5 Aktivitas Menarik yang Bisa Kamu Lakukan di Seaworld Ancol

Traveloka
By Traveloka 02 October 2017
Reading Time: 4 minutes

Seaworld adalah salah satu tempat wisata unggulan di Ancol Jakarta Baycity (sebelumnya bernama Taman Impian Jaya Ancol), Jakarta Utara. Akuarium-akuarium besar berisi segala jenis binatang laut mampu menarik perhatian wisatawan dari semua kalangan usia untuk berlibur singkat. Dengan luas area sekitar tiga hektar, Seaworld Jakarta menyuguhkan berbagai macam wahana dan atraksi yang bisa kamu coba satu per satu.

Sebelum berencana datang ke Seaworld, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu tentang aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di tempat wisata yang buka setiap hari pukul 08:00 – 18:00 ini. Nah, berikut ini Traveloka berikan ulasannya:

Menikmati puluhan ribu koleksi satwa laut

Shark Aquarium (Sumber: www.ancol.com)

Shark Aquarium (Sumber: www.ancol.com)

Sebagai lokasi wisata akuarium terbesar di Indonesia, Seaworld saat ini menyimpan berbagai puluhan ribu koleksi satwa air laut maupun air tawar yang dibagi ke dalam beberapa zona sesuai ekosistem. Beberapa contohnya adalah zona ubur-ubur, gurita, dan kolam hiu yang memamerkan berbagai jenis hiu dari seluruh dunia.

Adapun wahana yang selalu ramai ditonton pengunjung, yaitu area akuarium utama. Di akuarium yang menampung 5 juta liter air laut ini, kamu bisa melihat setidaknya 35.500 ekor ikan laut Indonesia dari 35 spesies. Karena ukuran (38 x 24 meter) dan volume air yang begitu besar, akuarium utama di Seaworld diklaim sebagai akuarium air laut terbesar di Asia Tenggara.

Tak hanya itu, Seaworld juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas edukasi lain. seperti museum berbagai koleksi hewan laut yang diawetkan. Di museum tersebut, kamu bisa melihat jasad Parni, ikan pari raksasa kebanggaan Seaworld yang mati pada tahun 2008, lalu diawetkan dan menjadi koleksi tambahan di Seaworld Ancol.

Mengenal koleksi ikan air tawar dari penjuru dunia

A post shared by Anti Farohmah (@antifarohmah) on

Bukan hanya menyimpan koleksi ikan air laut saja, Seaworld Ancol Baycity juga menyediakan spot khusus yang memamerkan berbagai koleksi ikan air tawar yang berasal dari Indonesia dan negara-negara lain, seperti piranha dan arapaima dari perairan Amazon, ikan sirip dari Sungai Yang Tze, dan masih banyak lagi.

Selain menikmati pesona satwa laut dari kaca akuarium, kamu juga bisa mengenal beraneka ragam hayati melalui museum dan teater. Kamu bisa mempelajari kehidupan tumbuhan di bawah laut dan melihat berbagai jenis terumbu karang.

 

Menyusuri terowongan kaca

Terowongan Kaca (Sumber: www.ancol.com)

Terowongan Kaca (Sumber: www.ancol.com)

Salah satu wahana paling menyenangkan yang wajib kamu coba adalah Antasena. Di terowongan kaca sepanjang 80 meter ini, kamu bisa merasakan sensasi berjalan dengan travelator dan menyaksikan kehidupan satwa-satwa laut yang berenang tepat di atas kepala. Spot ini pun selalu menjadi lokasi favorit bagi wisatawan untuk berfoto ria bersama ikan-ikan yang dibatasi kaca.

Koleksi yang berada di terowongan Antasena pun beragam jenisnya, mulai dari yang berukuran kecil hingga ikan pari yang memiliki bentangan hingga tiga meter panjangnya. Supaya tidak membingung, di setiap sisi terowongan Antasena pun terdapat papan informasi yang akan memberi tahu tentang jenis, informasi penting, serta habitat dari koleksi satwa yang sedang kamu saksikan.

Memegang satwa di Touch pool

A post shared by Ike Dwita Sari (@alenayalif) on

Belajar tentang binatang laut di Seaworld bukan hanya dengan cara melihat, kamu juga boleh menyentuh beberapa koleksi di area Touch Pool. Seaworld Jakarta memiliki tiga area kolam sentuh yang bisa dicoba oleh setiap pengunjung. Kolam pertama berisikan koleksi bintang laut. Meski kamu dibebaskan untuk memegang bintang laut, pastikan untuk mengangkat tubuhnya dengan lembut agar hewan ini tak stres.

Kolam selanjutnya berisikan penyu. Di sini, kamu bisa menyentuh hewan jinak berusia panjang ini dengan aman. Kamu bisa mengusap cangkang, kepala, atau tungkai penyu saat sedang berenang. Kedua kolam ini biasanya ramai oleh pengunjung yang membawa anak-anak, sehingga kamu pun harus bergantian jika ingin memegang kura-kura laut ini.

Di kolam terakhir, kamu bisa menyentuh ikan pari dan hiu muda (baby shark). Di kolam ini, kamu harus waspada dan menaati seluruh peraturan dari petugas, yaitu hanya boleh memegang di area punggung dan tidak diizinkan mengangkat mereka dari air, mengingat hiu bisa melakukan gigitan mendadak, sedangkan ikan pari memiliki sengatan yang berbahaya di bagian ekornya.

Menyaksikan Feeding Show

Feeding Show (Sumber: www.ancol.com)

Feeding Show (Sumber: www.ancol.com)

Salah satu atraksi menarik yang ditawarkan oleh pengelola adalah Feeding Show, di mana ribuan koleksi satwa laut akan diberi makan oleh para pawang. Dalam satu hari, Feeding Show biasanya dijadwalkan beberapa kali. Ada enam area yang dijadikan sebagai tempat Feeding Show, yaitu area Touch Pool, arapaima (ikan air tawar), belut laut, otter (berang-berang), penyu, dan area akuarium utama.

Setiap area menawarkan atraksi Feeding Show yang berbeda-beda. Saat Feeding Show di Touch Pool misalnya, kamu bisa turut memberi makan ikan-ikan tersebut dari jarak dekat. Area lainnya yang juga memberikan pengalaman Feeding Show menakjubkan adalah di akuarium utama, di mana kamu bisa menyaksikan petugas yang menyelam dan memberi makan langsung semua satwa laut, termasuk kawanan hiu.

 

Mencoba Fun Dive

Fun Dive (Sumber: Youtube-Netmediatama)

Bagi yang ingin merasakan pengalaman lebih berkesan, kamu bisa menantang keberanian dengan mencoba Fun Dive. Kamu bisa menyelam langsung di akuarium koleksi yang dimiliki oleh Seaworld. Tak hanya para penyelam yang memiliki lisensi, siapa saja pun bisa mengikuti program Fun Dive ini.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum menyelam, di antaranya adalah sehat jasmani dan rohani, berusia minimal 15 tahun, tidak sedang dalam proses pengobatan, serta memiliki kemampuan dasar berenang. Selain itu, untuk bisa melihat dan bermain langsung dengan biota koleksi Seaworld, kamu harus membayar sebesar Rp500.000 untuk pengunjung yang sudah memiliki lisensi atau sertifikat minimal Open Water, atau  Rp700.000,00 untuk pengunjung umum.

***

Untuk bisa menikmati berbagai atraksi dan melihat seluruh koleksi biota laut, Seaworld menetapkan tiket masuk sebesar Rp85.000 (weekdays) dan Rp100.000 (weekend). Bukan hanya tiket dengan harga reguler, pihak pengelola Ancol Baycity juga sering memberikan berbagai penawaran menarik seperti bundling ticket Seaworld dan Atlantis Water Adventure mulai dari Rp160.000 atau promo potongan harga.

Untuk membeli tiket Seaworld, kamu bisa datang langsung ke lokasi atau memesannya secara online di Traveloka. Selain tiket Seaworld, kamu pun bisa memesan tiket masuk dan berbagai atraksi lainnya di Ancol Baycity. Pemesanan secara online akan menghindari kamu dari antre panjang saat akhir pekan. Untungnya lagi, kamu bisa mendapatkan penawaran harga spesial jika memesan via Traveloka.

Setelah membeli tiket masuk, puaskan waktu berlibur kamu di Seaworld dengan melakukan semua aktivitas di atas! Jangan lupa untuk mampir di pusat suvenir dan membeli cenderamata untuk keluarga atau sahabat, mulai dari kaus, jam, boneka, topi, dan miniatur hewan-hewan yang ada di Seaworld. Ayo, rencanakan liburan singkat ke Seaworld bersama orang-orang tersayang!

Tulis komentarmu di sini: