19 Pantai di Jawa Barat untuk Destinasi Anti Mainstream

19 Pantai di Jawa Barat untuk Destinasi Anti Mainstream

Dikenal sebagai Negara Kepulauan, Indonesia memiliki banyak pantai yang menarik untuk dijadikan tempat wisata. Dari Sabang sampai Merauke, kamu bisa mengunjungi berbagai pantai dan menikmati keindahannya, begitu pun dengan pantai yang ada di Provinsi Jawa Barat.

Menariknya, beberapa pantai di Jawa Barat juga tak kalah indah dengan yang ada di Bali. Berbagai aktivitas juga bisa kamu lakukan, mulai dari berenang, menyelam, hingga berselancar. Lalu, di mana saja pantai di Jawa Barat yang bisa kamu jelajahi keindahannya? Untuk memudahkan, Traveloka telah merangkumnya dalam artikel di bawah ini!

Pangandaran

1) Pantai Batu Karas

Photo Credit: @toelankroesoek (Instagram)

Salah satu pantai di Jawa Barat yang menyuguhkan pesona alam indah untuk dijelajahi adalah Pantai Batu Karas. Pantai ini berada tidak jauh dari Pantai Pangandaran, tepatnya di Desa Batu Karas, Cijulang. Di sini, kamu dapat menikmati suasana pantai dengan ombak laut yang tenang. Tak hanya itu, bersantai di objek wisata populer ini juga akan semakin seru karena kamu dapat menyantap hidangan laut yang tersedia di sekitar pantai.

Sebagai wisata yang kerap ramai oleh pengunjung, Pantai Batu Karas juga menawarkan berbagai kegiatan seperti berenang, berselancar, hingga berperahu.  Tak sedikit pula jenis penginapan yang bisa kamu temukan di sini, mulai dari hotel, resor, hingga homestay dengan harga bervariasi. Menyenangkan, bukan?

2) Pantai Batu Hiu

Photo Credit: @info_wisata_pantai_pangandaran (Instagram)

Pantai ini diberi nama “Batu Hiu” karena keberadaan batu yang terlihat seperti sirip ikan hiu. Keindahan alam pantai di Desa Ciliang, Parigi ini dapat kamu nikmati lebih leluasa dengan naik ke atas bukit. Jika dilihat dari sana, kamu dapat melihat batu yang menyerupai sirip ikan hiu tersebut dengan lebih jelas.

Bagi penyuka fotografi, pantai ini juga menawarkan spot foto yang indah dengan berbagai latar seperti batu hiu, laut, pasir putih, hingga matahari terbenam. Setelah puas berfoto, kamu bisa memesan berbagai menu seafood di beberapa warung makan yang tersedia sembari menikmati sejuknya angin laut dan pemandangan sekitar pantai.

3) Pantai Madasari

Photo Credit: @namponi (Instagram)

Jika berkunjung ke Pangandaran, sebaiknya sempatkan waktu untuk mengunjungi Pantai Madasari. Pantai ini cukup unik dengan panorama pulau-pulau kecil serta hijau pepohonan di Desa Masawah. Selain itu, berbatuan karang dan pepohonan di sekitar juga semakin menambah keindahan pantai pasir putih ini.

Asyiknya, objek wisata ini berada di satu garis pantai dengan Batu Karas. Jadi, kamu bisa sekaligus mengunjungi dua pantai ini hanya dengan berjalan kaki di jalan setapak yang tersedia. Jika tertarik berkunjung ke Pantai Madasari, kamu perlu menuju arah selatan dan menempuh jarak sekitar 20 km dari Green Canyon atau 40 km dari Pantai Pangandaran.

4) Pantai Pasir Putih

Photo Credit: @saumnii (Instagram)

Pantai Pasir Putih menawarkan keindahan eksotis di sisi barat Cagar Alam Penanjung. Kawasan ini memiliki pasir putih, berbeda dengan pantai lain di Pangandaran yang berwarna kecokelatan. Daya tarik utama Pantai Pasir Putih adalah nuansa alami yang masih terjaga dengan baik karena berada di kawasan konservasi.

Di sini, kamu bisa menemukan kera-kera yang berkeliaran bebas di sekitar pantai. Tak perlu khawatir, kawanan kera tersebut cukup jinak untuk didekati dan diajak bermain. Namun, sebaiknya tetaplah jaga barang bawaan karena kera kerap tertarik dengan barang-barang yang asing. Selain itu, kamu diperbolehkan menyelam di perairan dangkal pantai ini untuk melihat berbagai biota laut cantik.

5) Pantai Karang Nini

Photo Credit: @arifinachmad88 (Instagram)

Pantai di Desa Emplak, Kalipucang ini berada di balik hutan yang cukup lebat. Bayangkan saja, kamu perlu melalui perjalanan 2 km lebih dulu untuk sampai di kawasan objek wisata ini. Perjalanan yang dilalui pun memiliki kondisi yang kurang memadai, jadi kamu perlu lebih berhati-hati.

Meski memakan waktu cukup lama untuk sampai pantai ini, kamu dijamin tak akan menyesal. Selain suasana tempat yang masih alami,  Pantai Karang Nini juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti pondok wisata, area bermain anak, serta area kemah. Dengan begitu, kamu tidak akan bosan menghabiskan waktu di sini.

 

Sukabumi

6) Pantai Ujung Genteng

Photo Credit: @buzzkii (Instagram)

Setelah puas menikmati berbagai pantai di Kabupaten Pangandaran, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan berwisata ke Sukabumi. Ada banyak pantai yang terkenal di sini, salah satunya Pantai Ujung Genteng. Di pantai berpasir putih ini, kamu dapat melihat ikan-ikan, kepiting kecil, bintang laut, serta rumput laut pada banyak batu karang yang tersebar di sekitar pantai. Kamu pun diperbolehkan untuk bermain air dan berenang di pesisir pantai.

Jika ingin aktivitas berbeda, kamu bisa menyusuri pantai dengan melihat puing-puing dermaga sisa peninggalan zaman Belanda ataupun menaiki mercusuar. Untuk fasilitas, pantai ini cukup nyaman dikunjungi karena dilengkapi musala, area parkir, tempat makan, hingga penginapan murah yang bisa kamu temukan dengan mudah di sekitarnya. Tertarik untuk berwisata di sini?

7) Pantai Citepus

Photo Credit: @exploresukabumi (Instagram)

Jika ingin berenang dan bermain air laut, Pantai Citepus bisa menjadi tempat yang tepat untuk kamu kunjungi. Tentunya, kamu tetap harus berhati-hati dan berenang pada batas aman. Setelahnya, kamu dapat menyantap berbagai makanan laut di warung-warung sekitar pantai dan belanja aneka buah tangan di toko suvenir.

Jika tidak ingin berenang, kamu bisa berjalan-jalan di sepanjang garis pantai dan menikmati panorama indah Pantai Citepus. Lokasinya yang berada di tepi jalan raya tepatnya di Jalan Cisolok, Pelabuhan Ratu, menjadikan pantai ini sering dijadikan tempat singgah wisatawan saat dalam perjalanan. Jadi, jangan heran jika kamu melihat kondisi pantai yang ramai saat berkunjung.

8) Pantai Pelabuhan Ratu

Photo Credit: @visitsukabumi (Instagram)

Berbatasan langsung dengan pesisir Samudra Hindia, tak heran jika Pantai Pelabuhan Ratu memiliki keindahan yang luar biasa. Pantai ini terletak sekitar 60 km dari arah selatan Kota Sukabumi. Bagi yang ingin bermain air sesampainya di pantai, sebaiknya kamu mengurungkan niat tersebut karena Pantai Pelabuhan Ratu mempunyai ombak sangat besar dan cukup berbahaya.

Namun, pantai yang berada di Jalan Raya Cisolok, Pelabuhan Ratu ini cukup indah dengan topografi berupa perpaduan antara pantai yang curam dan landai. Tebing karangnya terjal namun cukup sejuk karena terdapat hutan cagar alam di sekitar pantai. Saking indahnya, Pelabuhan Ratu kabarnya pernah dikunjungi oleh Presiden Soekarno pada tahun 1960. Bahkan, Soekarno mendirikan tempat peristirahatannya di Tenjo Resmi, wilayah terdekat pantai ini.

9) Pantai Cimaja

Photo Credit: @nianurdiansyah (Instagram)

Terletak di Desa Cimaja, Cikakak, pantai ini menjadi favorit peselancar karena kondisi ombaknya yang tinggi. Bahkan, beberapa kompetisi selancar tingkat nasional maupun internasional telah kerap diadakan di sini. Bagi kamu yang ingin belajar berselancar, di sini juga tersedia tempat yang aman bagi pemula. Tenang saja, keselamatan kamu akan dijamin oleh tim SCCI (Surfing Culture Club Indonesia), sebuah komunitas peselancar yang berdiri sejak 2006.

Jika ingin mengunjungi Pantai Cimaja, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 120 km dari Jakarta atau 203 km dari Bandung. Jangan lupa siapkan bujet sekitar Rp5.000 per orang untuk biaya masuk ke pantai yang tak jauh dari Pelabuhan Ratu ini.

 

Tasikmalaya

10) Pantai Karang Tawulan

Photo Credit: @diki_demplu (Instagram)

Jika berkunjung ke Tasikmalaya, cobalah sempatkan waktu untuk berkunjung ke Pantai Karang Tawulan. Pantai satu ini menawarkan pemandangan cukup berbeda dengan pantai di sepanjang pesisir selatan lainnya. Bagaimana tidak? Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan laut dari atas bukit serta hamparan batu karang di sekitar pantai.

Saat berkunjung, jangan buru-buru pulang. Pasalnya, pantai ini memiliki pemandangan matahari terbenam yang sangat menawan. Tak hanya itu, sekelompok burung camar juga akan menambah cantik pesona sunset di Pantai Karang Tawulan. Sebuah perpaduan sempurna untuk menutup hari kamu, bukan? Untuk melihatnya, kamu hanya perlu menempuh jarak 90 km atau sekitar 3 jam berkendara dari Kota Tasikmalaya.

11) Pantai Sindangkerta

Photo Credit: @ghifarwidyannnn (Instagram)

Menawarkan pemandangan pantai dengan hamparan pasir putih yang memukau, Pantai Sindangkerta tak boleh kamu lewatkan saat berada di Kota Santri ini. Pantai ini memiliki topografi landai dengan berbatuan karang yang membuatnya tampak menarik. Kamu juga akan menemukan taman laut luas bernama “Taman Lengsar” yang tak kalah cantik untuk dikunjungi.

Di taman tersebut, kamu dapat menjumpai sejumlah spesies laut seperti ikan hias, bintang laut, siput, kerang, hingga kepiting kecil yang terjebak di dalam karang. Tak hanya itu, Pantai ini juga memiliki tempat penangkaran penyu hijau yang langka, lho. Jika beruntung, kamu bahkan dapat ikut melepas penyu ke laut.

12) Pantai Cipatujah

Photo Credit: @erikfirdaus (Instagram)

Satu lagi pantai yang sayang untuk dilewatkan saat berada di Tasikmalaya, yaitu Pantai Cipatujah. Pantai pasir putih yang berada di Desa Sindangkerta, Cipatujah ini merupakan salah satu pantai favorit di kalangan wisatawan. Berbagai aktivitas seru, seperti berenang atau sekadar bermain air bisa kamu lakukan dengan leluasa di sini.

