Landasan Ke-3 Soekarno Hatta Dibangun di Atas Laut

cgk runway atas laut

Menteri BUMN Dahlan Iskan berencana akan membangun landasan pesawat ke-3 untuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta CGK (Soetta). Landasan baru ini nantinya akan dibangun di atas laut, dan PT Adhi Karya ditunjuk untuk melakukan studi awal pembangunan ini. Dahlan berharap dalam 2 minggu hasil studi tersebut sudah rampung.

Landasan ke-3 ini berjarak 8 km dari zona utama Bandara Soetta. Rencananya nanti, penumpang akan dibawa ke terminal bandara dengan menggunakan sarana monorel.

Rencana ambisius Dahlan Iskan yang dikemukakan pada saat beliau sedang meninjau pelebaran Bandara Ngurah Rai Denpasar (25/8) ini mengundang sejumlah kontroversi. Bukannya membebaskan lahan di dekat bandara, mengapa malah membangun di atas laut yang berjarak jauh terpisah dengan bandara induk? Dahlan Iskan mengaku, alasan dibangunnya landasan di atas laut adalah karena hampir tidak mungkin membebaskan lahan seluas 800 hektar di dekat bandara untuk saat ini.

Di sisi lain, keadaan dua landasan di bandara Soekarno-Hatta yang sudah over-load sangat membutuhkan solusi yang cepat. Saat ini tiap jamnya, sudah ada 69 pesawat yang mendarat di dua landasan pesawat ini. Tidak hanya itu, sepanjang tahun ini sudah sebanyak 170 pesawat luar negeri yang ditolak masuk ke bandara akibat tidak adanya slot.

Sebenarnya ide proyek landasan di atas laut ini tidaklah seaneh kedengarannya. Sebagai perbandingan, landasan di Bandara Internasional Macau juga terletak di atas laut. Contoh lain, salah satu landasan di Bandara Internasional Schiphol Amsterdam juga terletak sekitar 4 km dari zona bandara induk dan dihubungkan dengan connecting taxiway. Di Jepang, akibat kekurangan area tanah, 5 bandara bahkan dibangun di atas laut, yaitu Nagasaki Airport, Kansai International Airport, Kobe Airport, Kitakyushu Airport dan Chūbu Centrair International Airport.

Dapatkah proyek ini terealisasi dan kapankah tepatnya akan terealisasi? Sementara menunggu perkembangannya, mungkin rencana pindahnya sejumlah maskapai domestik ke Bandara Halim Perdanakusuma November nanti akan setidaknya mengurangi kepadatan landasan Soetta.

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1