0

Traveloka Team

18 Jan 2020 - 3 min read

5 Oleh-oleh khas Tasikmalaya Ini Banyak Diburu Wisatawan

Tak hanya Bandung, Kota Tasikmalaya juga jadi salah satu dataran Sunda yang banyak dikunjungi wisatawan. Untuk menuju Tasikmalaya, kamu bisa menempuh sekitar 6 jam perjalanan darat dari Jakarta. Namun jika menggunakan moda transportasi udara, cukup dibutuhkan sekitar 55 menit perjalanan.

Nah, daripada pulang dengan tangan kosong, kamu bisa menyisihkan waktu untuk berburu oleh-oleh khas Tasikmalaya. Dalam artikel kali ini, Traveloka sudah menyusun daftar oleh-oleh khas Tasikmalaya yang layak untuk kamu bawa pulang. Yuk, cari tahu!

1. Batik Tasikmalaya

Photo credit:@adiwibrahim (Instagram)

Ternyata, tanah Sunda juga memiliki motif batik tersendirilho. Salah satunya, kamu bisa menemukan batik dengan corak yang sangat khas pada batik Tasikmalaya. Warna-warna batik Tasikmalaya cenderung cerah dan berani. Dari segi motif pun, batik Tasikmalaya cenderung memilih bentuk fauna dan flora alih-alih bentuk yang geometris seperti batik Solo.

Jika tertarik, kamu bisa berburu batik Tasikmalaya di Kampung Batik Cigeureung. Kawasan ini terkenal sebagai sentra batik di Tasikmalaya. Untuk harganya sendiri sangat bervariasi. Jika kamu memilih jenis batik tulis, tentu harganya akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan batik cap yang lebih mudah proses pembuatannya. Jadi, siapkan bujet sesuai batik yang kamu inginkan ya!

2. Tutug oncom

Photo credit:@om_boboh_to (Instagram)

Bicara soal kuliner khas Sunda, kamu pasti tidak pernah bisa memisahkannya dengan oncom. Makanan yang satu ini memang sering ada di setiap sajian khas Sunda. Tasikmalaya juga punya olahan oncom yang bernamatutugoncom. Dalam bahasa Sunda, “tutug” berarti tumbuk, jaditutugoncom adalah oncom yang ditumbuk.

Sekarang, nasitutugoncom menjadi salah satu kuliner andalan Tasikmalaya. Orang-orang dari luar Tasikmalaya juga dapat menikmati hidangan ini. Biasanya, wisatawan cukup membelitutugoncom instan dalam kemasan. Salah satu produsennya adalah titaSix yang ada di daerah Kahuripan, Tawang. Satu bungkus Tutug Oncom ukuran 175 gram bisa kamu dapatkan dengan harga Rp30.000 saja.

3. Sale pisang

Photo credit:@selerakita.id (Instagram)

Oleh-oleh dari Tasikmalaya kali ini berupa olahan pisang bernamasale. Kamu mungkin sudah pernah mendengar nama hidangan ini dari daerah lain, tetapi yang ada di Tasikmalaya berbeda. Jikasalepisang biasanya dibuat tipis serupa dengan keripik,salepisang Tasikmalaya justru agak tebal dengan sedikit lapisan adonan.

Sale pisang Tasikmalaya dibuat dengan cara dijemur hingga pisang mengering. Setelah pisang kering, lalu diberi adonan tepung untuk kemudian digoreng. Hasilnya adalah pisang yang kecokelatan dan bercita rasa manis. Kamu bisa mendapatkansalepisang di sepanjang Jalan Raya Banjar–Manonjaya. Di sini,salepisang dijual mulai dari Rp5.000 hingga Rp10.000.

4. Wajit

Photo credit:@jennynovembria (Instagram)

Makanan ini berbahan dasar beras ketan dan gula merah, biasanya ditambah dengan parutan kelapa.Wajitumumnya berbentuk limas menyerupai piramida dan dijual dalam kemasan bungkus daun jagung kering. Rasanya legit dan cenderung manis khas gula merah. Ciri khas bungkus daun jagung kering pada penganan ini pun membuat aromanya begitu menggugah selera.

Untuk mendapatkanwajitdengan cita rasa asli, kamu bisa datang ke Sentra Wajit dan Angléng di Kampung Bunisari, Desa Neglasari. Biasanyawajitdijual dalam satu kemasan dengan berat 250 gram. Harganya berkisar mulai dari Rp15.000–20.000.WajitTasikmalaya bisa awet hingga dua puluh hari dalam suhu ruangan. Jadi, aman kamu jadikan oleh-oleh.

5. Kelom geulis

Photo credit:@feeza.kelom (Instagram)

Ingin oleh-oleh yang awet dan bisa dipakai sehari-hari? Kamu bisa membeli kelom geulis khas Tasikmalaya. Kelomgeulissecara harfiah berarti “alas kaki cantik”. Hal ini karena kelomgeulismemang ditujukan untuk perempuan. Alas kaki ini terbuat dari kayu mahoni yang dihias dengan ukiran dan warna-warni indah.

Model yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari sandal biasa hinggawedges. Kamu bisa mendapatkan kelomgeulisini di Pusat Kelom Geulis, Jalan Raya Tamansari Gobras. Harga untuk sepasang kelom geulis di sini mulai dari Rp50.000. Sebelum membeli, pastikan ukurannya pas agar nyaman untuk kamu gunakan ya!

***

Ternyata ada banyak oleh-oleh khas Tasikmalaya yang bisa kamu bawa pulang. Agar tidak kalap, kamu bisa menentukan bujet pembelian oleh-oleh sejak awal keberangkatan. Pastikan untuk selalu mengecek kembali barang belanjaan kamu. Jangan sampai tertukar dengan wisatawan lainnya. Selamat berburu oleh-oleh, ya!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan