0

Traveloka Team

31 Jan 2020 - 4 min read

5 Tempat Wisata Asyik di Jakarta untuk Akhir Pekan Lebih Produktif

Sebagai orang yang tinggal di Jakarta, ke mana kamu biasa menghabiskanakhir pekan? Bisa jadi jawabanmu adalahngademdi mal atau nonton DVD di rumah karena malas menghadapi macet di jalan. Padahal, banyak kegiatan menarik lainnya yang bisa kamu lakukan,lho!

Ya,Jakartasebenarnya memiliki sejumlah tempat wisata yang tak hanya murah tapi juga bisa menambah wawasanmu. Berikut tempat-tempat yang bisa dikunjungi untuk membuat akhir pekanmu lebih menyenangkan dan produktif:

1. Planetarium

Gagal menggapai cita-cita jadi astronot? Planetarium jadi tempat yang cocok untuk kamu kunjungi di akhir pekan! Di sini, kamu bisa belajar dan mengenal kembali sistem tata surya dengan cara yang menyenangkan. Jangan lewatkan Teater Bintang, sebuah pertunjukan yang menampilkan pergerakan tata surya selama 60 menit dipandu dengan narasi yang disampaikan secara langsung oleh pemandu wisata.

Source : @planetariumjkt

Selain pertunjukan Teater Bintang, pengunjung juga bisa melakukan pengamatan terhadap planet dan bintang di area observatorium yang dilengkapi dengan sejumlah teleskop canggih. Tentu saja, waktu pengamatan bintang dan sekitarnya harus sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pihak Planetarium.

Alamat: Jalan Cikini Raya No. 73, Jakarta Pusat

Harga tiket masuk: Rp3.500 (usia 2 – 12 tahun), Rp7.000 (usia 12 tahun ke atas)

2. Kota Tua

Mengagumi kejayaan Jakarta di masa lampau bisa dimulai dengan menjelajahi kawasan Kota Tua. Di sini, kamu bisa melakukan wisata sejarah sekaligus wisata kuliner. Di kawasan ini, terdapat setidaknya lima museum dan sejumlah bangunan bersejarah yang wajib dikunjungi.

Source : @kotatua_jkt

Salah satu yang menarik tentu saja Museum Bank Indonesia. Memanfaatkan bangunan peninggalan Belanda, museum ini memiliki beragam koleksi yang mampu menampilkan sejarah perekonomian Indonesia dengan cara unik dan tidak membosankan. Bagi kamu yang suka mengamati hasil karya budaya nusantara, Museum Wayang patut dikunjungi. Museum ini menyimpan bermacam jenis wayang, juga pakaian adat khas suku-suku di Indonesia.

Menghabiskan sore hari di kawasan Kota Tua bisa jadi pengalaman berbeda untukmu. Di halaman Museum Fatahillah, kamu bisa menyewa sepeda kumbang warna-warni plus topi menggemaskan yang bisa kamu kenakan saat berkeliling. Selain itu, beragam kuliner lezat dan murah meriah bisa kamu nikmati untuk mengisi perut kosong setelah lelah mengunjungi berbagai tempat wisata seharian penuh.

Alamat:Jalan Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat (dan sekitarnya)

Harga tiket masuk: Gratis – Rp7.000 (bervariasi setiap museum)

3. Taman Margasatwa Ragunan

Berkunjung ke kebun binatang memang tak pernah membosankan. Di Jakarta, kebun binatang yang bisa kamu kunjungi tentu saja Taman Margasatwa Ragunan. Dengan luas sekitar 147 hektar, kebun binatang ini memiliki koleksi lebih dari 2.000 ekor satwa dan sekitar 20.000 pohon.

Source : @septiratnasr

Meskipun bukan merupakan tempat wisata yang baru, Taman Margasatwa Ragunan masih punya banyak pengunjung setia. Tak heran, karena selain lokasinya yang terjangkau oleh mobil pribadi maupun kendaraan umum, harga tiket masuknya juga murah. Ditambah, tempatnya yang asri pun jadi favorit banyak orang untuk mengadakan piknik bersama keluarga.

Salah satu yang menarik dari kebun binatang ini adalah Primata Schmutzer, sebuah pusat penangkaran primata kelas dunia yang dibuat menyerupai habitat aslinya. Kegiatan seru lainnya tentu saja keliling Taman Margasatwa Ragunan yang bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti bersepeda, naik kereta kelinci, dan menumpang delman. Kamu juga bisa naik perahu angsa di atas danau luas di kawasan kebun binatang.

Alamat: Jalan Harsono RM. No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Harga tiket masuk: Rp3.000 (anak-anak), Rp4.000 (dewasa)

4. Galeri Nasional Indonesia

Kamu yang pencinta seni tak boleh melewatkan Galeri Nasional Indonesia. Bangunan peninggalan Belanda ini menjadi salah satu lokasi pemeran karya seni yang patut diperhitungkan di Jakarta karena jumlah koleksinya yang kian beragam, mulai dari lukisan, patung, hingga karya kontemporer lainnya.

Source Image : @galerinasional

Kecuali hari Senin dan hari libur nasional, kamu bisa menikmati koleksi karya para seniman Indonesia dan mancanegara legendaris di ruang Pameran Tetap. Selain itu, terdapat Pameran Temporer yang diadakan dengan tema tertentu dan pada periode tertentu saja. Pameran Temporer ini biasanya merupakan pameran tunggal yang berisi koleksi seorang seniman dan diselenggarakan dalam waktu satu sampai dua minggu.

Alamat: Jalan Medan Merdeka Timur No. 14, Jakarta Pusat

Harga tiket masuk: Gratis

5. Kampung Betawi Setu Babakan

Kamu tentunya sudah tahu bahwa suku asli Jakarta adalah suku Betawi, meskipun saat ini Jakarta juga sudah diramaikan oleh kaum pendatang. Untuk mengenal lebih jauh tentang suku asli ibu kota ini, kamu bisa datang ke Kampung Betawi Setu Babakan.

Source Image : @shendymettalkecil

Di Kampung Betawi ini, kamu bisa berkeliling dan melihat desain bangunan rumah khas Betawi dengan atap berhiaskan potongan kayu berjajar yang dibentuk menyerupai pelana kuda dan teras berpagar rendah. Jika kamu datang di saat yang tepat, seperti saat ada acara kampung, kamu bisa menyaksikan pertunjukan seni khas Betawiseperti tanjidor, ondel-ondel, dan lenong. Untuk makanan, jangan lupa cicipi kerak telor dan bawa pulang dodol Betawi sebagai oleh-oleh.

Puas berkeliling perkampungan, kamu bisa rehat sejenak di tepi Setu Babakan yang merupakan danau buatan di kawasan Kampung Betawi. Tidak ingin hanya bersantai di tepi danau? Kamu bisa coba berlayar dengan perahu bebek warna-warni.

Alamat: Jalan Muhammad Kahfi II – Srengseng Sawah Jagakarsa, Jakarta Selatan

Harga tiket masuk: Gratis

Ternyata, terbukti bahwa banyak cara seru yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan akhir pekan di Jakarta selain jalan-jalan di mal atau bersantai di rumah. Dengan memilih lokasi dan kegiatan yang tepat, akhir pekan di Jakarta tak hanya bisa menghiburmu, tapi juga mampu membuat kamu mengenal kembali sosok ibu kota. Supaya keliling ibu kota lebih leluasa waktu weekend, jangan lupa kamu sudah bisa rental mobil lewat Traveloka, banyak pilihan kendaraan dan promo menarik!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan