepanjang 17 km tersebut dengan menaiki perahu sampan. Biasanya, satu perahu sampan disewakan seharga kurang lebih Rp70.000. Agar lebih terjangkau, kamu bisa patungan dengan teman-teman atau keluarga untuk membayar harga sewa perahu. Jangan lupakan pula kamera untuk mengabadikan pemandangan hijau di sepanjang perjalanan.

Selain hutan bakau, Pantai Muara Gembong juga menjadi tempat budidaya ikan, udang, dan rumput laut sehingga dapat memberikan edukasi mengenai biota laut kepada pengunjung. Tak ketinggalan, berbagai fasilitas penunjang seperti toilet, musala, area parkir, hingga beberapa penginapan bisa dengan mudah kamu temukan di sini.

Jika tertarik berlibur di Pantai Muara Gembong, kamu bisa langsung datang ke Desa Pantai Sederhana, Muara Gembong. Dari pusat Kota Bekasi, diperlukan waktu tempuh kurang lebih 2 jam untuk mencapai lokasi. Bagi yang berangkat dari Jakarta, kamu bisa melalui jalan Tol Jakarta Cikampek, keluar Tol Bekasi, lalu menuju arah Jalan Raya Karang Sartia dan lanjut ke Jalan Pasar Muara.

4. Pantai Marunda

pantai marunda
Photo credit: @bekasi.update

Kamu yang tinggal di Jakarta Utara kemungkinan sudah tidak asing lagi dengan pantai satu ini. Pantai Marunda terletak di perbatasan Bekasi dengan Jakarta Utara. Kamu bisa datang ke sini dengan melewati Jalan Raya Banjir Kanal Timur (BKT) menuju PLTU Muara Tawar, kemudian memutar ke arah Krematorium Nirwana.

Sebelum sampai krematorium, beloklah ke kanan dan kamu akan menemukan sebuah gerbang yang bertuliskan “Gerbang Menuju Jembatan Cinta”. Nah, kamu tinggal memasuki gerbang tersebut hingga sampai ke sebuah dermaga yang memiliki jembatan cinta di atasnya.

Bentuk jembatan ini memang mirip dengan jembatan cinta yang ada di Pulau Tidung, karenanya warga sekitar menyebutnya jembatan cinta. Di jembatan cinta inilah biasanya para pengunjung suka berfoto ria.

Lebih dari sekadar daya tarik wisatawan, dermaga tersebut ternyata juga berfungsi untuk mendukung proses restorasi hutan bakau di wilayah pantai yang sudah mulai rusak ini. Secara tidak langsung, kehadiran dermaga ini pun menjadi sarana pengingat untuk wisatawan dan warga setempat untuk ikut merawat ekosistem pantai dan hutan bakau. Jadi, apa kamu tertarik untuk turut membenahinya?

5. Pantai Mekar

pantai mekar
Photo credit: Shutterstock

Sesuai namanya, Pantai Mekar berada di Desa Mekar, Muara Gembong. Karena masih berada di kawasan Muara Gembong, Pantai Mekar juga memiliki hutan mangrove atau bakau seperti yang bisa kamu temukan di pantai-pantai lainnya di Bekasi. Di sini, kamu juga bisa melihat muara Sungai Gembong yang merupakan anak Sungai Citarum.

Daya tarik utama Pantai Mekar adalah vila joglo, yakni sebuah bangunan gazebo yang ditempatkan di tengah laut. Bangunannya terbuat dari bambu, kayu, dan jerami sebagai atap untuk melindungi kamu dari terik panas matahari. Biasanya, orang-orang menggunakan gazebo ini untuk memancing atau sekadar bersantai menikmati pemandangan dan angin laut yang segar.

Tak perlu khawatir masalah kenyamanan karena Pantai Mekar sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, mulai dari toilet, musala, area parkir, hingga beberapa penginapan di sekitar pantai. Lokasi pantai di Bekasi ini pun cukup mudah dicapai.

Dari Jakarta, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan mengambil rute menuju Jalan Akses Marunda. Kemudian, ikuti saja jalannya hingga sampai di Jalan Pasar Muara. Nanti kamu akan melalui Jalan Suka Tenang, Jalan Sindang Jaya, Jalan Pulo Renggas sebelum sampai di Jalan Raya Muara Gembong. Di jalan raya ini sudah tersedia akses jalan beton menuju pantai.

***

Meski tidak terkenal akan wisata pantainya, pantai-pantai di Bekasi tersebut tidak kalah menarik untuk dikunjungi, bukan? Mau bermain air atau sekadar bersantai bisa kamu lakukan di pantai-pantai tersebut. Dijamin sepulang dari pantai kamu akan merasa lebih rileks dan kembali siap menjalani rutinitas sehari-hari!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1