12 Oleh-oleh Khas Bogor Ini Wajib Kamu Bawa Pulang

12 Oleh-oleh Khas Bogor Ini Wajib Kamu Bawa Pulang

Bogor dikenal sebagai salah satu destinasi liburan paling populer bagi warga Jakarta. Saat akhir pekan atau hari libur, jalanan Bogor akan dipenuhi oleh kendaraan yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Wisatawan yang berkunjung ke Bogor biasanya ingin menikmati wisata alam, belanja, dan tentunya mencoba wisata kuliner.

Apakah kamu berencana jalan-jalan di Bogor? Kalau ya, jangan lupa membeli oleh-oleh setelah puas menikmati segala wisata di Kota Hujan ini. Tak perlu khawatir, mencari buah tangan di Bogor adalah hal yang mudah. Berikut adalah rekomendasi oleh-oleh khas Bogor yang wajib kamu bawa pulang:

 

1. Roti Unyil Venus

kuliner khas bogor
Photo Credit: @eat.time.story

Oleh-oleh spesial Bogor pertama yang harus kamu bawa pulang adalah Roti Unyil Venus. Keunikan dari roti ini terletak pada bentuknya yang “unyil” alias tak lebih dari 5 cm. Selain itu, roti unyil ini  pun memiliki pilihan rasa yang sangat beragam dan tentunya enak.

Berbagai rasa yang ditawarkan Roti Unyil Venus adalah abon, keju, sosis, bakso, moka, cokelat, susu, jagung, kacang, nanas, pisang, kismis, stroberi, cokelat kacang, dan pisang cokelat. Kamu bisa membawa roti unyil ini dalam berbagai ukuran kemasan. Jika ingin membeli Roti Unyil Venus, kamu bisa mendatangi toko pusatnya di Ruko V Point, Jalan Raya Pajajaran No 1.

 

2. Strudel Bogor

oleh oleh khas bogor yang kekinian
Photo Credit: @jumpabogor

Strudel merupakan pastri berlapis yang biasanya berisi manisan seperti potongan apel, cokelat, dan karamel. Di Bogor, ada Strudel Bogor yang wajib kamu jadikan oleh-oleh. Begitu terkenal di kalangan wisatawan, kini Strudel Bogor telah menjadi ikon pusat oleh-oleh terkenal di Bogor bernama Pusat Oleh-oleh Jumbo (Jumpa Bogor).

Strudel di sini memiliki banyak pilihan isian, mulai dari rasa manis seperti buah-buahan cokelat, dan talas, hingga rasa asin seperti asinan dan bakso. Harganya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp45.000 – 50.000 per kotak. Jika ingin membawa pulang Strudel Bogor, kamu bisa langsung datang ke Jalan Raya Pajajaran No 3F, Baranangsiang.

 

3. Bika Bogor Talubi

oleh-oleh unik khas bogor
Photo Credit: @bikabogor

Biasanya, bikang atau yang sering disebut bika dikenal sebagai salah satu oleh-oleh asal Medan. Namun, di Bogor pun kamu juga bisa menemukan oleh-oleh serupa dengan rasa tak kalah lezat. Hal yang membedakan bika bogor dari bika medan adalah bahan utamanya, yakni umbi talas.

Bika bogor terkenal di kota ini adalah Bika Bogor Talubi yang memiliki tekstur lembut dengan beragam pilihan rasa. Beberapa di antaranya adalah talas, cokelat, coco pandan, nangka, dan green tea. Satu kotak Bika Bogor Talubi dijual dengan harga sekitar Rp35.000. Tak hanya memiliki rasa yang lezat, bika yang bisa ditemukan di Jalan Raya Pajajaran No 20M ini juga aman untuk kamu konsumsi karena bebas dari bahan pengawet.

 

4. Bolu Lapis Sangkuriang

Bolu enak di bogor
Photo Credit: @lapisbogor

Talas merupakan salah satu bahan makanan yang digunakan warga Bogor untuk membuat apa saja. Oleh sebab itu, tak heran jika banyak oleh-oleh khasnya terbuat dari umbi berwarna ungu ini. Selain Bika Bogor Talubi, oleh-oleh khas Bogor lain yang juga terbuat dari talas adalah Bolu Lapis Sangkuriang. Kamu bisa membelinya di Jalan Raya Sholeh Iskandar, tepatnya di depan Yogya Department Store.

Bolu Lapis Sangkuriang dikenal dengan warnanya yang kuning dan ungu. Tak hanya itu, topping yang ditawarkan pun cukup beragam mulai dari keju, choco chip hingga rainbow chip. Hanya dengan bujet sekitar Rp25.000, kamu sudah bisa membawa pulang satu kota Bolu Lapis Sangkuriang untuk oleh-oleh.

5. Macaroni Panggang Bogor

kuliner khas bogor makaroni panggang
Photo Credit: @macaronipanggangbogor

Bagi penggemar pasta, kamu tidak boleh melewatkan kesempatan membeli Macaroni Panggang Bogor sebagai oleh-oleh. Makaroni panggang ini mirip dengan makaroni schotel, tetapi teksturnya lebih kering dan bagian atasnya diberi keju parut sebagai topping.

Ada dua jenis Macaroni Panggang Bogor yang bisa kamu pilih, yakni yang biasa dan spesial. Makaroni panggang spesial menggunakan daging dan jamur yang lebih banyak daripada makaroni panggang biasa.

Selain makaroni panggang, tersedia pula berbagai menu lain yang menarik untuk dicoba seperti steik, lasagna, klappertaart, hingga berbagai olahan daging ayam dan iga. Tertarik untuk membelinya? Langsung saja datang ke toko Macaroni Panggang di Jalan Salak No 24, Babakan, tepatnya di depan Taman Kencana.

 

Baca juga  15 Tempat Wisata di Bogor Ini Cocok Untuk Short Escape

6. Kacang Bogor Istana

Photo Credit: @rain_nitta

Berbeda dengan kacang tanah biasanya, Kacang Bogor Istana memiliki bentuk bulat dengan warna ungu di dalamnya. Meski bernama kacang bogor, sebetulnya jenis kacang yang digunakan berasal dari Afrika Barat dengan nama latin Vigna Suterranea. Nah, karena kacang ini tidak tumbuh sepanjang tahun masyarakat Bogor pun mengolahnya menjadi kacang bogor goreng agar bisa dinikmati dalam waktu yang lama.

Kacang Bogor Istana dijual dalam beragam rasa bumbu, mulai dari keju, barbeku, hingga balado. Satu kemasan dijual dengan harga sekitar Rp22.500. Jika tertarik untuk membeli oleh-oleh ini, kamu bisa langsung mengunjungi toko resminya yang bernama Kacang Bogor dan Stik Talas Bogor ‘Istana’ di Jalan Babakan Raya No 37.

 

7. Asinan Sedap Gedung Dalam

asinan khas bogor kuliner favorit wisatawan
Photo Credit: @windafaadilahmad

Berdiri sejak tahun 1978, Asinan Sedap Gedung Dalam menjadi kuliner legendaris sekaligus salah satu oleh-oleh khas Bogor favorit wisatawan. Satu porsi makanan ini berisi asinan buah dan sayur yang dimasak menggunakan gula asli tanpa tambahan pengawet.

Jika ingin mencicipi sendiri kelezatan Asinan Sedap Gedung Dalam atau membawanya sebagai oleh-oleh, kamu bisa berkunjung ke Jalan Siliwangi No 27C atau Ruka V Point, Jalan Pajajaran No 1. Satu porsi asinan ini bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp19.000 saja.

 

8. PIA Apple-Pie

Photo Credit: @pia_applepie

Salah satu keunikan oleh-oleh satu ini terletak pada bentuknya yang menyerupai hati dengan ukuran cukup besar. Rasanya pun lezat dengan tekstur renyah di luar dan selai apel di dalamnya akan terasa lumer di mulut. Kalau kurang suka dengan apel, kamu juga bisa membeli pie dengan isian stroberi, keju, atau blueberry.

Harga satu kotak PIA Apple-Pie sekitar Rp39.000 – Rp65.000, tergantung rasa yang kamu pilih. Selain itu, ada pula pie mini yang dijual hanya dengan harga sekitar Rp9.000. Daripada penasaran, langsung saja beli pia apple pie di Jalan Pangrango No 10!

 

9. Risollaku

Photo Credit: @catchy.jastip

Oleh-oleh khas Bogor yang satu ini sangat cocok bagi kamu pencinta makanan asin. Risollaku adalah risoles yang hadir dalam berbagai macam isian, seperti mayones, ayam, tuna, daging, keju, hingga ragout. Satu buah risoles dijual dengan harga sekitar Rp2.500, namun untuk oleh-oleh kamu bisa membeli Risollaku dalam kemasan berisi 10 buah risoles dengan harga sekitar Rp27.000. Jika ingin membeli oleh-oleh ini, kamu bisa berkunjung ke Jalan Ring Road Yasmin.

10. Miss Pumpkin

Photo Credit: @misspumpkin_bogor

Selain talas, ada pula bahan utama lain yang diolah sebagai oleh-oleh khas Bogor, yakni labu parang. Miss Pumpkin berhasil mengolah labu parang menjadi bolu dan brownies dalam berbagai rasa. Pilihan rasa yang ditawarkan adalah labu, cokelat, jeruk, hingga green tea. Satu kotak bolu atau brownies dijual dengan harga sekitar Rp30.000 – Rp35.000. Kalau penasaran, kamu bisa langsung datang ke toko Miss Pumpkin di Jalan Pajajaran Ruko No 84H.

 

11. Keripik Mbah Gugel

Photo Credit: @ramdhanhamidi

Ingin mencari oleh-oleh khas Bogor selain kue? Beli saja Keripik Mbah Gugel di berbagai toko oleh-oleh! Keripik yang dijual dengan level kepedasan beragam ini berhasil menarik perhatian warga lokal dan wisatawan. Lahir dari kreativitas anak muda Bogor, makanan yang terbuat dari singkong ini menawarkan rasa yang garing dan gurih. Selain singkong, Keripik Mbah Gugel juga menawarkan basreng atau bakso goreng yang dijual dengan harga sekitar Rp20.000 saja.

12. Papapia

Photo Credit: @papapia.id

Siapa bilang bakpia hanya dikenal sebagai oleh-oleh khas Jogja? Di Bogor, camilan ini pun cukup  terkenal di kalangan wisatawan. Salah satu tempat bakpia enak yang bisa kamu jadikan oleh-oleh adalah Papapia. Pilihan rasanya pun cukup beragam, mulai dari kacang hijau, cokelat, keju, kacang merah, hingga kopi susu. Bakpia yang dijual sekitar Rp25.000 – Rp30.000 per kotak ini bisa kamu temukan di Jalan Dalurung I No 16, Bantarjati.

***

Dari beberapa rekomendasi di atas, oleh-oleh mana yang paling menarik perhatian kamu? Sebelum beranjak mencari oleh-oleh tersebut, siapkan anggaran yang cukup agar kamu bisa membelinya sebanyak mungkin. Selamat menikmati Bogor dan beragam oleh-oleh khasnya!

Admin Traveloka
Admin Traveloka
editor

Sebelumnya
13 Pantai di Lampung Untuk Penuhi Kebutuhan Vitamin Sea
Selanjutnya
12 Oleh-oleh Khas Bogor Ini Wajib Kamu Bawa Pulang
Pendapat:
Nilai:
0 votes, average: 0,00 out of 50 votes, average: 0,00 out of 50 votes, average: 0,00 out of 50 votes, average: 0,00 out of 50 votes, average: 0,00 out of 5 0,00
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1