Sarapan di Bandung dengan Menu Lezat? Ini 10 Rekomendasinya!

Sarapan di Bandung dengan Menu Lezat? Ini 10 Rekomendasinya!

Sarapan merupakan waktu makan terpenting karena memberikan 30% energi harian. Tanpa sarapan, kamu akan lemas sebelum jam makan siang dan dapat mengganggu aktivitas. Apalagi, kalau kamu sedang traveling tentu tidak mau kegiatan berwisata terganggu karena mendadak lemas, bukan?

Oleh karena itu, bagi yang sedang atau akan berlibur ke Bandung kamu tak perlu khawatir. Ada banyak tempat sarapan di Bandung yang bisa kamu pilih. Berikut ini, Traveloka akan berikan 10 rekomendasi tempat sarapan yang memiliki menu yang lezat:

Nasi Kuning Sumur Bandung

(Sumber: @bubueataway)

Nasi kuning merupakan salah satu menu sarapan favorit warga Bandung. Jadi, jangan heran kalau kamu menemukan banyak penjual nasi kuning di kota ini. Salah satu yang paling enak dan terkenal adalah Nasi Kuning Sumur Bandung di Jalan Sumur Bandung, tepatnya di seberang Tune Hotel. Mulai berjualan sejak 1996, Nasi Kuning Sumur Bandung telah menjadi salah satu kuliner legendaris di Bandung.

Satu porsi nasi kuning disajikan dengan bihun, telur dadar, sambal, acar, bawang goreng, dan telur daging cincang. Kalau mau, kamu juga bisa menambah lauk lain seperti ayam balado, ati, dan ampela. Kamu bisa menyantap hidangan ini setiap hari, mulai dari pukul 06:00 hingga habis.

Kupat Tahu Gempol

(Sumber: @missgembil)

Tidak jauh dari Gedung Sate, tepatnya di Jalan Gempol Kulon No 53, Citarum, terdapat kedai Kupat Tahu Gempol yang kabarnya telah berdiri sejak 1975. Hanya dengan bayar Rp15.000, kamu sudah bisa mendapatkan satu porsi hidangan yang terdiri dari ketupat, taoge, potongan tahu, dan saus kacang. Hal yang membuat Kupat Tahu Gempol berbeda adalah cita rasa kupatnya yang agak manis.

Setiap harinya, tempat sarapan di Bandung ini buka pukul 06:00 – 12:00. Tapi, Kupat Tahu Gempol bisa saja tutup lebih awal apabila dagangannya sudah habis. Oleh karena itu, pastikan kamu datang ketika jam buka agar tidak antre atau kehabisan ya!

Roti Selai

(Sumber: @jutanmartdupanusmanik)

Berlokasi di Jalan Raya Golf Dago No 98, agak susah menemukan tempat sarapan di Bandung satu ini. Bukan karena akses jalannya susah, tetapi karena ukuran bangunannya cukup kecil. Jika tidak jeli mencari jalannya, bisa saja kamu kelewatan. Lokasinya berada di. Kalau dari arah Jalan Juanda, lurus saja terus ke Jalan Cigadung Raya Barat sampai kamu menemukan rumah kecil di sebelah kiri.

Meski tempatnya mungil, Roti Selai sangat layak dikunjungi karena memiliki aneka jenis roti lezat dan selai buatan sendiri yang memang merupakan ciri khasnya. Selain roti, ada pula menu makanan berat seperti omelette rice dan omelette sandwich. Sedangkan untuk menu minumannya, tersedia teh panas dan dingin, kopi panas, lemonade, serta teh dingin yang disajikan dalam bentuk botol. Cukup lengkap untuk sebuah kedai, bukan?

Bubur Ayam Mang H. Oyo

(Sumber: @mykindafoods)

Bagi yang tak terbiasa makan nasi sebagai menu sarapan, bubur merupakan pilihan yang tepat. Di Bandung, bubur yang terkenal lezat adalah Bubur Ayam Mang H. Oyo di Jalan Sulanjana No 30. Tempat sarapan ini buka mulai dari pagi hingga sore, sehingga kamu juga bisa menyantap bubur sebagai menu makan siang.

Satu porsi bubur ayam bisa kamu nikmati dengan bayar Rp12.000. Satu porsi bubur berisi daging ayam suwir, cahkwe, bawang goreng, dan potongan daun bawang. Kamu juga bisa membeli jeroan seperti ati dan ampela jika ingin menambah lauk. Ciri khas Bubur Ayam Mang Oyo adalah tekstur bubur yang sangat kental. Bahkan, kabarnya bubur tidak akan tumpah apabila kamu membalik mangkuknya. Penasaran?

Soto Ojolali

(Sumber: @wulanhidral)

Soto Ojolali kabarnya sudah berdiri sejak 1939 dan dikenal sebagai tempat sarapan di Bandung yang legendaris. Dulu, pemilik Sate Ojolali berjualan dengan cara berkeliling. Seiring meningkatnya bisnis, pemilik membuka warung tenda permanen di Jalan Cibadak No 79.

Sekilas, sajian Soto Ojolali akan mengingatkan kamu dengan sup karena kuahnya yang bening. Dengan harga sekitar Rp22.000, kamu sudah bisa mendapatkan satu porsi Soto Ojolali yang terdiri dari potongan daging sapi, irisan lobak, serta taburan kacang kedelai dan bawang goreng.

Lotek Mahmud

(Sumber: @foodtravelerbdg)

Sekilas, lotek mirip dengan pecel. Keduanya hidangana ini menggunakan bumbu kacang, tetapi bumbu kacang pada lotek memiliki aroma kencur. Di Lotek Mahmud, satu porsi lotek berisi sayuran kangkung dan kubis. Sebagai lauk, kamu bisa minta ditambahkan lontong, tahu, atau nasi. Selain lotek, Lotek Mahmud juga menjual menu lain seperti nasi bakmoy, gado-gado, dan rujak.

Tempat sarapan yang  berlokasi di Jalan Mahmud IV No 9, Pamoyanan, Cicendo, ini buka pukul 08:00 – 16:00. Artinya, kamu tak hanya bisa makan Lotek Mahmud untuk sarapan, tapi bisa juga untuk makan siang. Untuk menikmati hidangan ini, kamu hanya perlu bayar sekitar Rp15.000 per porsi.

Lontong Sayur Padang Dipatiukur

(Sumber: @din_ndhin)

Sempatkan diri untuk bangun pagi dan mampir ke Gang Dipatiukur II, Lebakgede, Coblong. Di sini, kamu bisa sarapan Lontong Sayur Padang yang cita rasanya sudah terkenal di kalangan warga Bandung. Satu porsi lontong sayur berisi potongan lontong, sayur nangka muda, telur, dan kerupuk yang disiram dengan kuah mirip gulai. Kamu bisa menikmati menu sarapan ini hanya dengan bayar Rp10.000.

Sebagai pendamping makan lontong sayur, kamu bisa memesan teh talua, yakni teh yang dicampur dengan telur bebek. Bagi yang tertarik mencoba, kamu bisa datang ke Lontong Sayur Padang Dipatiukur pada pukul 06:00 – 10:00.

Roti Gempol Bandung

(Sumber: @dorippu)

Dinamakan “Roti Gempol” karena tempat makan satu ini berada di kawasan Jalan Gempol Wetan. Di sini, kamu bisa makan dengan roti tawar atau roti gandum, yang nantinya akan dibakar dengan berbagai topping. Ada menu roti bakar manis, roti bakar asin keju dan telur, roti bakar spesial (daging dan telur atau daging dan keju), dan roti bakar komplit (daging, telur, dan keju).

Selain roti bakar, Roti Gempol juga menyediakan berbagai menu lain seperti donat dan mi yamin (mi yang ditambahkan kecap). Kabarnya, tempat sarapan di Bandung yang satu ini sudah berdiri sejak 1958 dan hingga kini masih menggunakan resep keluarga turun-temurun. Jadi, sudah bisa dipastikan kalau rasa makanan di Roti Gempol ini sangat lezat!

Mie Naripan

(Sumber: @siondy)

Salah satu kuliner khas Bandung yang kerap dicari wisatawan adalah mi yamin. Nah, bagi yang ingin menyantap hidangan ini sebagai menu sarapan, kamu bisa langsung menuju ke Mie Naripan di Jalan Naripan No 108, Kebon Pisang, Sumur Bandung. Setiap hari, tempat sarapan di Bandung ini buka pukul 07:30 – 22:00.

Ada dua jenis mi yamin yang dijual di sini, yakni mi yamin spesial manis dan mi yamin spesial asin. Satu porsi mi yamin disajikan dengan daging ayam dan taburan daun bawang. Dengan harga sekitar Rp50.000 per porsi ukuran besar, kamu akan puas menikmati mi yamin terkenal di Bandung ini.

Lontong Kari Kebon Karet

(Sumber: @lontongkarikebonkaret)

Selain sudah terkenal enak, Lontong Kari Kebon Karet juga memiliki porsi hidangan yang cukup besar. Dengan harga sekitar Rp10.000, kamu sudah bisa mendapatkan satu porsi lontong kari yang di dalamnya terdapat daging tanpa lemak, emping, dan acar mentimun yang disiram dengan kuah kari kental.

Lontong Kari Kebon Karet berlokasi di Jalan Otto Iskandar Dinata, Pasirkaliki, Cicendo. Setiap hari, kuliner yang satu ini buka pukul 07:00 – 22:00. Mau dibuat untuk sarapan, makan siang, atau makan malam, kamu bisa langsung datang ke Lontong Kari Kebon Karet!

***

Bandung memiliki banyak tempat wisata yang tentunya sangat menarik untuk kamu kunjungi. Untuk itu, dibutuhkan banyak energi agar kamu bisa mendatangi banyak tempat wisata di Bandung. Jadi, pastikan kamu sudah sarapan di beberapa tempat makan yang sudah disebutkan di atas sebelum mulai jalan-jalan ya! Kalau kamu, pilih tempat sarapan di Bandung yang mana?

4 Shares
Share4
Pin
Share
Tweet
+1