Pilot Terganggu Dangdut Koplo Saat Mendarat

pilot terganggu dangdut koplo saat mendarat

Sejumlah pilot mengeluh terganggu tiap kali memasuki wilayah Bandara Blimbingsari (BWW), Banyuwangi. Ketika akan mendarat, frekuensi radio komunitas yang memutar dangdut koplo kerap kali masuk ke jalur radio kontrol pesawat.

Dangdut koplo merupakan jenis dangdut yang berciri khas hentakan gendang dan bass ekstra. Tidak diragukan lagi bahwa hal tersebut sangat mengganggu proses lepas landas maupun pendaratan, karena pilot harus senantiasa berkomunikasi dengan petugas Air Tower Center (ATC).

Di Banyuwangi sendiri, terdapat sekitar enam radio komunitas yang melanggar aturan. Radio komunitas tersebut menggunakan alat pemancar yang menguatkan frekuensi penyiaran lebih dari seharusnya. Ini kian dilakukan sebuah perusahaan radio karena ingin bersaing dengan stasiun radio lainnya.

Ini ternyata adalah cerita lama dan tidak hanya di Banyuwangi. Tidak hanya pilot lokal yang mengeluh tentang hal ini, namun juga pilot asing. Begitu memasuki kawasan udara Indonesia, pilot tiba-tiba “disuguhi” musik dangdut bahkan pembicaraan ponsel yang tentunya sangat mengganggu konsentrasi.

Stasiun radio seharusnya memperbanyak pemancar radio dan bukannya menguatkan sinyal lebih dari seharusnya. Semoga pemerintah dapat mengambil tindakan penertiban terhadap stasiun radio yang melanggar, dan keamanan aktivitas penerbangan Indonesia dapat semakin ditingkatkan.

[EPSB]
Penumpang Diikat Karena Merokok di Pesawat
Pilot Lamar Kekasih Sambil Kemudikan Pesawat
Cari tiket mudik Lebaran
[/EPSB]

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1