Daftar Istilah Dunia Perhotelan yang Menjawab Kebingunganmu

Ayu
By Ayu 24 November 2016

Sejumlah istilah seputar perhotelan terdengar cukup asing bagi sebagian orang. Kamu yang belum pernah melakukan pemesanan hotel sebelumnya, kemungkinan akan bingung saat menemukan istilah-istilah tertentu di proses pemesanan untuk pertama kalinya.

Untuk itu, Traveloka berusaha membantumu dengan cara merangkum istilah apa saja yang kurang familier di telingamu. Barangkali, kamu sudah pernah mendengar atau membacanya, tapi masih sulit membedakan maksud dari setiap istilah. Berikut rangkumannya:

Hotel vs. Hostel

Saat kamu membaca kata ‘hostel’, kamu memang membacanya dengan benar. Ini bukan kesalahan pada penulisan kata ‘hotel’ yang kelebihan huruf ‘s’. Istilah ‘hotel’ dan ‘hostel’ sama-sama terdaftar dalam kamus, bedanya ada di masing-masing fasilitas yang disediakan.

Umumnya, hostel dikenal sebagai penginapan dengan tarif lebih rendah dibandingkan hotel karena perbedaan pada tingkat fasilitas yang diberikan. Di hostel, satu kamar atau ruangan bisa diisi sejumlah ranjang tidur, baik bertingkat atau bukan. Ini tentu saja berbeda dengan hotel yang setiap kamarnya hanya boleh ditempati oleh maksimal dua atau tiga orang tamu saja.

Selain jumlah tempat tidur dalam satu kamar, perbedaan juga bisa terlihat pada kamar mandi. Hostel biasa menyediakan fasilitas sharing bathroom atau satu kamar mandi yang dipakai oleh tamu dari beberapa kamar. Fasilitas lain seperti sarapan juga tidak selalu disediakan di sini.

Free cancellation vs. Non-refundable

Saat kamu sedang berburu hotel untuk liburan, kamu bisa melihat keterangan free cancellation dan non-refundable yang tertera pada setiap kamar. Jangan diabaikan! Mengetahui kamar yang kamu pesan ada keterangan free cancellation sangatlah penting karena bisa menghindarkanmu dari kerugian nantinya.

Kamar dengan keterangan free cancellation artinya jika pesanan dibatalkan sebelum tanggal tertentu, kamu bisa mendapatkan uangmu kembali. Ini kebalikan dari kamar non-refundable yang uangmu akan hangus begitu saja saat kamu membatalkan pemesanan. Karenanya, harga kamar yang refundable biasanya lebih tinggi dibandingkan non-refundable.

Sedikit tips buatmu yang bingung memilih antara kamar free cancellation atau non-refundable. Jika kamu merencanakan liburan singkat dalam waktu dekat dan kemungkinan besar sudah pasti, pilih saja kamar non-refundable yang lebih murah. Sedangkan untuk rencana liburan yang masih lama, sebaiknya pilih kamar dengan kebijakan free cancellation karena kamu tak pernah tahu jika suatu hal akan terjadi dan membuatmu membatalkan rencana liburanmu.

Double Bed vs. Twin Bed

Double bed dan twin bed bedanya apa? Bedanya di jumlah tempat tidur yang ada di dalam kamar. Double bed merupakan satu tempat tidur selebar dua single bed jika digabungkan. Sedangkan twin bed adalah istilah untuk menyebut kamar yang berisi dua tempat tidur atau kasur berukuran single.

Dua jenis bed ini seharusnya menjadi bahan pertimbangan dalam memilih jenis kamar. Jika kamu menginap sendiri, sebaiknya pilih double bed yang berisi satu kasur dengan ukuran besar. Sedangkan jika menginap berdua teman, pilih saja twin bed yang menyediakan dua kasur ukuran satu orang.

Adjoining Room vs. Connecting Room

Adjoining room dan connecting room merupakan istilah perhotelan yang cukup familier bagi tamu yang menginap bersama keluarga atau rombongan. Keduanya memiliki perbedaan yang tipis.

Adjoining room merupakan dua kamar yang bersebelahan dan dipisahkan oleh tembok saja, tapi tetap memiliki pintu masing-masing. Kamar jenis ini biasa dipesan oleh tamu rombongan atau keluarga yang memiliki anak usia remaja. Adjoining room menjaga privasi masing-masing setiap kamar, meskipun posisinya bersebelahan.

Ini berbeda dengan connecting room yang memiliki pintu akses antar kamar. Kamar jenis ini merupakan dua kamar yang digabungkan menjadi satu. Connecting room sangat cocok untuk tamu satu keluarga yang membawa anak-anak menginap. Dengan begitu, orangtua bisa memantau keadaan anak-anak, dan si kecil tetap bisa dengan leluasa menghampiri orangtuanya.

Mini-bar

Istilah mini-bar sepertinya sudah tidak terlalu asing bagi banyak orang, tapi tahukah kamu apa yang dimaksud dengan mini-bar? Mini-bar bukan berarti sebuah bar atau pub kecil yang berada di dalam kamar, tapi sebuah kulkas yang berada di dalam kamar dan berisi minuman juga makanan ringan.

Untuk tipe kamar tertentu, pihak hotel memang menyediakan fasilitas ini bagi tamu. Sebagai catatan, makanan dan minuman yang ada di dalamnya tidak gratis, ya. Jika kamu mengonsumsinya, kamu akan dikenakan biaya tambahan saat check-out.

Setelah mengetahui istilah-istilah ini, diharapkan proses pemesanan hotelmu jadi lebih mudah. Demi membuatmu semakin nyaman saat memesan hotel, Traveloka juga melengkapi detail setiap kamarnya dengan sejumlah keterangan penting yang pastinya bisa menghindarkanmu dari kerugian atau rasa menyesal nantinya. Pilih kamar hotel yang sesuai kebutuhanmu untuk liburan, ya!

Summary
Daftar Istilah Dunia Perhotelan yang Menjawab Kebingunganmu
Judul Artikel
Daftar Istilah Dunia Perhotelan yang Menjawab Kebingunganmu
Description
Hotel vs. Hostel Free cancellation vs. Non-refundable Double Bed vs. Twin Bed Adjoining Room vs. Connecting Room Mini-bar
Author
Publisher
Traveloka
Tulis komentarmu di sini:

Dapatkan Tips dan Informasi Wisata, GRATIS !
Tags