10 Pantai di Banten untuk Kamu yang Ingin Liburan Tak Biasa

10 Pantai di Banten untuk Kamu yang Ingin Liburan Tak Biasa

Apa yang terlintas di pikiran kamu saat membayangkan wisata Banten? Mungkin yang paling cepat terpikirkan adalah wisata alam dan pantai. Salah satu wisata alam yang terkenal adalah Taman Nasional Ujung Kulon. Kamu bisa melihat banyak satwa langka, termasuk badak jawa.

Namun, bagaimana kalau kamu sedang ingin berlibur ke pantai? Tenang, ada cukup banyak pantai di Banten yang bisa kamu kunjungi untuk momen liburan yang tak biasa. Langsung saja, cek rekomendasi Traveloka di bawah ini!

Pantai Tanjung Lesung

Nama Tanjung Lesung diambil dari area pantai dan tanjungnya menjorok ke arah laut sehingga terlihat menyerupai lesung
(Sumber: Wikimedia Commons)

Tahukah kamu mengapa pantai ini dikenal dengan nama “Tanjung Lesung”? Ternyata, area pantai dan tanjungnya menjorok ke arah laut sehingga terlihat menyerupai lesung. Jika ingin berkunjung, lokasinya berjarak sekitar 108 km dari Jakarta. Kamu bisa mencapai pantai ini melalui jalan Tol Tangerang – Merak, keluar melalui Tol Cilegon, lalu menyusuri pesisir Anyer hingga tiba di Tanjung Lesung.

Merupakan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata, saat ini Pantai Tanjung Lesung menjadi salah satu tempat wisata yang sedang dikembangkan pemerintah. Karenanya, tidak heran jika fasilitas di sini sudah cukup lengkap, mulai dari penginapan, kuliner, akomodasi, hingga ragam permainan airnya.

Pantai Sawarna

Pantai Sawarna merupakan destinasi wisata yang menarik bagi para peselancar karena ombaknya cukup besar
(Sumber: @sawarna_beach)

Apabila kamu gemar berselancar, Pantai Sawarna merupakan destinasi wisata yang tepat karena ombaknya cukup besar. Karakteristik ombak yang seperti ini pun wajib menjadi perhatian kamu agar lebih berhati-hati saat ingin berenang.

Selain ombak besar yang cocok untuk berselancar, pemandangan alam di pantai yang berjarak sekitar 150 km dari Rangkasbitung ini juga sangat cantik. Areanya dikelilingi oleh hutan, gua, dan tebing-tebing yang bisa kamu panjat. Jangan lupa, berfotolah di batu besar pinggir pantai yang menjadi ikon Pantai Sawarna!

Pantai Carita

Pantai Carita menjadi salah satu destinasi liburan favorit di Banten karena pasir putih dan air lautnya yang jernih
(Sumber: Wikimedia Commons)

Dengan pasir putih dan air laut yang jernih, Pantai Carita menjadi salah satu destinasi liburan favorit di Banten. Berbagai aktivitas seru bisa kamu lakukan, seperti menaiki banana boat, snorkeling, dan diving. Jangan khawatir, kamu bisa menyewa peralatan permainan air tersebut di sekitar pantai.

Apabila merasa lelah, saatnya bersantai dan beristirahat di tepi pantai sambil menyaksikan pemandangan Gunung Krakatau dari kejauhan. Selain pemandangan yang indah dan tempat yang terawat, Pantai Carita juga menawarkan akomodasi yang cukup lengkap.

Penginapan dengan beragam fasilitas bisa dengan mudah kamu temukan di sini, mulai dari yang low budget hingga resort mewah. Untuk wisatawan berbujet, kamu bisa menyewa rumah warga yang dijadikan sebuah homestay.

Pantai Karang Bolong

Sesuai namanya, pantai ini berada di dalam sebuah karang yang bolong akibat terkena hempasan ombak
(Sumber: Shutterstock)

Berjarak sekitar 50 km dari pusat Kota Serang, kamu sudah bisa sampai di Pantai Karang Bolong. Sesuai namanya, pantai ini berada di dalam sebuah karang yang bolong akibat terkena hempasan ombak. Karena ada banyak karang yang tersebar di area pantai dan laut, kamu tidak diperbolehkan berenang di sini. Meski begitu, kamu masih bisa bersantai di tepi pantai sambil menikmati pemandangan sekitar.

Pantai Anyer

Sebagai salah satu pantai paling terkenal di Banten, Pantai Anyer menawarkan berbagai aktivitas menarik untuk para pengunjung
(Sumber: Shutterstock)

Pantai yang berada di Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang ini juga cukup populer di kalangan warga Jakarta. Pasir pantainya berwarna putih dan bertekstur halus, sehingga kamu bisa berjalan atau duduk dengan nyaman. Ombak lautnya pun cocok untuk berselancar, meskipun tidak sebesar ombak pantai-pantai di Bali. Bagi yang tak ingin bermain selancar, kamu bisa berenang atau bermain air di tepi pantai.

Di samping itu, pihak pengelola Pantai Anyer juga menyediakan berbagai wahana bermain air yang seru seperti banana boat, Jet Ski, snorkeling, dan diving. Kalau mulai lelah beraktivitas, kamu bisa beristirahat sambil menikmati kuliner seafood yang ada di kawasan pantai.

Pulau Sangiang

Bermain di pantai sambil melihat sisa-sisa meriam, bungker, dan bangunan benteng Jepang yang hampir runtuh bisa kamu lakukan di Pantai Sangiang
(Sumber: @pulausangiangbanten)

Apakah kamu tahu kalau Pulau Sangiang pernah dijadikan tempat pertahanan oleh Jepang untuk menangkal serangan sekutu pada zaman dahulu? Itulah mengapa saat berkunjung ke pulau ini, kamu akan menemukan sisa-sisa meriam, bungker, dan bangunan benteng Jepang yang hampir runtuh.

Selain seru melihat benda-benda peninggalan zaman dahulu, kamu pun bisa melakukan berbagai aktivitas menarik. Beberapa contohnya adalah melakukan snorkeling, menyelam, atau sekadar berjemur sambil bersantai di pinggir pantai. Jika tertarik berkunjung ke Pulau Sangiang, kamu perlu menaiki perahu dari Pantai Anyer lalu melakukan perjalanan sekitar 45 menit.

Pantai Ciputih

Wisata pantai di Banten ini memiliki pasir berwarna putih bersih yang terlihat kontras dengan air laut biru yang cantik
(Sumber: @ailsaputri16)

Sesuai namanya, Pantai Ciputih memiliki pasir berwarna putih bersih yang terlihat kontras dengan air laut biru yang cantik. Salah satu aktivitas favorit wisatawan di pantai ini adalah snorkeling karena bisa melihat langsung kekayaan alam bawah laut begitu indah. Bagi yang ingin berlibur ke Pantai Ciputih, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 112 km dari pusat Kota Serang ke Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Pantai Bagedur

Berbeda dari pantai-pantai lain di Banten, Pantai Bagedur menawarkan pemandangan pasir pantai berwarna kecokelatan
(Sumber: @my_fikri)

Agak berbeda dari kebanyakan pantai di Banten yang pasir pantainya berwarna putih, Pantai Bagedur menawarkan pemandangan pasir pantai berwarna kecokelatan. Pantai dengan panjang sekitar 15 km ini memiliki lanskap yang cenderung landai tanpa karang, sehingga pemandangannya terlihat begitu luas.

Jika dibandingkan dengan pantai-pantai di Banten lainnya, Pantai Bagedur memang belum terlalu populer sehingga suasananya cenderung sepi. Bahkan, kamu tidak akan menemukan penyewaan permainan air seperti snorkeling atau banana boat di sini. Dengan begitu, Pantai Bagedur cocok untuk kamu yang ingin merilekskan diri dan pikiran.

Pulau Umang

Di pulau ini, kamu bisa menyewa peralatan snorkeling dan menjelajah keindahan alam bawah laut di Pulau Umang
(Sumber: Wikimedia Commons)

Saat tiba di Pulau Umang, perhatianmu pasti akan langsung tertuju pada sebuah bangunan putih berbentuk kelomang. Di dalamnya, terdapat kolam renang yang bisa kamu gunakan apabila sedang tidak ingin berenang di laut. Sementara itu, di area pinggir pantainya tersedia beberapa bangunan menyerupai cottage untuk beristirahat atau bersantai.

Saat pagi hingga siang hari, kamu bisa menyewa peralatan snorkeling dan menjelajah keindahan alam bawah laut di Pulau Umang. Menjelang sore, siap-siap mencari posisi paling nyaman di pinggir pantai untuk menyaksikan pemandangan sunset. Jangan lupa, keluarkan kamera untuk mengabadikan keindahan tersebut ya!

Pulau Cangkir

Jika dilihat dari atas, bentuk pulau satu ini terlihat menyerupai sebuah cangkir
(Sumber: @aar_bachtiar)

Jika dilihat dari atas, bentuk pulau satu ini terlihat menyerupai sebuah cangkir. Itulah kenapa dinamakan “Pulau Cangkir”. Lokasinya berada di Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang. Pemandangan lautnya tidak kalah menarik dari kebanyakan pantai yang ada di Banten. Di sepanjang jalur menuju pantai, terdapat hutan bakau yang membuat pemandangan semakin unik.

Tak hanya itu, Pulau Cangkir ternyata juga merupakan sebuah destinasi wisata ziarah. Di dalam areanya, terdapat makam Pangeran Jaga Lautan yang merupakan keturunan langsung dari sultan pertama Banten bernama Pangeran Hasanudin.

***

Beberapa pantai di Banten yang disebutkan di atas bisa menjadi pilihan destinasi kamu untuk liburan singkat saat akhir pekan nanti. Pantai-pantai tersebut cocok untuk menyegarkan diri sejenak tanpa harus berlibur terlalu jauh dari Jakarta. Ayo, sesekali coba jalan-jalan seru yang hemat bujet dan waktu!

12 Shares
Share12
Pin
Share
Tweet
+1