Tersungkurnya Pesawat Merpati di Bandara El Tari Kupang

Merpati Tersungkur di Kupang

Pesawat Merpati Nusantara Airlines bernomor penerbangan MZ 5617 tersungkur saat mendarat di Bandara El Tari Kupang. Peristiwa ini terjadi hari Senin, 10 Juni 2013 yang lalu sekitar pukul 09.52 WITA. Tersungkurnya pesawat AVIC MA60 ini disebabkan oleh pendaratan sangat keras (hard landing) dan akibatnya bandara El Tari Kupang sempat ditutup hingga keesokan harinya pukul 07.00 WITA. Kondisi pesawat dikabarkan rusak berat (damaged beyond repair) dan telah dikeluarkan dari armada Merpati (written off).

Pesawat dengan nomor registrasi PK-MZO ini terbang dari Bandara Soa, Bajawa, Flores tersebut mengangkut 46 penumpang (termasuk 1 bayi) beserta 4 kru pesawat yang terdiri dari 2 pramugari, 1 pilot dan 1 co-pilot. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini namun sejumlah penumpang mengalami luka ringan dan beberapa masih dirawat di RS Bhayangkara Kupang dan RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes.

Rudi Setyopurnomo selaku Dirut Merpati mengatakan bahwa suku cadang canggih dari pesawat MA60 ini diproduksi di Amerika dan Eropa, sementara Cina hanya melakukan perakitan. Pesawat tersebut diproduksi tahun 2007 dan baru digunakan Merpati pada Desember 2010. Pada saat penerbangan, MA60 tersebut dalam kondisi layak terbang dan semua kru pesawat dalam keadaan prima. Merpati sendiri masih memiliki 10 MA60 aktif di armadanya, dan telah mengalami 2 kecelakaan written off sejak 2010.

Mengenai penyebab detail hard landing tersebut, pihak Merpati masih menunggu hasil investigasi Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Pihak KNKT menyatakan investigasi mulai dilakukan pada Selasa 11 Juni. Menurut Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, hasil audit awal (preliminary report) akan diumumkan selambat-lambatnya dalam seminggu.

Sekretaris Wapres Merpati Herry Saptanto juga mengumumkan bahwa pihak Merpati akan menanggung sepenuhnya semua biaya hotel dan pelayanan rumah sakit kelas VVIP dari penumpang. Tidak hanya yang dirawat, namun semua penumpang akan diberikan asuransi kesehatan dan tanggungan asuransi.

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1