0

Traveloka Team

11 Jan 2020 - 7 min read

12 Oleh-oleh khas Bogor yang Selalu Ramai Pengunjung

Bogor memang dikenal sebagai destinasi yang menyuguhkan paket lengkap, mulai dari wisata alam, hiburan, hingga kuliner. Tak hanya itu, sepulang dari Bogor kamu juga bisa menemukan banyak oleh-oleh menarik untuk diberikan ke teman dan keluarga terdekat.

Tak hanya makanan, Kota Hujan ini juga menawarkan aneka suvenir menarik yang bisa kamu jadikan kenang-kenangan. Bagi kamu yang ingin mencari tahu apa saja oleh-oleh populer di Bogor dan di mana tempat belinya, Traveloka sudah membuat daftarnya pada artikel di bawah ini. Yuk, simak 12 oleh-oleh khas bogor berikut!

1. Roti unyil – Roti Unyil Venus

Photo credit:@rotiunyilvenusofficial(Instagram)

Kalau datang ke bogor pastikan agar kamu membawa pulang roti unyil, ya. Roti unyil adalah roti kecil yang berisi aneka rasa ataupun dihias dengan berbagaitopping.Ada banyak penjual roti unyil di Bogor, tetapi yang paling direkomendasikan adalah Roti Unyil Venus. Tak hanya lezat, harga roti unyil di sini pun bersahabat.Per buahnya, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp1.500. Dengan ukuran mungil, kamu disarankan untuk membeli minimal 10 buah agar puas menyantapnya.

Selain roti unyil, kamu juga bisa coba Roti Keset Manis dengan harga Rp18.000 ataupun aneka menu donat yang dijual dengan harga Rp5.000 per buah.Tak hanya itu, di sini kamu bisa membelipieyang dijual Rp3.500 – Rp4.000. Tunggu apa lagi, kamu bisa langsung datang pukul 05:30 – 21:00 ke V Point, Jalan Pajajaran No 1.

2. Bika – Bika Bogor Talubi

Photo credit:@bikabogor(Instagram)

Sama seperti roti unyil, bika juga bisa kamu dapatkan di banyak tempat di Bogor. Salah satunya, Bika Bogor Talubi di Jalan Sholeh Iskandar No 18 B, dekat denganflyovermenuju tol. Lokasi yang cukup strategis untuk membeli oleh-oleh sebelum kembali pulang, bukan? Harga per kotak bika bogor dibanderol seharga Rp29.000. Rasanya beragam, mulai dari yang paling populer seperti Bika Bogor Talas hingga Bika Bogor Madu.

Bika bogor diolah tanpa menggunakan bahan pengawet, karena itulah tanggal kadaluarsa makanan ini termasuk singkat. Jika disimpan dalam kulkas, makanan ini bisa bertahan hingga seminggu. Namun jika tidak, kamu harus menghabiskannya dalam waktu empat hari.

3. Asinan – Asinan Sedap Gedung Dalam

Photo credit:@gimbink(Instagram)

Membawa asinan dan manisan sebagai oleh-oleh Kota Hujan, tentu bisa jadi ide menarik. Tak hanya menawarkan cita rasa khas, makanan ini juga bisa bertahan lama dan menyegarkan. Toko asinan yang cukup populer di sini adalah Asinan Sedap Gedung Dalam di Jalan Siliwangi No 27, Bogor Timur. Buka pukul 09:00 – 21:00, kamu bisa mendapatkan aneka asinan serta manisan yang berbahan dasar buah segar di tempat ini.

Per porsi asinan, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp18.000 – Rp28.000. Sedangkan untuk manisan, kamu bisa mendapatkannya dengan membayar Rp50.000. Makanan yang menjadi favorit di sini adalah asinan buah yang dibanderol Rp25.000, sedangkan jika ingin membeli manisan disarankan untuk membeli manisan gandaria.

4. Strudel – Jumbo Bakery & Pusat oleh-oleh khas Bogor

Photo credit:@adrianilay(Instagram)

Bagi kamu penyuka makanan manis gurih,strudelbisa dijadikan buah tangan lainnya saat berkunjung ke Bogor.Strudelmerupakan kue pastri yang biasanya diisi buah-buahan. Jika ingin membelinya, kamu bisa membelistrudeldi Toko Jumbo Bakery yang terletak di Jalan Pajajaran No 3F. Setiap harinya, toko ini buka pukul 08:00 – 21:00.

Untuk membawa sekotakstrudel, kamu cukup siapkan bujet sekitar Rp45.000. Menustrudelfavorit disini adalah Strudel Bogor Asinan dan Strudel Bakso yang bisa kamu beli dengan harga Rp50.000. Saking lezatnya,strudeldi sini banyak diburu wisatawan. Agar tidak kehabisan, cobalah datang lebih awal agar kamu bisa memilih dengan bebas.

5. Lapis talas – Lapis Bogor Sangkuriang

Photo credit:@geraivalerie(Instagram)

Memiliki tekstur berlapis dan berwarna ungu, kue yang biasa dilengkapitoppingkeju ini sangat digemari banyak orang. Warna ungu kue lapis berasal dari talas yang dipadukan dengan berbagai bahan, sehingga menciptakan kue yang lezat dan bertekstur lembut. Kamu bisa menuju Lapis Bogor Sangkuriang di Jalan Pajajaran No 20, Bogor Timur untuk membeli lapis talas yang enak. Toko ini buka pukul 10:00 – 22:00 setiap harinya.

Lapis Bogor Sangkuriang dijual sekitar Rp26.000 – Rp30.000 per kotak. Beberapa rekomendasi menu lapis Bogor yang bisa kamu bawa adalah Lapis Bogor Original (Rp26.000), Lapis Bogor Edisi Teh (Rp27.000), Lapis Bogor Cokelat Talas (Rp27.000), dan Lapis Bogor Keju (Rp30.000). Jadi, silakan pilih rasa yang sesuai dengan kesukaan kamu dan keluarga ya!

6.Apparel– Unchal

Photo credit:@megawati_bm28(Instagram)

Jika tak ingin oleh-oleh berupa makanan, membeli kaus bisa dijadikan ide lainnya. Berbagai kaus dengan desain kekinian bisa kamu dapatkan di Unchal, toko yang menjual oleh-olehapparelatau aneka jenis pakaian dan aksesoris untuk para wisatawan. Unchal memiliki banyak cabang, tetapi pusatnya ada di Jalan Ciremai No 1, Taman Kencana Bogor.

Setiap kaus di Unchal rata-rata dijual seharga Rp95.000 – Rp100.000 saja. Desain sablonnya beragam, setidaknya ada 40 desain yang bisa kamu pilih di sini. Jadi, kamu bisa memilih banyak desain dan menyesuaikannya dengan selera teman-teman maupun keluarga yang akan kamu berikan oleh-oleh.

7. Suvenir antik – Kebun Raya Bogor

Photo credit:@kebunrayabogor(Instagram)

Tak hanya kaus, membawa suvenir antik sepulang dari Bogor juga bisa menjadi alternatif yang tepat. Selain unik, suvenir antik juga bisa bertahan lama sebagai kenang-kenangan. Jika tertarik membeli, kamu bisa menemukan aneka suvenir antik di depan gerbang Kebun Raya Bogor.

Ada banyak toko dengan beragam suvenir yang bisa kamu pilih. Salah satunya, kamu bisa membawa pulang suvenir perangkat rumah seperti hiasan dinding atau penutup meja makan. Ada pula alat musik tradisional yang cukup menarik untuk kamu beli. Harganya bermacam-macam, jadi kamu perlu menyiapkan bujet Rp100.000 – Rp200.000 saat datang ke sini.

8. Makaroni – Macaroni Panggang Bogor

Photo credit:@marie_dearie(Instagram)

Oleh-oleh satu ini cocok bagi penggemar makanan asin dan gurih. Terbuat dari makaroni yang dipanggang dengan berbagai rasa, makanan ini bisa dijadikan camilan yang lezat untuk dibawa pulang. Kamu bisa membelinya di Macaroni Panggang Bogor yang terletak di Jalan Salak No 24, Babakan. Buka pukul 07:00 – 22:00, makaroni panggang di sini bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau.

Untuk Macaroni Panggang yang jadi favorit di sini, bisa kamu beli dengan harga Rp23.000 – Rp145.000, tergantung dari ukurannya. Sementara menu Macaroni Panggang Special bisa kamu bawa pulang dengan harga mulai dari Rp35.000 – Rp210.000.

Selain makaroni panggang, di sini kamu juga bisa membeli Cinnamon Cake dan Ontbijtkoek dengan empat rasa, yaitucanary, rum kismis, cokelat, dan keju. Semua rasa tersebut dibanderol dengan harga sekitar Rp55.000. Bagi penggemar biskuit, ada pula Biskuit Kayu Manis Canary atau Cashew yang dijual seharga Rp45.000.

9. Pie – Pia Apple Pie

Photo credit:@pia_applepie(Instagram)

Penyukapietentu tak boleh melewatkan kunjungan ke Pia Apple Pie yang terletak di Jalan Pangrango No 10, Bogor Tengah. Setiap harinya, toko ini selalu buka pukul 07:00 – 22:00. Ada banyak macam pai yang bisa kamu bawa pulang, mulai dari Apple Pie berbentuk oval yang dijual dengan harga Rp20.000 – Rp119.000 dan berbentuk hati dengan harga Rp43.000 – Rp91.000. Selain itu, kamu juga bisa membeli Chicken Pie dengan harga Rp25.000 – Rp129.000 untuk bentuk oval dan Rp 55.000 – Rp99.000 untuk bentuk hati.

Kamu juga akan menemukan rasapielain, seperti Cheese Pie, Strawberry Pie, Chocolate Pie, Liquer Cream Pie, Pie Crust, dan Special Pie Crust yang dijual mulai dari Rp27.000 hingga Rp99.000. Bagi kamu yang sukadessertkhas Belanda, di sini juga tersedia Poffertjes dengan harga Rp15.000 untuk semua rasa.

10. Pie Talas – Rafles

Photo credit:@bogorcoklat(Instagram)

Bogor memang terkenal dengan produksi talasnya. Tak heran, kamu bisa menemukan aneka olahan talas, termasuk pie talas yang dijual di Toko Rafles. Terletak di Jalan R.E. Abdullah No 28 D, Pasir Kuda, berbagaipietalas bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp17.000 hingga Rp19.000.

Pietalas ini persis denganpiesusu, hanya saja memiliki isian yang berbeda. Bilapiesusu dibuat dari susu dan telur, maka isianpiesatu ini adalah talas. Tak heran, kalau warna penganan ini didominasi warna ungu. Selain talas, kamu juga bisa merasakanpiedengan aneka isi sepertiblueberry,stroberi, tiramisu, cokelat,cappuccino,dan susu. Camilan menarik untuk dibawa pulang, bukan?

11. Pie – PapaPia

Photo credit:@papapia.id(Instagram)

Satu lagi toko yang menjualpiesebagai oleh-oleh di Bogor, yaitu PapaPia. Terletak di Jalan Kol. Ahmad Syam, Tanah Baru, PapaPia buka pukul 07:00 – 19:00. Di sini, kamu bisa membawa pulangpiedengan aneka isian. Tak hanya populer karena harganya yang terjangkau, rasa anekapiedi sini pun terkenal lezat.

Berbagaipiedi sini bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp28.000 hingga Rp35.000 per kotak. Menu favoritnya adalah Pia Kacang Merah yang dijual dengan harga Rp28.000 dan Pia Kopi Susu seharga Rp35.000. Jika bingung memilih varianpie, kamu bisa membeli Pia Mix dengan harga sekitar Rp28.000 yang berisipieaneka rasa dalam satu kotak.

12. Brownies talas – Mr. BrownCo

Photo credit:@mr.brownco(Instagram)

Tak hanya diolah menjadi kue lapis danpie, talas pun dimanfaatkan sebagaibrowniesdi tempat Mr. BrownCo. Toko ini memiliki banyak cabang, salah satunya di Jalan Raya Darmaga-Kampus IPB No 253, Babakan.

Menu favorit di sini yaitu Brownies Talas yang bisa kamu bawa pulang dengan mengeluarkan biaya Rp35.000 per kotak. Kamu juga bisa membawa pulang Brownies Singkong Kukus ataupun Lapis Singkong Tiramisu dengan harga Rp35.000. Cukup terjangkau, bukan?

***

Itulah 12 oleh-oleh khas Bogor yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke sini. Mulai dari makanan, kaus, hingga suvenir unik bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan. Semuanya bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan selera keluarga maupun teman-teman. Selamat berbelanja dan menghabiskan waktu berlibur di Kota hujan!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan