Bandara dan Kebun Binatang Jadi Satu di Jambi, Pertama di Dunia

bandara sultan thaha jambi kebun binatang

Bisa jadi Indonesia punya bandara terunik di dunia, yaitu bandara pertama yang menyatu dengan kebun binatang. Inilah Bandara Sultan Thaha Sjaifuddin di Jambi, Sumatra. Bandara yang sedang dalam tahap pembangunan kembali ini dikelola oleh PT Angkasa Pura II. Mengapa bandara ini menyatu dengan kebun binatang? Apakah pemerintah Jambi sudah mengantisipasi jika ada fauna yang lari ke landasan pesawat?

Pada dasarnya, lokasi bandara Sultan Thaha berkonsep unik ini terletak di dekat Kebun Binatang Taman Rimbo milik negara. Rencananya, kebun binatang akan diperbesar hingga menyatu dengan bandara, tepatnya dengan area rekreasi dan niaga bandara. Untuk sampai di bandara, pengunjung bandara akan harus melewati beragam satwa yang ada di kebun binatang.

Konsep unik ini merupakan strategi yang dianggap akan menguntungkan kedua belah pihak: bandara dan kebun binatang. Saat ini, Taman Rimbo milik Pemerintah Daerah Jambi tidak banyak dikunjungi dan membutuhkan banyak peningkatan. Pemda Jambi akan bekerja sama dengan Taman Safari untuk membenahi kebun binatang. Di lain sisi, Tri Sunoko selaku Dirut AP II menganggap konsep airport zoo pertama di dunia ini memiliki potensi untuk menjadi daya tarik hingga ke taraf internasional.

PT AP II akan memastikan agar lalu lintas menuju bandara tidak akan mengganggu kebun binatang, demikian juga sebaliknya. Bandara Sultan Thaha sudah hampir selesai pembangunannya, hanya tinggal bagian dalamnya. Tri Sunoko mengatakan, bandara akan diresmikan pada November 2014 dan bila sesuai rencana akan memulai aktivitas pada tahun 2015.

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1