5 Acara Istimewa Ini Digelar Menyambut Hari Lahir Pancasila

Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni merupakan sebuah bentuk peringatan Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila menjadi ciri kepribadian bangsa.

Hari Lahir Pancasila diperingati serentak di seluruh Indonesia, khususnya sekolah hingga instansi pemerintah, dengan menggelar upacara bendera. Sejumlah masyarakat di daerah, bahkan melakukan tradisi atau acara istimewa untuk merayakan Hari Pancasila. Tradisi atau acara inilah yang menjadi cara mudah untuk kembali mengingatkan masyarakat akan semangat Pancasila.

Kira-kira, daerah mana saja yang mengadakan acara untuk menyambut Hari Lahirnya Pancasila? Ini dia 5 daerah yang bisa kamu datangi untuk partisipasi dalam hari lahirnya Pancasila!

Grebeg Pancasila di Blitar

Blitar adalah tempat kelahiran (6 Juni 1901) dan wafatnya (21 Juni 1970) presiden pertama Indonesia, Soekarno. Oleh karena itu, masyarakat menjuluki bulan Juni sebagai “Bulan Bung Karno”. Sehari menjelang hari Pancasila, masyarakat melakukan grebeg Pancasila dan berziarah ke makam Bung Karno. Tradisi ini dimulai dengan bendholan pusaka (memindahkan teks proklamasi, teks pidato Bung Karno pada 1 Juni 1945, dan bendera merah putih) dari rumah dinas wali kota ke kantor pemerintah kota.

Keesokan harinya, kegiatan dilanjutkan dengan kirab gunungan lima dan kenduri Pancasila di kawasan makam Bung Karno. Kirab ini memiliki makna lima sila dalam Pancasila. Acara istimewa ini diakhiri dengan perebutan gunungan yang dipercaya memberikan berkah bagi warga yang mengambilnya.

Kirab insan Pancasila di Yogyakarta

Ratusan warga Merapi berkumpul di tengah sawah untuk mengikuti kirab insan Pancasila. Acara ini dilakukan secara sederhana namun penuh makna. Tujuannya adalah untuk mengingatkan warga untuk kembali mengamalkan nilai-nilai Pancasila di tengah tingginya intoleransi antarsesama.

Menariknya, peserta dari berbagai usia mengikuti kirab dengan membawa atribut Pancasila dan bendera merah putih. Mereka berjalan menyisir desa sambil diiringi alunan musik gamelan. Di akhir acara, seluruh warga akan melakukan upacara di tengah sawah, kemudian kirab ditutup dengan melakukan ikrar bersama sebagai insan Pancasila.

Teater “Percakapan Langit dan Bumi” di Bali

Teater “Percakapan Langit dan Bumi” di Bali (Sumber: Youtube-NET. BIRO BALI)

Sekelompok komunitas seniman muda di Bali menyambut hari Pancasila dengan pertunjukan teater “Percakapan Langit dan Bumi”. Pertunjukan yang digelar di pelataran Monumen Bajra Sandhi ini mengisahkan tentang Pancasila dan NKRI yang bangkit, kemudian dirusak lagi oleh isu SARA (suku, agama, ras dan antargolongan) yang mengancam NKRI.

Tak hanya itu, seluruh penonton juga diajak untuk mengamalkan dan menjalankan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Meskipun berlangsung singkat, pertunjukan yang dilakukan di lapangan terbuka monumen ini mampu membawa kesan istimewa.

Layang-layang kebangsaan di Yogyakarta

Ada yang spesial saat memperingati Hari Lahir Pancasila di Yogyakarta. Langit pada hari itu akan dihiasi oleh 73 layang-layang merah putih yang diterbangkan serentak. Dalam formasi itu, puluhan layang-layang yang diterbangkan di alun-alun utara ini akan mengapit sebuah layang-layang Garuda Pancasila berukuran 2 meter.

Layang-layang Garuda bertujuan sebagai simbol komitmen untuk terus menumbuhkan rasa kebangsaan, serta meneguhkan Pancasila sebagai pandangan hidup berbangsa dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika. Selain itu, layang-layang merah putih yang berjumlah 73 ini bermakna bahwa Indonesia akan memasuki 73 tahun pasca kemerdekaan.

Aksi damai di sejumlah daerah

Pada saat hari Pancasila, beberapa daerah di Indonesia mengadakan aksi damai dengan beberapa tradisi atau acara istimewa yang berbeda-beda. Berikut beberapa di antaranya:

Doa bersama lintas agama di Boyolali

Doa bersama lintas Agama di Boyolali (Sumber: www.boyolali.go.id)

Di kabupaten ini, Hari Lahir Pancasila diperingati dengan cara melakukan doa bersama lintas agama. Lima tokoh perwakilan agama masing-masing mendoakan keutuhan bangsa Indonesia. Momen ini juga dimanfaatkan untuk memupuk kerukunan antarsesama guna menjaga kesatuan NKRI. Di akhir acara, seluruh warga yang berpartisipasi akan melepas lampion secara bersamaan.

Aksi damai 1.000 lilin di Jakarta

Di ibu kota Indonesia ini, ratusan warga yang tergabung dalam sebuah komunitas berkumpul di kawasan Monumen Nasional (Monas) untuk menggelar aksi 1.000 lilin. Acara ini diadakan untuk mengajak masyarakat kembali membangkitkan semangat Pancasila.

Sebagai generasi muda, beberapa acara istimewa ini tentu saja memberikan nilai positif akan semangat nasionalis. Untuk itu, manfaatkan waktu libur kamu dengan jalan-jalan ke berbagai daerah yang mengadakan acara istimewa menyambut hari Pancasila.

Agar memudahkan kamu mengatur liburan, coba gunakan Traveloka untuk memesan tiket dan hotel sekaligus dengan harga yang lebih bersahabat dan sesuai kebutuhan. Cara pemesanan yang simpel tak akan lagi menghabiskan waktu kamu hanya untuk memesan tiket dan hotel terpisah.

Yang pasti, semua kemudahan ini bisa langsung kamu nikmati hanya dengan install aplikasinya di ponsel. Kamu juga tidak perlu bingung mencari referensi tempat wisata di Indonesia yang menarik. Tinggal buka Blog Traveloka, dan temukan informasi yang kamu butuhkan. Praktis!

Baca juga  Anak Menteri Ketinggalan Pesawat, Pesawat Dilarang Mendarat
Traveloka
Traveloka
contributor

Sebelumnya
Asyik! Ada Paket Tiket Pesawat dan Hotel dari Traveloka, Liburan ke Mana Saja Jadi Lebih Hemat
Selanjutnya
5 Acara Istimewa Ini Digelar Menyambut Hari Lahir Pancasila
Pendapat:
Nilai:
0 votes, average: 0,00 out of 50 votes, average: 0,00 out of 50 votes, average: 0,00 out of 50 votes, average: 0,00 out of 50 votes, average: 0,00 out of 5 0,00
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry
Comment (0)
  1. Ruth 

    kak, e-tiket untuk No.Pesanan:29088636 kok belum dikirim ke e-mail atas nama [email protected] ya??
    mohon tanggapannya ya
    thx

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Ruth,

      Menurut sistem kami, tiket sudah di-issue dan telah dikirim ke alamat email [email protected]
      Apakah sudah dicek di bagian spam Anda? Terima kasih.

      best,
      tim Traveloka.com

  2. Wanjen R Nainggolan 

    Selamat Malam.
    Maaf sebelumnya,saya mau nanya,klo saya mau langsung bayar dan ambil tiket ke kantor traveloka nya bisa gak ya???
    Klo bisa alamatnya dimana ya??
    Terimakasih sebelumnya. 🙂

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Wanjen,

      Harga tiket pesawat kian berubah karena sistem kami ter-update langsung dengan sistem maskapai, jadi transaksi hanya dapat dilakukan secara online, nyaman (tanpa perlu bepergian), aman (tanpa campur tangan manual pihak lain) langsung oleh customer.
      Boleh dicoba dulu transaksi secara online, jika ada kendala, hubungi saja kami di 021-29022130, email: [email protected], Facebook Page, Twitter kami @traveloka, ataupun blog ini. Terima kasih.

      Salam,
      Traveloka.com

  3. Trisno Edu Guntur 

    Kalau kita mau pesan tiket, bagaimana mekanisme pembayarannya, Tks

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Trisno,

      Terima kasih atas pertanyaannya. Kami memiliki berbagai metode pembayaran, bisa dilihat di https://blog.traveloka.com/transaksi-aman-dan-nyaman-dengan-berbagai-metode-pembayaran-traveloka-com/
      Khusus untuk transfer Bank/ATM, Anda akan melihat batas waktu transfer pembayaran di halaman pembayaran ataupun email konfirmasi. Jumlah yang harus ditransfer harus sama persis (dengan kode unik) dengan yang ditagihkan pada Anda agar payment dapat terdeteksi secara otomatis. Segera setelah payment berhasil diterima, e-tiket akan dikirim ke email Anda. Jika masih ada pertanyaan dapat menghubungi CS kami di 021-29022130/email: [email protected] ataupun melalui blog info ini.

      Salam,
      Traveloka.com

  4. zubaidi 

    saya sudah pesan tiket atas nama supriadi, tapi saya belum dikirimin kode tiketnya ke email saya.

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Zubaidi,

      E-tiket akan dikirim 30 menit – 1 jam setelah pembayaran Anda diterima dengan baik. Apakah sudah diterima dengan baik e-tiket tersebut? Jangan lupa cek folder inbox dan juga spam Anda. Kabari kami jika butuh bantuan dan sertakan nomor pesanan Anda. Terima kasih.

      Salam,
      Traveloka.com

  5. Endartini 

    Pagi. Klo mau booking lewat sini bisa ga?
    krn saat proses lewat online loading lama…uda pesan, tp belum terproses dg maskap[ainya. ataukah server ke maskapai lagi down?
    saya sedang booking Merpati yg Promo SUB CGK tgl 23 Jan 2014 dengan booking UPG SUB tgl 21 JAn 2014.

  6. mariana 

    Hallo,

    Mohon bantuannya dong, aku lagi bingung banget nih. sekarang posisi ku lagi di ende NTT tapi gk lagi di kota melainkan di kampungnya dan tepatnya tgl 3 Januari 2014 aku mau balik ke jakarta. Aku bingung banget karena di kampung yang aku tempati sekarang ini tidak ada ATM sedangkan ATM hanya ada di kota saja, jarak dari kampung yang aku tempati ke kota sangat jauh sekali dan sangat membutuhkan banyak waktu. saya ingin booking tiket untuk tgl 3 tapi bingung untuk pembayarannya sedangkan harga tiket terus naik. kira-kira ada solusi gak yah?

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Mariana,

      Apakah Anda memiliki SMS Banking atau Internet Banking? Jika ya, silakan pilih metode pembayaran ‘Transfer’ dan lakukan transaksi menggunakan SMS/Internet Banking. Jika tidak, Anda dapat menggunakan kartu kredit.
      Jika semuanya di atas tidak memungkinkan, Anda mungkin dapat juga meminta bantuan sanak saudara yang berada dekat dengan mesin ATM (di manapun di Indonesia) untuk melakukan pembayaran untuk Anda sesuai dengan keterangan yang nanti akan Anda dapatkan di halaman pembayaran maupun email Petunjuk Pembayaran. Sekiranya info tersebut dapat memberi masukan bagi pertimbangan Anda, terima kasih.

      Salam,
      Traveloka.com

  7. maharani 

    saya udah transfer tapi kode booking belum di kirim ke email atas nama [email protected]
    mohon di konfirmasi secepatnya

    1. Traveloka Traveloka 

      Hai Maharani,

      Sesuai komentar Anda yang satu lagi, jika Anda melakukan transfer lebih dari yang seharusnya, silakan kirim bukti pembayaran dan no. pesanan Anda ke email [email protected] agar dapat ditangani.

      Salam,
      Traveloka.com

  8. Indra 

    Helo traveloka,

    bagaimana cara memunculkan kode transfer ? saya menggunakan klik bca dan sudah selesai proses utk pembayaran dan tinngak mengeksekusinya saja tetapi kode transfer tidak muncul..

    thanks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1