Agar tetap aman saat berenang, sebaiknya pilih lokasi yang tidak terlalu jauh dari garis pantai karena ombak di sini cukup besar. Selepasnya, kamu bisa bersantai di tepi pantai untuk menikmati sunset serta pemandangan Pantai Cipatujah menjelang malam. Untuk berkunjung ke sini, kamu perlu menempuh jarak sekitar 74 km ke arah selatan dari Kota Tasikmalaya. Jarak yang tidak terlalu jauh untuk sebuah pemandangan pantai memukau, bukan?

 

Garut

13) Pantai Santolo

Photo Credit: @syagar_12 (Instagram)

Apabila kamu ingin mengunjungi pantai yang eksotis, maka Pantai Santolo adalah jawabannya. Pantai yang paling terkenal di Garut ini selalu ramai pengunjung. Berbagai kegiatan seru bisa kamu lakukan di sini, seperti memancing, membeli hasil tangkapan laut, berenang di tepi pantai, hingga bermain banana boat yang dapat disewa Rp25.000 per orang. Kalau ingin memancing di laut lepas, kamu juga bisa menyewa perahu warga setempat.

Sebagai destinasi wisata populer di Garut, pantai ini dilengkapi dengan penginapan sehingga cukup memadai untuk dikunjungi. Tersedia pula berbagai restoran dan warung makan yang buka 24 jam untuk memudahkan kamu mengisi perut. Jika tertarik mengunjungi pantai ini, kamu bisa menuju Kecamatan Cikelet dengan menempuh waktu perjalanan sekitar 4 jam dari pusat Kota Garut.

14) Pantai Cicalobak

Photo Credit: @garut_turunankidul (Instagram)

Meski belum terlalu terkenal di kalangan wisatawan, pemandangan Pantai Cicalobak yang menawan membuatnya layak untuk kamu kunjungi. Berada di Karangwangi, Depok, kamu memerlukan waktu 6 jam berkendara dari Jakarta atau 4 jam dari Bandung untuk tiba di pantai ini.

Perjalanan cukup panjang tersebut akan terbayar dengan pemandangan pantai yang bersih serta suasana cukup sepi, cocok untuk kamu yang ingin bersantai tanpa gangguan. Meski tergolong sepi pengunjung, kamu tetap bisa memanfaatkan fasilitas yang tersedia seperti area parkir, kamar mandi, maupun musala. Agar kunjungan kamu semakin lengkap, jangan lupa berfoto dengan latar belakang batu karang cantik di Pantai Cicalobak ya!

15) Pantai Cijeruk

Photo Credit: @intansy23 (Instagram)

Pantai Cijeruk yang kadang dijadikan tempat penggembalaan sapi, memiliki keunikan pada air lautnya yang mempunyai dua warna berbeda, yakni biru dan hijau kecokelatan. Air berwarna biru berasal dari laut, sedangkan hijau kecokelatan adalah hasil aliran muara air sungai. Pantai yang terletak di Desa Sagara, Pameungpeuk ini sangat cocok untuk kamu yang tengah mencari ketenangan. Pasalnya, Pantai Cijeruk belum banyak dikunjungi wisatawan, terutama di luar hari libur.

Sembari menikmati keheningan pantai yang menenangkan, kamu juga dapat berfoto dengan latar pantai beserta ombaknya. Satu hal yang perlu kamu ingat bahwa pantai ini belum dilengkapi berbagai fasilitas. Jadi, sebaiknya kamu membawa perlengkapan dan kebutuhan pribadi saat berkunjung ke Pantai Cijeruk.

16) Pantai Manalusu

Photo Credit: @jelajah_garut (Instagram)

Selain Pantai Cijeruk, kamu juga dapat menikmati suasana tenang di Pantai Manalusu. Kabarnya, penamaan “Manalusu” pada pantai ini diambil dari nama sang penemu, yakni Karl Manalusu. Berada di Cigadog, Cikelet, kamu dapat tiba di sini dengan menempuh 4 jam perjalanan dari pusat Kota Garut. Karena jaraknya cukup jauh dan memiliki akses yang sulit, pantai ini masih tergolong sepi pengunjung.

Di Pantai Manalusu, kamu akan melihat kumpulan batu karang berlumut yang tampak seperti padang rumput dari kejauhan. Selain menawarkan karakteristik unik tersebut, kamu juga dapat berenang, memancing, dan berkemah. Bahkan, kamu bisa menemukan ikan-ikan kecil di sela batu karang Pantai Manalusu. Seru sekali, bukan?

 

Banten

17) Pantai Tanjung Lesung

Photo Credit: @rendyocta2 (Instagram)

Menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sejak tahun 2015, Pantai Tanjung Lesung bisa jadi destinasi pertama di Banten yang bisa kamu kunjungi. Berada di Desa Tanjung Jaya, Pandeglang, pantai ini menawarkan panorama indah berupa hamparan pasir putih lembut serta air laut jernih berwarna biru kehijauan. Tak ketinggalan, deretan pepohonan yang menambah kesan asri pantai ini.

Karena suasananya begitu nyaman, pantai ini cocok untuk kamu yang ingin bersantai dengan tenang. Semilir angin serta debur ombaknya membuat suasana di sekitar pantai semakin tenang dan romantis. Pantai yang bentuk daratannya sedikit menjorok ke laut dan menyerupai lesung (alat penumbuk padi) ini juga bisa kamu kunjungi untuk melakukan berbagai kegiatan seru, seperti snorkeling ataupun diving.

18) Pantai Tanjung Layar

Photo Credit: @willhart.ho (Instagram)

Jika berkunjung ke Banten, sebaiknya kamu juga tidak melewatkan Pantai Tanjung Layar. Nama pantai ini terinspirasi dari dua bongkahan karang berukuran besar yang berbentuk layar kapal di bibir pantai. Suasana pantai ini cukup nyaman dan cocok untuk kamu yang ingin bersantai sembari menikmati pemandangan di tepi laut.

Tak hanya itu, di sini kamu juga bisa menghabiskan malam dengan berkemah. Ada lahan khusus yang disediakan pengelola untuk perkemahan. Jika ingin lebih seru, kamu bisa membuat api unggun dan acara barbeku saat berkemah. Yuk, ajak teman-teman dan keluarga kamu untuk camping ceria di tepi Pantai Tanjung Layar yang berada di Sawarna, Bayah.

19) Pantai Pulau Peucang

Photo Credit: @yuniarinukti (Instagram)

Satu lagi pantai di Banten yang tak boleh kamu lewatkan, yaitu Pantai Pulau Peucang. Di sini, kamu dapat menikmati keindahan pasir putih serta terumbu karang cantik di sekitarnya. Tak hanya itu, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti berenang, menyelam, memancing, hingga snorkeling. Pantai ini juga ideal bagi kamu yang suka mengamati beragam satwa, khususnya rusa.

Pantai yang berada di Selat Panaitan, Kabupaten Pandeglang ini juga dianugerahi UNESCO sebagai salah satu situs alam warisan dunia karena memiliki beragam flora dan fauna. Jika tertarik untuk mengunjunginya, kamu harus siap menempuh perjalanan panjang. Setidaknya, kamu akan menempuh sekitar 8 jam berkendara dan 1 jam penyeberangan pulau.  

***

Itulah 19 pantai di Jawa Barat yang perlu kamu telusuri keindahannya. Tak hanya menyuguhkan pesona bahari yang indah, berbagai pantai di atas juga bisa menjadi lokasi tepat untuk menyalurkan hobi berenang, menyelam, ataupun mengamati aneka flora dan fauna di sekelilingnya. Jika kamu berencana untuk melakukan beach-hopping pada liburan selanjutnya, jangan lupa ajak orang-orang terdekat agar liburan lebih seru dan berkesan ya!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1