Airport Tax Soekarno-Hatta Akan Naik 150% Seiring Peningkatan Fasilitas

CGK airport tax

Airport tax di Bandara Internasional Soekarno-Hatta direncanakan akan mengalami kenaikan 100% – 150%. Saat ini pajak bandara domestik adalah sebesar Rp 40.000 dan dipertimbangkan untuk naik menjadi Rp 75.000 – Rp 100.000. Kapankah kenaikan ini mulai diberlakukan?

Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Tri Sunoko menjelaskan, kenaikan akan diberlakukan segera setelah renovasi Bandara dirampungkan, khususnya Terminal 3. Desain dari Terminal 3 lebih modern dari Terminal 1 dan 2, dan saat ini menjadi base dari AirAsia (domestik & internasional), Lion Air (tujuan Bali), Batik Air serta Tigerair Mandala. Naiknya airport tax dianggap sebagai penyesuaian yang wajar, mengingat fasilitas dan pelayanan di bandara secara keseluruhan juga semakin ditingkatkan.

Fasilitas di Terminal 2 pun juga akan mengalami peningkatan. General Manager Terminal 2 AP II Syaiful Bahri mengungkapkan bahwa Terminal 2 akan segera dilengkapi dengan jaringan Internet WiFi menyeluruh. Fasilitas umum lain yang seharusnya sudah menjadi standar internasional juga segera dibenahi, mulai dari toilet bagi penyandang cacat, lift penumpang, sampai ruang menyusui (nursery room).

Untuk jangka panjang, Bandara internasional tersibuk ke-9 di dunia dengan 57,8 juta penumpang per tahun ini akan dilengkapi dengan sarana transportasi Monorel. Monorel akan menghubungkan antara Terminal 1, 2 dan 3. Proyek berdana Rp 2,3 triliun ini dijadwalkan untuk mulai pada September 2013 dan selesai pada pertengahan 2015. Tentunya fasilitas monorel bandara akan berdampak juga pada airport tax.

Traveloka
contributor

Sebelumnya
Mulai 25 Juli 2013, Bandara Kuala Namu Kebanggaan Kota Medan Resmi Beroperasi
Selanjutnya
Airport Tax Soekarno-Hatta Akan Naik 150% Seiring Peningkatan Fasilitas
Pendapat:
Nilai:
0 votes, average: 0,00 out of 50 votes, average: 0,00 out of 50 votes, average: 0,00 out of 50 votes, average: 0,00 out of 50 votes, average: 0,00 out of 5 0,00
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
Comment (10)
  1. Nia Barn 

    GILEEE….. harganya udah hampir sepenuhnya harga tiket promo. OMG!!!! kita hidup di negara yg tukang mintain duit dimana ada cela untuk didapetin duit…
    berikut perhitungan kl mau ke bandara:
    taxi minimal 150 ribu
    tiket promo 200 ribu
    + airport tax for domestic 100 rb
    total 450 rb.
    dari perhitungan diatas aja belum sampe tujuan malah lebih biaya tiketnya dari pada mau pergi kebandaranya. dan ini berlaku CUMA DI INDONESIA !!!!

    wake up MAN !!!, alokasi pemungutan pajak lainnya lari kemana !!!!, utang negara ga dibayar2 tp mungutin pajak dimana ada sela langsung buat peraturan pemungutan baru!!! BBSA THIS COUNTRY

    1. Bonyo 

      Jgn tolol idiot dong bos. Di singapore aja tiket jetstar $2 , airport tax $34 . Pls lah jgn idiot

    2. yuniar 

      Bonyo, gak usah pake kata2 kasar gitu lah… lu dididik gak sih ama emak lu. Di singapore air tax 34$ tapi pelayanan maksimal. Di indonesia, barang penumpang masih sering ilang, nunggu bagasi keluar bisa 1 jam. Dengan pelayanan kayak gitu ya gak pas lah air tax naik. Perbaiki dulu pelayanan baru naikkin ait tax.

  2. yusuf 

    masya allah,,bukannya kenaikan bbm sdh mncekik rakyat..knpa dilanjutkan lagi ama airport tax yg smkin mnyengsarakan.kalau mmang bgini g usahlah mnyetarakan bandara kita dengan bandara yg ada diluar negeri.yg sekarang aja dah cukup buat kita,knp kita harus gengsi dng bandara orang lain,smentara diluar mereka mmbangun gdung bandara mereka dng biaya dari alokasi dana negara.kok kita harus mngorbankan rakyat demi gengsi ke pembangunan di negara lain.kalau toch cuman segitu kita yg jadi rakyat biasa dah bersyukur kok atas smua ni.jng tambah penderitaan rakyat kita.

  3. Yani Leii 

    Astaga tarif tax mao dinaikin pdhl tiket pesawat saja sudah mahal belom lgi taxi ke bandara n belom smpe tjuan hrus ada biaya lagi..sebaiknya untuk kenaikan tdk.mencapai 150 persen kasihan rakyat Indonesia..berharap pendapat masyarakat diterima

  4. alhafiz atsari 

    ini lah Indonesia
    semua nya naik
    yg miskin tidak bisa lagi merasa kan penerbangan murah

  5. tonny 

    naik pesawatnya 45 menit…nunggu bagasinya 50 menit…model kayak gini mau naikin tax? helloooooooooo???????

  6. ari 

    o,,,a…lah pak semakin tahun kok SDMnya kurang bagus sih kalau naik harga Airport tax ya jangan ter lalu…malu sama negara2 lain dan masyarakat kita…bila naik ya dari 40 ribu ya jadi 45 ribu atau 50 ribu….jangan 150% dan bahkan lebih kelihatan betul…SDM nya kurang bagaian marketingnya….jangan heran bila masyarakat membenci pemimpin2 bangsa….punya bawahan seperti itu….kacau…..kacau…..peraturan buat cari untung…..tak membangun…sam sekali…coba di pikirkan dengan matang……..ng……

  7. christine 

    Lha wong kamar mandinya aja masih bau pesing plus kotoooor kok mau naik . .malu donk pak! ! !

  8. Jai 

    Saya berharap smua pembayaran baik tol dan air port tax kedepan bisa memakai electronic alias cash less, termasuk bayar parkir. Masyarakat juga hrs mendukung program ini kalau mau uangnya ga bocor ke oknum2 tertentu, dan tentunya pengajuan kenaikan kan mestinya di ketahui perwakilan rakyat ya…mana itu suara rakyat yg duduk di dewan….ini menurut sy menaikkan sepihak. Jangan2 pemasukan dan pengeluaran tidak ad yg mengaudit AP, siapa coba yg mengaudit Angkasa Pura selama ini. Transparan ga…di tambah lagi menurut saya fasilitas di bandara di Indonesia masih jauh dari kata2 International…Toilet bau, kursi ruang tunggu ga manusiawi, AC panas, debu di mana-mana, pengeras suara yg kurang enak di dengar seperti corong mau demo, tangga naik turun tdk di lengkapi baggage carrier, alias hrs di tenteng pada saat bawa bagasi kl melewati tangga, orang merokok di mana-mana, ada ojek pula, mau transit msh cari2 bis kuning dan lama lagi…kalikan sj 75rb kali 10,000 penumpang utk domestic sdh terkumpul 750jt, blm international, blm parkir pesawat, parkir mobil…kemana tuh uang 1,5M/hari…mungkin lebih dari 1.5M/hari…baiknya pakai KAI sj, ga perlu bayar air port tax, cukup pakai bus way sdh sampai Gambir, dan butuh 8 jam sj mulai akhir April jalurnya ganda sampai k Surabaya….promo nih yee (cukup 300rb aj).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1