0

Erika Silviana

13 Dec 2019 - 9 min read

15 Mall di Jakarta yang Selalu Ramai Dikunjungi Orang

Sebagai kota metropolitan, Jakarta memiliki banyakmallyang tersebar di berbagai wilayah. Mall bahkan telah menjadi salah satu destinasi favorit warga ibu kota untuk menghabiskan akhir pekan atau hari libur. Hal ini tidak mengherankan karena umumnya mall di Jakarta memiliki fasilitas yang lengkap dan modern.

Dari sekian banyak pusat perbelanjaan di Jakarta, beberapa di antaranya merupakan favorit warga sekitar bahkan wisatawan, sehingga hampir tidak pernah sepi pengunjung. Berikut adalah ulasan beberapa mall di Jakarta yang selalu ramai dikunjungi orang:

Grand Indonesia

(Sumber: Shutterstock)

Berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 640.000 meter persegi, Grand Indonesia pun dikenal sebagai mall terbesar di Indonesia. Bangunannya terdiri dari tujuh lantai dengan 480 toko di dalamnya. Setidaknya, ada dua department store utama yang bisa kamu temukan di Grand Indonesia, yakni Central dan Seibu. Bahkan, ada pula galeri budaya bernama Galeri Indonesia Kaya yang memamerkan karya-karya seniman lokal.

Mallyang berdekatan dengan Hotel Kempinski dan Menara BCA ini juga bisa menjadi destinasi wisata kuliner yang memuaskan. Di dalamnya, terdapat banyak tempat kuliner yang menawarkan bermacam-macam makanan, baik yang lokal maupun internasional. Kamu juga bisa menonton berbagai film favorit di bioskop CGV Blitz yang tersedia di Grand Indonesia. Lengkap, bukan?

Plaza Indonesia

(Sumber: Shutterstock)

Dibangun pada tahun 1990, Plaza Indonesia merupakan salah satumalltertua di Jakarta.Mallyang bergabung dengan properti milik PT Plaza Indonesia Realty Tbk ini dikenal sebagai pusat perbelanjaan kelas atas.Di dalamnya, terdapat banyak toko perbelanjaanyang menjual produk-produk dari merek ternama seperti Celine, Louis Vuitton, Gucci, Bottega Veneta, dan Versace.

Soal lokasi, Plaza Indonesia berada di kawasan yang sangat strategis yakni di Bundaran Hotel Indonesia. Bangunannya pun diapit Hotel Grand Hyatt Jakarta, Apartemen Keraton, dan gedung perkantoran The Plaza yang terkenal di Jakarta. Tidak mengherankan apabilamallyang berdiri di atas lahan sekitar 38.000 meter persegi ini selalu ramai pengunjung.

Plaza Senayan

(Sumber:@plaza_senayan)

Jakarta memiliki kawasan sentra bisnis yang disebut juga dengancentral business district(CBD). Kawasan ini berada di Jalan Sudirman dan Jalan Gatot Subroto. Di sepanjang jalannya, terdapat banyak gedung perkantoran. Nah, di antara gedung-gedung ini berdiri sebuahmallbernama Plaza Senayan. Lokasinya berada di Jalan Asia Afrika No 8, Gelora, Tanah Abang.

Sama seperti Plaza Indonesia, Plaza Senayan juga bisa dikatakan sebagaimallkelas atas karena toko-tokodi dalamnya menjual barang-barang dari merek internasional ternama. Beberapa contohnya adalah Hugo Boss, Fendi, Bally, dan Aigner. Daya tarik utama dari Plaza Senayan adalah jam raksasa (Marygold Clock) yang terletak di tengah alun-alunnya. Pastikan kamu melihatnya, ya!

Senayan City

(Sumber:@senayancity)

Persis di seberang Plaza Senayan, kamu bisa mengunjungi Senayan City.Mallyang sering disebut Senci ini masih berada dalam satu kompleks dengan apartemen, hotel, dan gedung perkantoran. Jika dibandingkan Plaza Senayan, Senayan City memang terlihat lebih modern. Desain arsitekturnya juga lebih minimalis dengan dinding-dinding yang terbuat dari kaca.

Asyiknya lagi,mallyang didirikan pada 2006 ini juga cukup sering menjadi tuan rumah dari berbagai event keren, seperti Jakarta Fashion Week dan bazarkreatif bernama Brightspot Market. Nah, kalau sudah lelah berkeliling mall, kamu bisa segera mengistirahat diri di food court yang menyediakan berbagai menu dari dalam dan luar negeri menggugah selera.

Kota Kasablanka

(Sumber:@kotakasablanka)

Tak hanya sebuah mall, Kota Kasablanka juga menyediakan apartemen dan gedung perkantoran yang letaknya saling bersisian. Dari luar, bangunannya terlihat begitu modern dan megah karena arsitekturnya terinspirasi dari desain mosaik di istana-istana Maroko. Berdiri di atas lahan sekitar 11,5 hektar, gedung pusat perbelanjaannya sendiri memiliki enam lantai.

Toko-toko di dalam Kota Kasablanka juga sangat beragam. Beberapa di antaranya adalah Sogo, Ace Hardware, Informa, Electronic Solution, dan Celebrity Fitness. Berbagai toko tersebut dilengkapi dengan layanan dan fasilitas yang memadai, seperti musala, peminjaman kursi roda,nursery room,layanancar call,hingga ruang tunggu pengemudi.

Thamrin City

(Sumber:@salsasabila)

Masih di kawasan Jakarta Pusat, kamu bisa menemukan Thamrin City yang juga merupakanmallramai pengunjung. Berbeda dari Senayan City atau Plaza Indonesia yang membidik pengunjung dari kalangan kelas menengah ke atas, Thamrin City menyediakan toko-toko yang menjual produk dengan harga lebih terjangkau. Bahkan, tidak sedikit pula pengunjung yang belanja di Thamrin City untuk berkulak.

Thamrin City membagi arena belanja menjadi beberapa zona, seperti zona batik, zona elektronik atau ponsel,hingga zona bursa mobil. Menjelang Lebaran, biasanya pengunjung Thamrin City bisa meningkat hingga 50% dari jumlah kunjungan reguler sebanyak 50.000 – 60.000 orang. Tak jarang pula ada pengunjung dari luar negeri yang ikut berbelanja di sini, misalnya dari Malaysia dan Singapura.

Pondok Indah Mall

(Sumber:@pondokindahmall.pim)

Pondok Indah Mall dikenal sebagai salah satumallmewah di Jakarta karena lokasinya yang berada di kawasan perumahan elit Pondok Indah. Hal ini juga didukung dengan desain interior yang terlihat modern. Tempat-tempat yang disediakan di dalamnya pun sangat beragam, mulai dari untuk bayi dan anak-anak, kecantikan dan kesehatan, fesyen, elektronik, hingga pusat kebugaran.

Tidak ketinggalan, berbagai layanan yang akan membuat pengalaman jalan-jalan di Pondok Indah Mall semakin menyenangkan. Mulai darifamily room, nursery roompeminjaman kursi roda danstroller, playground,hinggaguest service loungebisa kamu gunakan.Pondok Indah Mall bahkan memilikibusway shelter dilantai 1 yang langsung terhubung ke dalammall.

Central Park

(Sumber: Shutterstock)

Mallyang diresmikan pada 9 September 2009 ini merupakan bagian dari Integrated Mega Projects milik Podomoro City. Total areanya mencapai kurang lebih 22 hektar. Menargetkan pengunjung dari kelas menengah ke atas, Central Park menyediakan berbagai toko perbelanjaandari bermacam merekternama seperti Sogo, Mango, Zara, Topman Topshop, Salvatore Ferragamo, dan Tommy Hilfiger.

Kamu yang gemar menonton film juga akan dimanjakan dengan kehadiran bioskop Blitzmegaplex yang terdiri dari 10 gedung teater dengan total kapasitas kursi mencapai 1.905. Pilihan film yang ditayangkan pun beragam dan baru rilis. Merupakan tempat yang lengkap untuk menyegarkan pikiran, bukan?

Gandaria City

(Sumber: Shutterstock)

Dikenal sebagai kawasan superblok terbesar di Jakarta Selatan,mallGandaria City terletak dalam satu area yang sama dengan kondominium Gandaria Heights, gedung perkantoran Gandaria 8, dan hotel bintang lima Sheraton Grand Jakarta Gandaria City. Lokasinya begitu strategis, hanya berjarak 5 km dari jalan lingkar luar (outer ring road).

Mallyang memiliki slogan “one-stop lifestyle hub”ini memiliki desain bangunan yang tampak begitu mewah dan modern. Di dalamnya, kamu bisa menemukan beragam toko perbelanjaan lokal dan internasional yang ditujukan untuk kelas menengah ke atas seperti Guess, Mango, Hugo Boss, dan Furla.

Pacific Place

(Sumber:@adhit_01)

Kamu yang sehari-harinya beraktivitas di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD) pasti sudah tak asing denganmallsatu ini. Lebih dari sekadar pusat perbelanjaan, gedung Pacific Place juga memiliki fungsi lain sebagai apartemen dan gedung perkantoran. Bahkan, salah satu areanya juga masih terhubung dengan Hotel Ritz-Carlton.

Toko perbelanjaan yang ada di dalamnya pun terbilang lengkap untuk memenuhi segala kebutuhan kamu, mulai dari fesyen hingga teknologi. Aneka kuliner dari berbagai negara juga bisa kamu temukan dimallini, mulai dari kuliner Asia seperti Genki Sushi dan Sop Buntut Bogor Café, hingga kulinerwesternseperti Carl’s Junior dan Fish & Co.

Mal Kelapa Gading

(Sumber:@eusebio_andronikos)

Ketika pertama kali diresmikan pada 24 Maret 1990, Mal Kelapa Gading (MKG) awalnya hanya melayani kebutuhan sehari-hari. Saat itu, luasnya mencapai 30.000 meter persegi dan jenis toko perbelanjaannya terbatas seperti supermarket,department store,dan toko buku. Seiring berjalannya waktu, MKG pun dikembangkan secara bertahap hingga akhirnya MKG 2 pada Mei 1995 diresmikan dan luasnya bertambah jadi 40.000 meter persegi.

Mengingat perkembangan kebutuhan dan gaya hidup masyarakat sekitar, MKG pun menghadirkan toko perbelanjaanyang lebih beragam, mulai dari fesyen, area bermain, hinggafood court.Jika ingin berkunjung, Mal Kelapa Gading berada di Summarecon Kelapa Gading, Jalan Bulevar Kelapa Gading Blok M, Jakarta Utara.

Puri Indah Mall

(Sumber: Shutterstock)

Bagi yang bertempat tinggal di kawasan Jakarta Barat, kamu bisa berkunjung ke Puri Indah Mall yang berlokasi di Jalan Puri Agung, Puri Indah Kembangan Selatan. Berdiri di atas lahan seluas 144.756 meter persegi, luas bangunan Puri Indah Mall adalah sekitar 125.000 meter persegi. Arsitekturnya sangat kental dengan nuansa Victoria, sehingga cukup unik.

Di dalamnya, kamu bisa menemukan bermacam toko perbelanjaanseperti makanan dan minuman,peralatan dan dekorasi rumah,olahraga dan gaya hidup,kesehatan dan kecantikan,serta perhiasan.Puri Indah Mall juga cukup sering mengadakan acara menarik seperti menonton sepak bola bareng pengunjung di areacenter courtatau daerahexpansion mall.

Mall Taman Anggrek

(Sumber: Shutterstock)

Masih di kawasan Jakarta Barat, tepatnya di Jalan Letjen S. Parman Kav 21, Grogol Petamburan, kamu bisa menemukanmallyang tak kalah menarik untuk dikunjungi bernama Mall Taman Anggrek. Beragam toko perbelanjaan yang ada dapat memenuhi kebutuhan kamu, mulai dari fesyen, supermarket, layanan finansial, elektronik, hingga hiburan.

Menariknya lagi,mallyang terdiri dari tujuh lantai ini juga memiliki programloyalty.Dengan mendaftar program ini, kamu bisa mendapatkan poin setiap kali berbelanja. Poin yang terkumpul bisa ditukarkan dengan berbagairewardmenarik, misalnyavoucherberbelanja atau makan di restoran.

Lippo Mall Kemang

(Sumber:@alialewaa)

Kamu yang suka mendengarkan musik pasti akan senang jalan-jalan di Lippo Mall Kemang.Mallyang berada di Jalan Pangeran Antasari No. 36 ini memiliki programlive musicyang diadakan setiap hari. Menariknya, setiaplive musicmemiliki tema berbeda. Misalnya,live musichari Senin membawakan lagu-lagu bertema 1990-an. Tema tersebut berbeda denganlive musichari Rabu yang membawakan lagu-lagureggae.

Khusus hari Jumat dan Sabtu, programlive musicdiadakan sebanyak dua kali, yakni pukul 18:30 dan 21:00. Sedangkan, untuk hari lainnya,live musichanya diadakan dalam satu sesi, yaitu mulai pukul 19:00.

FX Sudirman

(Sumber: Shutterstock)

Berada di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, lokasi FX Sudirman begitu strategis karena terletak di sebelah pusat olahraga terbesar di Jakarta, Gelora Bung Karno. Lebih dari sekadar pusat perbelanjaan, FX Sudirman juga bisa menjadi tempat kerja yang seru. Di lantai 7, terdapat sebuah areacoworking spacebernama Rework yang menawarkan suasanacozydan produktif untuk bekerja.

Tak hanya itu, gedung yang buka pukul 10:00 – 22:00 saat hari kerja dan pukul 06:00 – 24:00 saat akhir pekan ini juga menawarkan suasana nongkrong yang asyik. Mulai dari resto, kafe, kedai kopi, bar,lounge,hingga kelab,semua bisa kamu temukan di sini.

***

Itulah beberapamalldi Jakarta yang paling populer dan selalu ramai dikunjungi orang. Kamu bisa melakukan banyak aktivitas seru di berbagaimalltersebut, mulai dari nongkrong dengan teman-teman, menonton bioskop, hinggawindow shopping.Apakah adamallfavoritmu yang masuk pada daftar di atas?

Jangan lupa supaya lebih nyaman, pesan rental mobil di Jakarta bisa jadi solusi untuk kamu!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan