Tempat Camping Dekat Jakarta Untuk Alternatif Liburan Seru

Tempat Camping Dekat Jakarta Untuk Alternatif Liburan Seru

Ada beragam cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati alam, salah satunya dengan camping bersama orang terdekat. Meski tinggal di Jakarta, kamu tetap bisa menikmati alam dengan berkemah di kawasan Bandung dan Bogor. Kedua wilayah yang dikelilingi pegunungan tersebut bisa menjadi area tepat untuk menghabiskan waktu berkemah.

Tak hanya menawarkan pemandangan indah, beberapa tempat camping berikut juga dilengkapi fasilitas yang cukup lengkap. Mari simak rekomendasi tempat camping seru di wilayah Bogor dan Bandung dari Traveloka!

Lokasi camping di Bogor

Bogor adalah salah satu pilihan tempat camping yang terdekat dari Jakarta. Lokasi ini juga cukup mudah kamu jangkau, baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum seperti KRL ataupun bus antarkota. Selain menawarkan area kemah yang sejuk, berbagai lokasi berikut juga dilengkapi aktivitas seru bagi pengunjung. Yuk, cari tahu lokasi perkemahan di Bogor yang bisa kamu jadikan pilihan!

Bumi Perkemahan Mandalawangi

(Sumber: @joannaasterlita)

Bumi Perkemahan Mandalawangi di Kompleks Balai Besar Taman Nasional Gunung Pangrango tentu bisa menjadi lokasi camping yang tepat. Pasalnya, kamu akan dituntut untuk melakukan beragam aktivitas serba mandiri. Mulai dari menyiapkan alat perkemahan yang kamu bawa, mendirikan tenda, hingga mencari kayu bakar dan air bersih untuk kebutuhan memasak adalah beberapa aktivitas yang perlu kamu lakukan

Keindahan alam di Bumi Perkemahan Mandalawangi tentu tidak perlu kamu ragukan lagi. Lokasi perkemahan yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango ini memiliki suasana asri yang dikelilingi pepohonan.  Ada pula danau yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga dengan menggunakan perahu dayung. Bagi yang tertarik mengunjunginya, siapkan biaya Rp27.500 sebagai tiket masuk per orang.

Wisata Citamiang

(Sumber: @wisatacitamiang)

Siapa yang tidak tertarik melihat pemandangan hijau ketika bangun tidur?  Di Wisata Citamiang, kamu bisa mewujudkan hal tersebut. Mulai dari hutan pinus hingga kebun teh bisa kamu nikmati saat menghabiskan waktu kemah di sini.

Wisata Citamiang yang berlokasi di Jl Raya Puncak Cisarua ini merupakan area perkemahan di kawasan hutan pinus. Cukup membayar Rp5.000, kamu bisa berkemah serta menggunakan berbagai fasilitas seperti toilet, musala hingga jalur trekking menuju hutan dan perkebunan teh. Untuk kamu yang ingin memacu adrenalin, tersedia pula fasilitas outbond dengan berbagai pilihan paket yang tersedia.

Lokasi camping di Bandung

Cukup menempuh kurang lebih 3 jam perjalanan, kamu bisa sampai di Kota Kembang. Bentang alam Bandung yang dikelilingi pegunungan, hutan, dan danau membuatnya cocok sebagai lokasi kemah.

Tak sekadar menikmati kesejukan alam Bandung, lokasi camping berikut juga menawarkan beragam aktivitas seru. Mulai dari menyaksikan matahari terbit, berburu foto, hingga memberi makan satwa bisa kamu lakukan di sini. Jika tertarik melakukannya, di bawah ini adalah beberapa lokasi kemah di Bandung yang bisa kamu kunjungi.

Puncak Bintang

(Sumber: @bukitmoko)

Puncak Bintang bisa menjadi pilihan tepat saat ingin berkemah sembari menyaksikan Bandung dari ketinggian. Puncak Bintang terletak tidak jauh dari Stasiun Bandung, tepatnya di Jalan Padasuka, sehingga kamu bisa menggunakan angkutan kota atau ojek online menuju lokasi. Meski berada di ketinggian 1442 mdpl, kondisi jalan menuju Puncak Bintang tergolong cukup baik. Namun, kamu tetap perlu berhati-hati saat melalui beberapa tanjakan yang cukup terjal.

Dengan mengeluarkan biaya Rp20.000, kamu bisa menikmati setiap sudut Puncak Bintang. Ada pula biaya tambahan bagi yang membawa kendaraan, yaitu Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Ada beragam fasilitas yang bisa kamu gunakan, seperti toilet, musala, hingga area kemah yang cukup luas. Bagi yang ingin berkemah, sebaiknya kamu membawa perlengkapan sendiri karena belum tersedia tempat penyewaan di sini.

Malam hari adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Puncak Bintang. Pasalnya, kamu bisa melihat gemerlap cantik lampu Kota Bandung dari ketinggian. Serunya lagi, kamu bisa berfoto ala folk fotografi dengan latar pohon pinus berkabut esok paginya. Jadi, jangan lupa bawa kamera agar bisa mengabadikan seluruh momen seru di Puncak Bintang.

Ranca Upas

(Sumber: @donidono)

Di kawasan Ciwidey Patengan KM. 11, kamu akan menemukan Bumi Perkemahan Ranca Upas. Lokasi ini dikenal memiliki udara yang cukup dingin karena berada di ketinggian 1700 mdpl. Untuk itu, kamu perlu membawa pakaian hangat jika ingin bermalam di lokasi yang juga dikenal dengan nama Kampung Cai Ranca Upas.

Area perkemahan Ranca Upas berada di lapangan luas terbuka, sehingga kamu bisa bebas menyaksikan cantiknya gugusan rasi bintang saat malam hari. Menariknya, pengelola menyediakan sewa alat camping bagi yang tidak mempersiapkannya. Untuk menggunakannya, kamu perlu mengeluarkan uang Rp80.000 Rp400.000 untuk tenda dan Rp50.000 Rp70.000 untuk sleeping bag.

Setelah puas berkemah, kamu bisa mencoba berbagai aktivitas seru lainnya. Mulai dari berkunjung ke penangkaran rusa, mandi air hangat, berenang, hingga bermain ATV bisa kamu lakukan di sini. Untuk menikmati beragam aktivitas tersebut, kamu perlu terlebih dulu membayar tiket masuk seharga Rp10.000. Tak lupa, biaya parkir sekitar Rp3.000 – Rp20.000 bagi yang membawa kendaraan pribadi.

Situ Cisanti

(Sumber: @_syfaz)

Jika kamu ingin menikmati suasana camping di samping danau, Situ Cisanti bisa menjadi pilihan tepat. Keberadaannya di Desa Tarumajaya, Kertasari, membuat danau buatan ini tergolong cukup jauh dari pusat Kota Bandung. Kondisi inilah yang membuat Situ Cisanti masih sepi akan pengunjung. Meski begitu, kawasan wisata ini sudah dilengkapi fasilitas memadai seperti toilet dan musala.

Pemandangan Situ Cisanti pada pagi hari adalah hal yang tidak boleh kamu lewatkan. Pasalnya, kamu akan melihat pesona matahari terbit yang berpadu cantik dengan embun. Untuk menyaksikannya, kamu bisa menuju dermaga kecil yang disediakan pengelola. Jika ingin hal yang lebih menantang, kamu bisa membawa pelampung untuk bisa berenang menikmati kesegaran danau.

Dibanding Puncak Bintang atau Ranca Upas, Situ Cisanti memang tergolong paling jauh dari Kota Bandung. Setidaknya, kamu perlu menempuh 2 3 jam berkendara untuk mencapai area danau. Karena itu, kamu perlu memastikan kondisi kendaraan sebelum menempuh perjalanan jauh. Tak lupa, siapkan perbekalan agar perut tetap terisi selama beraktivitas.

***

Itulah beberapa tempat camping terdekat yang bisa kamu kunjungi dari Ibu Kota Jakarta. Jika kamu merasa penat dan butuh liburan di alam terbuka, camping di tempat-tempat tersebut tentu bisa jadi solusi untuk kembali menyegarkan pikiranmu. Selamat camping seru di sekitar Jakarta!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1