0

Traveloka Team

26 Jan 2020 - 3 min read

Belum Bisa Liburan ke Luar Jakarta? Ini 7 Ide Staycation Asyik di Jakarta

Tidak ada yang lebih menyenangkan dari liburan dan tidak ada yang lebih nyaman dari rumah sendiri. Denganstaycation, kamu bisa dapat keduanya.

Staycationadalahvacation at homeatau berlibur di rumah.Staycationberasal dari gabungan katastay(tinggal di tempat) danvacation(liburan). Dengan kata lain,staycationadalah kegiatan berlibur di daerah yang sama atau tidak jauh dengan tempat tinggal.

Dibandingkan liburan (vacation),staycationlebih hemat waktu dan biaya. Hemat waktu karena kamu tidak perlu menempuh perjalanan jauh. Hemat biaya karena dilakukan di dekat tempat tinggalmu.Staycationadalah solusi bagi kamu yang sibuk dan hanya memiliki sedikit waktu luang, juga bagi kamu yang ingin liburan tapi memiliki dana terbatas.

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta dan sedang bosan dengan rutinitas pekerjaan, kamu bisastaycationdengan beberapa kegiatan asyik berikut:

Jalan Santai di Taman Krida Loka
Taman Krida Loka terletak di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan. Pintu masuknya berada persis di belakang kolam renang GBK. Taman ini memilikijogging tracksepanjang 1000 meter dan beberapa fasilitas atletik.Kamu bisa berjalan santai mengikuti lintasan itu atau duduk-duduk di kursi-kursi yang disediakan. Kamu pun bisa bebas menghirup udara segar karena banyak pohon rindang.Harga tiket masuk: Rp 6.000

Bersepeda di Car Free Day
Ingin bebas bersepeda di ruas jalan Sudirman sampai MH Thamrin? Bawalah sepedamu ke sana pada hari Minggu!Setiap hari Minggu, antara pukul 06:00 – 11:00, Jakarta memberlakukancar free dayatau hari bebas kendaraan bermotor di beberapa ruas jalan. Kamu bisa memanfaatkancar free dayini untuk bersepeda sampai puas.Ruas jalan lain yang memberlakukancar free dayadalah:

Jl. Letjend Suprapto di Jakarta Pusat

Jl. Sisingamangaraja di Jakarta Selatan

Kota Tua Jakarta di Jakarta Barat

Jl. Pemuda di Jakarta Timur

Jl. Danau Sunter di Jakarta Utara

Kunjungi Hutan Mangrove
Hutan Mangrove (bakau) terdapat di dalam Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta Utara. Kawasan wisata seluas 99,82 hektar ini didominasi oleh danau, dengan vegetasi utama bakau.Di Hutan Mangrove, kamu dapat mengelilingi danau dengan perahu atau kano sewaan dan bisa ikut menanam bakau. Di dalam taman wisata ini juga kamu akan melihat beberapa binatang seperti biawak, burung, kelinci, dan monyet.Harga tiket masuk: Rp 25.000
Paket menanam mangrove: Rp 150.000
Sewa perahu: Rp 250.000/6 orang/perahu
Sewa kano: Rp 100.000/45 menit(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Nonton Teater di Taman Ismail Marzuki
Pementasan langsung teater akan memberi pengalaman baru bagi kamu yang sebelumnya selalu menonton film di bioskop. Saat nonton teater, kamu akan melihat adegan tanpacut, dialog yang tidak direkam, serta tata cahaya dan panggung yang apik.Taman Ismail Marzuki menampilkan pertunjukkan berbeda setiap bulannya. Kamu dapat mengecek jadwal acara melaluidi sini.

Kunjungi Pusat Kebudayaan Negara Lain
Saat melakukan liburan ke daerah lain, kamu pasti akan berinteraksi dengan penduduk lokal untuk mengetahui budayanya. Saatstaycation, kamu bisa mengganti interaksi itu dengan mengunjungi pusat kebudayaan negara lain.Misalnya, jika ingin tahu budaya Jerman, kamu bisa datang ke Goethe Institut, Institut Français Indonesia untuk budaya Perancis, atau Japan Foundation untuk budaya Jepang.Masing-masing pusat kebudayaan ini secara rutin menggelar acara kebudayaan, pameran, atau pemutaran film secara gratis.

Kunjungi Perpustakaan
Banyak hal seru yang bisa kamu lakukan di perpustakaan. Misalnya, kamu dapat membaca buku best seller yang sudah tidak diterbitkan lagi, mendengarkan audiobooks, atau menonton film di tengah-tengah ruangan (jangan lupa memakaiheadphone) tanpa ada yang mengganggu.Kamu juga bisa memanfaatkan suasana nyaman perpustakaan untuk membaca buku yang kamu bawa dari rumah.Beberapa perpustakaan yang bisa kamu kunjungi di Jakarta adalah:

Perpustakaan Freedom Institute
Jl. Proklamasi no.41, Menteng, Jakarta Pusat

Perpustakaan Public Information Center World Bank of Jakarta
Jakarta Exchange Tower Level 13, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52-53

Perpustakaan UNESCO Jakarta
Jl. Galuh II/5, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Menginap di hotel
Selain berganti suasana baru, menginap di hotel akan membuat kamu merasa benar-benar rileks. Kamu tidak perlu lagi repot membersihkan ruangan, cuci baju, dan sarapan karena semuanya sudah termasuk dalamlayanan hotel. Selain menikmati fasilitashotel, kamu juga bisa mengunjungi tempat-tempat seru yang ada di sekitar hotel.Selamastaycation, tidak ada salahnya mematikan laptop dan notifikasismartphoneagar kamu benar-benar terbebas dari urusan pekerjaan.Jangan lupa untuk selalu berinteraksi dengan orang-orang yang kamu temui. Bisa saja mereka memberimu banyak ide untuk menentukan destinasi liburan selanjutnya.Happy staycation!Punya idestaycationdi kota kamu sendiri selain Jakarta?

Supaya liburan kamu makin berkesan dan tetap aman, jangan lupa kamu sudah bisa sewa mobil di Jakarta lewat Traveloka. Banyak pilihan mobil dan promo menarik, loh!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan