Pantai di Garut Selatan yang Memanjakan Mata

Pantai di Garut Selatan yang Memanjakan Mata

Kemiripan bentang alam Garut dengan Swiss, menjadikan Garut dijuluki sebagai Swiss van Java. Lanskap Garut yang dikelilingi tiga gunung sekaligus membuatnya kaya akan wisata alam. Mulai dari mendaki gunung, menikmati kesejukan curug, hingga bermain pasir di pantai bisa kamu lakukan di kota penghasil dodol ini.

Berencana liburan di Garut? Wisata pantai di Garut Selatan bisa kamu jadikan destinasi pilihan. Selain karena kemudahan aksesnya, pantai-pantai di kawasan Garut Selatan ini dijamin dapat menyegarkan pikiran serta memanjakan mata kamu. Yuk, simak rekomendasi wisata pantai di Garut Selatan yang bisa kamu kunjungi!

Pantai Santolo

(Sumber: Shutterstock)

Pantai Santolo menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer. Keberadaannya di Kecamatan Cikelet, membuat pantai ini mudah di akses dari pusat Kota Garut. Setidaknya, kamu perlu menempuh jarak sekitar 88 km atau 3,5 jam berkendara. Dengan garis pantai yang cukup panjang, pantai pasir putih Santolo ini bisa kamu jadikan pilihan saat berwisata pantai di Garut Selatan.

Selain menikmati panorama pantai, masih ada berbagai aktivitas yang dapat kamu lakukan di Pantai Santolo. Misalnya, menikmati hidangan laut di sekitar pantai, atau mengunjungi pulau kecil di seberang pantai. Menyebrangi pulau dapat ditempuh dengan menyewa perahu dari nelayan dengan biaya sekitar sepuluh ribu rupiah. Selain menyewa perahu, wisatawan juga bisa mengamati aktivitas dari para nelayan atau menjadikan mereka objek fotografi humanism.

Sebagai salah satu pantai populer di Garut, Pantai Santolo telah dilengkapi fasilitas seperti penginapan, hotel dan losmen untuk pengunjung yang berencana menginap disana. Bermalam di sekitar Pantai Santolo saat berwisata di Garut Selatan memberikan kamu kesempatan untuk bisa menikmati sunrise. Jika beruntung, kamu juga akan mendapati kawanan burung pantai di sekitarnya.

Pantai Rancabuaya

(Sumber: wisatapriangan.co.id)

Menjadi salah satu lokasi shooting film Perahu Kertas, keindahan Pantai Rancabuaya memang tak bisa dianggap remeh. Garis Pantai Rancabuaya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia membuat ombak di sini tergolong cukup besar. Tak hanya itu, pantai ini juga didominasi dengan berbatuan karang, sehingga tidak memungkinkan bagi pengunjung untuk berenang.

Meski begitu, kamu tak perlu khawatir akan jenuh selama di Pantai Rancabuaya. Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan, di antaranya menjelajahi berbatuan karang, menemukan ikan-ikan kecil di berbatuan karang, atau mencari kepiting, kerang, serta bintang laut yang terdampar di pesisir pantai.

Pantai Rancabuaya juga menjadi tempat pelelangan ikan setiap harinya. Kamu bisa mendapatkan langsung hasil tangkapan para nelayan dengan kualitas ikan yang masih segar dan harga yang terjangkau. Selanjutnya, kamu bisa mengolah langsung atau membakarnya di tepian pantai untuk menyantap seafood lezat sambil menikmati pesona Pantai Rancabuaya.

Pantai Gunung Geder

(Sumber: panduanwisata.id)

Terletak satu kecamatan dengan Pantai Santolo, yaitu di Kecamatan Cikeket, Pantai Gunung Geder dianggap tidak kalah eksotis dengan Pantai Kuta Bali oleh beberapa wisatawan. Perpaduan hamparan pasir putih yang menjorok ke bibir pantai dan pasir coklat yang mendekati daratan, semakin menambah keeksotisan Pantai Gunung Geder.

Pantai Gunung Geder yang berada di Garut Selatan ini memiliki garis pantai sepanjang 7 km. Perpaduan hamparan pasir, deretan pohon kelapa, serta hamparan sawah menjadikan Pantai Gunung Geder sebagai salah satu destinasi wisata yang tak boleh kamu lewatkan saat berada di Garut Selatan.

Suara debur ombak yang menghantam bebatuan karang, diiringi hembusan angin akan semakin lengkap dinikmati saat menjelang petang. Tak hanya itu, matahari terbenam di Pantai Gunung Geder akan menambah pesona saat menikmati suasana pantai.

Pantai Sayang Heulang

(Sumber: @sayang_heulang)

Tak jauh dari Pantai Santolo, kamu bisa menemukan Pantai Sayang Heulang yang terbentang luas di Kecamatan Pameumpeuk. “Sayang heulang” dalam bahasa Sunda memiliki arti sarang burung elang. Makna tersebut tergambar pada patung burung elang yang dapat kamu lihat saat memasuki wilayah pantai.

Pantai Sayang Heulang memiliki ombak yang cukup tenang dengan air laut jernih berwarna biru. Karena memiliki karakteristik ombak yang tenang, kamu bisa bebas berenang di sekitar pantai. Hamparan pasir putih Pantai Sayang Heulang pun bisa kamu manfaatkan untuk bermain pasir atau sekadar berjalan-jalan di tepian pantai.

Sunset di Pantai Sayang Heulang juga menjadi saya tarik utama objek wisata Garut ini. Jika tertarik untuk menyaksikannya, kamu bisa berkunjung saat menjelang sore hari. Dengan begitu, kamu tidak akan melewatkan momen cantik saat matahari terbenam.

Pantai Puncak Guha

(Sumber: @ezytravel)

Pantai Puncak Guha bisa menjadi solusi terbaik bagi kamu yang ingin menikmati keindahan pantai dari ketinggian. Di sini, kamu bisa melihat fenomena debur ombak yang menghantam berbatuan karang dari puncak tebing.

Terletak di Desa Sinarjaya, Bungbulang, Pantai Puncak Guha berjarak 8 km dari Pantai Rancabuaya. Konon, asal-usul nama “guha” dipakai karena keberadaan Gua Lawar di sekitar pantai. Jadi, tak ada salahnya jika kamu melihat kondisi gua untuk menambah pengalaman berlibur di Pantai Puncak Guha.

Di Pantai Puncak Guha, kamu juga akan menemukan deretan gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat atau berlindung dari teriknya matahari. Gazebo ini juga akan menjadi tempat terbaik untuk melihat matahari terbenam dari ketinggian tebing.

***

Kelima pantai tersebut bisa kamu jadikan tujuan wisata saat mencari destinasi pantai di Garut Selatan. Selain kelima pantai itu, kamu juga bisa menikmati pantai lainnya di Garut yang bisa kamu lihat di artikel berikut. Siap menikmati deburan ombak di Garut Selatan? Yuk traveling sekarang!

3 Shares
Share3
Pin
Share
Tweet
+1