8 Maskapai Bandel Ditegur Kemenhub

8 Maskapai Bandel Ditegur Kemenhub

maskapai ditegur kemenhub

Delapan maskapai ditegur oleh Kemenhub karena menentukan tarif batas atas melebihi ketentuan.

Pelanggaran ini terjadi di periode yang berbeda-beda, dan 8 maskapai ini ditegur oleh Kemenhub untuk segera menurunkan tarif.

Delapan maskapai “bandel” tersebut adalah: Garuda Indonesia, Kalstar Aviation, Tigerair Mandala, Indonesia AirAsia, Indonesia Air Transport, Susi Air, Citilink dan TransNusa.

Berikut adalah kejadiannya:

Dari 30 Oktober – 1 November 2013, Garuda Indonesia melanggar batasan atas tarif untuk rute Denpasar-Lombok serta Denpasar-Timika di Bandara Ngurah Rai Denpasar.

Dari 16-18 September 2013, Tigerair Mandala dan AirAsia melanggar ketentuan dengan memungut biaya tambahan di luar ketentuan di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta. Tepatnya, Tigerair Mandala memungut booking fee sebesar Rp 25.000 dan biaya bagasi Rp 40.000 per penumpang di luar ketentuan.

Dari 26-28 Juli 2013, Indonesia Air Transport dan TransNusa juga memberlakukan tarif yang melebihi ketentuan untuk sejumlah rute tertentu dan menetapkan biaya asuransi sebesar Rp 10.000 di Bandara Supadio Pontianak.

Menurut Bambang S. Ervan selaku Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub, surat teguran dilayangkan oleh Kemenhub kepada 8 maskapai. Revisi tarif juga sudah dilakukan.

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1