0

Traveloka Team

26 Jan 2020 - 5 min read

9 Pantai di Banten yang Punya Pesona Tersembunyi

Saat berbicara mengenai Banten, kamu mungkin hanya akan mengingat Taman Nasional Ujung Kulon. Padahal, kawasan paling barat Pulau Jawa ini juga memiliki ragam pesona pantai yang tak kalah menariklho! Selain memiliki pesona yang indah, deretan pantai di Banten berikut juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas memadai. Bagi kamu yang penasaran dengan pantai-pantai di Banten, Traveloka sudah merangkumnya di artikel ini. Ayo simak ulasannya!

Pantai Anyer

Photo credit:@michaelhambuwali(Instagram)

Salah satu pantai yang paling populer di Banten adalah Pantai Anyer. Pasir putih adalah daya tarik utama dari pantai ini. Selain pemandangan pantai, kamu pun bisa menikmati aneka wahana sepertiwatersport, termasuksurfingdansnorkeling. Tak hanya itu, pesona matahari tenggelam di pantai ini menjadi salah satu hal yang tak boleh kamu lewatkan. Karena itu, datanglah menjelang sore hari untuk melihat perpaduan cahaya oranye dan ungu gelap yang amat cantik.

Pantai yang terletak di Jalan Raya Anyer ini berada 38 km dari pusat Kota Serang. Bagi warga Jakarta, pantai ini juga sering dijadikan tujuan karena jaraknya yang tidak begitu jauh. Untuk menikmati pesona pantai, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp5.000 per orang. Selain itu, kamu juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp50.000 untuk mobil atau Rp25.000 untuk motor.

Pantai Carita

Photo credit:@fauziajissaputra(Instagram)

Ingin berlibur bersama keluarga? Pantai Carita di Jalan Raya Labuan KM 10 bisa menjadi tujuan yang tepat. Kondisi ombak di sini cenderung tenang, sehingga aman untuk aktivitas main air dan berenang. Ada pula wahanabanana boatyang bisa kamu masukan ke daftar kegiatan. Harganya cukup bersahabat, yakni Rp100.000 per enam orang.

Pantai ini dikenal memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Berbagai penginapan bisa kamu temukan di sini, mulai dari hotel,cottage, bahkan rumah penduduk lokal pun turut disewakan. Karena itulah, kamu bisa memilih jenis penginapan sesuai bujet yang dimiliki.

Pantai Tanjung Lesung

Photo credit:@blueblade1020(Instagram)

Pantai Tanjung Lesung yang berada di Desa Tanjung Jaya, Pandeglang ini memiliki garis pantai mencapai 15 km. Area yang cukup luas untuk ukuran pantai, bukan? Menariknya, di dekat pantai ini terdapat sebuah pulau bernama Liwungan. Pulau ini terkenal akan pesona bawah lautnya, jadi cocok kamu jadikan lokasidiving.Untuk mencapai pulau tersebut, kamu bisa menyewa perahu penduduk lokal dan berkendara selama 30 menit.

Di pantai Tanjung Lesung sendiri, kamu bisa melakukansnorkeling.Ada pula alternatif lainnya bagi yang tak ingin berenang. Kamu bisa menyewa kano untuk menyusuri keindahan Pantai Tanjung Lesung. Tak lupa, wahanabanana boatjuga patut kamu coba untuk menambah keseruan kunjungan di sini. Terakhir, jangan lupa untuk menyaksikan pesonasunsetyang akan tenggelam di balik Gunung Krakatau.

Pantai Sawarna

Photo credit:@okipati(Instagram)

Meski baru mulai populer pada tahun 2000-an, Pantai Sawarna menawarkan pemandangan tak kalah indah dari pantai di Banten lainnya. Lokasinya berada di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Lebak. Untuk bisa masuk ke sini, kamu cukup membayar Rp5.000 per orang. Sedangkan untuk parkir kendaraan, kamu perlu membayar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Lokasi pantai yang menghadap langsung Samudra Hindia membuat kondisi ombak di sini cukup besar. Pantai ini didominasi oleh batuan karang. Salah satu yang paling terkenal adalah Tanjung Layar, di mana terdapat dua batu besar menyerupai bentuk layar kapal. Lokasi ini juga menjadi spot foto paling diminati oleh banyak pengunjung. Jadi, pastikan kamu turut mengabadikannya saat berkunjung ke Pantai Sawarna ya!

Pantai Tanjung Pasir

Photo credit:@jalanjalanyuk(Instagram)

Pantai yang terletak di Tanjung Pasir, Teluknaga ini punya laut yang tenang dan nyaman untuk dijadikan lokasi berenang. Selain kondisi pantai yang aman, di sini kamu juga bisa menemukan berbagai wahanawatersport.Masih kurang puas? Kamu bisa menyebrang ke Pulau Untung Jawa yang berada tak jauh dari pantai ini. Kamu hanya perlu menyewa kapal untuk sampai di pulau tersebut.

Untuk sampai di Pantai Tanjung Pasir, kamu perlu menempuh jarak sekitar 25 km. Berbagai jenis transportasi pun aman kamu gunakan karena akses menuju pantai ini sudah cukup memadai. Selain memilih transportasi, jangan lupa siapkan bujet yang cukup untuk membeli tiket masuk seharga Rp5.000 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir, kamu bisa membawa Rp10.000 untuk sepeda motor dan Rp20.000 untuk mobil.

Pantai Bagedur

Photo credit:@mbuaryanti(Instagram)

Pantai yang juga dikenal dengan nama Bagedur Malimping ini terletak di Desa Sukamanah, Malingping, Lebak. Pantai ini masih tergolong sepi akan pengunjung, sehingga cocok dijadikan destinasi bagi yang membutuhkan ketenangan. Selain itu, Pantai Bagedur memiliki karakteristik ombak pantai yang besar. Jadi, pengunjung yang datang dilarang untuk bermain air maupun berenang.

Untuk masuk ke sini, kamu cukup membayar Rp2.000 per orang. Pantai ini juga memiliki jam operasional. Pasalnya, kondisi gelombang ombak selalu berubah setiap waktu. Umumnya, pantai buka mulai pukul 05:00 hingga malam hari, tergantung kondisi cuaca dan pasang surut air laut.

Pantai Ciputih

Photo Credit:@ailsaputri16(Instagram)

Jika ingin mencari pantai di Banten yang masih sepi dan belum diketahui banyak orang, kamu bisa berkunjung ke Pantai Ciputih. Sesuai namanya, Pantai Ciputih memang memiliki pasir pantai berwarna putih yang begitu kontras dengan air laut biru jernih. Suasana sekitarnya masih begitu alami sehingga terasa sejuk, sangat cocok bagi kamu yang ingin kabur sejenak dari kesibukan sehari-hari.

Agar bisa menikmati pemandangan indah pantai di Kecamatan Sumur, Pandeglang ini kamu harus melalui perjalanan yang cukup panjang. Dari Jakarta, perjalanan menuju Pantai Ciputih bisa memakan waktu kurang lebih 7 jam. Akses jalannya pun belum terlalu baik, jadi kamu perlu lebih berhati-hati. Meski begitu, rasa lelah selama perjalanan dijamin akan hilang begitu melihat pesona Pantai Ciputih.

Pulau Umang

Photo Credit:@pulau_umang(Instagram)

Memiliki lahan seluas kurang lebih 5 hektar, di Pulau Umang kamu bisa menemukan berbagai fasilitas lengkap untuk pengalaman liburan yang maksimal. Pantai yang berjarak sekitar 183 km dari Jakarta ini memang dikelola sebagaiisland resort.Mulai dari fasilitas kolam renang,jaccuzi,beach club,ruangan karaoke,fishing boat,hinggakids clubbisa kamu temukan di sini.

Fasilitas yang lengkap tersebut tentunya juga ditunjang dengan pemandangan alam sekitar yang memanjakan mata. Air lautnya berwarna biru jernih, membuat siapa saja ingin segera berenang atau bermain air. Tak ketinggalan, pasir putih lembut yang cocok kamu jadikan lokasi bersantai ataupun berjemur.

Pantai Mabak

Photo Credit:@andrebotox(Instagram)

Ingin menyaksikan pemandangansunsetterbaik di Banten? Kamu perlu datang ke Pantai Mabak di kawasan Mekarsari, Cilegon. Jika dibandingkan dengan pantai-pantai Banten lainnya, Pantai Mabak memang kurang populer. Meski begitu, pemandangan alamnya tak kalah indah untuk dikunjungi.

Karena tidak terlalu populer, jumlah pengunjungnya pun belum terlalu ramai. Kondisi ini pula yang membuat suasana Pantai Mabak masih cenderung alami. Di sekitar Pantai Mabak juga terdapat pulau-pulau kecil yang bisa kamu telusuri dengan menyewa perahu. Pantai yang cukup menarik untuk dikunjungi, bukan?

***

Sudah tidak meragukan wisata pantai di Banten, bukan? Kini, kamu tak perlu bingung saat mencari tujuan untuk bersantai atau menenangkan pikiran dari kesibukan sehari-hari. Rekomendasi 9 pantai di atas tentu bisa menjadi lokasi berlibur yang menyenangkan. Tak lupa, ajak juga teman-teman atau keluarga kamu ya. Selamat menelusuri keindahan Banten!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan