Menjelajahi Lima Pulau Cantik di Kepulauan Seribu

Traveloka
By Traveloka 01 October 2017
Reading Time: 4 minutes

Kepulauan Seribu atau yang lebih sering disebut Pulau Seribu adalah taman nasional yang terletak di utara Jakarta. Pulau-pulau yang ada di kawasan ini menyajikan pemandangan yang indah dengan kondisi laut yang masih bersih. Tak heran jika Pulau Seribu menjadi tujuan wisata yang populer di kalangan warga lokal maupun luar daerah di Indonesia.

Sebagai alternatif destinasi wisata bahari, kini kamu tak perlu pelesiran jauh ke Bali atau Lombok untuk bisa menikmati hamparan pasir putih, air laut yang jernih, dan angin sepoi-sepoi. Untuk ke mengunjungi pulau-pulau di Kepulauan Seribu, ada banyak jenis kapal yang bisa kamu tumpangi, mulai dari kapal kayu nelayan di Pelabuhan Muara Angke atau Muara Kamal, hingga speed boat dari Dermaga Marina, Ancol.

Di Kepulauan Seribu, ada 5 pulau cantik yang wajib kamu kunjungi. Berikut di antaranya:

Pulau Tidung

Besok hari senin, pada masuk ya #travel #indotravel #pulautidung #tidungbeach

A post shared by Pandu Asshidiqy Setiawan (@pxpxp14) on

Tidung adalah salah satu pulau yang paling diminati wisatawan. Pulau Tidung sangat populer karena memiliki daya tarik berupa sebuah jembatan melengkung bernama Jembatan Cinta. Konon, pasangan yang melewati jembatan ini akan langgeng selamanya. Jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto bersama pasangan di sini.

Jembatan penghubung Pulau Tidung dengan Pulau Tidung Kecil ini juga merupakan lokasi untuk menguji adrenalin. Kamu bisa mencoba pengalaman seru melompat dari ketinggian sekitar 6 meter. Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di jembatan ini adalah menyaksikan matahari terbenam yang cantik.

Di samping keindahan alamnya, pulau ini memiliki spot terbaik untuk snorkeling dengan perairan yang masih alami dan memiliki banyak ikan berwarna-warni. Biasanya, snorkeling dilakukan di tepi pantai Pulau Tidung dan Jembatan Cinta pada pagi hari. Kamu pun hanya perlu bayar sewa peralatan Rp50.000 untuk satu hari.

Selain itu, Pulau Tidung juga menawarkan fasilitas water sport yang lengkap dengan harga terjangkau, mulai dari banana boat, donut boat, hingga kano. Jika tak ingin bermain air, kamu bisa bersepeda mengelilingi pulau. Saat bersepeda, kamu bisa melihat pemandangan seluruh bagian pulau, serta kegiatan sehari-hari penduduk setempat.

Pulau Harapan

Dermaga Pulau Harapan (Sumber: Shutterstock)

Pulau Harapan di Kotamadya Kepulauan Seribu juga menawarkan paket liburan yang lengkap. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru, salah satu island hopping (menjelajah ke beberapa pulau) di sekitar menggunakan perahu motor.  Beberapa pulau yang bisa dikunjungi: Pulau Perak, Pulau Bira Besar, Pulau Bulat, Pulau Putri, dan Pulau Gosong yang hanya muncul saat air surut.

Jika ingin mencoba pengalaman island hopping, aktivitas ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari agar kamu bisa mengunjungi semua pulau. Saat menjelajah beberapa pulau, kamu bisa melakukan banyak hal, seperti bermain air, berenang, berfoto, berkemah, snorkeling, jalan-jalan keliling pulau, hingga melihat sunset.

Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan saat berlibur di Pulau Harapan adalah menyambangi penangkaran penyu sisik. Datanglah ke Taman Biota Laut yang berada di bagian belakang pulau untuk melihat telur dan penyu sisik dewasa secara langsung. Kamu akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp5.000.

Tak hanya itu, Pulau Harapan juga akan membuatmu lebih dekat dengan alam. Di pulau yang menjadi sentra budidaya bakau ini, kamu bisa ikut mencoba menanam mangrove bersama masyarakat setempat.

Pulau Pramuka

She ran away in her sleep and dreamed of paradise – Coldplay

A post shared by Annisaa Putri Citrawati (@putriannisaa) on

Pulau lain di Kepulauan Seribu yang seru untuk dikunjungi adalah Pulau Pramuka. Pulau yang menjadi pusat administrasi Pulau Seribu ini menawarkan berbagai wisata menarik. Selain itu, Pulau Pramuka juga sudah memiliki rumah sakit sebagai sarana pendukung wisata.

Salah satu aktivitas yang wajib dilakukan adalah menikmati keindahan bawah laut. Pulau ini memiliki beberapa lokasi snorkeling menarik, salah satunya APL (Area Perlindungan Laut). Kawasan ini merupakan tempat untuk melestarikan terumbu karang. Terumbu karang di APL dikenal sebagai “Padang Nemo” karena memiliki banyak terumbu karang yang indah dan aneka ikan berwarna-warni.

 Hiburan seru lainnya adalah mencoba aktivitas menarik, seperti berenang, bermain banana boat, bermain kano, dan bersepeda mengelilingi pulau. Pulau Pramuka juga dijadikan sebagai penangkaran penyu sisik. Kamu bisa melihat budidaya penyu sisik dan menyentuh tukik (telur penyu) dalam sebuah bak besar.

Di tepi pantai, kamu juga dapat melihat bakau yang tumbuh dengan baik. Selain berfungsi sebagai penahan abrasi pantai, bakau juga dapat mempercantik tepi pantai di Pulau Pramuka.

Pulau Kelor

Pulau Kelor (Sumber: Shutterstock)

Kelor merupakan pulau kecil yang menjadi bagian dari gugusan Kepulauan Seribu. Berbeda dengan kebanyakan pulau lainnya, Pulau Kelor menyimpan peninggalan sejarah. Di sini, terdapat Benteng Martello yang dibangun VOC pada abad ke-17 dan galangan kapal.

Hingga saat ini, sisa reruntuhan Benteng Martello masih berdiri dengan kokoh. Benteng ini mengalami kerusakan karena abrasi air laut akibat gempa di Jakarta pada 1966 dan letusan Gunung Krakatau pada 1883.

Setelah puas berkeliling pulau, mengagumi keindahan benteng, dan berfoto, kamu bisa bersantai di gazebo atau tepi pantai berpasir putih. Selain itu, kamu juga bisa melakukan island hopping ke Pulau Onrust dan Pulau Cipir yang berada dekat dengan Pulau Kelor.

Di Pulau Onrust, terdapat museum yang menyimpan banyak situs bersejarah peninggalan zaman VOC, seperti galangan kapal, makam, kincir angin, dermaga, hingga barak karantina haji. Sementara itu, di Pulau Cipir kamu bisa melihat reruntuhan rumah sakit.

Pulau Onrust dulunya sempat difungsikan sebagai tempat karantina jemaah haji setelah menunaikan ibadah. Pemerintah Hindia Belanda tidak ingin para jemaah membawa virus dari luar, sehingga dibangun rumah sakit di Pulau Cipir sebagai sarana untuk memeriksa kesehatan orang-orang yang baru pulang haji.

Pulau Macan

Pulau Macan (Sumber: Shutterstock)

Salah satu pulau terjauh dari Jakarta ini menyimpan banyak hal menakjubkan, terutama kehidupan bawah laut yang indah. Oleh karena itu, sempatkan waktu untuk snorkeling di Pulau Macan menjadi agenda wajib. Kamu bisa melihat berbagai jenis terumbu karang dan ikan berwarna-warna di sini.

Pulau Macan merupakan salah satu pulau privat di Kepulauan Seribu. Di pulau ini, terdapat sebuah resor eksklusif bernama Tiger Island Village and Eco Resort yang memadukan konsep ramah lingkungan dengan cottage modern yang mewah. Pulau ini bisa menjadi tempat pelarian terbaik di Kepulauan Seribu karena menawarkan suasana yang tenang.

Jika ingin bermain di pantai, jangan khawatir. Pulau Macan memiliki pantai landai berpasir putih, ombak tenang, dan air laut yang jernih. Di pulau ini juga, telah tersedia fasilitas snorkeling dan kano untuk kamu yang ingin mencoba pengalaman berkesan. Jika ingin sesuatu yang berbeda, cobalah menyeberang ke Pulau Macan Kecil. Pulau yang terletak di depan Pulau Macan ini tidak berpenghuni. Di pulau ini, kamu bisa melakukan trekking mengelilingi pulau, bermain air, hingga snorkeling.

 Kamu sekarang sudah tahu tujuan wisata alam yang dekat dari Jakarta, bukan? Ya, 5 pulau cantik di Kepulauan Seribu sangat cocok untuk dikunjungi. Jika kamu ingin tinggal lebih lama, tak usah bingung mencari penginapan di Pulau Seribu. Perencanaan liburanmu akan semakin mudah dan praktis dengan memesan hotel di Traveloka. Jadi, tunggu apa lagi?

Tulis komentarmu di sini: