0

Traveloka Team

20 Jan 2020 - 3 min read

7 Masjid di Indonesia Ini Punya Konsep Arsitektur Unik

Sebagai negara yang mayoritas beragama Islam, tak heran jika terdapat banyak masjid di Indonesia. Uniknya, selain berfungsi sebagai rumah ibadah, beberapa masjid juga dijadikan destinasi wisata religi. Menyajikan keindahan arsitektur bangunan serta nilai-nilai sejarah yang kental, beberapa masjid pun cukup populer di kalangan wisatawan.

Daripada penasaran, Traveloka telah merangkum 7 masjid di Indonesia yang kerap menjadi destinasi unggulan suatu daerah. Tertarik untuk mengunjunginya? Ayo simak ulasannya berikut ini!

1. Masjid Al Irsyad, Bandung

Photo credit:Â @imannurrakhman (Instagram)

Masjid yang terletak di Padalarang ini punya arsitektur yang cukup unik. Dari luar, masjid ini hanya terlihat seperti bangunan kubus raksasa. Tidak ada ciri khas masjid seperti kubah atau menara pada Masjid Al Irsyad ini. Hal tersebut terinspirasi dari bentuk Ka’bah yang ada di Mekah. Tak hanya itu, arsitektur masjid ini juga berhasil meraih penghargaan tingkat dunia. Jadi, langsung saja datang untuk buktikan keunikannya.

2. Masjid Cheng Ho, Surabaya

Photo credit:Â @dani_mahifal (Instagram)

Surabaya ternyata juga punya masjid yang unik. Di daerah Surabaya Pusat, terdapat sebuah masjid bergaya Muslim Tiongkok bernama Masjid Cheng Ho. Di sini, kamu akan menemukan bangunan masjid yang unik karena serupa dengan kelenteng. Alih-alih kubah, Masjid Cheng Ho justru dilengkapi pagoda dua tingkat di bagian tengah. Kabarnya, masjid ini merupakan simbol penghormatan laksamana asal Tiongkok yang beragama Islam.

3. Masjid Raya Sumatera Barat, Padang

Photo credit:Â @een_optimo (Instagram)

Dengan arsitektur khas Minangkabau, Masjid Raya Sumatera Barat menjadi salah satu destinasi wisata yang tak pernah sepi pengunjung. Kemegahan bisa kamu lihat mulai dari tampak luar hingga dalam masjid. Khusus bagian dalam, kamu akan melihat atap yang berbentuk bentangan kain batu hajar aswad. Meski begitu, masjid ini masih pada tahap pembangunan yang direncanakan akan selesai pada tahun 2018.

4. Masjid Tiban, Malang

Photo credit:Â @wulan_rimadhini (Instagram)

Ingin mengunjungi masjid yang punya cerita unik? Cobalah untuk berkunjung ke Masjid Tiban di daerah Turen, Malang. Menurut legenda, masjid ini tiba-tiba berdiri di tengah-tengah pemukiman penduduk. Nama tiban yang berarti tiba-tiba juga didasari oleh peristiwa itu. Jika kamu ingin mengunjungi masjid ini, usahakan untuk datang sebelum pukul 21:00 ya. Pasalnya, masjid ini akan ditutup untuk umum setelah salat jamaah Isya.

5. Masjid Terapung Amirul Mukminin, Makassar

Photo credit:Â @firman_saksono (Instagram)

Kamu tidak perlu jauh-jauh ke Jeddah untuk bisa beribadah di masjid terapung. Makassar punya Masjid Amirul Mukminin yang berdiri di tengah-tengah Pantai Losari. Masjid ini punya bentuk yang serupa dengan rumah panggung tradisional Suku Bugis. Jika tertarik, cobalah untuk datang menjelang waktu Maghrib sehingga kamu bisa sekaligus melihat keindahan sunset di halaman masjid.

6. Masjid Arkam Babu Rahman, Palu

Photo credit:Â @dikisetiawanriyanto (Instagram)

Mengingat peristiwa tsunami Palu, kamu pasti teringat dengan masjid yang berada di pesisir Teluk Palu. Itulah Masjid Arkam Babu Rahman, tempat ibadah yang kerap menjadi destinasi wisata religi. Salah satu keunikan masjid adalah kubahnya yang bisa berubah warna di malam hari. Sayangnya, masjid ini mengalami kerusakan cukup parah pasca gempa dan tsunami. Untuk itu, mari berharap agar kondisi masjid dan sekitarnya bisa segera pulih ya.

7. Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

Photo credit:Â @selamethariadi (Instagram)

Biasanya, setiap daerah di Indonesia punya masjid besar yang disebut dengan masjid agung. Begitu pula dengan Jawa Tengah. Di Semarang, berdiri Masjid Agung Jawa Tengah. Daya tarik utama masjid ini berupa payung-payung raksasa yang serupa dengan masjid di Madinah. Uniknya, kamu bisa turut menaiki menara masjid dengan membayar tiket sebesar Rp7.000 saja. Tertarik untuk mengunjunginya?

***

Tertarik untuk mencoba wisata religi ke masjid di Indonesia tersebut? Jika kamu punya kesempatan untuk mengunjunginya, pastikan untuk mengenakan pakaian yang sopan dan tidak mengganggu kegiatan ibadah ya. Dengan begitu, perjalanan kamu akan tetap aman dan menyenangkan. Jangan lupa, rencanakan liburan kamu bersama Traveloka. Liburan lebih mudah dan praktis dalam satu aplikasi. Selamat berlibur!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan