13 Oleh-oleh Khas Batam yang Terkenal Hingga Mancanegara

13 Oleh-oleh Khas Batam yang Terkenal Hingga Mancanegara

Tidak hanya punya ragam tempat wisata yang menarik, Batam juga punya aneka oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang. Selain makanan, kamu bisa membawa suvenir maupun camilan yang tak kalah menarik untuk dijadikan cendera mata. Jika bingung dengan banyaknya opsi yang tersedia, kamu bisa simak rekomendasi yang Traveloka berikan. Yuk, pilih oleh-oleh khas Batam di sini!

 

  1. Kaus T-Obenk

 

Photo Credit: @batammerchandise (Instagram)

Jika Yogyakarta terkenal dengan Dagadu dan Bali dengan Jogernya, maka Batam juga tidak mau ketinggalan dengan menghadirkan Kaus T-Obenk. Merek kaus khas Batam ini biasa dibeli para wisatawan untuk dijadikan suvenir. Umumnya, pengunjung juga membeli dalam jumlah yang banyak. Hal tersebut karena harga kaus yang ditawarkan cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp60.000.

Kaus yang ditawarkan pun diakui memiliki bahan yang premium alias berkualitas. Selain itu, model yang disediakan T-Obenk amat beragam. Kamu bisa menemukan berbagai kaus dengan kata-kata unik dan lucu, namun ada pula yang hanya mencantumkan tulisan “I Love Batam”. Jadi, kamu hanya perlu memilih desain serta warna sesuai selera ya. Tertarik untuk membelinya? Langsung saja menuju Jalan Engku Putri, Teluk Tering.

 

2) Coklat Rocklate

 

Photo Credit: @coklatrocklate (Instagram)

Perjalanan ke Batam akan kurang sempurna kalau kamu tidak membawa pulang Rocklate. Camilan manis satu ini merupakan olahan cokelat yang dikombinasikan dengan marshmallow. Perpaduan bahan baku tersebut pun menghasilkan sensasi lembut dan lumer cokelat saat disantap.

Tidak hanya itu, Rocklate juga tersedia dalam berbagai varian rasa seperti Crunchy Greentea Chocolate, Crunchy Mocha Chocolate, Crunchy Milk Choco chip, dan masih banyak lagi. Harganya pun beragam, mulai dari Rp26.000 hingga Rp65.000. Asyiknya, cokelat ini cukup mudah ditemukan. Kamu hanya perlu mengunjungi Jalan Batang dan membelinya di toko oleh-oleh yang tersedia.

 

3) Bingka Bakar [email protected]

 

Photo Credit: @anansempoii (Instagram)

Bingka Bakar [email protected] merupakan salah satu oleh-oleh khas Batam yang menjadi favorit banyak wisatawan. Jika dilihat sekilas, kue ini mirip dengan Bika Ambon, hanya saja keduanya memiliki cara pengolahan yang berbeda. Bahan camilan ini sendiri terdiri dari bahan-bahan sederhana, seperti santan, tepung terigu, telur, dan gula. Perpaduan bahan-bahan tersebut pun berhasil membuat aroma harum khas bingka bakar.

Tak hanya menawarkan rasa orisinal, kamu pun bebas memilih varian yang tersedia yakni rasa wijen, cokelat, serta aneka buah-buahan. Khusus rasa buah, kamu tak bisa membelinya setiap saat karena hanya ada di musim tertentu. Jika tertarik membelinya, kamu hanya perlu menyiapkan uang mulai dari Rp20.000. Cukup terjangkau, bukan?

 

4) Kek Pisang Villa

 

Photo Credit: @vonnytan18 (Instagram)

Kue khas Batam satu ini juga selalu menjadi incaran para wisatawan saat berkunjung ke Batam. Sesuai namanya, Kek Pisang Villa memang terbuat dari bahan dasar pisang, sedangkan “villa” merupakan daerah pertama yang menjadi lokasi penjualan kue ini.  Telah hadir sejak tahun 2006, camilan khas ini pun masih menjadi buruan banyak wisatawan yang berkunjung ke Batam.

Ada berbagai rasa yang bisa kamu pilih, di antaranya Kek Pisang Choconut, Kek Pisang Blueberry, hingga olahan brownies pisang. Tak perlu khawatir sulit mendapatkannya karena kue ini sudah memiliki lebih dari lima cabang resmi. Tergiur untuk mencobanya?

 

5) Layers Batam Lamoist

 

Photo Credit: @lamoist.batam (Instagram)

Sekilas, Layers Batam Lamoist terlihat seperti kue lapis legit. Begitu pula rasanya yang tidak jauh berbeda. Meski begitu, kue manis ini tetap dijadikan alternatif oleh-oleh sepulang dari Kota Industri ini. Kamu tentu tak perlu ragu dengan kualitas produk buatan Lamoist ini karena toko kue ini ada sejak tahun 2004.

Saat ini, Lamoist sudah membuka banyak cabang di antaranya di Batam City Square, Nagoya Hill Mall, Kepri Mall, Mega Mall Batam, dan masih banyak lagi. Nantinya, kamu bisa memilih berbagai varian rasa mulai dari Original Lamoist, Juicy Prunes Lamoist, CinaMoon Lamoist, hingga Rainbow Plus. Jadi, rasa apa yang akan kamu coba lebih dulu?

 

6) Kue Batang Buruk Q-Ko Snack

 

Photo Credit: @asima.sihombing (Instagram)

Jika menginginkan kue tradisional, maka Kue Batang Buruk Q-Ko Snack akan menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, kue khas Batam ini sudah dikenal sejak zaman kerajaan dulu dan masih populer hingga saat ini. Tak hanya itu, rasa yang tersaji pada tiap kue terjamin khas karena menggunakan resep turun-temurun.

Meski merupakan penganan zaman dulu, kualitas Kue Batang Buruk tak perlu kamu ragukan karena telah melalui proses pembuatan yang higienis. Ada banyak jenis yang ditawarkan, seperti Kue Batang Buruk, Snack Bilis Gulung, Kerupuk Gonggong, dan lainnya. Beragam camilan tersebut bisa kamu dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp20.000  Rp30.000.

 

7) Luti gendang

 

Photo Credit: @mrollieid (Instagram)

Pernah mencoba roti berisi ikan? Jika belum, cobalah luti gendang khas Batam. Makanan ini merupakan roti berisi ikan yang disajikan dengan cara digoreng. Seperti roti goreng pada umumnya, tekstur luti gendang pun renyah di bagian luar namun lembut dan lumer di bagian dalamnya.

Umumnya, tuna merupakan isian ikan yang digunakan. Selain itu, adonan akan turut dicampur bumbu rempah-rempah yang membuat cita rasa khas penganan ini. Luti gendang bisa kamu beli secara satuan maupun per kotak dengan harga Rp3.500 per buah atau Rp75.000 per kotak. Karena sudah cukup populer, oleh-oleh kue satu ini bisa dengan mudah kamu temukan di berbagai sudut Kota Batam.

 

8) Brownies Lava

 

Photo Credit: @namee.pastry (Instagram)

Buat penyuka brownies, kamu wajib membawa pulang brownies lava khas Batam. Salah satu yang paling terkenal adalah Brownies Lava milik Aqilla yang bisa kamu temukan di Ruko Khazanah Plaza, Jalan Jenderal Sudirman.

Penamaan “brownies lava” pada penganan ini juga tidak sembarangan. Pasalnya, adonan kue yang dibuat memiliki lelehan coklat yang akan menambah sensasi lezat saat kamu menyantapnya. Kamu juga bisa memilih jenis brownies sesuai selera, di antaranya rasa kacang, blackforest, hingga cheesecake. Tergiur untuk mencobanya?

 

9) Teh bunga rosella

 

Photo Credit: @indonesiaempahbeauty (Instagram)

Bagi yang menginginkan oleh-oleh berkhasiat, kamu bisa membeli teh bunga rosella. Bunga yang tergolong cukup langka ini ternyata memiliki nilai gizi tinggi, sehingga banyak dimanfaatkan untuk pengobatan. Di Batam, kamu bisa menemukannya dalam bentuk olahan teh. Dengan begitu, bunga rosella akan lebih mudah untuk dikonsumsi.

Kamu tak perlu khawatir akan kualitasnya karena produk ini diproses secara alami, sehingga kandungan gizinya tidak berubah sama sekali. Selain itu, rasa dan aroma yang ditawarkan pasti akan membuat kamu ketagihan. Ingin membuktikan khasiatnya?

 

10) Keripik Kari Fartiana

 

Photo Credit: @fartiana9 (Instagram)

Jika kamu pencinta kari, maka Keripik Kari Fartiana patut masuk daftar oleh-oleh khas Batam yang perlu dibeli. Kari pada camilan ini begitu khas, ditambah varian keripik yaitu rasa gonggong, udang, dan habbatussauda. Ketiga rasa yang amat sehat dan bergizi, bukan? Jika tertarik mencicipinya, sebaiknya pilihlah rasa gonggong karena ini menjadi varian andalan Keripik Kari Fartiana.

Kamu bisa dengan mudah menemukan penganan ini karena sudah terjual di berbagai gerai oleh-oleh khas Batam. Tak hanya populer di kalangan lokal, keripik ini juga cukup digemari wisatawan Malaysia maupun Singapura. Jadi, jangan sampai melewatkan camilan ini saat berkunjung ke Batam, ya!

 

11) Bilis molen

 

Photo Credit: @molenabahbatam (Instagram)

Bilis molen adalah rangkaian oleh-oleh lain yang patut kamu bawa pulang dari Batam. Makanan satu ini berbahan dasar ikan bilis yang dibalut adonan kulit untuk digoreng hingga kering. Rasa yang dihasilkan sendiri merupakan perpaduan antara gurih ikan dan manis pada adonannya. Penasaran ingin mencobanya?

Bilis molen ini diproduksi oleh banyak industri rumahan. Karena itulah, kamu memiliki banyak pilihan saat ingin membelinya di berbagai sentra oleh-oleh. Agar lebih nikmat, kamu bisa sembari menyeruput teh atau kopi kesukaan.

 

12) Mamma Otak Otak

 

Photo Credit: @baetizk (Instagram)

Kondisi geografis berupa kepulauan ternyata membuat Batam kaya akan hasil laut. Jadi, jangan heran jika banyak oleh-oleh Batam yang berbahan dasar ikan. Salah satu yang tak boleh kamu lewatkan adalah otak-otak.  Ada banyak penjual penganan tersebut di sini, namun yang paling terkenal adalah Mamma Otak-otak yang berdiri sejak tahun 1982. Cukup legendaris, bukan?

Selain menggunakan resep turun-temurun, otak-otak di sini terkenal lezat dan sehat karena menggunakan bumbu alami tanpa bahan pengawet. Menariknya, kamu bisa memilih jenis otak-otak yang ditawarkan mulai dari otak-otak ikan sotong, otak-otak putih, maupun otak-otak orisinal. Oleh-oleh satu ini pun memiliki kemasan yang rapi, sehingga aman untuk kamu bawa pulang.

 

13) Kek Buah Naga Aroma

 

Photo Credit: @nando_nurhadi (Instagram)

Kek Buah Naga Aroma merupakan oleh-oleh asli Batam yang hadir sebagai makanan sehat dan lezat. Terbuat dari sari buah naga merah yang sangat mudah dijumpai di Kota Batam, makanan ini tidak hanya enak, namun juga bermanfaat bagi tubuh sebagai pengembang kadar gula. Kandungan vitamin serta serat di dalamnya pun membuat penganan ini cocok dikonsumsi kamu yang bermasalah dengan pencernaan.

Tak perlu khawatir dengan rasa yang dihasilkan karena kue buatan Aroma ini memiliki aneka jenis, yaitu orisinal, mocca, keju, almond victoria, dan masih banyak lagi. Ingin mencobanya? Kamu hanya perlu mengunjungi satu gerainya yang tersebar di berbagai pusat perbelanjaan maupun bandara. Mengenai harga, kamu hanya perlu menyiapkan sekitar Rp35.000 per kotaknya.

***

Jadi, oleh-oleh khas Batam apa saja yang akan kamu bawa pulang saat berwisata di kota ini? Agar lebih ngkap, kamu bisa membeli aneka macam oleh-oleh mulai dari suvenir, makanan khas, maupun camilan. Dengan begitu, kerabat atau keluarga kamu bisa merasakan cita rasa khas maupun kebudayaan Batam.  Selamat berburu oleh-oleh!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1