0

Traveloka Team

16 Jan 2020 - 3 min read

6 Wisata Alam Indonesia Ini Jadi Destinasi Unggulan

Kamu tentu sudah tak asing dengan Maldives? Sebuah kepulauan yang terletak di Republik Maladewa ini memang sangat terkenal akan wisata lautnya yang begitu indah. Karena itulah, tak jarang wisatawan dari berbagai belahan dunia datang untuk melihat pesonanya. Nah, tak terkecuali wisatawan asal Indonesia.

Namun, tahukah kamu jika Indonesia juga punya beberapa pilihan wisata bahari yang tak kalah menarik dengan Maldives? Bahkan, beberapa di antaranya punya pesona lebih indah! Penasaran di mana saja? Ayo simak ulasan wisata alam Indonesia versi Traveloka berikut!

1. Raja Ampat, Papua Barat

Photo credit: Shutterstock

Kepulauan yang ada di Papua ini mungkin sering dibandingkan dengan Maldives. Hal tersebut tentu tidak berlebihan mengingat keindahan Raja Ampat yang begitu memukau. Ada empat pulau besar dan beberapa pulau kecil yang bisa kamu jelajahi di Raja Ampat. Perairannya pun tidak kalah menarik karena laut Raja Ampat telah diakui dunia sebagai surga untukdiving.

Jalan tercepat untuk tiba di Raja Ampat adalah dengan menggunakan pesawat, setelah itu bisa dilanjutkan dengan kapal atau pesawat kecil. Namun jika kamu ingin liburan yang praktis, saat ini telah tersedia beragam paket wisata ke Raja Ampat. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Raja Ampat adalah antara bulan September–April karena ombak masih relatif tenang.

2. Pulau Sombori, Sulawesi Tengah

Photo credit: Shutterstock

Pulau yang satu ini memang belum setenar Raja Ampat. Walau begitu, panorama yang ditawarkan juga tidak kalah indahnya. Di sini, masih banyak pulau tidak berpenghuni dengan kondisi air laut yang sangat jernih. Jika datang ke sini, cobalah mendaki Tebing Kahyangan untuk melihat pemandangan Pulau Sombori dari ketinggian.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Gua Tengkorak yang misterius. Stalaktit di gua ini selalu tampak berkilau saat tertimpa cahaya matahari. Untuk menyusuri setiap keindahan Pulau Somboro, kamu bisa menggunakan kapal nelayan setempat. Sedangkan untuk menuju kawasan ini, pilihlah penerbangan tujuan Kendari dan melanjutkan perjalanan melalui darat.

3. Pulau Bawah, Kepulauan Riau

Photo credit:@gypsylovinlight (Instagram)

Akhir-akhir ini wisata bahari di Indonesia bagian barat semakin digencarkan. Salah satu yang tak boleh kamu lewatkan adalah Pulau Bawah, Provinsi Kepulauan Riau. Lanskap Pulau Bawah sangat unik dengan adanya beberapa laguna seperti pantai-pantai di Laut Adriatik. Tidak hanya untuk wisata, Pulau Bawah juga dijadikan lahan konservasi alam.

Untuk mencapai Pulau Bawah, kamu bisa melalui Tanjungpinang yang ada di Bintan. Dari Tanjungpinang, kamu harus menyeberang ke Tarempa di Pulau Siantan. Perjalanan ini akan memakan waktu yang cukup panjang kurang lebih 10 jam. Setibanya di Tarempa, kamu bisa menyewa kapal menuju Pulau Bawah dengan jarak tempuh sekitar 4–5 jam.

4. Pantai Ora, Maluku Tengah

Photo credit: Shutterstock

Pantai Ora merupakan bagian dari Taman Nasional Manusela, Maluku Tengah. Di pantai ini kamu bisa menemukan kekayaan biota laut yang masih terjaga kelestariannya. Ada beragam terumbu karang yang menjadi rumah bagi ikan-ikan kecil di dalam air laut yang biru dan jernih. Pantainya sendiri memiliki karakteristik pasir putih yang lembut.

Untuk akomodasi sendiri, terdapat beberapafloating cottagedi atas laut yang bisa kamu sewa. Jika ingin lebih hemat, kamu bisa menginap di rumah warga setempat yang dijadikanguesthouse. Lalu, bagaimana akses menuju kawasan ini? Rute menuju Ora bisa dimulai dari Bandara Pattimura, Ambon dan dilanjutkan dengan perjalanan darat.

5. Kepulauan Kei, Maluku Tenggara

Photo credit: Shutterstock

Kepulauan Kei atau Kepulauan Evav terdiri dari dua pulau, yaitu Kei Besar dan Kei Kecil. Selain itu, ada juga beberapa pulau kecil yang biasanya tidak berpenghuni. Untuk mencapai Kei, kamu bisa menggunakan penerbangan ke Bandara Pattimura, Ambon dan pindah ke pesawat kecil menuju Bandara Karel Satsuit Tubun di Pulau Kei Kecil.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di Kei. Mulai dari menjelajahi beberapa pulau, mendaki Bukit Masbait, makanseafoodsepuasnya, hingga menyusuri pantai berpasir putih bisa kamu lakukan di sini. Di Kepulauan Kei, kamu juga bisa merasakan ketenangan karena tidak ada kebisingan dari kendaraan bermotor seperti di kota. Cukup menarik, bukan?

6. Kepulauan Derawan, Kalimantan Utara

Photo credit: Shutterstock

Kepulauan Derawan terkenal akan wisata baharinya. Salah satu destinasi wisata favorit di Derawan adalah Taman Bawah Laut yang menjadi favorit paradivers. Kepulauan ini terdiri atas empat pulau utama, yaitu Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Maratua, Pulau Kakaban, dan belasan pulau-pulau kecil lainnya. Perjalanan menuju Derawan membutuhkan waktu yang cukup panjang karena kamu harus melalui jalur udara, darat, dan laut sekaligus.

Walau begitu, panoramanya tidak akan mengecewakan. Dengan laut berwarnaemeralddan pasir yang bersih, membuat kamu seolah tidak berada di Indonesia. Belum lagi keindahan bawah lautnya, kamu bisa melihat beberapa hewan laut seperti ubur-ubur berenang bebas. Sudah pasti tidak akan kalah dengan Maldives!

***

Semakin tertarik untuk menjelajahi wisata alam Indonesia, bukan? Kamu dijamin tak akan kecewa saat mengunjungi kawasan-kawasan tersebut. Tak lupa, keramahan masyarakat setempat pun tentu akan membuat kamu semakin betah. Jadi, kamu akan semakin bangga dengan kekayaan alam Indonesia. Yuk, ceritakan pengalaman kamu jelajahi Indonesia di kolom komentar!

Baca juga17 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Sudah Ada Sejak Zaman Dahulu
-
Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan