18 Tempat Makan Enak di Bogor yang Tidak Biasa

18 Tempat Makan Enak di Bogor yang Tidak Biasa

Kamu yang pernah ke Bogor pasti setuju kalau kota satu ini menawan. Walau hanya berjarak sekitar 1 – 2 jam perjalanan dari Jakarta, Bogor menawarkan suasana yang lebih tenang dan hawa sejuk. Selagi di Bogor, ada beberapa wisata yang tak boleh kamu lewatkan, salah satunya kuliner. Ada banyak tempat makan enak di Bogor yang tidak biasa atau anti mainstream.

Daripada semakin penasaran dengan daftar tempat makan enak di Bogor, langsung simak saja 18 rekomendasi dari Traveloka yang berikut ini:

Bapatong

(Sumber: @gotravelly)

Bapatong merupakan singkatan dari bakso, kupat, dan gentong. Berbeda dari satu porsi bakso pada umumnya, bapatong terdiri dari daging iga sapi dan ketupat yang dipotong menyerupai bentuk dadu, serta bakso, bihun, mi kuning, dan pangsit. Agar semakin sedap, bapatong disiram dengan kuah kaldu sapi. Harga satu porsi bapatong sekitar Rp15.000.

Di Bogor, ada cukup banyak penjual bapatong. Salah satu yang paling populer dan sudah pasti lezat adalah bapatong di kawasan Jalan Taman Kencana. Biasanya, sebagai pelengkap makan bapatong, orang-orang juga memesan es dower, yakni es yang terbuat dari santan kelapa beku, dengan tambahan gula, irisan buah, dan agar-agar. Sempurna!

Ayam Goreng Aroma

(Sumber: @ayamgorengaroma)

Apabila ingin menyantap ayam goreng enak di Bogor, kamu wajib datang ke Ayam Goreng Aroma di kawasan Jalan Taman Kencana. Ciri khas dari ayam goreng yang dijual di sini adalah aroma yang sedap dan taburan crispy gurih di atas ayamnya. Ditambah dengan nasi hangat dan sambal pedas, kamu pasti akan ketagihan mencobanya!

Selain ayam goreng, kamu juga bisa memesan menu lain seperti tumis jamur, bakwan jagung, sate udang, empal, dan masih banyak lagi. Ayam Goreng Aroma tidak hanya berada di Jalan Taman Kencana, tapi juga bisa kamu temukan di Jalan Ahmad Yani, Jalan Dramaga, dan Jalan Raya Wangun.

Mie Janda

(Sumber: @miejanda)

Sebutan “Janda” berasal dari singkatan Jawa dan Sunda. Nama menu yang ditawarkan tempat makan enak di Bogor yang satu ini tidak terlepas dari kata Janda, misalnya mi janda kembang (mi polos), mi janda kaya (mi pangsit dan bakso), dan mi janda tajir.

Uniknya tempat makan enak di Bogor yang satu ini menarik perhatian banyak pengunjung, bahkan sering disorot oleh berbagai stasiun televisi swasta lho! Kalau ingin mencoba hidangan unik ini, kamu bisa langsung menuju ke Jalan Raya Mayor Oking Jaya Atmaja No 78, Cirimekar, Cibinong. Ada pula cabangnya di Ruko Bojong Depok Baru (Gaperi) Blok CM No 7 yang bisa kamu datangi.

Martabak Air Mancur

(Sumber: @martabakairmancurbogor)

Sudah berdiri selama lebih dari dua puluh tahun, Martabak Air Mancur merupakan salah satu kuliner legendaris di Bogor. Lokasinya berada di dekat bundaran air mancur Bogor, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman No 64. Kamu memang bisa membeli martabak untuk dibawa pulang atau langsung dimakan di tempat.

Ada tiga macam martabak telur yang tersedia, yaitu martabak biasa (dua telur), martabak spesial (tiga telur), dan martabak super (empat telur). Adonan martabak akan dicampur dengan daging sapi, kornet, sosis, seafood, atau keju. Kamu bisa memilih topping sesuai selera. Tak ketinggalan, menu martabak manis dengan berbagai pilihan topping seperti kacang, meses, jagung, dan keju juga banyak dipesan pengunjung.

Nasi Uduk Bansus

(Sumber: @nasiudukbansusbondonganbogor)

Umumnya, nasi uduk disantap sebagai menu sarapan. Namun, Nasi Uduk Bansus justru dijual mulai pukul 17:00 hingga malam hari di kawasan Jalan Pahlawan. Satu porsi nasi uduk disajikan menggunakan daun pisang dengan taburan bawang goreng dan sambal kacang. Kamu bisa memilih lauk sendiri seperti ayam goreng, empal, sate usus, hingga paru goreng.

Sebagai pelengkap makan nasi uduk, biasanya orang-orang juga memesan bandrek susu untuk menghangatkan badan. Kamu dapat menikmati satu porsi nasi uduk polos dengan harga Rp5.000. Jika ingin menambah lauk, biasanya kamu perlu keluarkan uang lebih sekitar Rp2.500 – Rp14.000.

Doclang Pak Odik

(Sumber: @idawahyuni71)

Bagi yang belum kenal dengan kuliner khas Bogor yang satu ini, doclang adalah hidangan yang mirip dengan ketoprak. Bedanya, doclang menggunakan kentang dan telur sebagai bahan utama, bukan bihun dan taoge seperti ketoprak. Selain itu, ada juga tahu dan lontong dengan siraman bumbu kacang dan kecap. Di Bogor, doclang yang paling enak dan terkenal adalah Doclang Pak Odik di Jalan Pasir Kuda.

Hal yang membuat Doclang Pak Odik begitu enak adalah bumbu kacangnya. Pak Odik membuat bumbu kacang tidak menggunakan blender, melainkan diulek sendiri secara manual sehingga buliran kacangnya masih terasa. Satu porsi doclang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp10.000. Kalau tambah telur, harganya menjadi Rp12.000. Masih terjangkau, bukan?

Laksa Kp Cincau

(Sumber: @sanjayanadia)

Laksa adalah kuliner yang terbuat dari bihun putih dengan campuran potongan tahu kuning dan telur rebus, lalu ditaburi taoge dan kuah santan kuning. Sekilas mirip soto, tetapi laksa memiliki rasa yang agak manis karena adanya taburan serundeng. Di Laksa Kp Cincau, kamu juga bisa menambah isi hidangan dengan irisan oncom dan daun kemangi.

Satu porsi laksa di Laksa Kp Cincau bisa kamu nikmati dengan bayar Rp8.000 saja. Tempat makan enak di Bogor ini sudah berdiri sejak tahun 1950, jadi rasanya tak perlu diragukan lagi. Laksa Kp Cincau bisa kamu temukan di beberapa tempat. seperti di kawasan Jalan Ranggagading dan di depan Kampus Kesatuan. Tempat makan ini bisa kamu kunjungi pukul 07:00 – 11:00.

Toge Goreng Mang Gebro

(Sumber: @lindahaninda)

Meski namanya “taoge goreng”, kuliner khas Bogor satu ini justru dimasak dengan cara direbus. Taoge goreng terdiri dari potongan lontong, mi kuning, irisan tahu goreng, dan taoge rebus. Semuanya akan disiram dengan bumbu berbahan dasar tauco dan oncom. Cita rasanya cenderung gurih, manis, dan asin. Pokoknya, lezat!

Ada beberapa penjual taoge goreng yang bisa kamu temukan, tetapi yang paling enak dan terkenal adalah Taoge Goreng Mang Gebro yang pusatnya berada di kawasan Jalan Dewi Sartika. Tempat makan enak di Bogor satu ini t telah dikelola secara turun-temurun sejak 1967. Satu porsi taoge goreng di Toge Goreng Mang Gebro bisa kamu nikmati dengan bayar Rp8.000.

Kedai Bakso Seuseupan

(Sumber: @amrina_rompoknyimas)

Bogor dikenal sebagai kota dengan hawanya yang cukup sejuk. Untuk menghangatkan diri, kamu bisa datang ke Kedai Bakso Seuseupan yang memiliki banyak cabang di Jalan Banjar Waru (dekat Simpang Tapos), Jalan Bangbarung Raya, Jalan Raya Gunung Batu (dekat Simpang Ciomas), dan di Jalan Raya Taman Cimanggu.

Kedai Bakso Seuseupan menjual bakso dengan olahan daging sapi yang lembut dan kuah kaldu yang begitu gurih. Tak hanya bakso, Kedai Bakso Seuseupan juga menjual menu mi ayam yang disajikan bersama potongan sawi. Harga satu porsi bakso dan mi ayam hanya berkisar Rp15.000 saja.

Ceker ranjau

(Sumber: @chicie_donna)

Ceker ranjau adalah olahan ceker dengan bumbu kari yang sangat pedas. Biasanya, orang-orang menikmati hidangan ini dengan nasi panas. Selain ceker ranjau, ada pula menu lain yang tak kalah lezat seperti ceker crispy, kepala ayam goreng, serta ati dan ampela.

Setiap harinya, tempat makan enak di Jalan Jakarta atau tepatnya di sekitar Graha Cibinong, ini buka pukul 17:00 – 21:00. Nah, jam buka yang cukup singkat, pastikan kamu datang saat awal agar tidak kehabisan menu ceker ranjau yang legendaris ini ya!

Asinan jagung bakar

(Sumber: @nnovianti)

Pada umumnya, jagung bakar dimakan langsung setelah selesai dibakar atau selagi masih hangat. Namun, lain halnya dengan jagung bakar yang akan kamu temui di Gang Roga Surya Kencana. Di sini, kamu bisa mencoba kuliner khas Bogor dalam bentuk asinan jagung bakar. Kabarnya, asinan jagung bakar ini merupakan usaha turun-temurun yang sudah berdiri sejak 1968.

Cara membuatnya tidaklah terlalu susah. Setelah jagung manis dibakar, butiran jagung dilepaskan dari gagangnya, lalu disiram dengan air panas dan cuka. Setelah itu, jagung diberi gula pasir sehingga menghasilkan cita rasa yang manis, asam, dan segar. Setiap harinya, asinan jagung bakar ini buka sejak pukul 09:00 – 18:00.

Lasagna Gulung

(Sumber: @lasagna_gulung)

Merupakan salah satu bentuk pasta, lasagna yang satu ini memiliki tampilan berbeda dari lasagna kebanyakan. Proses memasaknya digulung menggunakan keju, saus susu, dan saus tomat khas. Ada berbagai rasa lasagna gulung yang bisa kamu pilih, yaitu tuna, ayam, sapi, dan kerang.

Lasagna Gulung  berlokasi di kawasan jalan Salak, tidak jauh dari Taman Surya Kencana, tepatnya di sebelah restoran Macaroni Panggang. Tak hanya lasagna, restoran Lasagna Gulung juga menjual banyak menu lain seperti nasi goreng, sandwich, bruschetta, salad gulung, siomai seafood, asinan jagung, roll cake, hingga bistik tuna.

Cungkring Pak Jumat

(Sumber: @gobogor)

Tempat makan enak di Bogor yang satu ini menjual masakan berupa kepala sapi dan kikil yang disiram dengan bumbu kuning. Nantinya, masakan ini akan disajikan dengan lontong dan bumbu kacang. Kalau mau, kamu juga bisa memakannya dengan nasi bercampur kelapa parut dan tempe. Setiap harinya, Cungkring Pak Jumat buka pukul 07:00 di kawasan Jalan Surya Kencana.

Soto Bogor Pak Salam

(Sumber: @omyos)

Tempatnya boleh saja hanya berupa tenda kaki lima, tetapi rasa makanannya bisa ditandingi dengan restoran berbintang lima. Konsep yang ditawarkan memang cukup unik, yakni pembeli bisa bebas memilih daging atau jeroan yang ingin dimakan bersama soto. Para staf memiliki istilah khusus seperti “calling” bagi pelanggan yang ingin tambah nasi.

Soto Bogor Pak Salam buka setiap hari pukul 16:30 – 19:00 di daerah Jalan Siliwangi, Surya Kencana. Saat akhir pekan biasanya pembeli Soto Bogor Pak Salam akan lebih ramai karena kedatangan banyak wisatawan dari luar kota. Jadi, sebaiknya kamu datang saat awal agar tidak kehabisan ya!

Pizza Meteran

(Sumber: @pizzameteran)

Di berbagai restoran Italia, pada umumnya piza berbentuk bundar. Namun, apakah kamu sudah pernah menemukan piza berbentuk persegi panjang dengan ukuran mencapai 1 meter? Piza unik itulah yang akan kamu dapatkan jika berkunjung ke Pizza Meteran di daerah Jalan Binamarga, dekat Barangsiang.

Mengusung konsep bergaya western dengan dinding-dinding yang dihiasi banyak foto artis luar negeri, Pizza Meteran dapat menjadi tempat yang asyik dan nyaman bagi kamu untuk berkumpul bersama teman-teman atau keluarga. Selain Pizza Meteran, kamu juga bisa memesan menu lain yang tak kalah lezat seperti chicken roast.

Sate Sumsum dan Ginjal Sapi Pak Oo

(Sumber: @wee_wdk)

Bagi penggemar sate, kamu wajib datang ke Sate Sumsum dan Ginjal Sapi Pak Oo. Sesuai namanya, tempat makan enak di Bogor ini menyediakan sate yang terbuat dari sumsum dan ginjal sapi. Tidak perlu khawatir, tekstur sate sudah kenyal dengan rasa yang lezat. Kamu bahkan mungkin tidak akan menyangka bahwa yang kamu makan adalah sumsum dan ginjal sapi.

Satu porsi sate dijual dengan harga sekitar Rp22.000. Bagi yang penasaran ingin mencoba, Sate Sumsum dan Ginjal Sapi Pak Oo bisa kamu temukan di Jalan Surya Kencana No 193. Jangan lupa ajak teman-teman atau keluarga agar pengalaman kuliner di sini semakin berkesan!

Es Pala Bu Aisyah

Sumber: @di_ajeng)

Sudah puas berwisata kuliner di Kota Bogor? Saatnya menikmati hidangan pencuci mulut Es Pala Bu Aisyah di Gang Aut, Jalan Surya Kencana! Es pala merupakan buah pala yang disajikan dengan air gula dan es batu. Rasanya manis, asam, dan tentunya segar. Selain es pala, kamu juga bisa memesan minuman segar lain seperti es jeruk, es mangga, dan es kelapa.

Berdiri sejak tahun 1943, Es Pala Bu Aisyah menjadi salah satu kuliner legendaris di Bogor, jadi tak perlu diragukan lagi kelezatan rasanya. Satu porsi es pala dijual dengan harga Rp5.000 saja. Tertarik untuk mencoba?

Sop Buah Pak Ewok

Sumber: @sopbuahpakewok)

Selain Es Pala Bu Aisyah, ada satu tempat dessert lagi yang wajib kamu coba di Bogor bernama Sop Buah Pak Ewok. Dengan harga sekitar Rp8.000, kamu sudah bisa menikmati kesegaran sop buah yang di dalamnya terdapat potongan semangka, melon, jeruk, stroberi, hingga kolang-kaling.

Menariknya, Sop Buah Pak Ewok juga menjual menu lain yang bisa kamu pesan sebagai pendamping sop buah, misalnya seperti batagor, pempek, roti goreng, otak-otak, bahkan nasi ayam dan nasi timbel. Bagi yang tertarik mencoba, kamu bisa datang ke Jalan Tunggul No 5.

***

Apakah kamu sudah tidak sabar untuk mencicipi beragam kuliner khas Bogor? Tunggu apa lagi, segera rencanakan liburan ke Kota Hujan ini! Luangkan waktu selama beberapa hari untuk berlibur agar kamu bisa mengunjungi banyak tempat makan enak di Bogor. Jangan lupa, ajak teman-teman atau keluarga agar liburanmu semakin ramai dan seru ya!

16 Shares
Share16
Pin
Share
Tweet
+1