E-tiket – Cara Kerja dan Penggunaannya

Update: Pakai Traveloka App, e-tiket tidak perlu dicetak dan bisa langsung ditunjukkan ke petugas check-in di bandara.

 

Seiring dengan zaman yang serba digital, sebagian besar maskapai sudah memberlakukan sistem online booking. Menyesuaikan hal ini, tiket model lama pun mulai dialihkan menjadi etiket atau e-ticket (electronic ticket). Di bandara, penumpang yang membawa tiket model lama sudah semakin sedikit dibanding pengguna etiket pesawat.

 

Sebagai penumpang, apa langkah selanjutnya jika sudah menerima etiket? Apakah etiket bukti terbang yang sah?

Tidak jarang pertanyaan-pertanyaan seperti itu muncul. Walaupun sudah lumayan umum, tidak sedikit yang masih bingung ketika harus terbang berbekalkan etiket. Tidak hanya bingung, eticket juga menimbulkan keraguan karena hanya berupa secarik kertas dan dapat di-print sendiri oleh penumpang.

Agar tidak salah dalam menggunakannya, berikut adalah seluk-beluk tentang etiket mulai dari cara kerja hingga kelebihannya.

tiket pesawat model lama
Tiket model lama yang sudah mulai ditinggalkan

Jika dilihat sekilas, perbedaan paling mencolok antara tiket model lama dan etiket terletak di cara pembuatannya. Tiket model lama dicetak secara khusus oleh maskapai atau travel agent, sedangkan etiket dapat dicetak langsung oleh penumpang menggunakan hanya selembar kertas dari printer mana saja. Namun tidak hanya itu. Terdapat perbedaan paling mendasar antara keduanya yang membuat semua maskapai semakin beralih ke sistem etiket.

 

Cara kerja etiket

Perbedaan paling mendasar antara tiket model lama dan tiket pesawat elektronik adalah letak data penerbangan dan data penumpang. Di sistem etiket pesawat, seluruh data booking penumpang terletak di database komputer maskapai dan tidak hanya di lembaran tiket. Etiket yang dicetak di atas kertas hanyalah sebagai referensi dari data sebenarnya yang ada di database maskapai.

 

Apa saja yang ada di dalam etiket?

apa yang ada di e-ticket
Umumnya, etiket memuat informasi yang mengacu pada data yang ada di database maskapai. Informasi tersebut adalah:

  1. Nama maskapai
  2. Kode booking (PNR), kode unik inilah yang menjadi referensi data penumpang di sistem database maskapai.
  3. Detail penerbangan: Waktu, rute, nomor penerbangan.
  4. Detail penumpang: Nama, jenis tiket, info bagasi dan no. tiket.

 

Cara menggunakan etiket

Setelah memesan secara online di website maskapai maupun melalui Online Travel Agent seperti Traveloka.com, etiket akan dikirim ke email pemesan.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan setelah menerima etiket di email:

  1. Buka attachment file etiket di email (biasa berupa file PDF)
  2. Print etiket di atas kertas A4 sebagai dokumen pribadi atau untuk menunjukkan kode booking ke petugas di bandara.
  3. Pada hari keberangkatan, bawa etiket tersebut ke bandara untuk proses check-in disertai dengan kartu identitas resmi berfoto seperti KTP, SIM (rute domestik) atau paspor (rute internasional). Maskapai membutuhkan kode booking (PNR) di e-tiket untuk kemudian mencocokkan data yang ada di database mereka dengan info yang ada di identitas resmi kita. Jika sesuai, maka mereka akan memberikan boarding pass.

 

Kelebihan etiket

Etiket memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan tiket model lama. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Etiket tidak mungkin “hilang”
    Sekalipun etiket tertinggal di rumah, Anda dapat dengan mudah mencetaknya lagi atau cukup menunjukkan kode booking (PNR) yang ada di salinan yang ada di email Anda. Hal ini memungkinkan karena data Anda di kertas hanyalah salinan dari data yang ada di database komputer maskapai. Hanya orang yang bisa membuktikan identitasnya dengan tanda identitas resmi yang berhak menggunakan etiket untuk terbang.Ini jauh berbeda dengan sistem tiket yang lama. Penumpang yang kehilangan tiket diwajibkan membayar biaya lagi untuk mengeluarkan tiket yang baru. Bahkan untuk beberapa kasus, penumpang diharuskan membayar tarif secara penuh.
  2. Etiket lebih mudah diperoleh
    Penumpang yang sudah booking tidak perlu ekstra menghabiskan waktu di jalan untuk mengambil tiket. Etiket dikirimkan ke email penumpang, cara yang jauh lebih cepat dan mudah. Lebih nyaman lagi jika situs pembelian tiket pesawat tersebut 24 jam non-stop.
  3. Etiket fleksibel dan lebih efisien
    Sekiranya ada perubahan entah itu tanggal keberangkatan atau tempat duduk, maskapai atau travel agent cukup mengubah data yang ada di database. Penumpang tidak lagi dipungut biaya untuk pencetakan tiket yang baru.Biaya operasional travel agent juga lebih hemat, karena tidak perlu biaya perawatan untuk printer dan juga kontrol inventory tiket.
  4. Etiket ramah lingkungan
    Menurut IATA (International Air Transport Association), jika semua maskapai menggunakan sistem etiket, maka dunia penerbangan akan dapat “menyelamatkan” kira-kira 50.000 batang pohon tiap tahunnya, atau sekitar 7,7 km persegi area hutan.
  5. Etiket memuat voucher belanja
    Berbagai promo sering digelar oleh online travel agent seperti Traveloka.com, dan voucher belanja promo tersebut dicetak di etiket khusus untuk pemesan. Ini tentunya tidak didapati di tiket model lama.

 

Ke depannya nanti, semua maskapai akan menjadikan sistem e-tiket ini sebagai standardisasi yang mendukung sistem “self-service”. Di zaman serba digital, secara perlahan namun pasti, sistem booking, check-in dan boarding akan dialihkan menjadi lebih bersifat “self-service”. Untuk itu, prosesnya pun akan semakin melibatkan teknologi yang akrab dengan penggunaan sehari-hari.

 

Traveloka
Traveloka
contributor

Sebelumnya
Bandara Ngurah Rai Denpasar Dihebohkan Pembajakan Pesawat
Selanjutnya
E-tiket – Cara Kerja dan Penggunaannya
Pendapat:
Nilai:
0 votes, average: 0,00 out of 50 votes, average: 0,00 out of 50 votes, average: 0,00 out of 50 votes, average: 0,00 out of 50 votes, average: 0,00 out of 5 0,00
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
Comment (107)
  1. Supriadi 

    Saya sering terkendala jika ingin melakukan web check in dimana yang diminta salah satunya alamat email.
    Pernah saya coba isi alamat email pemesan/akun tapi gak berhasil. Padahal web check in lebih cepat dan bisa pilih kursi. Email apa yg hrs saya masukkan? Terima kasih

    1. Traveloka Traveloka 

      Halo Supriadi,

      Apakah tiket tersebut dipesan melalui Traveloka? Jika ya, untuk maskapai Citilink masukkan alamat email: [email protected] untuk web check-in.

      Salam,
      Traveloka.com

  2. Regina Beatrice C 

    iya, e-ticketing lebih fleksibel dlm waktu.. terakhir,sya pesan ticket melalui agen travel non traveloka, pesan kemudian byar via atm dan ticket pun dikirim by email..
    oh ya, boleh saya tau harga ticket ukt pulang pergi dari Jakarta ke Bali tgl 30 desember smpai tgl 1 jan ’15 ??

    thanks

  3. Haikal 

    Benar sekali. saya merasa untuk setiap penerbangan butuh etiket yg jelas, seperti jangan menyalakan telepon genggam sebelum diberi izin oleh pihak pesawat dan untuk selalu menggunakan sabuk pengaman, kadang banyak orang melupakan hal-hal kecil seperti ini yang mungkin membuat orang di dekatnya merasa tidak nyaman. Jangan lupa etiket dalam setiap penerbangan.

    1. fernando 

      ya ente cari sendiri di situs. pake nanya di forum

  4. Grace 

    Haruskah melakukan web check in sebelum hari keberangkatan, atau cukup membawa e ticket ke bandara

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Grace,

      Untuk maskapai seperti AirAsia misalnya, disarankan untuk melakukan web check-in sejak 14 hari hingga 1 jam sebelum keberangkatan. Ini untuk mempermudah Anda di hari keberangkatan karena Anda sudah dapat mem-print boarding pass langsung. Jika tidak, Anda dapat membawa e-tiket ke bandara untuk ditukar dengan boarding pass di counter check-in.

      Salam,
      Traveloka.com

  5. wicky 

    Mau nanya nih…Gmana caranya jadi agen e-tiket traveloka?

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Wicky,

      Terima kasih atas ketertarikannya ya. Saat ini sistem sub-agen kami masih dalam tahap development. Jika kamu berminat, dapat mengirimkan data seperti: Nama, Alamat, No. Identitas Travel Agent, Nama Travel Agent, dan Contact number ke alamat email: [email protected] Jika sistemnya sudah rampung, kami akan kabari kamu.

      Salam,
      Traveloka.com

  6. Furniture Jepara 

    e-tiket sangat mempermudah calon penumpang dalam mendapatkan service tiket

  7. evi 

    Saya sudah membeli etiket tujuan bali tuk bln 10 by garuda melalui traveloka.untuk mempermudah saya, bisa kan etiket tdk perlu saya print? Saya hanya menunjukan etiket yg ada di email saya menggunakan tab yg saya bwa pda saat cek in di bandara.terima kasih sebelumnya

    1. Traveloka Traveloka 

      Halo Evi,

      Bisa 🙂 Asal jangan lupa untuk sertakan dengan kartu identitas resmi berfoto seperti KTP/SIM/Paspor ya 🙂

      Salam,
      Traveloka.com

  8. suari dwi 

    mau tanya, saya uda beli tiket lion air, tp kmrn mau web chek in kok gak bisa ya? bisa di informasikan bagaimana caranya?

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Suari,

      Bisa dijelaskan letak masalahnya? Anda bisa web check-in Lion Air melalui link ini https://secure2.lionair.co.id/LionWebCheckin/
      Web check-in Lion Air dapat dilakukan 24 jam sebelum waktu keberangkatan dan paling lambat 4 jam sebelum waktu keberangkatan.

      Salam,
      Traveloka.com

  9. Yoshua 

    klo sy ga sempet nge-print etiket, bsa ga sy cuman nunjukin file pdf-nya dri smartphone gtu..?? thanks before

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Yoshua,

      Bisa, asalkan disertai dengan tanda identitas resmi berfoto seperti KTP/SIM atau paspor (rute internasional).

      Salam,
      Traveloka.com

  10. Fauzan 

    Maaf,
    Mau tanya
    Kalo kita ga ngeprint e tiket ato nunjukin pdf e tiket d email,tp cuma tunjukin kode booking via sms (dengan bukti asli KTP tentunya) saat check in, boleh ga?? Soalnya rencana Ibu Saya mau pulang, tapi ga bs pk email.
    HeHe
    Terima ksh

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Fauzan,

      Ya bisa, pastikan kode booking PNR terlihat dengan jelas.

      Salam,
      Traveloka.com

  11. abigail 

    bisa minta link web-checkin airasia? thankyou 🙂

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Abigail,

      Silakan lakukan web check-in melalui link ini http://checkin.airasia.com/ 14 hari sampai 1 jam sebelum waktu keberangkatan ya 🙂

      Salam,
      Traveloka.com

  12. nana 

    haiii traveloka….thank u yaa atas kemudahannya psn tiket ditraveloka,aku ga susah2 lagi habisin bensin buat cr travel,aku mau tanya nih,biasanya kan aku psn tiket langsung melakukan pembayaran,seandainya aku psn tiket yg jangka waktu keberangkatanya masi 7 hari lagi,apa ditraveloka bisa ks batas waktu buat pembayaran,biasanya kan klu kita beli ditravel bisa,caranya gimana ya?biasa traveloka kasi kode pelanggan aja,ajarin donk…

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Nana,

      Sayang sekali untuk pemesanan online, ada batas waktu yang lebih singkat karena batas waktu issue adalah secara otomatis ditentukan dari sistem web maskapai. Silakan tanya lagi jika masih ada yang bisa dibantu ya.

      Salam,
      Traveloka.com

  13. nana 

    mlm,,,,traveloka tlg dijawab segera ya,sy br aja memesan tiket utk k.lumpur bali dan sdh melakukan pembayaran ini no pemesanannya 31798257,knp sampai saat ini blm ditrima kode boking nya biasanya sdh sy trima sms atw email sy,tlh dicek dong,txs

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Nana,

      E-tiket sudah terkirim ke alamat email Anda. Apakah sudah diterima dengan baik?

      Salam,
      Traveloka.com

  14. nunu 

    Hi Traveloka,
    Bisa pesen martabak skalian ga ya buat snack di pesawat nanti?
    Terimakasih

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Nunu,

      🙂
      Pesan martabak tidak bisa. Tapi semoga ada yang jual di bandara nanti ya 🙂

      Salam,
      Traveloka.com

  15. nana 

    E-tiket sdh aq trima,memang agak lambat dr biasanya tp aq puas psn tiket ditraveloka,smoga harga nya banyak yg promo lagi ya…boleh ks saran gaa?klu bisa pelanggan traveloka dikasi kejutan bagi siapa yg sering psn tiket ditraveloka dpt hadiah atw ku mpulin poin gitu,hehehehe biar tambah semangat psn tiketnya

  16. suci 

    selamat siank..
    mb saya mau nanya, gk berapa lama ini saya dapat pesan melaliu email saya dr traveloka, katanya saya d suruh untuk mengcek tiket, melalui telvun ke cs air asia, solnya ada perubahan jadwal,, kira” selain melalui telvun ada gk mb cara lain,,,, trimakasih “~”

    1. Traveloka Traveloka 

      Halo Suci,

      Untuk menghubungi AirAsia, apakah sudah coba melalui web-nya di http://www.airasia.com/ask/search-templates.do;jsessionid=15DE983F3C954C49C275B106C2E28C93.tomcat3?query=halo&action=search&advancedSearch=true&currentGroup=13

      Salam,
      Traveloka.com

  17. Arung Taftazani 

    Selamat siang. saya pengunjung baru Traveloka.com
    Apakah mungkin jika Traveloka.com mencarikan tiket melebihi 7 orang? misalkan saya ingin membeli tiket untuk 30 sampai 40 orang dengan waktu dan jam keberangkatan yang sama.

    1. Traveloka Traveloka 

      Halo Arung,

      Maaf namun untuk saat ini, untuk penumpang lebih dari 7 orang hanya dapat dilakukan secara terpisah. Namun jika Anda ingin memastikan hingga 40 orang dalam waktu dan jam keberangkatan yang sama, kami sarankan Anda melakukan group booking langsung di web maskapai atau menghubungi call center maskapai yang diinginkan. Mohon maaf atas keterbatasan ini.

      Salam,
      Traveloka.com

  18. Eddy Joenaiedy 

    dapat kh sy mengubah jadwal penerbangan menjadi lebih awal …?

    1. Traveloka Traveloka 

      Halo Eddy,

      Bisa, namun ada ketentuannya. Reschedule dapat dilakukan langsung melalui call center maskapai. Silakan lihat caranya di halaman ini ya: http://www.traveloka.com/faq/refund

      Salam,
      Traveloka.com

  19. Bahar 

    Apakah harga tiket penerbangan AirAsia (rute Jkt – Spore) sudah termasuk biaya tax airport?
    thanks

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Bahar,

      Untuk semua penerbangan ke luar negri belum termasuk airport tax, kecuali maskapai Garuda Indonesia dan Citilink. Airport tax akan harus dibayarkan langsung ke pihak bandara, bukan maskapai. Kalau dari Singapore-Jakarta, sudah termasuk airport tax.

      Salam,
      Traveloka.com

  20. riska 

    traveloka saya mau tanya batas pemesana tiket itu sampai kapan soalnya sekarang saya mau booking tiket tapi berangkatnya sekitar sebulan lagi

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Riska,

      Sebaiknya dilakukan tidak di hari yang sama, atau minimal 2 hari sebelum keberangkatan. Satu bulan sebelumnya adalah baik untuk booking tiket.

      Salam,
      Traveloka.com

  21. Dewi 

    saya udah pesen tiket air asia,setelah beli disarankan untuk web check in ke alamat email airasia…
    setelah saya buka kok susah banget ya masuknya…please dibantu dong!!!!

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Dewi,

      Silakan dicoba lagi, web check-in AirAsia dapat dilakukan 14 hari hingga 1 jam sebelum waktu keberangkatan.

      Salam,
      Traveloka.com

  22. Sinar Dewi 

    Ut Penerbangan AIR ASIA apakah bisa memesan makanan dimuka via Traveloka?

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Sinar Dewi,

      Untuk add-ons seperti makanan hanya dapat dilakukan di situs www.airasia.com, bisa Anda lakukan saat web check-in dari 14 hari hingga 1 jam sebelum jam keberangkatan ya 🙂

      Salam,
      Traveloka.com

  23. Rustamaji 

    dsni kami masih belum tahu dalam metode pembayarannya, apa perbedaannya antara pembayaran melalui transfer dan ATM ? trimakasih tolong penjelasan

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Rustamaji,

      Penjelasannya ada di point ke-4 dari http://www.traveloka.com/faq#pembelian ya 🙂

      Salam,
      Traveloka.com

  24. citra u 

    Tolong bntuannya , memesan 2 tiket utk hari wkutu dan maskapai yg sama .. Terima kasih

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Citra,

      Silakan melakukan pemesanan langsung di situs kami http://www.traveloka.com
      Cara pesan mudahnya dapat dilihat di http://www.traveloka.com/howto

      Terima kasih.

      Salam,
      Traveloka.com

  25. Ahmad Mudzakkir 

    Dear Traveloka
    Saya, baru kali ini, pesan tiket di traveloka, hari minggu kemarin (22 Juni 2014) saya pesan tiket pulang pergi dengan Sriwijaya untuk tgl 30 Juli 2014 (pergi) dan 2 Agustus 2014 (pulang) , so far, traveloka memang keren bgt, kurang dari 1/2 jam e-tiket saya sudah terbit 😀 , akan tetapi, ketika saya coba cek no Booking dari e tiket yang saya terima, ke Web resmi Sriwijaya, mengapa data booking saya tidak di temukan ? apa karena jarak booking saya masih terlalu jauh (1 bulan lebih) ? Mohon di jawab yaa .. Thanks ..

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Ahmad,

      Bisa tolong diinformasikan kode PNR di e-tiket Anda atau no. pesanan agar kami lakukan pengecekan? Terima kasih.

      Salam,
      Traveloka.com

  26. Ahmad Mudzakkir Amal 

    No pesanan saya : 32295149
    Kode booking PNR : H72YF(SJ)
    Penerbangan Sriwijaya Air Jkarta – Ternate (Pulang – Pergi)
    Tolong di cek ya.. Thanks..

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Ahmad,

      Memang untuk tiket yang Anda beli di travel agent lain, tidak bisa dicek melalui website Sriwijayaair.co.id. Untuk mengecek tiket Anda, silakan menghubungi call center Sriwijaya Air di 021-29279777 atau 0804-1-777-777 dan sebutkan nomor tiket Anda yang tertera di e-tiket Traveloka sebagai referensi 🙂

      Salam,
      Traveloka.com

  27. Heri 

    – Booking tiket citilink via traveloka sampai terbit e-tiket : +/- 5 menit
    – Booking tiket xpress air via traveloka sampai terbit e-tiket : +/- 30 menit

    Nice Service service!

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Heri,

      Terima kasih atas kepercayaannya! 🙂

      Salam,
      Traveloka.com

  28. dilah 

    bagaimana dg penerbangan tigerair (TR) jkt-sin untk oktber 2014. saya sudah memesannya di traveloka pd bulan mei 2014. saya ingin mengecek apakah penerbangan saya tidak bermasalah sehubungan dg tidak beroperasi ny tigerair mandala. mohon bantuan nya…

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Dilah,

      Penerbangan Tigerair tidak berhenti beroperasi, yang berhenti adalah Tigerair Mandala (kode penerbangan RI). Anda bisa memastikan penerbangan Anda melalui call center atau social media Tigerair.

      Salam,
      Traveloka.com

  29. tessa 

    saya baru saja memesan tiket cgk-sin pp pesawat valuair untuk 3 orang tanggal 19-21 agustus. e-tiket sudah terkirim ke email saya namun tidak tercantum nomer tiket, hanya tercantum kode booking dan detail penumpang saja. apa jika nomer tiket tidak tercantum penumpang bisa berangkat? terima kasih

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Tessa,

      Bisa 🙂 Anda bisa melakukan web check-in di jetstar.com menggunakan kode PNR yang tertera di e-tiket Anda.

      Salam,
      Traveloka.com

  30. Safrul 

    Saya ingin tanya, saya mau pesan tiket segera, tapi ketika nanti akan check-in di bandara, pasti akan ditanyakan KTP/SIM, saya hanya punya surat bukti kehilangan dompet berisi KTP dan SIM dari kepolisian setempat dan surat keterangan pembuatan e-ktp dari Dinas Kependududkan dan Catatan Sipil (waktu itu saya harus cepat2 pulang ke Bogor jadi tdk sempat mengambil e-ktp yg sudah jadi). Apakah bisa check-in dengan bukti identitas seperti itu?
    Mohon jawabannya segera, terimakasih.

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Safrul,

      Seharusnya bisa 🙂

      Salam,
      Traveloka.com

  31. tika 

    selamat siang 🙂 saya mau bertanya. apakah web check in itu wajib ? dan apa kelebihannya ? terimakash 🙂

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Tika,

      Jika suatu airline menyediakan layanan web check-in, maka itu mempermudah Anda agar tidak perlu lagi mengantri di counter check-in di bandara untuk check-in. Ini berguna terutama jika Anda hanya membawa bagasi kabin, jadi lebih menghemat waktu. Untuk wajib atau tidaknya, bervariasi juga. Misalnya untuk AirAsia, disarankan agar Anda melakukan web check-in 14 hari sampai selambat-lambatnya 1 jam sebelum waktu keberangkatan. Untuk beberapa rute AirAsia, check-in melalui counter di bandara dapat dikenakan biaya tambahan.

      Salam,
      Traveloka.com

  32. Hasiholan 

    Dear Traveloka, saya mau tanya aja karena saya agak sedikit bingung nih. Kemarin saya udah print e-tiket yang dikirim ke email saya. saat saya teliti satu persatu terdapat perbedaan etiket yg saya print dengan contoh etiket yang tampak pada petunjuk langkah 5 cara pesan tiket . Pada e tiket yg sy print gak ada barcode nya dan pd bagian sudut kiri bawah tertulis E-TIKET RESMI PT. TRINUSA TRAVELINDO, sedang pada petunjuk langkah 5 ada barcode dan tertulis E-TIKET RESMI PT. TRAVELOKA INDONESIA. Mohon penjelasannya. Tks

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Hasiholan,

      E-tiket kami yang terbaru memang bertuliskan PT Trinusa Travelindo. Sebelumnya memang Traveloka Indonesia, namun keduanya merupakan agen resmi kami juga. Maaf jika mungkin sempat menimbulkan kebingungan 🙂

      Salam,
      Traveloka.com

  33. randy 

    untuk e tiket lion air apa bisa hanya menunjukan sms ringkasan e ticket pada waktu check in ?? Tanpa perlu print out e tiketnya..

