0

Traveloka Team

22 Jan 2020 - 3 min read

Daftar Istilah Dunia Perhotelan yang Menjawab Kebingunganmu

Sejumlah istilah seputar perhotelan terdengar cukup asing bagi sebagian orang. Kamu yang belum pernah melakukan pemesanan hotel sebelumnya, kemungkinan akan bingung saat menemukan istilah-istilah tertentu di proses pemesanan untuk pertama kalinya.

Untuk itu, Traveloka berusaha membantumu dengan cara merangkum istilah apa saja yang kurang familier di telingamu. Barangkali, kamu sudah pernah mendengar atau membacanya, tapi masih sulit membedakan maksud dari setiap istilah. Berikut rangkumannya:

Hotel vs. Hostel

Saat kamu membaca kata ‘hostel’, kamu memang membacanya dengan benar. Ini bukan kesalahan pada penulisan kata ‘hotel’ yang kelebihan huruf ‘s’. Istilah ‘hotel’ dan ‘hostel’ sama-sama terdaftar dalam kamus, bedanya ada di masing-masing fasilitas yang disediakan.

Umumnya, hostel dikenal sebagai penginapan dengan tarif lebih rendah dibandingkan hotel karena perbedaan pada tingkat fasilitas yang diberikan. Di hostel, satu kamar atau ruangan bisa diisi sejumlah ranjang tidur, baik bertingkat atau bukan. Ini tentu saja berbeda dengan hotel yang setiap kamarnya hanya boleh ditempati oleh maksimal dua atau tiga orang tamu saja.

Selain jumlah tempat tidur dalam satu kamar, perbedaan juga bisa terlihat pada kamar mandi. Hostel biasa menyediakan fasilitassharing bathroomatau satu kamar mandi yang dipakai oleh tamu dari beberapa kamar. Fasilitas lain seperti sarapan juga tidak selalu disediakan di sini.

Free cancellation vs. Non-refundable

Saat kamu sedang berburu hotel untuk liburan, kamu bisa melihat keteranganfree cancellationdannon-refundableyang tertera pada setiap kamar. Jangan diabaikan! Mengetahui kamar yang kamu pesan ada keteranganfree cancellationsangatlah penting karena bisa menghindarkanmu dari kerugian nantinya.

Kamar dengan keteranganfree cancellationartinya jika pesanan dibatalkan sebelum tanggal tertentu, kamu bisa mendapatkan uangmu kembali. Ini kebalikan dari kamarnon-refundableyang uangmu akan hangus begitu saja saat kamu membatalkan pemesanan. Karenanya, harga kamar yangrefundablebiasanya lebih tinggi dibandingkannon-refundable.

Sedikit tips buatmu yang bingung memilih antara kamarfree cancellationataunon-refundable. Jika kamu merencanakan liburan singkat dalam waktu dekat dan kemungkinan besar sudah pasti, pilih saja kamarnon-refundableyang lebih murah. Sedangkan untuk rencana liburan yang masih lama, sebaiknya pilih kamar dengan kebijakanfree cancellationkarena kamu tak pernah tahu jika suatu hal akan terjadi dan membuatmu membatalkan rencana liburanmu.

Double Bed vs. Twin Bed

Double beddantwin bedbedanya apa? Bedanya di jumlah tempat tidur yang ada di dalam kamar.Double bedmerupakan satu tempat tidur selebar duasinglebedjika digabungkan. Sedangkantwin bedadalah istilah untuk menyebut kamar yang berisi dua tempat tidur atau kasur berukuransingle.

Dua jenisbedini seharusnya menjadi bahan pertimbangan dalam memilih jenis kamar. Jika kamu menginap sendiri, sebaiknya pilihdouble bedyang berisi satu kasur dengan ukuran besar. Sedangkan jika menginap berdua teman, pilih sajatwin bedyang menyediakan dua kasur ukuran satu orang.

Adjoining Room vs. Connecting Room

Adjoining roomdanconnecting roommerupakan istilah perhotelan yang cukup familier bagi tamu yang menginap bersama keluarga atau rombongan. Keduanya memiliki perbedaan yang tipis.

Adjoining roommerupakan dua kamar yang bersebelahan dan dipisahkan oleh tembok saja, tapi tetap memiliki pintu masing-masing. Kamar jenis ini biasa dipesan oleh tamu rombongan atau keluarga yang memiliki anak usia remaja.Adjoining roommenjaga privasi masing-masing setiap kamar, meskipun posisinya bersebelahan.

Ini berbeda denganconnecting roomyang memiliki pintu akses antar kamar. Kamar jenis ini merupakan dua kamar yang digabungkan menjadi satu.Connecting roomsangat cocok untuk tamu satu keluarga yang membawa anak-anak menginap. Dengan begitu, orangtua bisa memantau keadaan anak-anak, dan si kecil tetap bisa dengan leluasa menghampiri orangtuanya.

Mini-bar

Istilahmini-barsepertinya sudah tidak terlalu asing bagi banyak orang, tapi tahukah kamu apa yang dimaksud denganmini-bar?Mini-barbukan berarti sebuahbarataupubkecil yang berada di dalam kamar, tapi sebuah kulkas yang berada di dalam kamar dan berisi minuman juga makanan ringan.

Untuk tipe kamar tertentu, pihak hotel memang menyediakan fasilitas ini bagi tamu. Sebagai catatan, makanan dan minuman yang ada di dalamnya tidak gratis, ya. Jika kamu mengonsumsinya, kamu akan dikenakan biaya tambahan saatcheck-out.

Setelah mengetahui istilah-istilah ini, diharapkan proses pemesanan hotelmu jadi lebih mudah. Demi membuatmu semakin nyaman saat memesan hotel, Traveloka juga melengkapi detail setiap kamarnya dengan sejumlah keterangan penting yang pastinya bisa menghindarkanmu dari kerugian atau rasa menyesal nantinya. Pilih kamarhotel yang sesuai kebutuhanmuuntuk liburan, ya!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan