Ini 5 Restoran Hong Kong Populer yang Raih Michelin Star

Ini 5 Restoran Hong Kong Populer yang Raih Michelin Star

Setiap tahunnya, Michelin Guide Hong Kong dan Macau merilis daftar restoran yang berhasil meraih Michelin Star. Sejak kemunculannya pada tahun 2008, kini jumlah restoran bertambah hingga tiga kali lipat hingga mencapai 227. Hal ini tentu tidak terlepas dari pesatnya perkembangan kuliner Hong Kong, baik untuk makanan lokal maupun menu internasional di berbagai restoran.

Jika kamu berkesempatan liburan ke Hong Kong, tak ada salahnya untuk mampir untuk mencoba hidangan kuliner yang telah terpercaya tersebut. Dari ratusan daftar yang terpilih, berikut beberapa restoran Hong Kong yang bisa kamu kunjungi:

1. L’Atelier de Joël Robuchon

Alamat: Shop 401, 4F, The Landmark, 15, Queen’s Road Central, Central, Hong Kong

L’Atelier de Joël Robuchon
Photo credit: @tum_chiangmai

Kesan elegan mungkin menjadi daya tarik utama saat kamu memasuki L’Atelier de Joël. Perpaduan warna merah dan furnitur kayu bercorak gelap pun membawa kesan mewah seluruh sudut restoran. Di sini, pengunjung bisa memilih dua area berbeda yakni area open kitchen dan area fine dining.

Di L’Atelier de Joël Robuchon, kamu akan ditawarkan aneka menu khas Perancis dalam bentuk set. Satu set terdiri dari hidangan pembuka, hidangan utama, dan hidangan penutup. Selain hidangannya yang mendapat predikat bintang 3 Michelin Star, L’Atelier de Joël Robuchon juga meraih award Wine Spectator’s karena menyajikan berbagai varian wine terbaik.

2. Robuchon au Dôme

Alamat: 43F, Grand Lisboa Hotel, Avenida de Lisboa, Macau

Robuchon au Dôme
Photo credit: @foodtopedia

Meraih tiga bintang Michelin selama sepuluh tahun berturut-turut, Robuchon au Dôme memiliki kualitas menu dan layanan yang tak perlu diragukan lagi. Restoran ini menawarkan masakan khas Perancis, dengan beberapa menu andalan seperti Le Black Cod, Le Homard, dan Le Pigeon de Pornic.

Tidak ketinggalan koleksi wine yang mencapai lebih dari 16.800 label, membuat Robuchon au Dôme turut mendapatkan Grand Award dari Wine Spectator sejak 2005 secara berturut-turut. Setiap harinya, restoran yang juga dikenal akan interior mewahnya ini buka pada dua sesi, yakni untuk makan siang pukul 12:00 14:30 dan sesi makan malam pukul 18:30 22:30.

3. The Eight

Alamat: 2F, Grand Lisboa Hotel, Avenida de Lisboa, Macau

The Eight macau
Photo credit: @elizaawuhh

The Eight menjadi satu-satunya restoran khas Chinese di Macau yang mendapatkan bintang 3 Michelin selama lima tahun berturut-turut. Tidak hanya menunya, desain interior restoran pun menggunakan banyak elemen tradisional khas Chinese. Saat berkunjung ke The Eight, kamu bisa memilih menu dari 40 jenis dim sum saat makan siang atau menikmati makan malam dengan menu klasik dalam balutan yang elegan.

Selain dim sum, The Eight juga menawarkan menu rekomendasi Chef di antaranya Stir-fried Boston Lobster with Egg, Minced Pork and Black Bean; Steamed Garoupe Fillet in Supreme Soya Sauce; dan Chilled mango Pudding with Fig’s Honey. Tergiur untuk mencobanya?

4. Sushi Shikon

Alamat: Citadines Mercer Hong Kong, 29 Jervois Street, Sheung Wan, Hong Kong.

sushishikon
Photo credit: @sushishikon

Sesuai namanya, Sushi Shikon menyajikan aneka menu sushi khas Jepang. Cita rasanya begitu segar karena setiap hari Sushi Shikon mendatangkan bahan-bahan langsung dari Pasar Tsukiji di Tokyo, Jepang. Tak hanya menyajikan menu sushi berkualitas tinggi, Sushi Shikon juga menawarkan pengalaman kuliner yang menarik. Sambil menyantap hidangan, kamu bisa berinteraksi langsung dengan koki yang bertugas.

Sushi Shikon hanya bukan setiap Senin Sabtu pada sesi makan siang, yakni pukul 12:00 14:00 dan makan malam. Saat makan siang, kamu berkesempatan mencicipi Nigiri Course yang terdiri dari 12 potong Sushi Nigiri. Sedangkan untuk makan malam, menu yang disajikan adalah 6 jenis hidangan pembuka, sepuluh potong sushi, dan hidangan penutup.

5. Tim Ho Wan

Alamat: 9-11 Fuk Wing Street, Sham Shui Po, Hong Kong

Tim ho wan hong kong
Photo credit: @daliborrow

Jika pada keempat restoran sebelumnya kamu perlu mengocek kantong lebih dalam, maka di Tim Ho Wan kamu hanya perlu mengeluarkan sedikit bujet. Ya, restoran ini masuk sebagai peringkat 2 restoran Michelin Star termurah versi Traveloka. Bayangkan saja, hanya dengan mengeluarkan uang sekitar $3,8 kamu sudah bisa menikmati aneka hidangan di restoran dim sum terbaik ini.

Untuk bisa menikmati hidangannya, kabarnya kamu perlu mengantre cukup panjang. Namun, perjuangan tersebut akan terbayar saat kamu mencicipi aneka makanannya. Salah satu menu andalannya adalah Char Siu Bao, yakni semacam bakpao berisi BBQ pork. Untuk hidangan dim sumnya sendiri, kamu tak perlu ragukan lagi kualitasnya. Jika datang berombongan, cobalah semua variannya agar bisa pulang dengan puas!

***

Nah, bagi kamu yang berencana liburan ke Hong Kong, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi salah satu restoran peraih Michelin Star di atas. Beberapa restoran tersebut dijamin akan membuat pengalaman wisata kuliner pun semakin tak terlupakan. Selamat menikmati aneka kuliner, ya!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1