Boarding Pass di Smartwatch, Tidak Perlu Kertas

boarding pass smartwatch

Kabar baik untuk Anda penyuka gadget dan traveling. Tidak hanya Google Glass yang membuat proses check-in jadi makin canggih, penumpang kini tidak perlu repot cari-cari boarding pass lagi untuk ditunjukkan ke petugas. Cukup dengan menunjukkan jam tangannya, penumpang sudah bisa naik ke pesawat.

Mungkin Anda sudah familiar dengan smartwatch seperti Samsung Gear 2 (untuk dipasangkan dengan Samsung smartphone) dan Pebble (untuk iPhone)? Tanpa perlu print boarding pass dalam bentuk kertas, Anda cukup menunjukkan boarding pass yang ada di jam tangan untuk sampai duduk di pesawat. Maskapai Iberia dari Spanyol dan Air Berlin dari Jerman menjadi dua maskapai yang memberi kemudahan ini bagi penumpangnya, setelah sebelumnya Virgin Atlantic dengan Sony Smartwatch-nya.

Bagaimana cara kerja boarding pass di jam tangan cerdas ini? Barcode penumpang pesawat diunduh ke aplikasi yang ada di smartwatch. Selain barcode, smartwatch juga menampilkan waktu keberangkatan, nomor gerbang (gate number) dan tempat duduk.

Menurut Kepala Digital Business Iberia, Miguel Angel Henales, teknologi boarding pass di smartwatch ini adalah tantangan sekaligus terobosan baru di pasar yang ada sekarang. Beliau yakin bahwa hal ini akan menjadi sangat populer di kalangan penumpang pesawat dalam waktu dekat.

Kita tunggu saja maskapai di Indonesia menerapkan hal serupa 🙂

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1