15 Tempat Wisata di Bogor Ini Cocok Untuk Short Escape

rizkidwika
By rizkidwika 12 September 2017
Reading Time: 6 minutes

Berada tak begitu jauh dari Jakarta, Bogor menjadi destinasi wisata pilihan selain Bandung untuk warga ibu kota yang ingin menghabiskan waktu di akhir pekan. Daerah yang disebut sebagai Kota Hujan ini menyimpan banyak wisata alam dengan pemandangan indah.

Kira-kira, tempat wisata apa saja yang dapat dikunjungi untuk sejenak melarikan diri dari kesibukan, serta menyegarkan kembali jiwa dan raga? Berikut Traveloka beri rekomendasi 15 tempat wisata di Bogor yang cocok untuk short escape!

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor (Sumber: Dok. Pribadi)

Kebun Raya Bogor sudah menjadi destinasi favorit bagi warga kota yang butuh penyegaran, terutama saat di akhir pekan. Terletak di pusat kota, tepatnya di Jalan Ir. Haji Djuanda No 13,

menjadikan tempat wisata ini mudah dijangkau oleh kendaraan umum. Kebun Raya Bogor menawarkan wisata edukasi yang dilengkapi pemandangan asri.

Setidaknya, terdapat 12.000 tanaman koleksi yang bisa kamu lihat dan kenali di area seluas 87 hektar ini. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat banyak rusa yang dibebaskan di area kebun dan mengunjungi berbagai museum, di antaranya Museum Sejarah Alam Nasional, Museum Zoologi, serta Museum Kepresidenan Balai Kirti.

Kebun Raya Bogor buka setiap hari pukul 08:00 17:00. Jika ingin berkunjung, kamu hanya perlu membayar Rp15.000 per orang. Usai berkeliling, sempatkan waktu untuk menyantap hidangan di Cafe Dedaunan yang pernah dikunjungi Obama, ya!

Puncak Pass

Puncak Pas Bogor

Kebun Teh di Puncak Pas (Sumber: Shutterstock)

Meski tak pernah lepas dari kemacetan setiap akhir pekan, Puncak selalu menjadi salah satu tempat pelarian favorit warga ibu kota yang jenuh dengan aktivitas di hari kerja. Mengingat udaranya yang dingin dan pemandangan kebun teh yang menyegarkan mata, Puncak mampu menarik banyak wisatawan.

Berada di perbatasan antara Kabupaten Cianjur dan Bogor, kawasan Puncak menawarkan berbagai destinasi pilihan yang lengkap untuk wisata keluarga, mulai dari Taman Bunga Nusantara, Little Venice, dan Taman Safari. Bagi kamu yang ingin menikmati Puncak dari ketinggian, siapkan mental untuk menjajal pengalaman seru menaiki paralayang!

Gunung Pancar

Gunung Pancar

Pemandangan Gunung Pancar (Sumber: Dok. Pribadi)

Bosan dengan suasana kota yang bising dan penuh polusi? Ada baiknya kamu istirahat sejenak dan piknik di Gunung Pancar pada akhir pekan. Berlokasi di daerah Sentul, Gunung Pancar akan memanjakan kamu dengan sejuknya udara khas perbukitan dan indahnya deretan pohon pinus yang menjulang sejauh mata memandang.

Selain menikmati pemandangan alam, ada banyak hal yang patut kamu lakukan di tempat ini ini, mulai dari berfoto di banyak spot bagus, melakukan outbound, hingga memasang hammock untuk bersantai menghabiskan waktu di sore hari. Jika ingin tinggal lebih lama di sini, kamu pun bisa mendirikan tenda untuk bermalam.

Bagi yang ingin mengunjungi Gunung Pancar, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang (hari kerja) atau Rp7.500 per orang (hari libur). Tambahan biaya pun akan dikenakan kepada para pengunjung yang ingin mendirikan tenda atau kemah di area ini.

Bukit Alesano

@Regrann from @endangrudiansyah24 – Selamat tidur, sayang. Semoga malam mampu menenangkan rindu yang selalu memintamu segera pulang. . . . #Samsung #samsungnx1000camera #mirolesscamera #bogor #Explorerbogor #alesano #pendaki #pendakicantik #pendakikusam #instapendaki #bukitalesano #Indonesia #Indonesiaindah – #regrann

A post shared by Tempat Wisata Indonesia (@piknik.lagi) on

Bagi kamu yang suka petualangan, Bukit Alesano bisa menjadi alternatif wisata berkemah. Dari atas bukit yang terletak di Desa Cipelang ini, kamu bisa menyaksikan gemerlap Bogor di malam hari sembari membuat api unggun bersama teman-teman. Saat di sini, jangan lewatkan juga pemandangan matahari terbit yang cantik.

Jika ingin mencoba pengalaman berkemah di Bukit Alesano, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Area perkemahan ini buka setiap hari, sehingga kamu punya banyak waktu untuk berlama-lama di sini, bahkan sampai bisa mengambil jatah cuti.

Curug Ciburial

Anda tidak akan pernah menjadi bahagia dengan cara mengejarnya. Anda akan menjadi bahagia dengan cara menjalani hidup apa adanya • • 📍 curug ciburial – Bogor • • #travelliography #bogor #visitbogor #gallerybogor #curugciburial #ciburial #waterfall #pejalanindonesia #like4like #ayodolan #travelgram #instatrip #piknik #bogorhits

A post shared by dedy johan faernandes (@dejofez) on

Di balik pembangunan perumahan elite dan sirkuit balapan bertaraf internasional, Sentul juga menyimpan berbagai pesona alam yang menunggu untuk kamu eksplor. Salah satunya adalah Curug Ciburial yang berada di Desa Cibereum, Sukamakmur. Dari tempat parkir, kamu harus menapaki jalan berbatu dan curam selama 1 jam untuk sampai ke curug.

Rasa lelah pun seolah terbayar ketika kamu melihat pemandangan indah tiga air terjun dengan gemercik air yang mengalir deras. Agar aman saat bermain air, kamu dapat meminjam pelampung, sekaligus menitipkan barang di tempat yang telah disediakan pengelola. Untuk menikmati tempat wisata ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk Rp10.000 dan parkir sebesar Rp5.000.

Goa Agung Garunggang

📍 Goa Agung Garunggang Geopark Pertama kali kesini dan msh belum ada niatan buat balik lg kesini. Thanks for my daddy, yg niat bgt ngajak kesini naik sepeda. Ini leweung seleweung2nya, udah gak keitung berapa kali tanjakan, jalannya trlalu jauh kedalem bikin sakit hati. Tapi gak nyesel😍 ygbikin nyesel itu gak masuk ke goanya karna sepatu gua udah penuh tanah, semua jalanan licin dan gue cewe sendiri diantara om2 yg seneng gowes ini,jd aja ga masuk kedalem😻 . . Yg mau masuk goa jgn lupa bawa perlengkapan safety, sama senter 🔦

A post shared by Wulan Tria Purwanti (@wulantriap) on

Berada tak jauh dari Curug Ciburial, ada sebuah objek wisata berupa gua yang cukup menarik untuk kamu kunjungi. Oleh warga setempat, gua ini disebut sebagai Goa Agung Garunggang.

Di tempat ini, kamu bisa mencoba pengalaman memasuki celah-celah batu berukuran sempit dengan penerangan minim sambil ditemani oleh pemandu. Gemercik air yang berasal dari tetesan stalaktit menggantung pun akan menambah keseruan petualangan.

Selain bertualang di dalam gua, cobalah mengintip keberadaan batu-batu besar di bagian luarnya. Di sini, kamu bisa istirahat sejenak setelah lelah menyusuri bagian dalam gua, sekaligus berfoto. Kamu yang ingin berkunjung tak harus membayar tiket masuk. Jika menggunakan pemandu untuk masuk ke gua, sebaiknya kamu memberikan uang sukarela.

Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo (Sumber: Wikimedia)

Masih di sekitar Sentul, tepatnya di Desa Karang Tengah, terdapat beberapa air terjun yang menjadi incaran wisata lokal karena letaknya yang saling berdekatan, salah satunya Leuwi Hejo. Untuk menuju ke sini, kamu harus melewati jalan setapak berbatuan dan menyeberangi jembatan bambu yang membentang di atas aliran sungai sekitar.

Curug Leuwi Hejo sendiri memiliki ketinggian 4 – 7  meter. Untuk kamu yang hobi menantang keberanian, kamu pun bisa melompat dari tepian tebing ke kolam air jernih dengan kedalaman 3,5 meter. Jika ingin berkunjung, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang, Rp2.500 untuk berenang, dan Rp2.500 untuk penitipan barang.

Curug Leuwi Lieuk

Masuk ke kawasan ini bayar Rp 5000. Namun bisa masuk terusan dengan membayar Rp 25.000di mana anda bisa ke 4 leuwi sekaligus. • • • • 📌Leuwi Lieuk, Sentul #exploreindonesia #pesonaindonesia #exploresentul #leuwilieuk

A post shared by • Yash • (@upikmalala) on

Berada dekat Curug Leuwi Hejo, terdapat air terjun berukuran lebih kecil namun memiliki aliran air yang tak kalah jernihnya, yaitu Curug Leuwi Lieuk. Di air terjun ini, kamu bisa memacu adrenalin dengan terjun bebas dari tiga spot favorit wisatawan yang memiliki berbagai ketinggian berbeda, 3 – 7 meter. Karena panorama indah yang sebanding, Curug Leuwi Lieuk pun dijuluki sebagai Green Canyon milik Kabupaten Bogor.

Curug Cibaliung

Dirgahayu Indonesia ke 72 tahun Hari ini kita cukup maen di curug ini saja, dan mikir2 lagi buat kesini besok2nya. Kawasan curug ini saya rasa termahal di wilayah bogor Semoga kedepannya dg tiket yg agak mahal diimbangin dengan kebersihannya. 🙏 #curugciung #curugcibaliung #curug #waterfall #trip #travel #nature #penikmatindonesia⛺ #photography #igers #like

A post shared by Ade Martha Dedex (@ade_martha_dedex) on

Jika menyusuri kembali jalan setapak dari lokasi Curug Leuwi Hejo, kamu akan menemukan Curug Baliung atau dikenal dengan Curug Cibaliung. Curug ini terbilang paling sepi dan jarang dikunjungi karena terletak paling jauh daripada curug lainnya.

Meski demikian, Curug Cibaliung memiliki pemandangan sekitar air terjun yang tak kalah bagus. Curug ini memiliki aliran yang cukup deras yang bermuara menuju kolam berwarna biru kehijauan yang alami dan menyegarkan. Di sini, kamu wajib berfoto dengan latar belakang pemandangan yang cantik. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya Rp5.000 untuk masuk ke curug ini.

Taman Wisata Gunung Salak Endah

Taman Wisata Gunung Salak

Taman Wisata Gunung Salak (Sumber: Shutterstock)

Bosan karena liburan akhir pekan sering dihabiskan di Puncak saja? Tenang, ada alternatif lain yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga. Taman Wisata Gunung Salak Endah menyuguhkan pemandangan perbukitan hijau yang asri, deretan pohon pinus, serta beberapa curug tersembunyi yang cantik.

Untuk menuju kawasan ini, kamu bisa menempuh perjalanan hanya sekitar 10 kilometer dari Dramaga. Bagi yang ingin tinggal lebih lama di lokasi dengan hawa dingin ini, jangan khawatir. Taman Wisata Gunung Salak Endah menawarkan berbagai pondokan atau vila dengan harga terjangkau.

Air Panas Ciparay

Let's Trip! Air Panas Ciparay, Bogor #mytripmyadventure #mytrip #backpacker #jalanjalan #touring #pesonaindonesia #jelajahindonesia #indotravellers #wonderfullindonesia #airpanasciparay #sungai #visitbogor #wisatabogorindonesia #gununghalimun

A post shared by Gusti Prastyo Widodo (@gustipwidodo) on

Ingin menyegarkan pikiran sambil mandi air panas di tengah alam terbuka? Tampaknya, pemandian Air Ciparay bisa memenuhi itu semua. Berlokasi tak jauh dari pintu masuk Taman Wisata Gunung Salak Endah, tepatnya di Desa Pamijah, pemandian ini terbilang mudah diakses dari Bogor maupun Jakarta.

Sebelum menuju kolam pemandian, kamu harus menuruni sekitar 400 anak tangga ditemani pemandangan mengagumkan. Sambil melihat keindahan alam sekitar, sempatkan juga untuk berfoto. Untuk menikmati mandi air panas, kamu hanya perlu membayar Rp4.000.

Selepas puas bermain air, kamu pun bisa menyewa saung untuk duduk santai di pinggir sungai sambil menikmati makanan bernuansa pedesaan. Harga sewa saung adalah Rp30.000 untuk saung terbuka dan Rp50.000 saung tertutup

Curug Cigamea

Nature inspires me a lot ! I observed the water in Cigamea Waterfall in Bogor, she is so agile, easily adapts with the obstacles, and keeps flowing to help the living of others. May Universe help me to be like a water in my journey…. Cigamea Waterfall is located in Bogor, near Gunung Bunder Park, part of Mt. Gede Pangrango National Park. About 2.5 hours driving from Jakarta heading to Leuwiliang. #indonesia #indonesiaindah #indonesiaku #bogor #gunungbunder #cigameawaterfall #adventure #waterfall #compassion #matheuslifepath #waterfalls

A post shared by matheus dwi sekardianto (@embrace_universe) on

Masih berada di dalam kawasan Gunung Salak Endah, terdapat beberapa lokasi wisata air terjun yang harus kamu jelajahi, salah satunya adalah Curug Cigamea yang memiliki debit dan ketinggian cukup besar. Untuk mencapai curug ini, kamu harus menempuh jalur yang cukup ekstrem.

Tenang saja, telah tersedia tangga dan railing (pegangan tangga) untuk memudahkan wisatawan menuju curug. Waktu terbaik untuk mengunjungi curug ini adalah saat pagi hari dan bukan pada musim hujan. Dengan waktu terbaik itu, kamu bisa menikmati bermain air yang sangat dingin dan menyegarkan di Curug Cigamea.

Jembatan Gantung Curug Ciherang

Rumah pohon#curugciherangbogor

A post shared by Sabrina (@inaindra) on

Belakangan ini, Curug Ciherang mulai dikenal wisatawan lokal dari berbagai unggahan foto di media sosial. Bukan hanya terkenal karena keindahan alamnya, Curug Ciherang juga menjadi populer karena adanya rumah pohon dan jembatan gantung yang dibangun di ketinggian.

Sembari menikmati suasana alam yang masih alami, dari spot ini kamu bisa melakukan swafoto dengan latar belakang pemandangan hutan dan perbukitan di sekitarnya. Selesai berfoto, kamu wajib bermain air di kolam curug ini untuk merasakan air dingin yang menyegarkan. Jika ingin berkunjung, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 dan parkir kendaraan sebesar Rp5.000 untuk motor atau Rp20.000 untuk mobil.

Penangkaran Rusa Cariu

Penangkalan Rusa Cariu

Penangkalan Rusa Cariu

Hanya sekitar 1 jam perjalanan dari Cibubur, Bogor menyimpan satu lokasi wisata edukasi menarik bernama Wana Wisata Penangkaran Rusa Cariu, Jonggol. Di sini, kamu bisa bermain dengan puluhan rusa jinak dari berbagai jenis yang dilepas di padang rumput. Kamu juga bisa memberi makanan yang bisa dibeli dengan harga Rp5.000.

Setelah bermain dan berfoto dengan rusa, kamu bisa mengunjungi sungai dengan latar belakang gunung yang indah. Jika ingin ke sini, kamu akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp8.000 per orang. Sangat terjangkau, bukan?

Pemandian Tirta Sanita Ciseeng

Air panas di Tirta Sanita Ciseeng berasal dari gunung kapur yang mengandung belerang alami dan bermanfaat untuk mengobati penyakit tulang maupun kulit. Selain itu, air panas di Tirta Sanita Ciseeng juga mengandung garam yang dapat membuat kulit menjadi semakin mulus setelah berendam. | Source: (@abee_aries) Team @jem_j.s @tafakuralam @[email protected] | Location: Kolam Air Panas Gunung Panjang Tirta Sanita Ciseeng, Bogor, Indonesia #bogor #tirtasanita

A post shared by Wisata Istimewa (@wisataistimewa) on

Tak perlu lagi jauh-jauh ke Ciater untuk bisa menikmati pengalaman berendam di sumber air panas. Berada sekitar 40 kilometer dari Jakarta, tepatnya di Desa Ciseeng, terdapat sebuah pemandian air panas alami yang mengandung belerang. Air panas ini dipercaya dapat memberikan kecantikan dan kesehatan untuk tubuh.

Dengan tiket masuk seharga Rp6.000 per orang, kamu bisa membuat badan dan pikiran relaks sejenak. Berendam di air panas  sembari menikmati pemandangan bukit kapur yang memesona akan memberikan pengalaman berkesan saat short escape.

Meski harus memerlukan perjuangan tersendiri untuk menuju ke setiap tempat wisata yang ditawarkan, semuanya akan terbayar saat melihat betapa indahnya pemandangan alam dalam tempat wisata di tengah pedesaan. Ya, kembali ke alam memang merupakan cara paling mudah bagi warga kota untuk sejenak melepaskan segala penat dan lelah bekerja.

 

Kalau begitu, tunggu apa lagi? Kosongkan waktu akhir pekan kamu dan siapkan stamina terbaik untuk bisa secepatnya mengunjungi semua tempat wisata di atas. Jangan lupa, update terus informasi terlengkap seputar tempat wisata menarik di Blog Traveloka!

Tulis komentarmu di sini: