0

Erika Silviana

08 Dec 2019 - 7 min read

Tempat Angker di Jakarta Ini Simpan Kisah Mengerikan

Bicara tempat angker, semua pelosok negara di dunia pasti punya beberapa spot dengan kisah yang membuat bulu kuduk berdiri. Tak terkecuali di Indonesia yang memiliki tempat angker di setiap daerahnya. Kali ini, Traveloka akan membahas tempat angker di Jakarta, kota metropolitan yang tidak pernah tidur.

Kira-kira, di sudut Kota Jakarta mana saja tempat-tempat angker ini berada? Berikut daftar yang telah dirangkum oleh Traveloka!

Jembatan Ancol

(Sumber: indonesianfolktales.wikia.com)

Kamu pasti sudah tidak asing dengan serial televisi Si Manis Jembatan Ancol, bukan? Awalnya, cerita misteri ini hadir dalam bentuk film pada 1973 dengan peran yang dimainkan oleh Ratno Timoer dan Lenny Marlina. Dua puluh tahun kemudian, tepatnya pada 1993, cerita tersebut diadaptasi dalam bentuk serial televisi berjudul sama dengan dibintangi oleh Diah Permatasari, yang kemudian digantikan oleh Kiki Fatmala.

Dalam film dan serial tersebut, diceritakan seorang hantu wanita cantik bernama Si Ariah atau Maryam yang kerap menampakkan diri di Jembatan Ancol. Kabarnya, cerita tersebut diangkat dari kisah nyata. Dulu, kawasan Ancol masih merupakan rawa-rawa dan hutan bakau.

Maryam adalah seorang wanita cantik yang menjadi korban kekerasan seksual. Lalu, ia dibunuh dan mayatnya dibuang ke Kali Ancol. Sejak saat itu, sosok hantunya dikabarkan sering muncul di sekitar Jembatan Ancol. Nah, karena memiliki raut wajah yang cantik hantu Maryam dikenal dengan nama Si Manis Jembatan Ancol.

Kabarnya, sudah cukup banyak orang yang menjadi saksi kemunculan hantu Maryam. Salah satunya adalah seorang pelukis di Pasar Seni Taman Impian Jaya Ancol. Suatu malam, ia mengaku didatangi seorang wanita cantik yang minta dilukis. Namun, ketika lukisan baru setengah jadi, tiba-tiba wanita tersebut menghilang. Ia menduga bahwa yang sedang dilukis adalah hantu Maryam. Wah, ngeri juga ya!

Lubang Buaya

(Sumber:@s_y_i_f_a_18)

Predikat tempat angker yang melekat pada Lubang Buaya tidak terlepas dari sejarah Indonesia. Tempat mengerikan di Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur ini dulunya adalah tempat pembuangan para korban Gerakan 30S/PKI, salah satu tragedi paling kelam dalam sejarah Indonesia di mana para petinggi militer Indonesia dibantai oleh PKI.

Dinamakan Lubang Buaya karena ada sebuah legenda yang menyebutkan bahwa ada banyak buaya putih di sungai dekat kawasan tersebut. Nah, karena adanya tragedi pembantaian tersebut, kabarnya di Lubang Buaya pada malam hari cukup sering muncul penampakan sosok manusia yang memakai seragam tentara dengan kondisi muka yang berlumuran darah. Penasaran ingin berkunjung saat tengah malam?

Menara Saidah

(Sumber:@ahmaadaali)

Kalau melewati Jalan Letjen M.T. Haryono, kamu pasti pernah melihat sebuah bangunan bergaya Romawi kuno yang memiliki tiang-tiang penyangga kokoh di bagian depannya. Itulah Menara Saidah, sebuah gedung 28 lantai yang sudah tidak berpenghuni.

Dulunya, Menara Saidah digunakan sebagai gedung perkantoran untuk berbagai perusahaan. Sayangnya, mendadak satu per satu perusahaan memutuskan untuk pindah. Hingga akhirnya pada 2007, Menara Saidah benar-benar ditutup karena tak ada lagi perusahaan yang dibuka di sana.

Kabarnya, alasan kuat di balik hengkangnya banyak perusahaan dari Menara Saidah adalah karena adanya cerita-cerita horor. Tidak sedikit karyawan perusahaan yang melapor bahwa mereka mendengar suara-suara aneh dari gedung tersebut. Beberapa bahkan kabarnya pernah bertemu dengan hantu seperti kuntilanak. Seram, ya!

Lintasan Rel Kereta Bintaro

(Sumber:@fbl.photoworks)

tepatnya di kawasan Bintaro. Kecelakaan ini dikenal juga dengan nama Tragedi Bintaro. Saat itu, kereta api ekonomi patas jurusan Tanah Abang – Merak yang berangkat dari Stasiun Kebayoran bertabrakan dengan kereta api ekonomi cepat jurusan Rangkasbitung – Jakarta Kota yang berangkat dari Stasiun Sudimara.

Akibat tabrakan tersebut, setidak 300 orang luka-luka dan lebih dari 150 orang meninggal dunia. Karena merenggut ratusan korban, lintasan rel kereta Bintaro pun menjadi salah satu tempat angker di Jakarta. Banyak beredar cerita horor yang dialami oleh penduduk di sekitar.

Kabarnya, penduduk sekitar pernah melihat potongan kepala korban yang menggelinding, mendengar suara rintihan dan tangisan, hingga bertemu sosok hantu dengan baju yang compang-camping. Percayakah? Mungkin kamu bisa membuktikannya sendiri suatu saat nanti.

Rumah Kentang Prapanca

(Sumber: www.tanahnusantara.com)

Banyak orang beranggapan jika rumah kosong identik dengan kesan angker. Bagaimana menurut kamu? Bicara tentang tempat angker di Jakarta, rumah kosong yang sering disebut Rumah Kentang di kawasan Prapanca, Dharmawangsa, menjadi salah satu yang memiliki kisah mengerikan.

Konon, dulu ada seorang ibu dan anak yang tinggal di rumah tersebut. Suatu hari, sang ibu merebus banyak kentang di dalam sebuah kuali besar. Sambil menunggu kentang selesai direbus, ia meninggalkan dapur dan tertidur. Pada saat itulah sang anak bermain ke dapur dan tak sengaja terjatuh ke dalam kuali yang digunakan untuk merebus kentang. Tragisnya, anak tersebut pun meninggal dunia.

Karena tragedi tersebut, kabarnya kalau kamu melintas di depan Rumah Kentang akan mencium aroma kentang rebus dan terkadang terdengar sayup-sayup suara anak kecil menangis. Jika berani, coba saja membuktikan sendiri kebenaran cerita horor tersebut!

Rumah Pondok Indah

(Sumber: beo-philosophy.blogspot.co.id)

Masih di kawasan Dharmawangsa, ada satu lagi rumah kosong yang dikenal sebagai tempat angker di Jakarta, yakni Rumah Pondok Indah. Kisahnya tak hanya menyeramkan, tetapi juga menyedihkan. Kabarnya, dulu rumah ini ditempati oleh sebuah keluarga. Suatu hari, seluruh anggota keluarga dibantai hingga meninggal dunia oleh kawanan perampok. Sejak saat itu, berbagai kejadian aneh mulai bermunculan.

Salah satu kejadian yang paling sering terdengar adalah tentang seorang penjual nasi goreng yang yang suatu hari lewat di depan Rumah Pondok Indah. Ada penghuni rumah yang minta dibawakan nasi goreng ke dalam. Padahal, rumah tersebut sudah lama tidak dihuni. Ketika sang pedagang mengantar nasi goreng ke dalam rumah, kabarnya sampai sekarang ia tak pernah terlihat lagi.

Terowongan Kasablanka

(Sumber: beritaindonesiaunik.blogspot.co.id)

Pernah menonton film Terowongan Kasablanka yang pernah tayang pada 2007? Cerita dalam film tersebut diangkat dari kisah nyata, lho! Kabarnya, dulu ada seorang gadis cantik yang menjadi korban kekerasan seksual oleh sekelompok pemuda hingga membuatnya meninggal. Para pemuda tersebut lalu membuang mayat sang gadis ke Terowongan Kasablanka.

Merasa tidak terima dengan perlakuan yang diterimanya, gadis tersebut menjelma sebagai hantu nenek-nenek yang kerap muncul di Terowongan Kasablanka. Kabarnya, banyak korban laki-laki yang meninggal di terowongan ini karena hantu nenek-nenek tersebut ingin balas dendam dengan para lelaki. Mengerikan, ya!

Taman Kota Langsat

(Sumber: www.netralnews.com)

Sebenarnya, Taman Kota Langsat merupakan sebuah taman umum biasa. Di dalamnya, terdapat fasilitas jogging track yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun. Namun, di balik pepohonan rimbun tersebut ternyata tersimpan kisah cukup mistis.

Kejadian aneh kerap muncul di malam hari. Kabarnya, warga di sekitar Taman Kota Langsat cukup sering melihat penampakan kuntilanak dan genderuwo. Biasanya, penampakan hantu-hantu ini terlihat di pohon-pohon rindang yang tampak begitu angker. Jika ingin melihat langsung taman ini, kamu bisa datang ke kawasan pasar hewan di Barito.

Stasiun Manggarai

(Sumber:@teukuievan)

Selama ini, Stasiun Manggarai dikenal sebagai salah satu stasiun besar di Jakarta. Namun, apakah kamu tahu sisi lain Stasiun Manggarai yang juga menjadi salah satu tempat angker di Jakarta?

Di Stasiun Manggarai, terdapat sebuah area yang khusus digunakan untuk meletakkan gerbong kereta. Sebagian gerbong kereta rusak akibat kecelakaan, termasuk gerbong kereta bekas Tragedi Bintaro. Alhasil, gerbong-gerbong tersebut tidak terawat.

Banyaknya gerbong kereta tak layak pakai akibat kecelakaan inilah yang membuat suasana Stasiun Manggarai menjadi cukup mistis. Apalagi, daerah di sekitarnya juga kurang terawat karena banyak ilalang. Kabarnya, penampakan yang sering terlihat adalah hantu anak-anak yang berlarian, genderuwo, dan sesosok wanita. Saking seramnya, Stasiun Manggarai pernah menjadi lokasi sebuah acara horor di televisi.

TPU Jeruk Purut

(Sumber: www.viva.co.id)

Sudah ada sejak zaman Belanda, TPU Jeruk Purut dikenal sebagai salah satu makam tertua sekaligus tempat angker di Jakarta. Konon, sering muncul penampakan sesosok orang Belanda. Makhluk ini menampakkan dirinya dalam busana pastor dan berjalan pelan di area kuburan sambil membawa kepalanya sendiri yang sudah terpenggal. Sementara itu, tangan lainnya memegang sebuah lentera minyak.

Kabarnya, nuansa mistis TPU Jeruk Purut telah terkenal sejak tahun 1990-an. Meski begitu, bukannya dihindari TPU angker ini justru sengaja dikunjungi, terutama oleh anak-anak muda yang penasaran dengan suasana di dalam kompleks pemakaman dan ingin menguji nyali. Akhirnya, dibuatlah sebuah portal di pintu masuk area pemakaman untuk mencegah anak-anak muda datang ke dalamnya.

Rumah Sakit Salemba

(Sumber:@achybhanoe24)

Rumah sakit memang selalu diliputi dengan berbagai cerita horor, terlebih jika rumah sakit tersebut memiliki bangunan yang cukup tua. Dua faktor inilah yang membuat Rumah Sakit Salemba dikenal sebagai salah satu tempat angker di Jakarta.

Kabarnya, cerita horor tentang hantu suster ngesot berasal dari rumah sakit yang berada di Jakarta Pusat ini. Ceritanya, dulu ada seorang suster yang mengalami kekerasan seksual. Ia lalu dibunuh dengan kaki yang juga dipotong oleh pelaku. Konon, setiap sekitar pukul 02:00, sering muncul hantu suster ngesot di Rumah Sakit Salemba.

Jalan H.R. Rasuna Said

(Sumber:@dyonisiusdq)

Terletak di kawasan Kuningan, Jalan H.R. Rasuna Said dikenal sebagai salah satu jalan tersibuk di Jakarta. Kontur jalannya cukup lebar namun berliku membuat pengendara jalan sering ceroboh. Hal inilah yang cukup sering menyebabkan terjadinya kecelakaan di Jalan H.R. Rasuna Said, sehingga muncul berbagai kejadian mistis terutama pada sekitar tahun 1990, ketika fasilitas lalu lintas belum begitu lengkap seperti sekarang.

Konon, pada awal tahun 1990 ada seorang pengemudi mobil yang berhenti di Jalan H.R. Rasuna Said karena lampu lalu lintas berwarna merah. Saat itu, ia satu-satunya orang yang berhenti di lampu merah tersebut. Tiba-tiba, muncullah seorang anak kecil di samping pintu pengemudi. Ia berniat untuk meminta uang, namun sang pengemudi memberi kode bahwa ia tak memiliki uang receh.

Meski begitu, anak kecil tersebut sama sekali tak beranjak dari sisi pintu pengemudi mobil. Ketika akhirnya lampu lalu lintas berubah hijau, sang pengemudi bersiap menginjak pedal gas. Namun, niatnya terhenti karena ia terkejut melihat anak kecil yang masih berada di samping kaca mobil. Ia tertawa dan tiba-tiba menghilang seperti terbang.

Merasa panik,pengemudi tersebut segera menekan pedal gas dalam-dalam hingga mengalami kecelakaan. Untungnya, ia selamat tetapi kabarnya sempat mengalami trauma berat.

Bagi yang suka memacu adrenalin atau menguji nyali, sepertinya kamu harus datang ke tempat angker di Jakarta tersebut. Atau mungkin, ada di antara kamu yang pernah mengalami hal kurang menyenangkan dengan berbagai tempat angker di atas? Kamu bisa berbagi cerita atau pengalaman horor di kolom komentar ya!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan