Beragam Fitur Keamanan Traveloka dan Caramu Ikut Berperan Aktif Menghindari Kejahatan Dunia Maya

Ayu
By Ayu 02 December 2016

Keamanan dan kemudahan konsumen selama bertransaksi selalu menjadi prioritas utama Traveloka. Karena itu, Traveloka telah melengkapi sistem keamanannya dengan berbagai fitur canggih dan terintegrasi.

Meski begitu, kamu sebagai konsumen juga sebaiknya berperan aktif untuk ikut menjaga keamanan transaksimu di Traveloka. Manfaatkan segala fitur kemanan yang telah disiapkan oleh Traveloka. Biar lebih kenal dengan fitur keamanan yang ada, simak ulasan berikut ini.

Traveloka menyediakan beragam fitur keamanan

Demi menjaga agar setiap konsumen nyaman dalam bertransaksi, Traveloka telah melengkapi layanannya dengan berbagai sistem keamanan berikut:

Koneksi privat yang aman

Mengakses situs Traveloka baik melalui desktop atau perangkat mobile, sama-sama terjamin keamanan dan kerahasiaannya. Traveloka menggunakan jaringan privat yang melindungi segala transaksimu dari penyadapan pihak tak bertanggungjawab karena menggunakan jaringan HTTPS terenkripsi yang keamanannya sudah teruji. Hal ini terbukti dengan dipakainya jaringan ini oleh hampir seluruh situs perbankan di dunia.

HTTPS terenkripsi menjamin setiap transaksi berjalan aman meskipun kamu menggunakan jaringan public hotspot atau WiFi untuk mengakses Traveloka. Kok bisa? Karena segala aktivitas dan transaksimu di Traveloka nantinya akan diubah menjadi kode acak yang tak mudah terbaca. Ini berarti, hanya kamu sendiri yang mengetahui riwayat transaksimu di Traveloka.

Pengamanan data kartu kredit

Saat ini, kartu kredit menjadi salah satu alat pembayaran yang banyak digunakan di dunia. Jadi tak mengherankan kalau Traveloka juga menyediakan metode pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Jika kamu biasa menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran di Traveloka, kamu bisa bernapas lega. Bersama CyberSource, Traveloka menjamin kerahasiaan data kartu kreditmu setiap kali kamu melakukan transaksi.

CyberSource merupakan anak perusahaan Visa yang sudah berpengalaman di bidang pengamanan transaksi menggunakan kartu kredit. Setiap kali kamu bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit, data kartu kreditmu tak akan bocor ke tangan orang lain karena CyberSource mengubahnya menjadi kode acak yang mustahil terbaca.

Pantauan 24 jam sehari

Kamu tak perlu meresahkan setiap transaksimu di Traveloka. Selama 24 jam setiap harinya, Traveloka memonitor dan menjaga akunmu agar tak digunakan oleh pihak lain yang ingin mengambil keuntungan darimu.

Setiap kali terdapat aktivitas yang dianggap mencurigakan seperti adanya login di perangkat berbeda, Traveloka akan mengabarimu melalui email, push notification, atau pun SMS. Ini untuk memastikan bahwa satu-satunya orang yang berhak menggunakan akunmu untuk bertransaksi di Traveloka adalah dirimu sendiri.

Agar keamanan transaksi lebih terjaga, bantu Traveloka dengan 4 cara mudah ini…

Kamu bisa membantu kami untuk memperkuat sistem keamanan transaksi. Dengan bantuanmu, Traveloka bisa bekerja lebih optimal untuk menjaga kerahasiaan transaksi setiap konsumen dengan sistem keamanan berlapis. Berikut ini sejumlah hal yang bisa kamu lakukan:

Buat password yang kuat dan berbeda di setiap akun

Jika akunmu di Traveloka diibaratkan sebagai sebuah rumah, password atau kata sandi adalah pintu gerbangnya. Agar tak kemalingan, tentu kamu harus membuat pintu gerbangmu seaman mungkin, salah satunya dengan memasang gembok dan kunci yang kuat. Password yang kuat membuat maling dunia maya alias peretas tak akan bisa masuk ke dalam akunmu dengan mudah.

Ada banyak cara untuk membuat password yang kuat. Salah satunya dengan mengombinasikan huruf (besar dan kecil), angka, dan karakter khusus (!@#$%&) secara acak. Hal ini akan membuat password-mu sulit ditebak oleh peretas. Hindari memasukkan tanggal lahir atau kombinasi angka yang mudah ditebak ke dalam password.

Selain itu, jangan gunakan satu password untuk beberapa akun sekaligus. Password yang sama ini akan mudah ditebak oleh peretas, terlebih jika satu akunmu pernah diretas sebelumnya.

Aktifkan autentikasi CVV

CVV authentication atau autentikasi CVV merupakan fitur keamanan baru dari Traveloka untuk pengguna kartu kredit. Fitur ini bisa kamu aktifkan untuk menjaga agar tidak ada orang lain yang menggunakan kartu kreditmu dan melakukan transaksi ilegal.

Jika sudah diaktifkan, kamu akan diminta untuk memasukkan tiga kode CVV yang berada di balik kartu kreditmu. Hal ini membuatmu merasa aman karena seharusnya hanya kamu seorang yang tahu kode CVV di kartu kreditmu.

Untuk bisa menikmati fitur keamanan ini, kamu harus update Traveloka App ke versi 2.8 ke atas untuk Android dan iOS. Cara mengaktifkan autentikasi CVV ini cukup mudah. Kamu hanya perlu masuk ke halaman My Account atau Akun Saya lalu pilih My Cards. Jika belum pernah mendaftarkan kartu kreditmu, silakan daftarkan terlebih dahulu. Selanjutnya, tekan tombol yang tersedia untuk mengaktifkan autentikasi CVV. Fitur ini bersifat optional yang artinya kamu bisa menonaktifkannya kapan pun sesuai keinginanmu.

Aktifkan kode verifikasi

Satu lagi cara untuk menghindarkanmu dari penyalahgunaan akun adalah dengan mengaktifkan kode verifikasi. Jika fitur ini sudah aktif, kamu akan diminta untuk memasukkan kode khusus yang dikirimkan ke alamat email atau nomor handphone-mu setiap kali kamu login menggunakan perangkat lain. Dengan begitu, orang lain tidak bisa sembarangan login menggunakan akun Travelokamu.

Segera update  Traveloka App-mu ke minimum versi 2.6 untuk Android dan iOS untuk mengamankan akunmu dari tangan jahil oknum tak bertanggungjawab. Untuk mengaktifkannya, kamu butuh masuk ke halaman profil, lalu pilih “Aktifkan kode verifikasi”. Sama seperti autentikasi CVV, kamu juga bisa kembali menonaktifkan fitur ini kapan pun kamu mau.

Segera ubah password dan laporkan jika ada aktivitas mencurigakan yang menggunakan akunmu

Saat kamu menemukan aktivitas mencurigakan di akun Traveloka-mu, segera ganti password-mu dengan yang baru dan laporkan kepada Customer Service melalui telepon di 0804-1500-308 atau email ke [email protected]. Laporanmu bisa membantu Traveloka bertindak lebih cepat dengan mengamankan akunmu dari aksi penyalahgunaan lebih lanjut.

Itu dia ulasan tentang fitur keamanan apa saja yang sudah disiapkan oleh Traveloka dan bagaimana kamu bisa berperan aktif menjaga keamanan akunmu. Dengan memanfaatkan semua fitur dan sistem keamanan yang telah dipersiapkan, segala aksi kriminal di dunia maya ini bisa diminimalkan sehingga tak ada pihak yang merasa dirugikan.

Tulis komentarmu di sini:

Dapatkan Tips dan Informasi Wisata, GRATIS !
Tags