Kereta Canggih Korea Segera Beroperasi untuk Bandara Kuala Namu Medan

KA woojin

Dua dari empat trainset Kereta Woojin produksi Korea Selatan sudah tiba di Pelabuhan Belawan, Medan (26/8). Kereta Woojin ini akan digunakan sebagai sarana transportasi khusus Bandara Internasional Kuala Namu (KNO). Dua set lagi akan menyusul pada Oktober mendatang.

KA Woojin yang sudah tiba akan kemudian dirakit di bengkel Kereta Api Balai Asa, Pulo Brayan Medan. Teknisi ahli sebanyak 19 orang didatangkan langsung dari Korea untuk melakukan perakitan. Setelah itu, KA tersebut akan diuji kelayakannya oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementrian Perhubungan. Diharapkan KA Woojin ini akan siap beroperasi pada 15 September 2013.

Empat set KA Woojin pesanan tersebut berwarna dasar putih dengan kombinasi abu-abu, serta menghabiskan dana investasi sebesar Rp 160 miliar. Satu trainset-nya terdiri dari 1 buah lokomotif dan 4 gerbong kereta. Di 4 gerbong tersebut, terdapat 172 kursi nyaman yang bisa dikonfigurasi sesuai keinginan dan tempat khusus untuk menaruh barang bawaan penumpang.

Dengan belum adanya akses jalan tol ke bandara, beroperasinya KA Woojin ini akan sangat bermanfaat bagi pengunjung bandara Kuala Namu. Jika 4 buah KA Woojin ini sudah beroperasi, jumlah penumpang yang dapat diangkut tiap harinya akan mencapai kurang lebih 5.800 orang. Di tahap awal, jadwal operasional adalah sebanyak 26 kali lintasan, yang kemudian akan ditambah menjadi 34 kali lintasan.

Adapun KA Woojin produksi Woojin Industrial System ini merupakan jenis kereta dengan kecepatan reguler dan bukan High Speed. Penyesuaian dengan rel yang sudah ada diharapkan berjalan tanpa gangguan.

9 Shares
Share9
Pin
Share
Tweet
+1