0

Traveloka Team

02 Feb 2020 - 3 min read

5 Tipe ‘Traveler’ dan Akomodasi yang Sesuai Saat Liburan, Kamu yang Mana?

Setiap jenisakomodasi memiliki keunggulanmasing-masing dan belum tentu ditujukan ke semua orang. Fasilitas dan layanannya telah disesuaikan dengan tipetravelertertentu yang membuatnya nyaman untuk ditinggali.

Untuk bisa memilih akomodasi yang sesuai dengan kebutuhanmu selama liburan, sebaiknya kamu mengenal gayatraveling-mu sendiri, baru kemudian menentukan akomodasi yang tepat.

The Casual Traveler

Kamu termasuk ke dalam golongancasual travelerjika kamu memanfaatkan jatah cuti tahunan sebagai waktu yang tepat untuk berlibur. Karena tak bisa sering-sering melakukantraveling, kamu akan melakukan riset dengan maksimal, mulai dari kegiatan apa yang akan dilakukan, makan di mana, dan akomodasi seperti apa yang dibutuhkan.

Pemilihan akomodasi selama liburan menjadi hal yang cukup krusial bagimu. Tempat menginapmu harus memiliki fasilitas dan layanan yang memadai. Karena meskipun kamu juga memiliki agenda dengan kegiatan di luar, akomodasi tempatmu kembali beristirahat haruslah tetap nyaman sebagai pelepas lelah. Akomodasi yang cocok untukmu adalah hotel dengan standar minimum bintang 3.

The Backpacker

Tipetravelerini sangat mudah dikenali di mana pun. Biasanya, mereka membawa ransel besar yang berisi segala keperluan selama liburan. Kamu termasuk di antaranya? Jika iya, tentunya kamu juga mempersiapkan setiap perjalananmu dengan detail. Kamu juga lebih tertarik melakukan kegiatan di luar penginapan dan membaur bersama warga lokal.

Akomodasi tak menjadi sesuatu hal yang esensial. Kamu hanya perlu tempat beristirahat setelah seharian berkeliling kota/daerah. Bagimu, penginapan tak perlu memiliki fasilitas dan layanan yang mewah, yang penting murah. Kamu sudah cukup puas dengan ranjang bertingkat untuk tidur dan kamar mandi yang dipakai bersama tamu lain. Tersedianya sarapan gratis di penginapan bisa jadi nilai tambah. Penginapan semacam ini bisa kamu dapatkan di hostel dan sejenis B&B alias Bed & Breakfast.

The Family Traveler

Jika kamu sudah berkeluarga dan menjalani sebuah liburan bersama si kecil, kamu sudah bisa disebut sebagaifamily traveler. Tipetravelerini terkenal dengan prioritas utamanya yaitu anak-anak. Kamu akan mencari informasi sebanyak mungkin tentang tempat wisata yang ramah anak di destinasi liburan.

Untuk masalah akomodasi, kamu juga masih mementingkan kebutuhan anak-anak. Sebisa mungkin, kamu mencari penginapan yang dekat dengan tempat wisata ramah anak dan yang memiliki fasilitas layaknya di rumah sendiri, misalnya tersedianya fasilitas dapur dan ruang keluarga yang nyaman. Dengan adanya dapur, kamu juga bisa lebih leluasa menyiapkan makanan sehat bagi si kecil. Akomodasi sejenis apartemen sangat cocok bagifamily travelersepertimu.

The Luxury Traveler

Bagi kamu yang termasuk golonganluxury traveler, liburan adalah sebuah cara untuk memanjakan diri. Kamu lebih tertarik dengan kegiatan tur pribadi yang diisi dengan kunjungan ke beberapa tempat wisata ekslusif, makan di restoran mahal, juga wisata belanja.

Selebihnya, kamu akan menghabiskan waktu di penginapan dan memanfaatkan fasilitas dan layanan mewahnya dengan maksimal. Layanan perawatan tubuh seperti pijat dan spa, menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pengalaman liburanmu. Melihat dari kebutuhan selama liburan, akomodasi jenisresortdan villa akan cocok untukmu.

The Flexible Traveler

Kamu yang merasa sebagai pribadi yang cukup fleksibel saat traveling, akan mengakui bahwa sebagian besar liburan yang kamu jalani tidak dibarengi dengan perencanaan yang cukup matang. Tipetravelerini adalah kebalikan daricasualdanbackpacking.Kamu bisa melakukan kegiatan apa saja yang baru terpikirkan setibanya di destinasi liburan, atau bahkan baru akan riset dengan bertanya pada warga setempat.

Begitu pula dengan penginapan. Kamu tak perlu banyak persiapan dan bisa menginap di mana saja asalkan ada tempat beristirahat selama liburan. Akomodasi jeniscamping,guest housedanhomestaybisa menjadi pilihan selagi kamu tak memiliki banyak persyaratan untuk penginapan.

Ketiganya memiliki fasilitas standar yang cukup untuk memenuhi kebutuhanmu selama liburan. Bahkan untuk jeniscampingyang umumnya berlokasi di alam terbuka, bisa membuatmu tak perlu berpikir lebih untuk menentukan kegiatan apa yang harus dilakukan.

Setelah mengenali tipetraveling-mu, kamu bisa memilih akomodasi yang tepat dengan cara memanfaatkan fitur filter yang ada di Traveloka. Fitur ini tersedia saat kamu melakukan pemesanan baik melaluisitus resmimaupunTraveloka App. Jadilahtravelercerdas yang bisa menentukan akomodasi mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu selamatraveling.

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan