Harga Tiket Pesawat Bakal Naik 2014

 

harga tiket pesawat naik 2014

Harga tiket pesawat akan mengalami kenaikan di tahun 2014. Hal ini berkaitan dengan menguatnya nilai Dolar terhadap Rupiah. Kementerian Perhubungan juga sudah menyetujui penyesuaian kenaikan biaya operasional yang diajukan oleh Indonesia National Air Carrier Association (INACA).

Penyesuaian biaya operasional (operation surcharge) ini akan dibebankan ke tarif dasar tiket pesawat, dan akan berlaku mulai awal tahun 2014.

Adapun penyesuaian biaya yang disetujui oleh Kemenhub sedikit di bawah pengajuan INACA. Harry Baktu Gumay selaku Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub menolak menyebutkan rincian tersebut hingga waktunya tiba.

Pihak INACA menuntut Kemenhub agar segera mengumumkan rincian kenaikan sebelum akhir tahun, karena penyesuaian yang telah diajukan INACA masih menggunakan kurs Rp 11.000 per dollar AS, sedangkan kurs sekarang sudah mencapai Rp 12.000 per dollar AS.

Arif Wibowo, Ketua Umum dari INACA menganggap ini sebagai hal yang sepatutnya karena keadaan maskapai yang saat ini sudah semakin terhimpit.

Traveloka
contributor

Sebelumnya
“Sugoi!” Kata Orang Jepang tentang Traveloka
Selanjutnya
Harga Tiket Pesawat Bakal Naik 2014
Pendapat:
Nilai:
0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry
Comment (12)
  1. johar makmun 

    bagaimana kalo kita sudak booking dan melunasi tiket untuk bulan jan,feb,maret,april dan mei 2014 jurusan jakarta>>pku PP, apa harus bayar lagi, mohon konfirmasi brur??

    1. Traveloka 

      Hai Johar,

      Untuk tiket yang sudah ter-issued sebelum kenaikan harga tiket tentu saja tidak akan dikenakan biaya tambahan lagi 🙂
      Namun Anda tetap harus membayar pajak bandara (airport tax) di bandara pada hari keberangkatan nanti, kecuali Garuda Indonesia. Terima kasih atas pertanyaannya.

      Salam,
      Traveloka.com

  2. mumuh muhammad 

    kenaikan taipnya berapa% ya?

    1. Traveloka 

      Hai Mumuh,

      Akan diumumkan di akhir bulan atau awal tahun 2014 oleh Kemenhub. Terima kasih.

      Salam,
      Traveloka.com

  3. Fendy Nasution 

    Pada metode cara pembayaran ditujukan ke rek.Bank Permata,…tp terus2an gagal…..sampai2 costumer service di hubungi tp dia sarankan di ulang lg….sampai waktu pembayaran habis ttp tdk bisa…sorenya sy buka email…ya ternyata disarankan ke BCA,MANDIRI dan BNI…apakah besok msh bisa saya bayarkan…?mohon penjelasan…..

    1. Traveloka 

      Hai Fendy,

      Silakan lakukan pemesanan ulang dan pilih metode pembayaran yang sesuai dengan Anda. Untuk keterangan lebih lengkap tentang metode pembayaran silakan lihat di: http://www.traveloka.com/faq#pembelian

      Salam,
      Traveloka.com

  4. Sismanto 

    kalau kenaikan tarif 5% asih wajar lah, kalau lebih dari itu kemenhub dan INACA harus duduk bersama memikirkan ulang

  5. travel umroh 

    sebenarnya pesnyesuaian tarif tiket ini akan memberatkan kami selaku pihak yang telah melakukan booking tiket jauh jauh hari, apalagi booking yg dilakukan adalah bukan hanya dari satu maskapai lagi melainkan beberapa maskapai. Disaat memang memungkinkan setidaknya harga dan tarif yg diberlakukan tidak terlalu tinggi dan tidak trlalu memberatkan…khususnya kami dari travel umroh. Walaupun nilai yg digunakan adalah dolar tapi masyarakat tetap saja melihat patokannya kepada nilai rupiah yg dkeluarkan

  6. Syaiful 

    airport tax itu sebenarnya biaya buat apa sih dan berapa besaran biaya untuk setiap masakapainya…?

    1. Traveloka 

      Hai Syaiful,

      Airport tax adalah pajak yang dibayarkan penumpang langsung kepada bandara dan bukan kepada maskapai. Jumlahnya berbeda-beda untuk tiap bandara di Indonesia, contohnya Rp 40.000 untuk domesti di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta (CGK). Khusus untuk maskapai Garuda Indonesia, airport tax sudah termasuk di harga tiket. Terima kasih.

      Salam,
      Traveloka.com

  7. Daengtravel 

    semoga kenaikan tarifnya tidak terlalu banyak.

  8. helmi hanan 

    Biasalah kalo naik itu biasa, klo turun itu baru luar biasa, pemerintahkan pintarnya cuma naikin, kalo nurunin belum ada ada ilmunya, semoga naiknya wajar2 saja, sdh dinaikin eh malah maskapainya naikin lagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1