8 Tempat Hunting Foto di Jakarta yang Instagramable

8 Tempat Hunting Foto di Jakarta yang Instagramable

Sebagai kota metropolitan sekaligus ibu kota Indonesia, Jakarta dipenuhi dengan deretan bangunan bertingkat tinggi. Ruas jalanan Jakarta juga seolah tak pernah sepi dari berbagai kendaraan.  Kesan padat dan macet telah melekat pada citra  Kota Jakarta.

Namun, di balik gedung-gedung bertingkat dan jalanan yang ramai, ada beberapa spot menarik yang bisa kamu gunakan untuk tempat hunting foto di Jakarta. Mulai dari yang bernuansa alam hingga vintage (tempo dulu), semua bisa kamu temukan. Lalu, di mana saja lokasi hunting foto di Jakarta yang Instagramable?

Petak Sembilan Glodok

(Sumber:: @andreharry)

Dikenal juga sebagai kawasan pecinan di Jakarta, kawasan Peta Sembilan Glodok memiliki sejumlah kelenteng yang membuat suasana mirip di Tiongkok. Dari sejumlah kelenteng, ada satu kelenteng yang paling terkenal di kalangan masyarakat Jakarta, yakni Kelenteng Petak Sembilan atau disebut juga dengan Vihara Dharma Bakti.

Tidak hanya sebagai peribadatan, kelenteng di Jalan Kemenangan No 40  ini pun menjadi destinasi wisata di mana pengunjung bebas berfoto di sekitar lokasi. Tempat wisata di Jakarta Barat ini merupakan salah satu vihara tertua di Jakarta karena dibangun pada 1650 oleh letnan berkebangsaan Tiongkok, Kwee Hoen. Selain vihara, ada pula gereja Katolik kuno berarsitektur Tionghoa sebagai alternatif objek hunting fotomu.

Museum Taman Prasasti

(Sumber: @herga.egoy)

Museum Taman Prasasti merupakan kompleks pemakaman kolonial Belanda di Jalan Tanah Abang I No 1. Meski begitu, kamu tak perlu merasa takut karena pemakaman di Jakarta Pusat ini tidak terkesan seram. Kabarnya, yang tersisa di pemakaman ini hanyalah batu nisan, sementara semua jenazah telah dipindahkan ke tempat lain.

Berbagai batu nisan besar bertuliskan bahasa Belanda di sini ditata sedemikian rupa, sehingga menciptakan pemandangan yang cantik. Tidak hanya itu, di sela-sela batu nisan juga terdapat patung bergaya Eropa yang masih terawat. Dibangun pada 1795, kabarnya Museum Taman Prasasti disebut sebagai pemakaman modern tertua di dunia. Penasaran hunting foto di tempat anti mainstream seperti ini?

Kota Tua

(Sumber: @kotatuajakarta)

Kawasan Kota Tua terkenal akan bangunan-bangunan bergaya vintage yang terlihat klasik dan cantik. Salah satu ikon bangunan paling terkenal adalah Museum Fatahillah di Jalan Taman Fatahillah No 1, Pinangsia, yang pernah menjadi tempat pemerintahan Belanda pada era penjajahan. Di depan museum, terdapat lahan cukup luas yang digunakan pengunjung untuk melakukan beragam aktivitas.

Salah satu aktivitas seru yang bisa dilakukan di Kota Tua adalah berkeliling kawasan wisata dengan menyewa sepeda. Memiliki banyak aktivitas seru dan spot foto menarik, Kota Tua pun cukup sering digunakan sebagai tempat hunting foto di Jakarta. Bahkan, tak jarang pula ada yang melakukan foto pre-wedding di sini, lho!

Taman Mini Indonesia Indah

(Sumber: @budisiswantoo)

Berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 150 hektar, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menawarkan banyak spot foto menarik. Di TMII, kamu bisa belajar banyak tentang budaya Indonesia dengan cara yang seru. Terdapat banyak anjungan yang dibuat mirip rumah adat di beragam daerah di Indonesia. Di dalam anjungan, terdapat busana adat sesuai daerah dan berbagai ornamen khas. Di sini, kamu boleh berfoto sepuasnya lho!

Di bagian tengah TMII, kamu bisa menemukan sebuah danau yang dibuat sebagai miniatur Kepulauan Indonesia. Tentunya kamu juga bisa menikmati berbagai wahana permainan seru seperti kereta gantung dan istana boneka. Sambil naik kereta gantung, kamu bisa sekalian hunting foto lanskap.

Le Bridge Restaurant Ancol

(Sumber: @aditibijouta)

Jakarta tentu bukan menjadi destinasi utama yang akan dituju jika kamu ingin berlibur di daerah pantai. Tapi, bukan berarti Jakarta tidak punya pantai yang menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa datang ke Pantai Ancol untuk hunting foto. Di area Ancol, terdapat sebuah jembatan panjang di atas laut yang menuju ke Le Bridge Restaurant. Nah, di jembatan inilah kamu bisa mendapatkan hasil foto yang bagus.

Saat malam hari, suasana jembatan ini akan terlihat semakin cantik dengan adanya lampu-lampu di sepanjang jembatan. Sebaiknya, datanglah saat sore hari agar kamu bisa memburu potret sunset. Ajak keluarga, teman-teman, atau pasangan kamu ke sini untuk berfoto di spot yang cukup Instagramable ini.

Kawasan Ekowisata Mangrove

(Sumber: @milsphotography)

Jakarta memang identik dengan bangunan bertingkat tinggi. Namun, di balik kemegahan bangunan tersebut, terdapat sebuah wisata alam bernama Kawasan Ekowisata Mangrove di Jalan Pantai Indah Utara, Jakarta Utara. Kamu bisa menjelajah hutan bakau sambil menyusuri danau dengan perahu sewa. Sambil menikmati pemandangan, siapkan kamera untuk membidik objek-objek foto menarik.

Di Kawasan Ekowisata Mangrove juga, terdapat sebuah hutan pengamatan burung. Jadi, kamu akan melihat beragam jenis burung terbang bebas. Jika ingin istirahat sejenak, kamu dapat bersantai di saung-saung yang telah disediakan pihak pengelola. Deretan saung di sekitar hutan bakau ini juga dapat menjadi objek foto yang menarik untuk diabadikan.

Hauwke’s Auto Gallery

(Sumber: @hauwkeautogallery)

Bagi yang suka ornamen vintage terutama dalam bidang otomotif, kamu wajib datang ke Hauwke’s Auto Gallery di  Jalan Puri Mutiara VI No 18B, Cipete. Di sini, kamu bisa menemukan beragam mobil antik. Beberapa di antaranya adalah Chevrolet Impala, Chevrolet Bel Air, Austin Seven keluaran tahun 1937, hingga Formula 1 Vintage. Selain itu, ada pula pompa bensin Texaco model lawas untuk mendukung kesan vintage.

Lantai dasar Hauwke’s Auto Gallery digunakan khusus aneka mobil vintage. Kamu bisa menemukan mobil yang dulu pernah digunakan oleh Presiden Soekarno. Sementara itu,  di lantai 2 kamu bisa menemukan koleksi antik yang lebih beragam, contohnya dinner set dan perabotan Amerika ala tahun 1950.

Hutan Kota Srengseng

(Sumber: @christbrave)

Selain Kawasan Ekowisata Mangrove, ada satu lagi tempat hunting foto di Jakarta bernuansa alam, yakni Hutan Kota Srengseng di kawasan Jalan Haji Kelik, Srengseng, Jakarta Barat. Meski berada di tengah kota, suasana yang begitu asri di Hutan Kota Srengseng akan membuat kamu merasa nyaman dan sejuk. Suasana ini terbentuk berkat adanya 63 jenis pohon dengan total sekitar 4.800 pohon.

Fasilitas yang tersedia di Hutan kota Srengseng juga sudah cukup lengkap. Saat masuk dari gerbang depan hutan, kamu akan menemui lahan parkir yang cukup luas di sebelah kanan. Di sekitar lahan parkir juga, terdapat beberapa tenda yang menjual makanan dan minuman. Sementara itu, di dalam area hutan kota terdapat taman bermain anak dengan fasilitas seluncuran, jungkat-jungkit, dan lainnya.

***

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, siapkan kamera dan segera ajak teman-teman untuk hunting foto bersama! Kamu bisa saling belajar dan minta pendapat tentang hasil jepretan. Dengan begitu, wawasan kamu tentang fotografi akan bertambah, bukan? Selamat hunting foto yang Instagramable!

11 Shares
Share11
Pin
Share
Tweet
+1