6 Rekomendasi Wisata Kuliner di Batam yang Patut Dicoba

6 Rekomendasi Wisata Kuliner di Batam yang Patut Dicoba

Batam dikenal sebagai pulau dengan destinasi wisata dan belanja yang beragam. Namun, tak lengkap rasanya jika ke Batam tanpa mencicipi makanan autentik kota ini. Selain rasanya enak, berwisata kuliner di Batam juga tak akan menguras kantong. Kalau tak percaya, inilah enam rekomendasi wisata kuliner di Batam yang wajib kamu coba!

Nasi lemak

(Sumber: @lingxiana)

Sebelum memulai aktivitas, cobalah menyantap hidangan sarapan khas Batam yang bernama nasi lemak. Panganan Melayu ini memiliki cita rasa dan aroma nasi yang khas karena dimasak dengan campuran santan, jahe, daun pandan, dan serai.

Saat dihidangkan, seporsi nasi lemak juga akan dilengkapi irisan telur dadar, bihun goreng, sambal ikan bilis (teri) kacang, dan sambal cabai merah, sehingga dapat mengenyangkan perut. Jika ingin mencobanya, nasi lemak mudah dijumpai di sebagian besar pasar-pasar tradisional atau kedai kopi di Batam.

Lakse

(Sumber: @rosmalizarachman)

Lakse adalah mi khas Melayu yang terbuat dari sagu. Penganan ini sebenarnya bernama laksa, namun orang Melayu lebih sering menyebutnya “lakse”. Mi ini kenyal dan gurih, sehingga menciptakan rasa yang enak.

Di Batam, lakse biasanya dinikmati dalam dua bentuk olahan yaitu lakse goreng dan lakse kuah yang dimakan bersama kuah kari. Jika penasaran dengan rasanya, kamu bisa menemukan lakse di sekitar kawasan Tanjung Uma dan pasar-pasar tradisional.

Sup ikan batam

(Sumber: @ropix)

Sup ikan batam merupakan kuliner khas yang kini mudah dijumpai di sejumlah kota-kota besar. Meskipun begitu, menyantap sup ikan langsung di Batam terasa jauh lebih lezat karena menggunakan ikan segar. Cita rasa kuah bening hidangan ini cenderung sedikit asin karena dicampur sawi asin dan irisan tomat hijau sehingga terasa segar.

Tak hanya itu, menikmati semangkuk sup yang dipenuhi daging ikan dengan potongan besar dan tebal juga akan membuat kamu lebih puas dan kenyang. Rasanya pun semakin enak ketika disantap dengan potongan cabai rawit hijau. Ingin coba?

Mi lendir

(Sumber: @yoksugar)

Seporsi mi lendir terdiri dari mi kuning dan tauge rebus yang dilengkapi irisan telur rebus, cabai rawit hijau, bawang goreng, dan seledri, yang kemudian disiram kuah kacang berwarna cokelat.

Nama “mi lendir” sendiri muncul karena tekstur kuah yang agak kental mirip lendir. Tak hanya sekadar unik, cita rasa kuah kacang yang gurih dan manis juga menjadi kunci utama kelezatan kuliner khas Batam satu ini. Kenikmatan inilah yang membuat mi lendir selalu dicari wisatawan.

Gong gong

(Sumber: @rosabellewindy)

Kepulauan Riau memang terkenal dengan hasil laut yang melimpah. Makanya, mengunjungi Batam belum lengkap jika belum mencoba gong gong, sejenis siput laut yang hidup di perairan sekitar Kepulauan Riau. Hidangan laut ini terkenal dengan kelezatan dagingnya, serta cara makannya yang unik.

Untuk memakannya, kamu harus mengorek daging keluar dari cangkang menggunakan tusuk gigi. Jika sudah keluar, daging siput langsung disantap dengan sambal. Tekstur daging yang empuk saat masuk mulut benar-benar terasa lembut dibanding kerang atau jenis seafood lainnya.

Mi tarempa

(Sumber: @catatanbackpacker)

Seperti namanya, mi tarempa sebenarnya berasal dari Kota Tarempa, Kabupaten Anambas, Kepulauan Natuna. Namun, kuliner satu ini kini mudah ditemukan di seluruh wilayah Kepulauan Riau termasuk Batam.

Keistimewaan mi tarempa terletak cita rasanya yang pedas dengan isian potongan ikan tongkol kering yang berlimpah. Rasanya benar-benar enak. Kuliner ini hadir dalam tiga bentuk olahan, yaitu mi tarempa kering, basah, dan lembab. Kalau kamu, ingin coba yang mana?

***

Tergoda untuk segera mencicipi aneka wisata kuliner khas Batam di atas? Yuk, segera luangkan waktu untuk mengunjungi kota ini dan memanjakan lidahmu dengan berbagai wisata kuliner enak di Batam! Jangan lupa, setelah itu bagikan pengalaman kuliner kamu di kolom komentar ya!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1