Wisata di Blitar Dengan Hotel Murah

Blitar - Pantai Tambakrejo
Blitar – Pantai Tambakrejo

Kota Blitar, yang terletak 167 km sebelah selatan Surabaya, dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam berkendara dari Surabaya. Kota Blitar sangat kental dengan kisah dan nuansa sejarah. Tempat-tempat bersejarah seperti Makam Soekarno, Museum Soekarno dan Istana Gebang adalah keunikan dan keunggulan yang dimiliki kota Blitar dibandingkan kota-kota lain. Selain wisata sejarah, kabupaten Blitar juga memiliki banyak obyek wisata menarik lain yang dapat diandalkan dan dikembangkan yaitu wisata budaya dan wisata pantai, seperti Candi Penataran, Upacara Larung Sesaji, Pantai Tambakrejo dan lain-lain.

Untuk menunjang sektor pariwisata di Blitar, pemerintah kabupaten dan kota membangun sarana seperti penginapan dan hotel di Blitar untuk menarik minat wisatawan yang berkunjung. Hotel-hotel dengan tarif terjangkau pun bermunculan seiring dengan upaya pemerintah kabupaten Blitar menggalakkan sektor pariwisata. Hotel-hotel tersebut memang diperuntukkan bagi wisatawan yang berkunjung bersama keluarga.

Hotel di Blitar Dengan Harga Terjangkau

Patria Garden Hotel

Patria Garden Hotel adalah hotel bintang 1 bagi para pengunjung yang ingin menginap dan berwisata di Blitar. Lokasi hotel ini cukup dekat dari lokasi wisata di Blitar yaitu Makam Presiden Soekarno yang hanya berjarak 10 menit dengan berkendara dan hanya 5 menit dari Sumber Udel Water Park.

Patria Garden Hotel adalah salah satu hotel di Blitar yang masih tergolong baru. Hotel yang didirikan pada tahun 2007 ini menghadirkan suasana taman dengan fasilitas yang cukup lengkap diantaranya room service, TV plasma, kulkas dan lain-lain. Bagi anda yang beriwisata bersama keluarga, anda bisa memilih tipe Family Room yang terdiri dari 3 kamar dalam satu ruang.

Harga rata-rata sewa kamar per malam adalah Rp. 255.000 – 300.000 tergantung kepada tipe atau jenis kamar. Terdapat berbagai tipe kamar dimulai dari tipe Standart sampai tipe VIP. Anda bisa memilih tipe kamar sesuai dengan kebutuhan dan dana yang anda miliki.

Patria Plaza Hotel

Patria Plaza Hotel adalah hotel bintang 1 yang berdiri pada tahun 2005 dan diresmikan oleh walikota Blitar pada saat itu. Patria Plaza hotel terletak di lokasi strategis yang hanya berjarak 1 km dari pusat kota Blitar dan hanya berjarak 30 menit dengan naik becak ke lokasi wisata Candi Penataran. Selain itu, hotel ini juga hanya berjarak 15 menit dengan naik becak ke Perpustakaan Nasional Soekarno dan lokasi wisata Sumber Udel Water Park.

Moto hotel ini adalah Hotel Keluarga dengan pelayanan prima. Patria Plaza Hotel adalah salah satu hotel di Blitar yang menawarkan fasilitas yang cukup lengkap diantaranya layanan kamar, wi-fi di tempat umum, laundry dan lain-lain.

Harga rata-rata sewa kamar per malam adalah Rp. 278.000 – 330.000 tergantung kepada tipe atau jenis kamar. Terdapat berbagai tipe kamar dimulai dari tipe Standart sampai tipe VIP. Anda bisa memilih tipe kamar sesuai dengan kebutuhan dan dana yang anda miliki.

Wisata Pantai di Blitar

Jika anda berkunjung ke Blitar, belum lengkap rasanya bila belum mengunjungi lokasi wisata pantai di Blitar. Terdapat beberapa obyek wisata pantai yang tersebar di berbagai lokasi di kabupaten Blitar yang letaknya saling berdekatan sehingga anda bisa mengunjungi beberapa pantai sekaligus (beach hopping). Pantai-pantai di Blitar yang terletak di sisi selatan Samudera Hindia masih tergolong asli dan alami dibandingkan pantai-pantai di tempat lain seperti pantai-pantai di Bali atau Makasar. Selain itu, anda mengeluarkan biaya transportasi dan akomodasi yang lebih murah jika anda berwisata pantai ke Blitar. Berikut ini adalah beberapa lokasi wisata pantai yang menarik di kabupaten Blitar.

Pantai Serang

Perjalanan ke Pantai Serang

Pantai Serang terletak di kecamatan Panggungrejo sekitar 40 km ke arah barat daya kota Blitar. Pantai Serang bisa ditempuh dengan berkendara selama kurang lebih 1,5 jam dari pusat kota Blitar. Jalan menuju ke Pantai Serang sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah dan penduduk setempat. Selain itu, petunjuk jalan menuju pantai Serang sudah cukup banyak sehingga memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung.

Memasuki pantai Serang, anda harus membayar Rp. 3000 per orang. Jika anda mengendarai sepeda motor, terdapat biaya masuk tambahan sebesar Rp. 1000 per motor dan biaya parkir Rp. 2000 per motor.

Daya Tarik dan Keindahan Pantai Serang

Pantai Serang merupakan hamparan pantai pasir putih yang landai dengan ombak yang tidak terlalu tinggi. Anda dapat bermain-main di bibir pantai, berenang, berjemur atau sekedar melihat-lihat sambil menikmati keindahan pantai. Selain itu, anda juga bisa memancing jika anda memiliki hobi memancing. Di bagian timur pantai Serang, terdapat bukit yang biasanya digunakan untuk menentukan hilal pada saat bulan Ramadhan. Dari bukit ini, seluruh garis pantai Serang yang indah dapat terlihat dengan jelas.

Fasilitas di Pantai Serang

Untuk fasilitas, terdapat fasilitas yang cukup memadai di Pantai Serang. Disekeliling pantai terdapat banyak warung-warung makan dan warung yang menjual oleh-oleh untuk wisatawan yang berkunjung. Fasilitas publik seperti musholla dan toilet juga tersedia.

 

Pantai Tambakrejo

Perjalanan ke Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo terletak di desa Tambakrejo, kecamatan Wonotirto sekitar 30 km dari pusat kota Blitar. Kondisi jalan menuju pantai Tambakrejo cukup baik dengan jalan yang sudah beraspal meskipun tidak terlalu lebar. Perjalanan menuju ke pantai Tambakrejo adalah jalanan berbukit yang berkelok-kelok dengan suasana pedesaan di kanan-kiri jalan.

Daya Tarik dan Keindahan Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo adalah hamparan pasir putih yang membentang sepanjang kurang lebih 1 kilometer. Anda dapat melakukan berbagai aktifitas di tempat ini seperti berjemur, berenang di tepi pantai atau hanya menikmati keindahan alam. Bagi anda yang ingin berenang, harap berhati-hati karena ombak cukup besar dan terdapat papan peringatan bagi para pengunjung ketika memasuki wilayah pantai. Biasanya pantai ini ramai dikunjungi wisatawan pada musim liburan dan hari Minggu.

Fasilitas di Pantai Tambakrejo

Untuk fasilitas di pantai Tambakrejo bisa dikatakan cukup lengkap. Fasilitas publik seperti musholla, tempat parkir kendaraan dan fasilitas air bersih tersedia untuk para pengunjung. Akan tetapi, tidak tersedia penginapan di sekitar pantai ini.

Pantai Jolosutro

Perjalanan ke Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro terletak di desa Ringinrejo, kecamatan Wates sekitar 45 km dari pusat kota Blitar. Dikelilingi hutan yang cukup lebat, Pantai Jolosutro termasuk kawasan pantai selatan laut Jawa yang memiliki ombak yang besar dan indah. Pantai Jolosutro terletak di sebuah teluk kecil yang diapit perbukitan.

Jalan-jalan menuju pantai Jolosutro adalah jalan beraspal yang sudah cukup baik yang bisa ditempuh dengan berkendara melalui Lodoyo ke arah timur sampai di kecamatan Binangun. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan sawah dan perbukitan dengan jalan yang berkelok-kelok.

Kurang lebih 1 kilometer dari pantai, anda akan menjumpai pos penjaga retribusi. Anda harus membayar tiket kepada penjaga sebesar Rp. 2500 untuk memasuki pantai. Anda juga bisa menitipkan motor anda dan membayar biaya parkir Rp. 2000 ketika anda sudah berada di area pantai.

Daya Tarik dan Keindahan Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro memiliki panorama pantai yang indah dan mengagumkan. Pantai Jolosutro memiliki garis pantai yang sangat panjang dengan pasir pantai yang berwarna hitam. Hawa di pantai ini sangat sejuk karena banyaknya pepohonan di sekitar pantai.

Pantai ini sangat cocok sebagai lokasi wisata bersama keluarga karena kondisinya masih alami dan tenang. Pengunjung bisa berjalan-jalan di sepanjang pantai dan menikmati indahnya pantai tetapi pengunjung tidak diperkenankan berenang karena ombak pantai yang besar.  Selain itu, pengunjung bisa menikmati indahnya matahari terbenam di Pantai Jolosutro.

Fasilitas di Pantai Jolosutro

Untuk fasilitas di Pantai Jolosutro, terdapat beberapa penginapan di sekitar pantai bagi pengunjung yang ingin tinggal lebih lama. Di sini juga terdapat warung makan dan juga tempat parkir kendaraan yang cukup luas.

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1