Tradisi Malam Tahun Baru di 5 Negara Asia Tenggara

Tradisi Malam Tahun Baru di 5 Negara Asia Tenggara

Pergantian tahun dikenal sebagai salah satu perayaan terbesar di dunia. Setiap negara menghadirkan beragam atraksi menarik untuk merayakannya. Tradisi itulah yang berhasil menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke negara-negara tersebut. Apakah kamu termasuk salah satu yang rutin berlibur saat tahun baru?

Jika berencana untuk melihat gemerlap perayaan tahun baru, kawasan Asia Tenggara ternyata layak untuk kamu kunjungi. Selain bisa menyaksikan berbagai pertunjukan, kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan penduduk setempat yang turut merayakan pergantian tahun baru. Yuk, ketahui beberapa destinasi Asia Tenggara yang bisa kamu kunjungi agar malam tahun baru lebih seru!

Chiang Mai, Thailand

(Sumber: Shutterstock)

Dibanding Bangkok, Ibu Kota Thailand, nama Chiang Mai mungkin masih kalah populer di kalangan wisatawan. Chiang Mai merupakan kota terbesar kedua di Thailand yang terletak di bagian utara. Setiap perayaan tahun baru, penduduk setempat melakukan tradisi menarik, yaitu menerbangkan lampu lentera. Tradisi ini dipercaya dapat mendatangkan keuntungan pada tahun yang baru.

Oleh karena tradisi itu, langit malam Chiang Mai berbeda dari kebanyakan kota di dunia yang menyalakan kembang api. Langit Chiang Mai di malam hari justru dihiasi oleh temaram ratusan lampu lentera yang diterbangkan. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat pertunjukan musik dan tarian khas Thailand yang akan memeriahkan suasana.

Ho Chi Minh City, Vietnam

(Sumber: Shutterstock)

Warga Vietnam sebenarnya memiliki jadwal tahun baru sendiri yang jatuh pada bulan Februari. Namun, bukan berarti Vietnam akan sepi di kala pergantian malam tahun baru Masehi. Biasanya, perayaan akan berlangsung di Ho Chi Minh City, tepatnya di kawasan District 1 yang menjadi lokasi populer berdirinya kafe dan kelab malam.

Jika ingin merayakan tahun baru di Ho Chi Minh City secara lebih mewah, kamu bisa datang ke beberapa skybar yang terletak di rooftop. Kamu bisa menikmati pemandangan kota dari ketinggian dengan langit yang dihiasi warna-warni kembang api. Tak ketinggalan pertunjukan musik yang akan menyemarakkan perayaan tahun barumu!

Siem Reap, Kamboja

(Sumber: Shutterstock)

Kamboja mungkin bukan negara pertama yang akan kamu sebutkan ketika bicara tentang destinasi liburan. Padahal, negara satu ini menawarkan pengalaman menarik yang akan membuat perayaan tahun baru semakin seru.

Di kawasan Siem Reap, terdapat sebuah jalan bernama Pub Street yang menjadi pusat berdirinya banyak bar. Saat tahun baru, Pub Street seolah berubah menjadi sebuah kelab malam besar. Jalanan akan dipenuhi orang-orang yang sibuk berjoget dengan iringan musik. Menjelang pergantian tahun, mereka akan sama-sama melakukan penghitungan mundur sambil menyalakan kembang api.

Kuala Lumpur, Malaysia

(Sumber: Shutterstock)

Tempat terbaik lain untuk menikmati perayaan tahun baru adalah Taman KLCC, salah satu taman terbaik yang ada di Kuala Lumpur. Saat malam tahun baru, Taman KLCC berubah menjadi sebuah panggung megah yang menyuguhkan berbagai pertunjukan. Tak ketinggalan, atraksi air mancur juga akan menambah kemeriahan acara.

Puncak malam tahun baru akan ditandai dengan peluncuran kembang api warna-warni yang menghiasi langit Kuala Lumpur. Dengan background Menara Petronas, pemandangan acara tahun baru di Taman KLCC akan terlihat semakin megah, indah, dan mengesankan.

Singapura

(Sumber: Shutterstock)

Jika ingin melihat pertunjukan kembang api yang menakjubkan, kamu bisa datang ke kawasan Marina Bay, Singapura. Untuk mengambil foto-foto dengan sudut yang bagus, Bay East Garden dapat menjadi spot terbaik karena pemandangan Marina Bay akan terlihat jelas di sini.

Sebagai alternatif perayaan tahun baru di Singapura, ada pula acara musik bertajuk Siloso Beach Party yang mendatangkan banyak disc jockey (DJ) papan atas yang bisa kamu datangi. Setiap tahunnya, pesta pantai akan dihadiri sekitar 10.000 pengunjung. Kamu bisa menikmati musik sambil menunggu momen pergantian tahun. Pasti seru!

Nah, kelima destinasi Asia Tenggara tersebut tentu bisa menjadi alternatif liburan tahun baru yang tak kalah seru. Rencanakan perjalananmu mulai sekarang untuk bisa berlibur dengan tenang dan menyenangkan. Ajak pula teman atau keluarga agar momen pergantian tahun semakin berkesan. Selamat merayakan tahun baru!

Baca juga  Layanan Mencari Jodoh di Pesawat
0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1