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Randy,

      Seharusnya bisa, namun pastikan Anda menyertakannya dengan kartu identitas resmi berpas foto ya.

      Salam,
      Traveloka.com

  34. ika kartika 

    Selamat pagi traveloka
    Saya mau tanya kalau sudah booking tiket,print E-ticket apakah harus lapor sehari sebelum keberangkatan atau pada hari keberangkatan untuk dapat boarding pass
    Terima kasih

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Ika,

      E-tiket bisa langsung dibawa ke bandara pada hari keberangkatan, lalu ditukarkan dengan boarding pass di counter check-in ya.

      Salam,
      Traveloka.com

  35. salma jilda 

    Hai kak,saya masih kls 3 smp. Saya mau tanya pada saat pengecekan data apakah boleh jika memakai kartu pelajar?
    Mohon di jawab ya. Terimakasih ^_^

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Salma,

      Boleh, asalkan ada foto di kartu pelajar tersebut ya 🙂

      Salam,
      Traveloka.com

  36. Arief 

    Hi traveloka..

    Websitenya bagus, sederhana tapi sangat menarik, boleh info dong untuk pembuatan website seperti traveloka itu dimana??

    saya tunggu informasinya ya..

    salam
    arief

  37. lia 

    Untuk e ticket sriwijaya air apakah memerlukan web check in juga?
    nomor kursi penumpang utk pembelian tiket via traveloka memang tdk bisa memilih ya? Di e ticket kok tidak tercantum no kursi?
    Terima kasih

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Lia,

      Untuk Sriwijaya Air, memang tidak terdapat fasilitas web check-in. Tempat duduk bisa dipilih ketika check-in di bandara.

      Salam,
      Traveloka.com

  38. kartika 

    saya berencana untuk pesan pswt pp tgl 27-28 sept dr SUB ke DPS pake air asia tgl 27 sept 2014 pagi jam 05.50 dan pulang tgl 28 sept 2014 jam 22.55 tapi saya masih ragu karena pengalaman 3 kali dengan tiket promo air asia diganti sepihak dengan alasan tiket promo padahal waktu kami mepet banget. Apakah kalo saya pesan di traveloka dipastikan tidak ada perubahan jadwal dr air asia? kalo dipastikan tidak diubah saya sangat ingin memesan sekarang. terima kasih.

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Kartika,

      Mengenai perubahan jadwal keberangkatan, hal itu sepenuhnya ditentukan oleh pihak maskapai. Jika ada perubahan, pihak maskapai dan Traveloka pastinya akan menghubungi Anda in advance. Terima kasih.

      Salam,
      Traveloka.com

  39. nurul husna 

    Saya mau tanya, kalo tiket untuk anak2 harus di dampingi 1 orang dewasa, sementara tiket untuk dewasa sudah terlebih dahulu di booking. Apakah tiket dewasa bisa dipakai anak2. Karena tidak mungkin beli tiket untuk dewasa lagi.

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Nurul,

      Tiket tersebut hanya dapat dipakai berdasarkan nama yang tertera di tiket. Anda dapat menghubungi maskapai yang bersangkutan untuk menambahkan penumpang anak-anak.

      Salam,
      Traveloka

  40. Imam Saiful 

    Saya telah memesan ticket melalui TRAVELOKA.com

    Saat saya check-in web dan hendak pick a seat kerepotan masalah pembayaran (karena tidak memiliki sarana pembayaran melalui prosedur maskapai)
    Bisakah traveloka membantu untuk pick a seat semudah saya memesan ticket??

    Terima kasih traveloka

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Imam,

      Sayang sekali namun untuk pick a seat di web maskapai memang harus menyesuaikan dengan pilihan pembayaran yang tersedia di web maskapai tersebut.

      Salam,
      Traveloka.com

  41. Ngurah Utama 

    apakah jika menggunakan invoice pemesanan dari agen sudah dapat ditukarkan menjadi boarding pass?
    di dalam invoice tercantum booking code, ticket number. terima kasih

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Ngurah Utama,

      Asalkan ada kode PNR yang sesuai dengan tanda identitas resmi Anda, hal itu bisa dilakukan. Walaupun demikian, sertakan juga e-tiket untuk kelancaran proses check-in Anda.

      Salam,
      Traveloka.com

  42. Calvin 

    Saya berencana ke bali pada akhir April 2015
    Apakah harga yang dicantumkan benar benar valid ? Karena saya tergolong baru dalam hal online booking
    Dan bagaimana jika saat melakukan check-in , kode booking tidak valid ?
    Terima Kasih

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Calvin,

      Untuk panduan booking online, dapat dilihat secara lengkap langkah-langkahnya di http://www.traveloka.com/howto

      Kode booking yang sudah didapat boleh dikonfirmasikan sekali lagi validity-nya ke pihak maskapai dengan menghubungi langsung call center maskapai yang bersangkutan.

      Salam,
      Traveloka

  43. rizha 

    mau tanya dong, sy udah pesen online tiket airasia, apa memang tidak bisa pilih tempat duduk ya kok tidak ada form pilih tmpat duduk nya? mksih..

    1. Traveloka Traveloka 

      Halo Rizha,

      Untuk AirAsia, tempat duduk sudah ditentukan langsung oleh maskapai. Anda bisa request pindah tempat duduk sesuai keinginan Anda (pick a seat) pada proses web check-in di website airasia.com sejak 14 hari sebelum keberangkatan. Adapun hal tersebut dikenakan biaya sekitar Rp 25.000 yang dibayarkan langsung di website tersebut.

      Salam,
      Traveloka

  44. NANDA 

    saya mau tanya,, untuk web check-in citilink, bisa dilakukan sejak kapan ya? terimakasih.

    1. Traveloka Traveloka 

      Halo Nanda,

      Untuk web check-in Citilink dapat dilakukan mulai 7 hari hingga 45 sebelum jam keberangkatan.

      Salam,
      Traveloka

  45. k.widodo 

    Malem.. mo bertanya utk pembayaran melalui credit card apakah kena cas tambahan.. apabila ada promo untuk cc tersebut apa bsa d gunakan.. trims

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai K. Widodo,

      Traveloka tidak mengenakan biaya transaksi untuk semua jenis pembayaran. Untuk menjawab pertanyaan kedua, ya bisa asalkan promo kartu kredit tersebut memang sedang ada kerjasama dengan Traveloka. Contoh: http://www.traveloka.com/bca dan http://www.traveloka.com/happyfridaywithvisa

      Salam,
      Traveloka

  46. George 

    saya mencoba cek in web citilink dan muncul pesan error NullReferenceException, itu kenapa ya?
    terima kasih tim traveloka

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai George,

      Apakah sudah mengikuti ketentuan web check-in Citilink sesuai yang tertera di halaman e-tiket Anda? Jika ya dan masih belum bisa, mungkin sedang ada gangguan sistem web check-in pada sistem Citilink. Kami sarankan Anda untuk menghubungi call center Citilink dan menanyakan hal tersebut. Terima kasih.

      Salam,
      Traveloka

  47. khairaul 

    saya mau tanya, kalau salah pengetikan gelar nama atau satu huruf dr nama orang, kira2 bsa dperbaiki dmana yaa? thanks

    1. Traveloka Traveloka 

      Halo Khairaul,

      Jika tiket sudah diterbitkan, Anda bisa ganti nama langsung melalui call center maskapai yang bersangkutan. Biasanya jika kesalahan hanya pada 1 huruf, tidak dikenakan biaya.

      Salam,
      Traveloka

  48. Petra Michael 

    Hai traveloka, mau nanya. Saya sudah melakukan web checkin, tapi apakah saya harus print boarding pass dgn jenis kertas yg sama dengan counter bandara atau bisa dengan kertas print biasa. Terimakasih.

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Petra,

      Jika maskapai yang Anda gunakan menyediakan fasilitas print boarding pass saat web check-in, maka Anda dapat print di atas kertas A4 biasa. Jika tidak, maka di saat web check-in Anda hanya check-in saja, dan tetap dapat menukar tiket dengan boarding pass saat di counter maskapai di bandara.

      Salam,
      Traveloka

  49. Fitriyaningsih 

    Selamat malam, sebelumnya saya mau tanya, apa sistem di Traveloka ketika sudah transfer dan transfer dinyatakan berhasil langsung ke pencetakan E-ticket tidak perlu memasukkan no bukti transfer ? pertanyaan kedua, saya pemula di pemesanan tiket, karena ini pertama kali naik pesawat yang harus mengurus sendiri, biasanya diurus oleh pihak tempat kerja, nah saya kan merantau jauh, saya memesan tiket untuk mudik lebaran (sekitar tanggal 9 juli 2015) apakah pemesanan saya dipastikan tidak akan diubah dr segi jadwal pemberangkatan dan harga yang sudah dibayarkan ? saya memesan tiket sekarang selain Traveloka yang keren sekali bisa memberikan harga dibawah harga maskapai juga pencariannya cepat, dan yang pasti klo pesan akhir2 takut kehabisan tiket, terimakasih sebelumnya, salam dari saya.

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Fitriyaningsih,

      Kami akan coba menjawab pertanyaan Anda:
      1. Jika Anda memilih metode pembayaran ‘Transfer’, Anda dapat mengkonfirmasi pembayaran dengan mengklik tombol yang ada di halaman konfirmasi maupun link yang ada di email Petunjuk Pembayaran. Pastikan jumlah yang ditransfer benar-benar sesuai dengan total tagihan yang harus dibayarkan dan jangan dibulatkan.
      2. Mengenai jadwal keberangkatan, umumnya tidak akan berubah kecuali jika ada kebijakan dari maskapai terkait sewaktu-waktu. Perubahan tersebut bisa dikarenakan banyak hal: bencana alam, alasan keamanan maupun komersial, namun biasanya maskapai akan memberikan pengganti penerbangan dan akan diumumkan juga melalui Traveloka ke email Anda sekiranya ada. Mengenai harga, harga tiket yang sudah issued atau diterbitkan tidak akan berubah lagi harganya.

      Semoga cukup menjelaskan pertanyaan Anda. Terima kasih.

      Salam,
      Traveloka

  50. Vina 

    hai traveloka..
    mau tanya..
    seumpama hari ini saya mau memesan tiket (27 okt 14), tepat untuk esok hari (28 okt 14), apakah bisa langsung diproses secepatnya?
    sebab, saya punya rencana membelikan tiket untuk suami saya pada saat mendekati hari kelahiran putra kami.
    Tapi posisi suami saya sekarang ada di pangkalan bun (maskapai yang tersedia Trigana air & Kalstar Aviation), sedangkan sekarang posisi saya di jawa tengah.
    Dan dia belum bisa menggunakan email.
    apa saya bisa, cukup memberikan kode booking kepada suami saya??
    terimakasih sebelumnya.

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Vina,

      Mohon lakukan pencarian dan jika hasil pencarian ditampilkan, maka Anda dapat memesannya. Kode booking saja cukup diberika kepada suami Anda, asalkan nama di e-tiket sesuai dengan nama di KTP/Paspor/SIM.

      Salam,
      Traveloka

  51. Lie 

    Halo Traveloka, mau tanya. Bagaimana cara mencetak tiket yang sudah lewat untuk mengetahui perincian harga tiketnya? Soalnya tiketnya mau dipakai buat bukti pembayaran di kantor. Terima kasih sebelumnya..

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Lie,

      Anda dapat menggunakan fitur Cek Pemesanan yang ada di menu atas http://www.traveloka.com atau jika Anda memiliki akun di Traveloka, silakan login dan gunakan fitur Pemesanan Saya -> klik tombol Detail. Di situ Anda akan menemukan invoice dan e-tiket dari tiap pemesanan yang pernah Anda lakukan di Traveloka.

      Salam,
      Traveloka

  52. Gayuh JP 

    Selamat sore,
    Saya mau tanya, kalau saya tidak sempat memprint e-tiket, apakah bisa menunjukkan tiket dgn pdf di smartphone??

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Gayuh,

      Seharusnya bisa, namun pastikan kode PNR terlihat jelas dan nama di e-tiket sesuai dengan kartu identitas berfoto resmi yang Anda bawa nanti.

      Salam,
      Traveloka

  53. ari wibowo ginting 

    Apakah chek harus pakai ktp. Kalau ktm( kartu tanda mahasiswa boleh??
    Ths.

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Ari,

      Asalkan berfoto dan resmi, seharusnya bisa.

      Salam,
      Traveloka

  54. wiwien mardianto 

    Halo… sy wiwien dari pontianak kalbar. Saya tertarik untuk membuka keagenan tour&travel, apakah Traveloka/Trinusa Travelindo bisa memfasilitasi hal tersebut..?? Terimakasih

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Wiwien,

      Terima kasih atas ketertarikannya, namun saat ini Traveloka belum membuka sistem sub-agen. Pemesanan dapat dilakukan langsung di situs kami http://www.traveloka.com ya 🙂

      Salam,
      Traveloka

  55. Rufaida Foes 

    Salam, Bisa bantu saya… cara pesan tiket lion air untuk 5 penumpang tapi hanya mnngunakan 1 kode booking. Terima kasih

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Rufaida Foes

      Untuk booking tiket Lion Air bisa dilakukan langsung di website www.traveloka.com. Silakan masukkan data penumpang sesuai dengan jumlah penumpang yang akan berangkat.

      Salam,
      Traveloka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 Shares
Share12
Pin
Share
Tweet
+1