20 Tempat Wisata di Bandung Untuk Liburan yang Memuaskan

Traveloka
By Traveloka 25 September 2017
Reading Time: 7 minutes

Selain Puncak di Bogor, Bandung menjadi salah satu tempat “pelarian” bagi warga ibu kota untuk berlibur di akhir pekan. Bandung menawarkan paket lengkap bagi kamu yang ingin berwisata alam, budaya, kuliner, dan wisata belanja dengan puas. Dengan segala ragam wisata yang dimiliki, kota ini dinobatkan sebagai satu dari 10 destinasi utama Pesona Indonesia dengan slogan: Stunning Bandung.

Sebelum mengunjungi Kota Kembang ini, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu destinasi apa saja yang akan menjadi pilihanmu nanti. Berikut ini, Traveloka akan memberikan 20 rekomendasi tempat wisata menarik di Bandung untuk memuaskan liburanmu:

Dago dan Cihampelas

Ciwalk. #mall #building #architecture #architectureporn #nikonindonesia #iamnikon #photography #landscape #landscapephotography #jaw_dropping_shots #main_vision #great_shots #building #travel #traveler #travelphotography #igbestshots #amazing_shots #main_vision #landscape #landscapephotography #master_shots #theglobewonderer #ic_landscapes #landscapecapture #landscape_captures #snappedfocus

A post shared by Agya Sewara Alam (@agyasewara) on

Dua jalan yang terkenal di Bandung ini menjadi destinasi utama bagi wisatawan yang ingin mencari hiburan dan berbelanja. Di Dago dan Cihampelas, terdapat banyak factory outlet yang menjual berbagai macam kebutuhan dengan harga terjangkau. Mulai dari pakaian, sepatu, tas, aksesori, hingga kerajinan tangan bisa kamu temukan di kedua jalan ini.

Tak cuma berbelanja, kamu pun bisa bersantai sambil menikmati kuliner di Dago dan Cihampelas. Jangan lupa, sempatkan waktu untuk membeli buah tangan khas yang terkenal, seperti Bolen Kartika Sari, Brownies Amanda, dan Bandung Makuta.

Jalan Braga

Braga Indonesia Carnaval #bragastreet #bragastreetbandung #festival #carnaval #independenceday #bandungjuara #indonesia72th #indonesiamerdeka #instaphoto

A post shared by Galih Gie (@galihgie) on

Ingin bersantai sambil minum kopi di kafe pinggir jalan dengan suasana ala Eropa tempo dulu? Kalau begitu, kamu harus mampir ke Jalan Braga. Di sepanjang jalan, terdapat beberapa kafe dan restoran yang cocok kamu datangi bersama teman-teman.

Dengan ragam suguhan menu dan suasana kafe yang nyaman, kamu akan betah menghabiskan waktu di Jalan Braga. Beberapa tempat yang bisa patut kunjungi adalah The Suga Rush, Braga Art Café, dan Braga Citywalk. Selain itu, kamu juga bisa berfoto di sepanjang Jalan Braga yang terkenal unik. Seru!

Saung Angklung Mang Udjo

Selamat Pagi, Rabu 18 Januari 2017 , Pertunjukan Pagi Pkl. 10.00 – 11.30, siang pkl.13.00 – 14.30 sore pkl.15.30- 17.00 dan malam pkl.18.30-20.00 #PertunjukanSAU #angklung #saungangklungudjo #wisatabandung #bandung #tourism #kulinerbandung #liburanbandung

A post shared by Saung Angklung Udjo (@angklungudjo) on

Mengenal Bandung tak cukup dari kuliner dan keindahan alam saja. Lewat budaya, kamu juga bisa mempelajari kearifan lokal yang dimiliki oleh kota ini, misalnya musik tradisional. Saung Angklung Udjo merupakan tempat belajar bagi kamu yang ingin mengenal angklung. Tak hanya angklung, saung yang berada di Cibeunying Kidul ini juga menyajikan pertunjukan seni khas, seperti pertunjukan musik gamelan, kecapi, beragam tarian, dan seni bela diri pencak silat.

Saung yang dibangun sejak 1966 ini pun terus banyak didatangi turis mancanegara karena dikenal unik dan menarik. Bagi yang ingin mengunjungi Saung Angklung Udjo, kamu cukup membayar Rp60.000 untuk dewasa dan Rp40.000 untuk pelajar.

Dago Pakar

Perfect spot to have dinner with a view ✨✨ #SiskasSweetEscape

A post shared by Aurelia Siska (@aurelia_siska) on

Jika Dago terkenal sebagai pusat belanja dan kuliner, maka Dago Pakar akan menawarkan pengalaman liburan dengan nuansa alam. Taman Hutan Raya (Tahura) Djuanda atau yang lebih dikenal sebagai Dago Pakar adalah salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi warga lokal maupun wisatawan. Area seluas 590 hektar ini terdiri atas hutan lebat yang menciptakan suasana asri dan sejuk

Ada beragam aktivitas yang bisa kamu lakukan di Dago Pakar, mulai dari menikmati hutan pinus, bersepeda di tengah alam, menyusuri Gua Jepang dan Belanda, hingga mengunjungi Curug Ciomas dan Air Terjun Dago Pakar. Untuk mencapai tempat ini, ada baiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi atau sewa karena belum tersedianya kendaraan umum.

The Lodge Maribaya

Senin Semangat! Enjoy the beauty of pine forest from up on Sky Tree #EscapetoNature #TheLodgeMaribaya

A post shared by The Lodge Maribaya (@thelodgemaribaya) on

Tempat wisata milik Kabupaten Bandung Barat ini merupakan salah satu destinasi yang sedang terkenal di kalangan wisatawan. The Lodge Maribaya yang dibuka untuk umum sejak 2016 ini menyuguhkan berbagai aktivitas outdoor yang seru. Ada tiga wahana yang patut kamu coba, yaitu Sky Tree, Sky Bike, dan Sky Swing. Ketiganya menawarkan tantangan yang akan menguji adrenalin kamu dengan cara memanjat, bersepeda, serta bermain ayunan di atas ketinggian.

Apabila kamu tak suka dengan ketinggian, menyaksikan jajaran hutan pinus sambil menikmati sajian kuliner di restoran yang tersedia pun rasanya sudah memuaskan liburan. The Lodge Maribaya bisa ditempuh dari arah Dago maupun Lembang. Mengingat tempat ini banyak dikunjungi wisatawan, kamu disarankan datang sejak pagi hari untuk menghindari macet dan kehabisan tempat parkir.

Tangkuban Parahu

Tangkuban Perahu (Sumber: Shutterstock)

Di Bandung sebelah utara, terdapat sebuah gunung berbentuk perahu terbalik yang masih menyimpan potensi aktivitas vulkanis, yaitu Gunung Tangkuban Parahu. Gunung yang terkenal dengan legenda Sangkuriang, seorang anak yang ingin mempersunting ibunya sendiri ini bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota.

Sesampainya di kawasan Tangkuban Perahu, kamu bisa menikmati pemandangan gunung yang megah dari tiga kawah yang paling terkenal, yaitu Kawah Domas, Upas, dan Kawah Ratu.

Kamu disarankan untuk mengenakan jaket dan kacamata agar bisa menikmati alam sekitar dengan nyaman. Jangan lupa juga menggunakan masker untuk menghindari asap dan bau belerang dari kawah.

Punclut

Punclut (Sumber: Shutterstock)

Puncak Ciumbuleuit Utara atau yang dikenal dengan sebutan “Punclut” adalah bukit yang berada sekitar 7 km dari pusat kota. Biasanya, warga lokal maupun wisatawan akan berkunjung ke tempat ini saat sore menjelang malam hari. Pada waktu tersebut, kamu bisa menyaksikan pemandangan kota menyerupai cekungan besar yang dikelilingi pegunungan dengan gemerlap lampu dari ketinggian.

Jika merasa kedinginan karena udara di atas bukit, kamu bisa menghangatkan diri di warung-warung sekitar sambil menikmati makanan dan minuman hangat dengan harga terjangkau. Selagi di sini, jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto dengan latar belakang kota yang cantik berhias lampu-lampu.

Kawah Putih

Kawah Putih (Sumber: Shutterstock)

Berada di Bandung Selatan, Ciwidey memiliki sebuah kawah hasil letusan Gunung Patuha bernama Kawah Putih. Sesuai dengan namanya, di sini kamu akan menyaksikan pemandangan hamparan pasir putih yang mengandung campuran belerang dan genangan air berwarna biru kehijauan yang menawan.

Dengan tiket masuk yang relatif murah, yaitu Rp15.000 per orang, kamu bisa menikmati keindahan alam yang jarang ditemukan wilayah Bandung lainnya. Di sini, kamu bisa berfoto, berkuda, atau berpiknik bersama keluarga di restoran yang tersedia. Jangan lupa untuk mengenakan jaket atau pakaian hangat untuk menghangatkan tubuh dari udara dingin.

Curug Pelangi Cimahi

Curug Pelangi Cimahi (Sumber: Shutterstock)

Air Terjun Pelangi atau yang sering disebut Curug Cimahi merupakan tempat wisata alam yang berada di Kertawangi. Curug (air terjun kecil) ini memiliki keunikan yang hanya bisa kamu lihat saat malam hari. Aliran air terjun ini akan memancarkan warna mirip pelangi di tengah gelapnya hutan. Warna pelangi ini tercipta dari lampu LED yang digagas oleh pengelola curug.

Kamu bisa menyaksikan keindahan air terjun ini dengan jelas dari dua deck view yang disediakan di pinggir jurang. Tiket masuk untuk menikmati pesona Curug Cimahi terbilang murah, yakni Rp12.000 untuk jam kunjungan siang atau Rp15.000 untuk kunjungan sore hingga malam pukul 21:00.

Curug Bugbrug

Curug bubrug , bandung . Repost : @khaerudinm #curugbubrug #bandung #amazingwestjava

A post shared by Amazing West Java (@amazingwestjava) on

Tak jauh dari Curug Cimahi, terdapat air terjun lain yang tak kalah memesona, yaitu Curug Bugbrug. Dengan aliran deras yang jatuh ke sungai sedalam 4 meter, air terjun ini menghasilkan bunyi “brug… brug…” yang berulang, hingga akhirnya dinamakan Bugbrug. Kamu dilarang berenang karena aliran air yang deras dapat membahayakan keselamatan. Meski begitu, kamu bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan cantik curug.

Curug Malela

Curug Malela (Sumber: Shutterstock)

Salah satu air terjun yang paling cantik di sekitar Bandung adalah Curug Malela. Air terjun yang berada di Sindangjaya ini memiliki bentuk yang unik, melebar sekitar 60 meter dengan ketinggian 50 meter. Untuk menikmati pesona curug ini, kamu harus menempuh jalan yang cukup sulit karena letaknya terpencil. Kamu membutuhkan waktu sekitar 5 jam untuk sampai di lokasi.

Meski demikian, rasa lelah akan terbayar karena kamu bisa menikmati pemandangan kebun teh di sepanjang jalan menuju curug. Setibanya di lokasi air terjun, lepaskan lelah dengan menyaksikan panorama Curug Malela sambil bermain air dan berfoto sepuasnya.

Sanghyang Heuleut

Sampurasun ! #explorebandungbarat photo of the day by @donilaksono take around Sanghyang Heuleut, Cipatat.

A post shared by BANDUNG BARAT (@explorebandungbarat) on

Sanghyang Heuleut merupakan kawasan wisata alam yang dapat memuaskan pengalaman liburan para wisatawan. Kamu bisa mengunjungi beberapa sungai dengan batuan tebing, air terjun, hutan rimbun, dan curug (air terjun kecil) dalam satu lokasi. Tempat wisata ini berada perbatasan antara Bandung Barat dengan Kabupaten Cianjur dan Purwakarta, tepatnya di kawasan PLTA Saguling.

Kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari pusat Kota Bandung untuk sampai di lokasi. Sesampainya di Sanghyang Heuleut, kamu harus bayar tiket masuk Rp10.000 per orang dan parkir Rp5.000 untuk motor atau Rp10.000 untuk mobil. Di tempat ini, kamu bisa bermain air dengan menyewa pelampung yang disediakan pengelola atau sekadar menikmati alam sambil berfoto.

Sendang Geulis Kahuripan

Manjain mata 👀 #explorbandung #wisatabandung

A post shared by duL (@fiqi_habdullah) on

Ingin mandi dengan mata air yang jernih? Datang saja ke Sendang Geulis Kahuripan yang berada di Cikalong Wetan. Tempat ini menyediakan kolam dengan air jernih yang menyegarkan di tengah pepohonan rimbun. Selain berenang, kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan indah di sekitar pemandian alam ini. Tiket masuk yang harus kamu bayar hanya Rp10.000 per orang.

Ciwidey

Ciwidey (Sumber: Shutterstock)

Ciwidey merupakan wilayah yang berada di sebelah barat daya Bandung. Kawasan ini dikenal wisatawan sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati pesona Bandung Selatan. Ciwidey memiliki banyak tempat wisata yang menarik, mulai dari wisata alam seperti curug, situ, dan kawah vulkanis, hingga agrowisata seperti perkebunan teh atau perkebunan stroberi.

Di perkebunan stroberi, kamu bisa mencoba pengalaman memanen buah yang sudah siap petik dengan mengambil paket yang tawarkan pengelola. Untuk menuju Ciwidey, ada baiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi atau sewa untuk menempuh jalan berliku selama 1 jam.

Situ Patenggang

Situ Patenggang (Sumber: Shutterstock)

Masih berada di kawasan Ciwidey, terdapat sebuah situ (danau) bernama Situ Patenggang. Nama Patenggang berasal dari kata “pateang-teang”  yang bermakna “saling mencari”. Di lokasi, konon terdapat legenda tentang asmara Raden Santang dan Dewi Rengganis yang terpisah lama dan bertemu di Batu Cinta yang berada di tengah danau ini.

Danau ini memiliki luas sekitar 45.000 hektar yang dikelilingi perkebunan teh dan hutan. Selain menikmati keindahan danau dari tepian, kamu juga bisa menyewa perahu warga untuk menyeberang ke Batu Cinta. Untuk menuju tempat ini, kamu bisa menempuh perjalanan dari lokasi wisata Kawah Putih yang hanya berjarak sekitar 7 km.

Kebun Teh Rancabali

Kebun Teh Rancabali (Sumber: Shutterstock)

Salah satu ciri khas panorama alam Bandung adalah hamparan kebun teh. Berada di kawasan Ciwidey, terdapat kompleks perkebunan teh yang memiliki jalan berkelok. Perkebunan Teh Rancabali menawarkan pemandangan deretan bukit dan kebun teh yang membentang indah. Di sini, kamu bisa menikmati suasana alam yang masih asri dengan udara sejuk bebas polusi.

Jika ingin menikmati pemandangan alam lebih lama lagi, kamu bisa sambil mencicipi makanan dan minuman hangat yang tersedia di warung-warung sekitar. Jangan lupa membawa kamera untuk berfoto di kawasan perkebunan teh yang cantik.

Rancaupas

Ranca Upas (Sumber: Shutterstock)

Berada tak jauh dari Rancabali, Rancaupas merupakan tempat wisata yang sedang populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Tempat ini menawarkan aktivitas wisata alam yang seru, mulai dari berkemah di tengah hutan lindung, berendam di pemandian air panas, melakukan outbound dengan berbagai fasilitas yang menantang adrenalin, hingga bermain dengan rusa.

Di Rancaupas, kamu pun bisa mengadakan bermacam acara, seperti pertemuan keluarga, kantor, atau organiasasi. Jika ingin berkunjung ke sini, kamu akan dikenakan tiket masuk Rp10.000 per orang dan parkir Rp2.000 untuk motor atau Rp3.000 untuk mobil.

Trans Studio Bandung

Selamat pagi fren! Weekend udah hadir nih! Sempetin hari ini buat olahraga atau minimal stretching ya sebelum berkegiatan. Menurut penelitian, berolahraga dengan cukup di pagi hari bisa bikin mood kita bagus buat sepanjang hari karena selain tubuh sudah mengeluarkan toksin via keringat, hormon serotonin yang membuat kita merasa senang pun akan meningkat! So start your day with good to have a good day! 🍌🍌🍌 💙📷 : @hendricardistry #TransStudioBandung #TransStudio #BandungJuara #KurangPiknik #Fun #Happy #Liburan #Happiness #NuhunKangEmil #Senang #InfoBandung #InfoBDG #PromoBandung #PromoBDG #VisitBandung #VisitBDG

A post shared by Trans Studio Bandung (@transstudio.bandung) on

Sukses menjadi studio permainan indoor terbesar di Makassar, Trans Studio membuka cabang kedua di Bandung pada 2011. Berada di Jalan Gatot Subroto, tepatnya di kompleks Trans Studio Mall, Trans Studio Bandung menyediakan puluhan wahana permainan dalam ruangan yang bisa dinaiki oleh setiap pengunjung.

Ingin menantang adrenalin? Coba saja kincir raksasa “Vertigo” atau “Yamaha Racing Coaster”, kereta luncur dengan kecepatan 120 km/jam yang berjalan di atas lintasan menembus ke luar gedung. Tak hanya itu, Trans Studio Bandung juga menawarkan berbagai spot edukasi yang cocok untuk liburan bersama keluarga, misalnya Trans Broadcast Museum dan Science Center.

Untuk mempermudah liburan tanpa antre saat membeli tiket, tahukah kamu bahwa Traveloka menyediakan pemesanan tiket Trans Studio Bandung dengan harga murah dan cara yang mudah? Ayo, cek segera di sini!

Farm House Lembang

#FarmhouseSusuLembang Photo today by @jmonstagram

A post shared by Farmhouse Lembang Official IG (@farmhouselembang) on

Berada di Lembang, Bandung Barat, tempat ini merupakan tempat wisata yang paling populer bagi wisatawan. Saat masuk ke Farm House Lembang, kamu bisa menukarkan tiket masuk seharga Rp20.000 per orang dengan segelas susu murni. Ada beberapa varian rasa, seperti original, cokelat, dan stroberi yang dapat kamu pilih.

Farm House menawarkan berbagai kegiatan menyenangkan, seperti berfoto dengan latar belakang replika rumah hobbit di film Lord of the Rings, bermain dengan kelinci dan angsa, berbelanja suvenir unik, memberi makan domba dan sapi, hingga memasang gembok cinta. Setelah puas bermain, kamu bisa mencoba hidangan daging olahan yang dijual di Backyard Resto.

***

Terbukti, Bandung memang sangat layak dijadikan sebagai destinasi wisata populer warga lokal maupun wisatawan luar kota, bahkan mancanegara. Selain dapat menyegarkan jiwa dan raga, kamu pun bisa puas belanja dan kuliner di kota ini. Ingin segera mengunjungi tempat wisata kekinian yang dapat memuaskan liburan seperti beberapa rekomendasi di atas? Segera rencanakan perjalanan ke Bandung dan booking beberapa tiket masuk ke tempat wisata melalui Traveloka!

Tulis komentarmu di sini: