0

Traveloka Team

22 Jan 2020 - 1 min read

Kunci Sukses AirAsia: Budaya Kerja yang Asyik

Memang hebat maskapai yang satu ini. Selama 5 tahun berturut-turut (2009 – 2013), AirAsia dianugerahi penghargaan sebagai maskapai berbiaya rendah terbaik di Asia dan dunia di ajang Skytrax World Airline Awards.

"In AirAsia we consider ourselves basically a dream factory"-Tony Fernandes, CEO dan Founder AirAsia

Tony Fernandes mengakui, salah satu kunci suksesnya AirAsia terletak pada budaya kerja dan manajemen yang asyik, dalam artian berbeda dari perusahaan Asia pada umumnya.

Seasyik apa sebenarnya suasana kerja di AirAsia? Berikut ini ciri-cirinya:

1. Tak ada ruang kerja pribadi

AirAsia tidak mengenal sistem hirarki. Jangankan para karyawan, Tony Fernandes saja tidak memiliki ruang kerja sendiri. Dia duduk berbaur di ruangan terbuka yang sama dengan yang lain.

Tidak hanya itu, budaya keterbukaan ini juga membebaskan semua karyawan untuk dapat menghampiri Tony Fernandes kapan pun. Jika ada keperluan, mereka bebas menghubunginya langsung melalui telepon, SMS ataupun email tanpa harus melalui prosedur berbelit-belit.

2. Keluarga, bukan rekan kerja

Hubungan yang dijunjung tinggi di antara karyawan AirAsia (disebut Allstar) adalah keluarga dan semua diperlakukan sebagai keluarga. Sebagai keluarga besar, semua anggota didorong untuk menjadi kreatif dan memilikipassionuntuk apa yang mereka lakukan.

3. Pabrik pencetak mimpi

“In AirAsia we consider ourselves basically a dream factory”, ujarTony Fernandes. Di AirAsia, semua diajak untuk menggali serta meraih mimpinya. Tony Fernandes dan rekannya Dato Kamarudin juga adalah para pemimpi sejati yang berjuang keras meraih mimpinya.

Semangat bermimpi ini juga tercermin di motto pribadi Tony Fernandes yang berbunyi “percaya pada apa yang mustahil, mimpikan apa yang tidak mungkin, dan jangan pernah terimatidaksebagai jawaban.

4. Bekerja karena terinspirasi

Inspirasi adalah unsur penting dalam bekerja. Sebagai sumber inspirasi, “Now Everyone Can Fly” bicara lebih dari sekedar memenuhi kursi pesawat dan meraih profit. KaryawanAirAsiamelayani para penumpang agar semua dapat pergi ke tempat-tempat yang tadinya hanya sebatas mimpi karena mahalnya tiket pesawat serta dapat mengunjungi orang-orang yang dikasihi lebih sering lagi.

5. Tidak pandang bulu

Tiap orang dinilai berdasarkan prestasi dan kemampuan mereka. Ras, agama, usia dan jenis kelamin tidaklah menjadi penentu. Apapun latar belakang seseorang, selama dia mampu dan berprestasi, penghargaan dan promosi akan diberikan sesuai kelayakan masing-masing.

Itulah kunci sukses maskapaipelopor online booking di Indonesiaini. Kiranya hal-hal di atas dapat menjadi inspirasi di bidang kita masing-masing.

Apakah Anda punya pengalaman unik tentangbudaya kerja yang tidak kalah asyiknya? Do share with us! ?

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan