Samoa Air – Berat Badan Tentukan Tarif Pesawat. Serius?

Samoa Air – Berat Badan Tentukan Tarif Pesawat. Serius?

samoa air

Demikianlah kebijakan Samoa Air, maskapai kecil sebuah negara di kepulauan Pasifik bernama Samoa. Sebagai maskapai pertama dan satu-satunya di dunia yang menentukan tarif penumpang berdasarkan berat badan, Samoa Air memiliki slogan yang berbunyi: “A Kilo is a Kilo is a Kilo”.

Ketika melakukan pemesanan, calon penumpang diminta mengisi informasi tentang berat badan mereka dalam Kilogram. Kemudian tarif akan ditentukan berdasarkan tarif jarak penerbangan dikalikan berat badan. Penumpang akan kembali ditimbang pada saat check-in di counter bandara.

Berikut ini contoh perhitungannya: Tarif per kg adalah US$ 0.57 untuk penerbangan domestik. Untuk penerbangan internasional (saat ini hanya ke American Samoa) berjarak 402 km, dikenakan tarif US$ 1.03 per kg. Maka, seorang penumpang dengan berat badan 150kg dalam penerbangan internasional akan dikenakan tarif sejumlah US$ 154.50. Tarif untuk anak-anak di bawah 12 tahun adalah 75% dari tarif penumpang dewasa.

samoa air

CEO Samoa Air, Chris Langton mengatakan bahwa sistem tarif ini adalah adil dan sama sekali tidak mengandung unsur diskriminasi. Selama ini, industri penerbangan memiliki konsep bahwa semua orang memiliki berat yang sama, padahal performa pesawat sangatlah bergantung pada berat yang diangkutnya. Sistem unik ini terbukti sangat menghemat biaya operasional penerbangan dalam kebanyakan kasus. Belum lama ini, maskapai yang berdiri tahun 2012 ini mulai menawarkan kursi khusus untuk penumpang berbadan XXL dengan ukuran selebar 2 kursi dan extra legroom 14 inchi.

Selain kontroversi, sistem unik ini juga mendapat sambutan positif. Warga Samoa menjadi termotivasi untuk menjalani hidup sehat demi membayar lebih murah. Samoa Air juga menjalin kerja sama dengan sebuah pusat kebugaran (gym) yang memberikan voucher diskon tiket pesawat bagi anggota gym yang berhasil menurunkan berat badan.

Menurut WHO (World Health Organization), Samoa menduduki peringkat ke-4 dalam daftar 10 negara dengan tingkat obesitas tertinggi. Di tahun 2008, hampir 60% dari penduduk Samoa mengalami obesitas.

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1