5 Taman Bermain yang Bisa Dikunjungi di Akhir Pekan

5 Taman Bermain yang Bisa Dikunjungi di Akhir Pekan

Kamu selalu mengisi waktu libur dengan pergi ke mal atau kafe? Jika ya, tak ada salahnya bila liburan kali ini diisi dengan bersenang-senang ke taman bermain. Mencoba berbagai wahana yang menguji nyali dapat memberikan pegalaman seru sekaligus menyenangkan.  

Jika membahas tentang taman rekreasi, mungkin yang akan terlintas di pikiranmu adalah Dunia Fantasi (Dufan). Padahal, ada banyak taman bermain yang tak kalah seru dan wajib dikunjungi di tanah air. Bagi pencinta adrenalin, jangan pernah mengaku pemberani kalau belum mencoba wahana-wahana di lima taman bermain berikut ini!

JungleLand Adventure Theme Park, Bogor

(Sumber: @zumiatussolihat)

JungleLand Adventure Theme Park terletak di Kawasan Sentul Nirwana, Bogor. Berada di daerah dataran tinggi, JungleLand menawarkan taman bermain dengan hawa sejuk dan segar. Selain itu, perpaduan alam dan wahana yang ada  menjadikan pemandangan di sini amat menarik.

Taman bermain ini memiliki 37 wahana permainan yang terbagi dalam empat zona utama. Wahana yang ditawarkan juga dibagi menjadi dua jenis, yakni dalam dan luar ruangan. Sebelum memilih wahana, pastikan untuk membaca syarat dan ketentuannya terlebih dahulu. Dengan begitu, keselamatanmu akan tetap terjaga.

Jika kamu ingin menikmati wahana yang memacu adrenalin, cobalah ke Zona Carnivalia. Di zona tersebut, terdapat Air Race yang dijuluki sebagai wahana terseram di Indonesia. Wahana ini akan memberikan sensasi terbang di udara dengan kecepatan tinggi. Setelah puas, lanjutkan dengan wahana lain yang tak kalah menantang seperti Discovery dan Hydrolift.

Selain itu, tersedia wahana yang dapat dinikmati anak-anak. Ada Ferrish Wheel, salah satu bianglala tertinggi di Indonesia. Saat menaiki bianglala, kamu dapat menikmati pemandangan alam Sentul dan siluet Gunung Pancar dari ketinggian 45 meter selama 10 menit untuk sekali putaran. Si kecil bahkan bisa belajar sambil bermain di Zona Explora melalui wahana Safari Dino dan Animal Corner.

Lengkapnya wahana dan fasilitas yang disediakan membuat JungleLand cocok dijadikan destinasi wisata keluarga. Jika kamu berencana mencoba wahana di JungeLand, sebaiknya gunakan tabir surya dan penutup kepala. Dengan begitu, kegiatan bermain sepanjang hari tak akan terganggu dengan teriknya sinar matahari.  

HTM:

Weekdays: Rp165.000 per orang

Weekend: Rp220.000 per orang

High season: Rp250.000 per orang

Trans Studio Bandung

(Sumber: @novian_kuncorohadi)

Bagi yang ingin bermain tapi enggan menghadapi terik matahari, Trans Studio Bandung bisa menjadi pilihan yang tepat. Taman bermain dalam ruangan ini memungkinkan kamu untuk bermain sepuasnya dalam cuaca panas ataupun hujan.

Saat memasuki Trans Studio, kamu akan langsung merasakan suasana yang nyaman. Desain bangunannya unik dengan berbagai tema dekorasi. Kamu tentu bisa puas berfoto untuk diunggah ke media sosial. Kamu pun dijamin betah dengan banyaknya wahana yang tersedia dalam empat zona utama, yaitu Studio Central, The Lost City, Dunia Anak, dan Magic Corner.

Salah satu wahana yang patut kamu coba adalah Yamaha Racing Coaster. Wahana ini akan membuat jantungmu seakan copot saat menaiki kereta dengan kecepatan 120 km/jam di ketinggian 50 meter. Bila belum puas, tantang kembali adrenalinmu melalui wahana Vertigo yang memberikan sensasi berputar 360 derajat dari ketinggian.

Jika datang bersama keluarga, Trans Studio juga menyediakan wahana bagi anak-anak, seperti Mini Bumper Cars, Mini Tea Cup, Mini Train, dan masih banyak lagi. Aneka pertunjukan dan parade seperti Arilia the Mermaid dan The Magical Parade of Zoo Crew pun bebas kamu nikmati. Karenanya, taman bermain di Jalan Gatot Subroto 289 ini bisa menjadi destinasi akhir pekan yang menarik.

HTM:

Senin – Kamis: Rp180.000 per orang

Jumat: Rp200.000 per orang

Sabtu, Minggu, dan hari libur: Rp280.000 per orang

Jatim Park 1 & 2, Malang

(Sumber: @heycimoly)

Jatim Park 1 & 2 merupakan salah satu ikon wisata di Malang. Keduanya berada dalam satu manajemen yang sama, namun memiliki keunikan dan lokasi yang berbeda. Oleh karena itu, berwisata ke Kota Apel akan kurang lengkap jika belum mengunjungi kedua taman bermain ini.

Bagi yang ingin bermain, berliburlah ke Jatim Park 1. Objek wisata di lereng Gunung Panderman ini memungkinkan kamu bersenang-senang sambil menikmati hawa sejuk pegunungan. Taman bermain ini memiliki 36 wahana permainan, wahana edukasi Science Center, serta Waterboom. Seluruhnya bisa kamu nikmati di Jalan Kartika No 2, Sisir, Batu.

Sementara di Jatim Park 2, kamu bisa menikmati berbagai tempat edukasi, yakni Museum Satwa, Batu Secret Zoo, dan Eco Green Park. Di Museum Satwa, kamu akan melihat koleksi hewan-hewan yang diawetkan, sedangkan Batu Secret Zoo  merupakan kebun binatang modern dengan koleksi binatang yang cukup lengkap. Kamu bisa mengunjungi taman bermain ini di Jalan Oro-oro Ombo No 9, Batu.

HTM Jatim Park 1

Baca juga  Merpati Nusantara Kembali Beroperasi Maret?

Weekdays: Rp70.000 per orang

Weekend: Rp100.000 per orang

Jatim Park 1 + Museum Tubuh weekdays: Rp90.000 per orang

Jatim Park 1 + Museum Tubuh weekend: Rp130.000 per orang

HTM Jatim Park 2

Museum Satwa + Batu Secret Zoo weekdays: Rp84.000 per orang

Museum Satwa + Batu Secret Zoo weekend: Rp120.000 per orang

Museum Satwa + Batu Secret Zoo + Eco Green weekdays: Rp105.000 per orang

Museum Satwa + Batu Secret Zoo + Eco Green weekend: Rp150.000 per orang

Kampung Gajah Wonderland, Bandung

(Sumber: @arinr_traveljalan2pic)

Ingin suasana liburan yang berbeda dari biasanya? Coba ajak keluargamu ke Kampung Gajah Wonderland di Jalan Sersan Bajuri KM 3,8, Cihideung,  Bandung Barat. Ada berbagai aktivitas menyenangkan yang bisa dicoba satu per satu, mulai dari Bungee Trampoline, Sky View dengan balon udara, ATV Adventure, Tubby, Delman Royal, hingga bermain Segway mengelilingi area Kampung Gajah.

Setelah mencoba semua permainan, jangan lupa bermain bersama binatang- binatang lucu di Animal Feeding. Di sini, kamu bisa memegang dan memberi makan aneka binatang seperti kucing, marmot, tupai, hingga burung merpati. Ada juga Waterboom yang dilengkapi berbagai wahana, seperti kolam anak dengan ember tumpah, kolam ombak bernuansa pantai, serta tornado yang memacu adrenalin.

HTM:

Tiket masuk weekdays: Rp15.000 per orang (belum termasuk tiket wahana)

Tiket masuk weekend: Rp20.000 per orang (belum termasuk tiket wahana)

Tiket Waterboom weekdays: Rp80.000 per orang

Tiket Waterboom weekend: Rp100.000 per orang

Tiket terusan weekdays: Rp150.000 per orang (termasuk tiket wahana dan Waterboom)

Tiket terusan weekend: Rp250.000 per orang (termasuk tiket wahana dan Waterboom)

Sindu Kusuma Edupark, Jogja

(Sumber: @wahyuandhika22)

Seru-seruan di taman bermain saat malam hari, siapa takut? Datanglah ke Sindu Kusuma Edupark yang bisa menjadi pilihan tepat untuk berwisata di malam hari. Buka mulai 15:30, Sindu Kusuma Edupark menawarkan banyak wahana bermain dan belajar. Taman bermain ini juga menjadi spot terbaik untuk melihat siluet Gunung Merapi bila cuaca mendukung.

Berbagai wahana permainan seperti Cakra Manggilingan (bianglala), Montor Tumbur (boom boom car), Ajang Lumpak (trampolin), hingga Pit Egrang (Segway) dapat dinikmati satu per satu. Setelah puas bermain di area luar, cobalah untuk menjajal wahana dalam ruangan. Kamu bisa bermain di Dino Park (arcade game) ataupun belajar membatik dan bermain gamelan di Kampung Seni.

Menariknya, Sindu Kusuma Edupark memiliki taman lampu (light festival). Warna-warni lampu LED dengan berbagai bentuk dikemas semenarik mungkin untuk menarik perhatian pengunjung. Mulai dari lampion, bentuk hati, hingga gerbang gemerlap akan menjadi spot menarik untuk swafoto di malam hari.

Jika penasaran, langsung saja datang ke Jalan Magelang KM 3, Sinduadi, Yogyakarta. Untuk biaya tiket, kamu akan dikenakan tarif Rp70.000 per orang dengan rincian Rp15.000 untuk tiket masuk dan Rp65.000 untuk deposit tiket wahana. Setiap wahana di Sindu Kusuma Edupark memiliki harga yang berbeda-beda.

HTM:

Cakra Manggilingan: Rp10.000 per orang

Montor Tumbur: Rp10.000 per orang

Pit Egrang: Rp50.000 per orang

Ajang Lumpak: Rp15.000 per orang

Kursi Mabur: Rp15.000 per orang

Itulah lima rekomendasi taman bermain yang bisa kamu datangi saat akhir pekan atau masa liburan. Ayo, segera kunjungi theme park terdekat di kotamu bersama keluarga dan sahabatmu! Untuk informasi lainnya seputar tempat wisata menarik, kamu bisa temukan di Blog Traveloka.

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1