6 Alasan Jakarta Merupakan Destinasi Tepat untuk Liburan Akhir Tahun

Tak lama lagi, pergantian tahun tiba. Artinya, ini saatnya liburan untuk merayakan tahun baru! Tapi, apakah kamu masih bingung mau ke mana? Mau ke pantai, kafe, nonton pesta kembang api di jalan, atau menginap di hotel idaman? Tak perlu bingung. Bagi kamu yang belum menentukan tujuan, kamu bisa jadikan Jakarta sebagai tempat merayakan malam pergantian tahun.

Jakarta merupakan destinasi tepat bagi kamu yang ingin liburan akhir tahun. Kenapa? Soalnya kota megapolitan ini punya segudang aktivitas yang bisa bikin momen akhir tahun kamu semarak. Mau bukti? Berikut ini enam alasan Jakarta merupakan destinasi yang tepat untuk merayakan tahun baru:

 

1. Jakarta punya segudang pilihan lokasi perayaan malam tahun baru yang meriah

Bundaran HI, salah satu destinasi pilihan perayaan malam pergantian baru di Jakarta (Sumber: www.jakarta.go.id)
Bundaran HI, salah satu destinasi pilihan perayaan malam pergantian baru di Jakarta (Sumber: www.jakarta.go.id)

Menyambut tahun baru, Jakarta punya seabrek perayaan malam tahun baru yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari pesta kembang api di pusat kota, festival musik di tepi pantai, hingga merayakan malam pergantian tahun bersama teman-teman di pulau terpencil. Tentunya, hal ini bikin kamu punya banyak pilihan lokasi yang sesuai dengan rencana liburanmu.

Sebut saja Jakarta Night Festival yang diadakan oleh Pemprov DKI. Pesta malam tahun baru yang kemungkinan besar pada tahun ini akan berpusat di kawasan Monas, ruas Jalan Medan Merdeka, dan Jalan Raya Sarinah-Thamrin tersebut punya perayaan yang sayang untuk kamu lewatkan. Tak cuma pesta kembang api, acara ini juga dimeriahkan dengan panggung hiburan dari artis ibu kota dan festival kuliner.

Tak itu saja, masih ada acara meriah lain yang bisa kamu sambangi, salah satunya pesta tahun baru di Ancol. Ya, Ancol selalu mengadakan pesta rakyat yang meriah untuk menyambut tahun baru. Seperti pada tahun 2014, kawasan ini menggelar festival dangdut bertajuk D’Goyang bersama penyanyi kenamaan yang berpusat di Pantai Carnaval.

Mau perayaan tahun baru yang benar-benar berbeda di Jakarta? Ke Kepulauan Seribu saja! Kamu bisa rayakan pergantian tahun dengan makan ikan bakar di tepi pantai bareng teman-temanmu sembari menatap kembali hidupmu selama setahun terakhir dan membuat resolusi untuk setahun ke depan. Tinggal pilih mau di mana: tepi Pantai Pasir Perawan, Pulau Tidung, atau Pulau Pari. Terlebih, kamu juga bisa melihat matahari terbit pertama kali di 2016.

 

2. Pada malam pergantian tahun, beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta kasih diskon besar-besaran

Buat kamu yang hobi berbelanja, jangan lewatkan midnight sale yang selalu diadakan berbagai pusat perbelanjaan di Jakarta (Foto: Shutterstock)
Buat kamu yang hobi berbelanja, jangan lewatkan midnight sale yang selalu diadakan berbagai pusat perbelanjaan di Jakarta (Foto: Shutterstock)

Liburan akhir tahun juga jadi waktu yang tepat untukmu berbelanja. Sebab, hampir semua pusat perbelanjaan di Jakarta menggelar cuci gudang atau pesta diskon akhir tahun. Bahkan, mal-mal tersebut memberi potongan harga atau diskon besar hingga 70%. Dengan konsep variatif, dari pesta diskon yang diadakan satu hari penuh, hingga midnight sale yang dimulai pada malam hari, pusat-pusat perbelanjaan di ibu kota siap kasih berbagai macam barang dengan harga miring untukmu, mulai dari pakaian, kebutuhan rumah tangga, hingga elektronik.

Biasanya, mal-mal di Jakarta menyelenggarakan pesta diskon besar-besaran tiga kali dalam setahun, yaitu saat hari ulang tahun Jakarta, sebelum hari raya Idul Fitri, dan saat akhir tahun. Jadi bisa dibayangkan, kan, besarnya diskon yang diberikan oleh mal-mal tersebut saat akhir tahun?

 

3. Di Jakarta, liburan akhir tahunmu tak cuma diisi dengan perayaan malam tahun baru yang meriah, tapi kamu juga bisa berwisata kuliner sekaligus

Banyak kuliner yang wajib kamu cicipi di Jakarta, salah satunya Chocolate Dipped Frozen Banana yang bisa kamu temukan di Pasar Santa (Foto: Shutterstock)
Banyak kuliner yang wajib kamu cicipi di Jakarta, salah satunya Chocolate Dipped Frozen Banana yang bisa kamu temukan di Pasar Santa (Foto: Shutterstock)

Perayaan akhir tahun identik dengan pesta kembang api. Tapi, bukan berarti momen satu tahun sekali ini hanya kamu rayakan dengan menyaksikan kembang api saja. Sesekali, kenapa kamu tak coba tutup akhir tahun dengan wisata kuliner? Karena sayang sekali rasanya jika liburanmu kali ini hanya kamu manfaatkan di detik-detik malam pergantian tahun saja. Anggap wisata kuliner penutup tahun ini sebagai tantangan yang harus kamu penuhi. Pilih beberapa jenis makanan yang belum pernah kamu cicipi sebelumnya dan sebelum tahun berganti, kamu harus sudah mencobanya.

Buat kamu yang mau wisata kuliner, Jakarta adalah tempatnya. Soalnya, Jakarta punya berbagai pilihan makanan: mulai dari tradisional hingga makanan mewah ala restoran bisa kamu temukan di sini. Jadi, selama liburan akhir tahun di Jakarta, lidahmu bisa merasakan pilihan kuliner yang beragam.

Misalnya, makanan ‘hits’ anak Jakarta seperti Chocolate Dipped Frozen Banana yang bisa kamu temukan di Pasar Santa, martabak green tea yang bisa kamu temukan di Jalan Pecenongan, hingga makanan mewah ala restoran Eropa, seperti L’Avenue, restoran yang berada di The Hermitage Hotel.

 

4. Hotel-hotel di Jakarta juga punya penawaran spesial tahun baru yang sulit kamu tolak

Mau lihat pesta kembang api yang dirayakan di Kawasan Monas? Artotel Hotel pilihannya (Sumber: Traveloka)
Mau lihat pesta kembang api yang dirayakan di Kawasan Monas? Artotel Hotel pilihannya (Sumber: Traveloka)

Bagi kamu yang tak mau berdesak-desakan di jalan hanya untuk menyaksikan pesta kembang api, kamu bisa memilih hotel-hotel pencakar langit di Jakarta yang punya kafe di atas gedung dan kasih pemandangan kembang api menakjubkan. Salah satunya, Artotel Jakarta, hotel berdesain artistik di kawasan Thamrin. Silakan bersantai menikmati mocktail atau minuman jus buah favorit sambil menikmati kembang api dari Jakarta Night Festival yang berpusat di Jalan M. H. Thamrin.

Tak hanya itu, beberapa hotel di Jakarta juga punya penawaran spesial menyambut tahun baru. Sebut saja Century Park Hotel, hotel bintang empat di kawasan Senayan, yang mengadakan perayaan spesial tahun baru New Year’s Eve 2016 bersama band beraliran jazz pop, The Groove, yang akan menyanyikan lagu-lagu populernya, seperti “Dahulu”, “Khayalan”, “‘Satu Dalam Mimpiku” dan masih banyak lagi.

 

5. Setelah malam tahun baru, kunjungi bermacam objek wisata Jakarta yang bikin awal tahunmu menyenangkan

Memasuki awal tahun, kenapa tak sekalian liburan ke berbagai destinasi wisata di Jakarta? (Foto: Shutterstock)
Memasuki awal tahun, kenapa tak sekalian liburan ke berbagai destinasi wisata di Jakarta? (Foto: Shutterstock)

Jadikan tahun baru kali ini sebagai momentum untuk lebih baik dari tahun sebelumnya. Caranya, dengan mengawali tahun tersebut dengan momen yang menyenangkan, seperti mengunjungi objek wisata yang tersebar di Jakarta. Ya, daripada waktu liburan hanya kamu gunakan untuk merayakan malam tahun, kenapa tak sekalian liburan saja di awal tahun? Lagipula, Jakarta punya segudang destinasi yang sesuai dengan keinginanmu.

Sebagai contoh, jika kamu sedang liburan bersama keluarga, kamu bisa mengunjungi Dunia Fantasi yang punya wahana dan atraksi spektakuler. Mau yang lebih hemat? Ke Kota Tua saja! Selain murah, Kota Tua juga merupakan pusat wisata sejarah di ibu kota dengan berbagai museum, serta kaya atraksi unik dari para seniman yang bakal kamu temui di sana! Lain halnya bagi kamu para pecinta laut, karena kamu juga bisa snorkeling menikmati biota bawah laut di sekitar Kepulauan Seribu yang jaraknya tak jauh dari Jakarta. Wow, menyenangkan bukan?

 

6. Khawatir terjebak macet saat malam tahun baru? Tenang, Jakarta punya beragam pilihan moda transportasi

TransJakarta, salah satu transportasi alternatif di Jakarta untuk menghindari macet saat malam tahun baru (Sumber: www.Transjakarta.co.id)
TransJakarta, salah satu transportasi alternatif di Jakarta untuk menghindari macet saat malam tahun baru (Sumber: www.Transjakarta.co.id)

Liburan tahun baru juga tak lepas dari yang namanya macet. Soalnya, banyak acara khusus menyambut tahun baru yang umumnya diadakan di pusat kota, seperti di lapangan, taman kota, jalanan hingga titik-titik wisata. Sudah tentu, ramainya masyarakat yang ingin menyaksikan acara tersebut dapat menimbulkan kepadatan lalu lintas.

Lalu, bagaimana dengan Jakarta? Tak perlu khawatir, Jakarta punya beragam pilihan transportasi untuk menghindari kemacetan. Salah satunya, TransJakarta, bus umum yang punya jalur khusus dan tak boleh dilalui oleh kendaraan lain. Tak itu saja, biayanya pun terbilang murah, hanya sebesar Rp3.500, kamu sudah bisa sekali jalan keliling Jakarta dengan angkutan umum yang kerap disebut dengan busway ini.

Selain itu, Jakarta juga punya berbagai moda transportasi lain, seperti taksi, bajaj, bahkan ojek, yang kini sudah bisa kamu pesan melalui aplikasi di smartphone kamu.

 

Enam hal di atas buktikan bahwa Jakarta merupakan destinasi tepat untuk rayakan tahun baru. Tak cuma punya perayaan malam tahun baru yang beragam dan meriah, Jakarta juga bisa kasih kamu berbagai aktivitas yang bikin liburan akhir tahunmu kali ini makin berkesan!

Pesan tiket pesawat dan hotel untuk wujudkan liburan ke Jakarta dari sekarang. Bisa jadi, liburanmu jadi berantakan karena tak dapat kursi pesawat dan hotel pilihan gara-gara pesan dadakan

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1